RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANSatuan Pendidikan : SDKelas / semester : IV / ITema : Indahnya NegerikuSubtema : Keanekaragaman Hewan dan TumbuhanPembelajaran : IAlokasi Waktu : 6 x 35 menitA. Kompetensi Inti
KI 1. Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya.
KI 2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sahabat dan guru.
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.KI 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia. B. Kompetensi Dasar
Matematika3.7. Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desiman. 4.2. Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen.Indikator :· Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal.
· Menjelaskan operasi pengurangan bilangan desimal.
· Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen.
· Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan persen.
IPA3.7. mendeskripsikan kekerabatan antara sumber daya alam dengan lingkungan teknologi dan msyarakat. 4.6. menyajikan laporan perihal sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat. 4.7. Menyajikan laporan hasil pengamatan perihal teknologi yang dipakai di kehidupan sehari-hari serta akomodasi yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.Indikator :· Membedakan binatang langka dan tidak langka
· Menyimpulkan laporan informasi perburuan binatang langka.
Bahasa Indonesia3.4. menggali informasi dari teks dongeng petualangan perihal lingkungan dan sumber daya alam dengan santunan guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku. 4.4. Menyajikan teks dongeng petualangan perihal lingkungan dan sumber daya alam secara berdikari dalam teks bahasa Indonesia ekspresi dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku.Indikator· Menyimak teks informasi pada binatang –hewan langka di Indonesia.
· Menuliskan informasi penting yang ada pada teks informasi hewan-hewan langka di Indonesia.
· Menceritakan kembali memakai kata-kata sendiri informasi yang digali dari informasi petualangan.
· Membuat kalimat memakai kosakata baku.
C. Tujuan Pembelajaran1. Setelah mengamati gambar,
siswa bisa membedakan binatang langka dan tidak langka dengan benar.
Siswa bisa menyimak informasi penting pada teks informasi yang tela disediakan perihal hewa-hewan langka di Indonesia.
Siswa bisa menuliskan informasi penting pada teks informasi yang telah disediakan perihal hewan-hewan langka di Indonesia.
2. Setelah membaca teks petualang perihal Perburuan Liar Ancam Macan Tutul di Ujung Kulon :
siswa bisa menyimpulkan informasi memakai kata-kata sendiri.
3. Setelah membaca teks informasi perihal Macan Tutul Jawa,
siswa bisa menceritakan kembali isi teks menggunakan kata-kata sendiri.
siswa bisa menentukan dan memilah kosakata baku dan menerapkannya dalam kalimat secara terstruktur.
4. Setelah menganalisis tabel :
Siswa bisa menjelaskan penjumlahan bilangan desimal dan persen dengan benar.
Siswa bisa menjelaskan pengurangan bilangan desimal dan persen dengan benar.
5. Berdasarkan table,
Siswa bisa mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen dengan teliti.
Siswa bisa mengoperasikan pengurangan desimal dan persen dengan teliti.
D. Materi ajar
· Operasi hitung ( penjumlahan dan pengurangan) bilangan desimal dan persen
· Hewan langka dan tidak langka di Indonesia
· Menceritakan kembali isi teks petualangan
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific, komunikatif, whole language.Metode : diskusi, tanya jawab, penugasanF. Media / alat bantu dan sumber pembelajaran
Media : gambar binatang langka dan tidak langkaSumber berguru : buku siswa tema 6 dan buku guru tema 6G. Kegiatan Pembelajaran
H. Penilaian
a. Teknik
1. Daftar periksa ( IPA )
2. Rubrik ( Bahasa Indonesia )
Daftar periksa ( Bahasa Indonesia )3. Penilaian dengan skoring ( Matematika )
4. Penilaian sikap.( kerjasama, keaktifan, menghargai pendapat teman, tanggung jawab )
b. Instrumen
1. Penilaian dinilai dengan dengan daftar periksa
Format evaluasi :
2. Bahasa Indonesia dinilai dengan
a. Rubrik
Menceritakan kembali teks petualangan dinilai dengan rubrik
Catatan : centang (
) pada belahan yang memenuhi kriteria
Penilaian :
x 10
Contoh :
x 10 =
x 10 = 8,3
Format Penilaian :
b. Daftar periksa
3. Matematika dinilai dengan skoring
4. Penilaian sikap ( kerjasama, keaktifan, menghargau pendapat teman, tanggung jawab )
Format penilaian
Keterangan Skor:1=Kurang2=Cukup3=Baik4=Sangat Baik Skor maksimal=16
Skor perolehan
Nilai = X 100 Skor Maksimal EVALUASIPilihlah satu tanggapan yang sempurna !1. Satu dari lima jenis harimau di dunia yang masih bertahan hidup adalah...
a. Harimau Jawa c. Harimau Bali
b. Harimau Sumatra d. Harimau Bali
2. Burung merak yang mempunyai bulu-bulu yang indah, hijau keemasan adalah..
a. Merak jawa atau merak hijau c. Merak bali atau merak hijau
b. Merak jawa atau merak hijau d. Merak batam atau merak hijau.
3. Hewan yang langka dan unik alasannya dianggap sebagai warisan zaman prasejarah yang masih hidup adalah...
a. Musang c. Harimau
b. Kelelawar d. Komodo
4. Yang termasuk binatang langka dibawah ini adalah, kecuali...
a. Orangutan c. Harimau Sumatra
b. Komodo d. Ayam
5. Jumlah dari 100,05 + 300,6 adalah...
a. 400,65 c. 200,65
b. 300,05 d. 500,65
6. Hasil pengurangan dari 50,35 – 30,20 adalah...
a. 10, 35 c. 12, 45
b. 11,25 d. 20,15 jawaban
7. Hasil penjumlahan dari 65,8 % + 13,5 jam adalah..
a. 100,5 % c. 122,05 %
b. 123,6 % d. 133,55 %
8. Hasil pengurangan dari 14,9 jam – 40,4 % adalah...
a. 6,3 jam c. 5,2 jam
b. 7,2 jam d. 4,2 jam
9. Hasil dari 70,35 + 800,35 adalah...
a. 970,5 c. 770,8
b. 990,5 d. 870,7
10. Hasil dari 60,45 % + 50,50% adalah...
a. 120,95 c. 110,95
b. 121,95 d. 111,95
Jawablah pertanyaan berikut !1. Sebutkan 5 binatang langka yang ada di Indonesia...
2. Sebutkan 10 binatang yang tidak langka di Indonesia...
3. Waktu tidur harimau yaitu 65, 8 dan waktu tidur jaguar yaitu 10,8 jam.
Berapakah jumlah tidur kedua binatang tersebut...(ditulis dalam bentuk jam )4. Waktu tidur bajing yaitu 62% dan waktu tidur kera yaitu 9,7 jam.
Berapakah hasil pengurangan jumlah tidur kedua binatang tersebut...(ditulis dalam bentuk persen )5. Waktu tidur macan tutul yaitu 50,6 % , dan waktu tidur ular piton yaitu 75%, sedangkan waktu tidur jaguar yaitu 10,8 jam. Berapakah hasil penjumlahan waktu tidut ketiga binatang tersebut...(ditulis dalam bentuk jam )
Kunci JawabanPilihlah tanggapan paling sempurna !1. B
2. A
3. D
4. D
5. A
6. D
7. C
8. C
9. D
10. C
Jawablah pertanyaan berikut !1. – orangutan
- Harimau sumatra
- Merak Jawa atau merak hijau
- Macan tutul
- Komodo
2. – ayam
- Bebek
- Kerbau
- Sapi
- kelinci
- kucing
- ular
- tupai
- kelelawar
- burung merpati
- dan bisa jawaban-jawaban lain.
3. 65,8% + 10,8 jam = 15,8 jam + 10,8 jam = 26,592 jam
4. 62% - 9,7 jam = 21,6 %
5. 50,6% + 75% + 10,8 jam = 40,9 jam










D. Materi ajar
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | · Guru mengkondisikan kelas. · Guru memberikan tujuan pembelajaran. · Guru memotivasi siswa denga yel-yel : Berikan satu pujian untuk kelas kita “ hu “ Berikan dua pujian untukn kelas kita : hu ha “ Berikan seribu kebanggan untuk kelas kita “tepukan 2 x 2 “ · Bertanya jawab perihal hewan-hewan langka yang diketahui siswa. | 10 – 15 menit |
Inti | 1. Siswa mengamati gambar yang terdiri dari binatang langka dan tidak langka. 2. Siswa menciptakan pertanyaan yang mereka anggap penting menurut gambar tersebut. 3. Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan yang telah ditentukan. 4. Siswa mendiskusikan tanggapan atas pertanyaan yang telah mereka tulis dengan pasangan masing-masing. 5. Siswa mengelompokkan binatang tersebut menurut langka atau tidak langka pada ( denah ) yang telah disediakan. 6. Siswa membaca teks Perburuan Liar Ancam Macan Tutul di Ujung Kulon, Siswa menyimpulkan isi informasi dengan memakai kata-kata sendiri secara mandiri. 7. Setelah membaca teks informasi perihal macan tutul jawa, Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. 8. Siswa menceritakan kembali isi teks informasi perihal macan tutul memakai kata-kata sendiri secara individu. 9. Siswa menentukan 10 kosakata gres yang belum mereka pahami artinya. 10. Siswa mencari arti kata-baru gres tersebut di kamus dan menuliskan pada lembar yang telah disediakan. 11. Siswa menciptakan 5 kalimat memakai kosakata gres tersebut. 12. Dengan panduan guru, siswa menelaah tabel yang berisikan data ( desimal dan persen ) perihal jumlah jam tidur hewan. 13. Siswa mendiskusikan data yang mereka telaah dalam kelompok 14. Siswa menjawab pertanyaaan yang terdapat dalam buku siswa. Contoh pertanyaan : Hewan apa yang mempunyai waktu tidur paling lama ? Hewan apa yang mempunyai waktu tidur paling singkat ? 15. Siswa mempertukarkan tanggapan dengan pasangan. 16. Siswa menjelaskan cara mereka menjawab pertanyaan dengan pasangan. | 180 menit |
Penutup | · Guru bersama siswa merangkum pembelajaran yang telah dipelajari. · Guru memberikan pesan moral bahwa begitu banyak keanekaragaman binatang di Indonesia, maka setiap insan harus menjaga kelestarian binatang semoga tidak punah. · Guru memperlihatkan tindak lanjut | 10 – 15 menit |
No | Kriteria | Kecapaian | |
ya | Tidak | ||
1. | Siswa bisa menuliskan 5 pola binatang tidak langka | | |
2. | Siswa bisa menuliskan 5 pola binatang langka | | |
3. | Siswa bisa menuliskan perbedaan binatang langka dan tidak langka | | |
4. | Siswa bisa menyimpulkan perihal penyebab kelangkaan hewan. | | |
No | Nama Siswa | Kriteria | | |||
Menuliskan 5 pola binatang tidak langka | Menuliskan 5 pola binatang langka | Menuliskan perbedaan binatang langka dan tidak langka | Menyimpulkan Tentang penyebab kelangkaan hewan. | |||
1. | Zulfiadi | Ya | Tidak | Ya | Tidak | |
2. | Deden | Ya | Ya | Ya | Tidak | |
3. | Mudaris | Ya | Ya | Ya | Ya |
Kriteria | Bagus | Cukup | Berlatih lagi |
Struktur cerita | Memuat awal, pertengahan, dan final dongeng yang ditulis dengan lengkap ( ![]() ( 3 ) | Memuat awal, pertengahan, dan final cerita, namun kurang lengkap. ( 2 ) | cerita tidak memuat salah satu aspek ( awal ; pertengahan, atau final ) ( 1 ) |
Latar Cerita | Memuat latar ( setting ) dalam dongeng yang ditulis secara detail ( 3 ) | Memuat latar ( setting ) cerita, namu kurang detail ( ![]() ( 2 ) | Tidak memuat latar ( setting ) dalam cerita. ( 1 ) |
Tokoh Cerita | Memuat nama tokoh dengan lengkap ( ![]() ( 3 ) | Memuat nama tokoh, namun kurang lengkap. ( 2 ) | Tidak memuat tokoh cerita. ( 1 ) |
Keruntunan | Seluruh kalimat runtut ( 3 ) | Terdapat 1-2 kalimat yang tidak runtut ( ![]() ( 2 ) | Terdapat 3 atau lebih kalimat yang tidak runtut. ( 1 ) |




No | Nama siswa | Kriteria | Skor | |||
Struktur cerita | Latar Cerita | Tokoh Cerita | Keruntutan | |||
1 | Zulfiadi | 3 | 2 | 2 | 1 | 8 |
2. | Mudaris | 4 | 4 | 4 | 4 | 16 |
3. | Deden | 4 | 3 | 4 | 4 | 15 |
No | Kriteria | Kecapaian | |
ya | Tidak | ||
1. | Siswa bisa menentukan dan memilah 10 kosa kata baku dari teks dongeng petualangan | | |
2. | Siswa bisa menemukan dan menuliskan arti kosakata baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia | | |
3. | Siswa bisa menuliskan 5 kosakata baku tersebut dalam kalimat yang runtut | | |
No | Kriteria | Terlihat | Tidak terlihat |
1. | Kerjasama | | |
2. | Keaktifan | | |
3. | Menghargai pendapat teman | | |
4. | Tanggung jawab | | |
No | Nama Peserta Didik | Aspek | Jumlah | Nilai | |||
Kerja sama | keaktifan | Menghargai Pendapat Teman | Tanggung jawab | ||||
1. | Zulfiadi | | | | | | |
2. | Jazmi mudaris | | | | | | |
3. | Ejen | | | | | | |
4. | Deden | | | | | | |
5. | Rama | | | | | | |
6. | Boby | | | | | | |
7. | Defgan alfamart | | | | | | |

Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com
EmoticonEmoticon