Friday, February 3, 2017

√ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema Perkembangan Teknologi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan        :SD
Kelas/Semester            : III/I
Tema                           : Perkembangan Teknologi
Subtema                      : Perkembangan Teknologi Transportasi
Pertemuan                   : 3
Alokasi Waktu            : 5 x 35 menit


A.  Kompetensi Inti
KI 1  : Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
KI 2  : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  
            dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,   
  membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk
  ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah  
  dan di sekolah
KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya
  yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
  yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
 Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya √ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema Perkembangan Teknologi        Bahasa Indonesia
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenaL sebagai bahasa persatuan dan sarana berguru di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.3   Mengemukakan isi teks surat balasan langsung wacana perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di tempat dengan tunjangan guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat balasan langsung wacana perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di tempat secara berdikari dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian.

Indikator:
·           Mengidentifikasi teks surat balasan langsung wacana perkembangan teknologi transportasi secara lisan.
·           Menulis persamaan dan perbedaan sebuah benda yang ada pada teks wacana perkembangan teknologi transportasi.
·           Membuat surat balasan langsung wacana perkembangan teknologi transportasi secara tertulis.

 Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya √ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema Perkembangan Teknologi     SBdP
   1.1 Memuji keunikan kemampuan insan dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1  Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.2         Membuat karya seni montase dari aneka macam media

Indikator:
·           Mengenal karya montase
·           Membuat karya montase hasil rancangan sendiri.

 Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya √ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema Perkembangan Teknologi        Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
       waktu serta tidak gampang mengalah dalam mengerjakan tugas.
3.4  Mengenal pecahan dan bilangan desimal, serta sanggup melaksanakan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
4.2 Merumuskan dengan kalimat sendiri, menciptakan model matematika, dan menentukan seni administrasi yang efektif dalam memecahkan persoalan nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta menilik kebenaran jawabnya.

Indikator:
·           Mengidentifikasi pengurangan bilangan pecahan biasa berpenyebut sama.
·           Menyelesaikan soal-soal pengurangan pecahan yang berpenyebut sama.


C.      Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan membaca teks:
·         Siswa sanggup mengidentifikasi teks surat balasan langsung wacana perkembangan teknologi transportasi secara mulut dengan tepat.
·         Siswa sanggup menulis persamaan dan perbedaan sebuah benda yang ada pada teks wacana perkembangan teknologi transportasi, menceritakan hasil pengamatan secara tertulis dengan bahasa yang santun.
·         Siswa sanggup menciptakan surat balasan langsung wacana perkembangan teknologi transportasi secara tertulis dengan santun.
2.        Dengan mengamati karya montase, siswa sanggup menciptakan karya montase hasil rancangan sendiri dengan rapi.
3.        Dengan memahami pernyataan matematika:
·      Siswa sanggup mengidentifikasi pengurangan bilangan pecahan biasa berpenyebut sama dengan tepat.
·      Siswa sanggup menuntaskan soal-soal pengurangan pecahan biasa yang berpenyebut sama dengan tepat.

D.      Materi Pembelajaran
·      Surat Tanggapan Pribadi
·      Karya montase
·      Pengurangan pecahan biasa yang berpenyebut sama

E.       Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik, Kooperatif Learning
Metode            : Tanya Jawab, penugasan, diskusi kelompok

F.       Media dan Sumber Belajar
Media :
·         Gambar di pelabuhan pada buku siswa
·         Kertas koran/majalah/buku bekas
·         Gunting
·         Lem

Sumber :
·          Buku guru dan buku siswa tema kelas III (Perkembangan Teknologi)
Kontributor Naskah: Kurnianingsih, Assaqaf, Muhibba, dan Nurhasanah
Penelaah : Purnastuti, Cahyani, Syamsi, Mulyana, Gunara, Tijan, Meitiniarti, Dammaianti, Wahyuningsh, dan Pekerti
Penyelia Penerbitan : Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemdikbud

G.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.       Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa bersama siswa.
2.       Guru mengkondisikan kelas
3.       Guru memberikan materi dan tujuan pembelajaran.
4.       Guru memajang media pembelajaran yang akan digunakan
5.       Guru menawarkan apersepsi dengan acara tanya jawab wacana acara sebelumnya
6.       Guru memotivasi siswa semoga terlibat aktif dalam acara pembelajaran.
10 menit
Inti
1.     Siswa membagi kelompok. Setiap kelompok melaksanakan pengamatan pada gambar (Mengamati)
2.         Setiap kelompok diminta untuk membaca wacana sejarah perkembangan kapal laut. (Mengamati)
3.         Siswa bertanya jawab wacana teks bacaan. (Menanya)
4.         Setelah bertanya jawab, siswa menuliskan persamaan dan perbedaan wacana gambar kapal laut. (menalar)
5.         Selanjutnya, siswa menulis surat untuk temannya wacana pengetahuannya mengenai kapal laut. (Menalar)
6.         Setelah menulis surat, siswa gotong royong menyanyikan lagu kapal api.
7.         Kemudian, siswa mengamati gambar karya montase. (Mengamati)
8.         Siswa bertanya jawab wacana gambar karya montase.
9.         Kemudian, siswa menciptakan karya montase dengan tema perkembangan transportasi. (Menalar)
10.      Setelah menciptakan karya montase, siswa diajak untuk memahami wacana bentuk-bentuk pengurangan pecahan berpenyebut sama. (Mengamati)
11.      Kemudian siswa mengerjakan soal pengurangan pecahan berpenyebut sama. (Menalar)
150 menit
Penutup
1.     Siswa bersama guru merangkum pembelajaran yang telah dipelajari.
2.     Siswa bersama guru merefleksi acara pembelajaran yang telah dipelajari
3.     Guru menawarkan reword pada kelompok yang terbaik
4.     Guru menawarkan tindak lanjut.
15 menit




H.      Penilaian
 Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya √ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema Perkembangan Teknologi        Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian
No
Kriteria
Penilaian
3
2
1
1
Cermat
Siswa sering terlihat mempunyai kecermatan dalam melaksanakan penyelidikan dalam menggali informasi
Siswa kadang kala terlihat mempunyai kecermatan dalam melaksanakan penyelidikan dalam menggali informasi
Siswa tidak terlihat mempunyai kecermatan dalam melaksanakan penyelidikan dalam menggali informasi
2
Tanggung Jawab
Siswa sering terlihat mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kiprah yang diberikan
Siswa kadang kala terlihat mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kiprah yang diberikan.
Siswa tidak terlihat mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kiprah yang diberikan
3
Percaya Diri
Siswa sering terlihat mempunyai kepercayaan diri dalam memberikan pendapat ataupun bertanya.
Siswa kadang kala terlihat mempunyai kepercayaan diri dalam memberikan pendapat ataupun bertanya.
Siswa tidak terlihat mempunyai kepercayaan diri dalam memberikan pendapat ataupun bertanya.
4
Santun
Siswa sering terlihat mempunyai sikap santun ketika berbicara maupun bertindak
Siswa kadang kala terlihat mempunyai sikap santun ketika berbicara maupun bertindak
Siswa tidak terlihat mempunyai sikap santun ketika berbicara maupun bertindak
5
Jujur
Siswa sering terlihat mempunyai kejujuran ketika berbicara maupun dalam acara proses pembelajara
Siswa kadang kala terlihat mempunyai kejujuran ketika berbicara maupun dalam acara proses pembelajara
Siswa tidak terlihat mempunyai kejujuran ketika berbicara maupun dalam acara proses pembelajara

Lembar pengamatan
Nama Siswa
Kriteria
1
2
3
4
5




















 Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya √ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema Perkembangan Teknologi        Penilaian Pengetahuan
a.    Menyelesaikan soal dongeng pengurangan pecahan biasa berpenyebut sama
b.    Menyelesaikan hasil pengurangan pecahan biasa berpenyebut sama







 Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya √ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema Perkembangan Teknologi        Penilain Keterampilan
a. Rubrik Membandingkan 2 gambar benda
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu dibimbing
4
3
2
1
1
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapat 1-2
kata yang
belum tepat
penulisannya.
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya.
Seluruh
kata belum
tepat dalam
penulisan.

2
Persamaan Gambar
Siswa dapat
menuliskan
4 persamaan
yang ada pada
gambar
Siswa dapat
menuliskan
3 persamaan
yang ada pada
gambar
Siswa dapat
menuliskan
2 persamaan
yang ada pada
gambar
Siswa dapat
menuliskan
1 persamaan
yang ada pada
gambar
3
Perbedaan gambar
Siswa dapat
menuliskan
4 perbedaan
yang ada pada
gambar
Siswa dapat
menuliskan
3 perbedaan
yang ada pada
gambar

Siswa dapat
menuliskan
2 perbedaan
yang ada pada
gambar
Siswa dapat
menuliskan
1 perbedaan
yang ada pada
gambar


Lembar Pengamatan
Nama Siswa
Kriteria
Penulisan
Persamaan Gambar
Perbedaan Gambar














b. Rubrik Menulis Surat
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam penggu-
naan huruf
besar dan tanda
titik.
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan
dalam penggu-
naan huruf
besar dan tanda
titik.
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
2
Kesesuaian dongeng yang ditulis dengan tema
Seluruh isi cerita
yang ditulis
sesuai tema
Setengah atau
lebih isi cerita
sesuai dengan
tema.
Hampir
keseluruhan
cerita kurang
sesuai dengan
tema.
Cerita tidak
sesuai tema.
3
Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat.
Terdapat 1-2
kata yang
belum tepat
penulisannya.
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya.
Seluruh
kata belum
tepat dalam
penulisan.
4
Penggunaan kalimat yang efektif
Seluruh kalimat
Menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif.
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif.
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
c. Rubrik Penilaian Membuat Montase

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi warna
Menggunakan
gambar dengan
komposisi
warna yang
kesatuannya
seimbang di
seluruh bidang
gambar.
Menggunakan
gambar dengan
komposisi
warna yang
kesatuannya
seimbang di
sebagian besar
bidang gambar
Menggunakan
gambar dengan
komposisi
warna yang
kesatuannya
seimbang di
sedikit bidang
gambar.
Menggunakan
gambar dengan
komposisi
warna yang
kesatuannya
tidak seimbang
di seluruh
bidang gambar.
2
Kreativitas
Gambar yang
dibuat siswa
sangat kreatif.
Gambar yang
dibuat siswa
kreatif
Gambar yang
dibuat siswa
kurang kreatif.
Gambar yang
dibuat siswa
tidak kreatif.
3
Kerapian
Gambar
tersusun dari
potongan-
potongan
gambar yang
seluruhnya
digunting rapi
Gambar
tersusun dari
potongan-
potongan
gambar yang
sebagian besar
digunting rap
Gambar
tersusun dari
potongan-
potongan
gambar yang
sebagian kecil
digunting rapi
Gambar
tersusun dari
potongan-
potongan
gambar yang
seluruhnya
tidak digunting
rapi









MATERI PEMBELAJARAN
Karya Montase:
Pengertian Montase, berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia, yaitu komposisi gambar-gambar yang dihasilkan dari percampuran unsur dari beberapa sumber.  Pada perkembangannya montase yang semula terbatas pada karya dua dimensi kini telah merambah kepada karya tiga dimensi. Karya montase ini juga kurang dikenal oleh kalangan umum, alasannya yakni bentuk karyanya masih mempunyai kemiripan dengan seni lukis, seni kriya, seni patung. Sehingga jenis karya ini dianggap sebagai salah satu dari jenis karya tersebut.
Karya montase dihasilkan dari mengeposisikan beberapa gambar yang sudah jadi dengan gambar yang sudah jadi lainnya. Gambar rumah dari majalah kemudian dipotong yang hanya diambilgambar rumahnya saja kemudian ditempelkan pada permukaan ganjal gambar. Ini merupakan salah satu pola sederhana dari karya montase.
Montase dua dimensi dianggap menyerupai karya lukisan alasannya yakni materialnya terdiri dari gmbar-gambar yang sudah jadi hanya alasannya yakni dipotong-potong kemudian dipadukan sehingga menjadi satu kesatuan karya ilustrasi. Montase disamping dibentuk dua dimensi juga tiga dimensi, montase tiga dimensi berbentuk setting.

Langkah-langkah Membuat Montase
Adapun langkah-langkah dalam pembuatan montase, yaitu:
1.      Sediakan alat dan bahan:
a.       Majalah, koran, gambar-gambar yang akan dijadikan montase
b.      Gunting
c.       Lem
d.      Buku gambar sebagai tempat menempelkan gambar
2.      Potonglah gambar-gambar dari majalah yang akan dijadikan montase, misalkan tubuh dan kepala berbeda
3.      Guntinglah gambar tersebut yang dirasakan sudah cocok
4.      Tempelkan gambar pada buku gambar yang sudah disiapkan dengan memakai lem

Sumber:




Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)