Ektrakurikuler Kesenian Jenjang SD/MI
Ektrakurikuler Kesenian Jenjang SD/MI - Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di SD merupakan suatu kegiatan yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan penerima didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat siswa Sekolah Dasar. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kini ini di SD tidak lagi menjadi sebuah mata pelajaran yang bangun sendiri tetapi menjadi satu kesatuan dalam sebuah pembelajaran tematik.
![]() |
Kegiatan Ektrakurikuler Kesenian Jenjang SD dan Menengah |
Terkait dengan hal itu maka mata pelajaran Seni budaya dan Prakarya di kelas kurang sanggup diimplementasikan secara utuh untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Beberapa alasan yang terkait dengan kenyataan tersebut disebabkan antara lain karena: 1) keterbatasan wawasan dan keterampilan seni yang dimiliki oleh guru kelas, dan 2) kemampuan guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran di kelas.
Download juga: Visi-Misi dan Tujuan Kepala Sekolah Profesional
Berdasarkan kenyataan di atasmaka diharapkan kegiatan embel-embel di luar jam sekolah yang sanggup memberi kesempatan bagi para siswa SD untuk melaksanakan bermacam-macam pengalaman praktik berkesenian menyerupai senimusik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Kesenian lebih menekankan pada kegiatan “belajar sambil melakukan” (learning by doing), sebagai upaya menstimuli keberanian siswa SD untuk mengekspresikan ilham atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni tari,seni rupa, ataupun seni teater.Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang sanggup menumbuhkembangkan kreativitas siswa Sekolah Dasar. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya sanggup diperoleh dengan melaksanakan bermacam-macam pengalaman praktik secara terus-menerus. Cara mencar ilmu siswa SD yang lebih mengutamakan kreativitas kesenian mempunyai pendekatan dalam proses pembelajaran.
Download: Bukti Fisik PKKS Terbaru
Tujuan Kegiatan
- Memperhalus rasa yang ada pada siswa semoga bisa mengapresiasi dan mengekspresikan nilai-nilai seni yang ada pada diri anak melalui gerak tari
- Sebagai pengembangan kegiatan ekstrakurikuler seni tari
- Mengenalkan dan menanamkan rasa cinta siswa terhadap seni tari
- Sebagai sarana dan wadah untuk menggali ekspresi, potensi talenta dan minat siswa dalam berolah seni
Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan ektrakurikuler seni tari ini yaitu siswa kelas 3 dan 4 SD ................ yang berminat untuk mengembangkan potensi seni tari yang dimilikinya.
Waktu dan Tempat Kegiatan
- Waktu latihan, Kegiatan ekstrakurikuler ini dilaksanakan setiap hari Jum’at atau Sabtu Minggu kedua dan dimulai pukul (14.00 – 16.00)
- Tempat kegiatan, di ........................
Program Kegiatan
Program ini merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan dalam rangka menumbuh kembangkan talenta dan minat penerima didik dalam banyak sekali kreatifitas guna memotivasi seluruh siswa untuk berkiprah sesuai dengan kemampuan dan kegemaran mereka sehingga tercipta suatu kematangan semenjak dini terkait dengan bidang dan kompetensi penerima didik.
1. Agenda Kegiatan
Ekstrakulikuler seni tari tradisional ini bertempat di tempat Aikmel menjadi jadwal kegiatan ekstrakulikuler seni tari SD ................. Tari tradisional di lingkungan tempat Aikmel dipilih lantaran tari tradisional sebagai syarat akan nilai adab dan sosial. Selalu ada dongeng yang berafiliasi dengan kearifan lokal disampaikan melalui gerakan-gerakan tubuh. Hal ini juga menjadi sangat penting dalam menanamkan kecintaan siswa terhadap budaya daerahnya.
Adapun dalam menari terdapat 3 unsur yang akan dipelajari oleh siswa yaitu wiraga, merupakan dasar keterampilan gerak dari belahan fisik badan penari, diantaranya gerakan jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku-siku tangan, bahu, leher, muka dan kepala, lutut, mulut, jari-jari kaki, dada, perut, pinggul, mata, alis dan pergelangan kaki.
Yang kedua yaitu wirama, yaitu suatu teladan pengaturan dinamika untuk mencapai gerakan yang serasi menyerupai tempo tarian.
Yang ketiga yaitu wirasa, merupakan tingkatan penjiwaan dan penghayatan dalam tarian yang diekspresikan melalui gerakan, mimik wajah penari sehingga melahirkan keindahan, menyerupai halus, lembut, sedih, gembira, dan lain-lain.
Adapun jadwal latihan seni tari yang akan diberikan yaitu:
1. Teknik dasar menari ( pengenalan wiraga, wirama, dan wirasa )
2. Gerakan dasar tangan
3. Gerakan dasar kaki
4. Kombinasi gerak dasar tangan dan kaki
5. Gerakan lanjutan kreasi ( membentuk suatu tari kreasi tempat )
6. Penghalusan gerakan tari baik wiraga, wirama, dan wirasa semoga menjadi suatu tarian yang padu
2.Pelatih
Pelatih ekstrakurikuler seni tari yaitu guru SD ................ yang dibantu oleh alumni yang telah menguasai aneka gerak seni tari yang menjadi pembimbing ekstrakulikuler tersebut.
3.Target Pencapaian
Target pencapaian yaitu mengisi banyak sekali pentas dan mengikuti banyak sekali perlombaan tari yang diadakan antar sekolah dasar.
Sumber http://fileledukasi.blogspot.com
EmoticonEmoticon