Thursday, January 5, 2017

√ Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer secara umum yaitu korelasi antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melaksanakan komunikasi data satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer sendiri terdiri dari beberapa jenis. Dari jaringan yang sederhana hingga jaringan yang meliputi secara luas.

Jenis-jenis jaringan komputer menurut ruang lingkupnya yaitu sebagai berikut :

1. PAN (Personal Area Network)

PAN yaitu kependekan dari Personal Area Network. Jaringan komputer PAN yaitu korelasi antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 hingga 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. misalnya menghubungkan hp dengan komputer.

Media yang dipakai pada jenis jaringan PAN ini sering kita gunakan ibarat kabel data, bluetooth, wifi, dan sebagainya.

2. LAN (Lokal Area Network)


LAN yaitu kependekan dari Lokal Area Network adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya meliputi wilayah kecil, ibarat jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

 3. MAN (Metropolitan Area Network)


MAN kependekan dari Metropolitan Area Network. Jenis jaringan komputer MAN ini yaitu suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi ibarat sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Sebenarnya jaringan MAN ini yaitu adonan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini dapat mencapai 10 - 50 kilo meter.

4. WAN (Wide Area Network)



WAN kependekan dari Wide Area Network. WAN yaitu jenis jaringan komputer yang meliputi area yang cukup besar. misalnya yaitu jaringan yang menghubungkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya.

Itulah sedikit klarifikasi dan citra mengenai jenis-jenis jaringan komputer.

Sumber http://afm98.blogspot.com


EmoticonEmoticon