Tuesday, February 14, 2017

√ Download Kompetensi Inti (Ki) Dan Kompetensi Dasar (Kd) Informatika Smp/Mts

Bismillah...


Sahabat baiq yang berbahagia. Bagi para guru TIK tahun 2019 merupakan tahun yang penuh sukacita dan keberkahan, maka layak bersyukur dengan mengucapkan Alhamdulillah. Mengapa demikian? Karena pada tahun 2019, merupakan tahun dikembalikannya mata pelajaran TIK yang sempat hilang beberapa tahun pada kurikulum 2013. Meskipun matapelajaran TIK berubah nama menjadi Informatika, namun esensi dari pembelajaran TIK tetap sanggup disampaikan dengan baik kepada para akseptor didik biar bisa memakai teknologi secara bijak.
Baiklah untuk lebih mengenal mata pelajaran Informatika untuk jenjang SMP/MTs, ada baiknya kita pelajari KI dan KD yang akan di sampaikan kepada akseptor didik di kelas.

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR INFORMATIKA SMP/MTs
Kelas VII

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai
berikut ini.

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) 
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar 
Teknik Komputer
  • 3.1 Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi.
  • 4.1.1 Mengamati dikala sebuah piranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan hingga siap dipakai.
  • 4.1.2 Mematikan komputer dengan benar.
  • 4.1.3 Menjelaskan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar aneka macam piranti.
Analisis Data
  • 3.2 Mengenal data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta mengaksesnya.
  • 4.2 Membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus dan hasil pemakaian beberapa fungsi.
Algoritma dan Pemrograman
  • 3.3.1 Memahami aktivitas visual dari demo dan tutorial.
  • 3.3.2 Mengenal cara kerja dan objekobjek lingkungan pemrograman visual yang dipakai.
  • 4.3.1 Meniru (menulis ulang) sebuah aktivitas sederhana di lingkungan visual, untuk berkenalan dengan lingkungan.
Dampak Sosial Informatika
  • 3.4 Memahami makna kerja sama dalam masyarakat digital.
Berpikir Komputasional (Tematis)
  • 3.5 Computational Thinking untuk menuntaskan kasus komputasi yang mengandung struktur data lebih kompleks dan berpola.
  • 4.5 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung graf/jejaring, tumpuan sederhana, dan algoritmik (terutama untuk robot/gerakan visual).
Praktik Lintas Bidang (Tematis)
  • 4.6.1 Menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
  • 4.6.2 Berkolaborasi untuk melakukan kiprah dengan tema komputing.
  • 4.6.3 Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya sanggup didukung dengan komputer.
  • 4.6.4 Mengembangkan danmenggunakan abstraksi (model).
  • 4.6.5 Mengembangkan Artefak komputasional (produk TIK): Siswa menulis rumus untuk menunjang
  • komputasi yang diharapkan di pelajaran lain.
  • 4.6.6 Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK).
  • 4.6.7 Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak kekayaan intelektual.
Untuk mendapat file KI/KD Informatika SMP/MTs Kelas 7, 8, dan 9, silahkan bisa dilihat dan di d0wnl0ad melalui tampilan preview berikut ini:


Demikian ulasan wacana KI/KD Mata Pelajaran Informatika SMP/MTs Kelas 7, 8, dan 9. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.



Sumber http://pabaiq.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)