RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :SD
Kelas/Semester : II/2
Tema : Air, Bumi, dan Matahari
Subtema : Air
Pertemuan : 1I
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : mendapatkan dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah
dan di sekolah
membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah
dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
2.2. Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan dilema nyatasecara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya mengusut kebenaran jawabnya.
Indikator
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan memakai satuan baku cm .
3.10.2 mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar
4.5.1 Memecahkan dilema yang berkaitan dengan panjang benda.
Bahasa Indonesia
1.2. Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan binatang dan tumbuhan
2.3. Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1. Mengenal teks laporan sederhana wacana alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan sumbangan guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
4.1. mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana wacana alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara berdikari dalam bahasa ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
Indikator
3.1.1 Menemukan kalimat yang sesuai dari gambar wacana acara dalam kehidupan.
4.1.2. Membaca teks wacana kerja bakti dengan lafal dan intonasi yang jelas
PKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan sikap toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah
3.2. Mengenal tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator
3.2.1. mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2. Mengelompokkan banyak sekali pola kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
PJOK
1.1 Menghargai badan dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan saran dan prasarana pembelajaran
3.9 Memahami manfaat pemanasan dan pendnginan sebelum dan setelah melaksanakan acara fisik
4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melaksanakan acara fisik
Indikator
3.9.1 Mengindentifikasi banyak sekali acara pemanasan sebelum melaksanakan acara mengisi air dalam galon
3.9.2 Mengidentifikasi banyak sekali acara pendinginan setelah melaksanakan acara mengisi air dalam galon
4.9.1 mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melaksanakan acara fisik
4.9.2 Mempraktikkan kegiatan pendinginan setelah melaksanakan acara fisik
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks wacana acara fisik, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik (membawa air diatas kain) dengan cermat.
2. Dengan mengamati gambar, siswa sanggup mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik teliti.
3. Dengan tanya jawab, siswa menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik dengan percaya diri
4. Dengan tanya jawab, siswa sanggup mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan cermat
5. Dengan mengamati gambar, siswa sanggup mengelompokkan banyak sekali pola kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tanggung jawab
6. Dengan menyadari pentingnya tata tertib, siswa sanggup melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga dengan tanggung jawab.
7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat, siswa sanggup mengukur panjang beberapa benda dengan memakai satuan baku cm dengan cermat.
8. Dengan mengukur panjang benda, siswa sanggup mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar dengan cermat.
9. Dengan bimbingan guru, siswa sanggup memecahkan dilema yang berkaitan dengan panjang benda dengan tanggung jawab.
10. Dengan mengamati pola teks laporan, siswa sanggup mengidentifikasi teks laporan sederhana wacana alam sekitar dengan cermat.
11. Dengan teks laporan yang telah ditulis, siswa sanggup membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang terperinci dengan percaya diri.
12. Dengan mengamati gambar, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali acara pemanasan sebelum melaksanakan acara fisik dengan benar.
13. Dengan mengidentifikasi banyak sekali acara pemanasan, siswa sanggup mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melaksanakan acara fisik dengan tanggung jawab.
14. Dengan mengamati gambar, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali acara pendinginan setelah melaksanakan acara fisik dengan benar.
15. Dengan mengidentifikasi banyak sekali acara pendinginan, siswa sanggup mempraktikkan acara pendinginan setelah melaksanakan acara fisik.
D. Materi Ajar
· Membuat kalimat sesuai gambar, membaca teks kerja bakti
· Tertib Mematuhi Aturan di Rumah
· Pengukuran benda dengan satuan cm
· Gerak pemanasan dan pendinginan
E. Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Tanya jawab, diskusi kelompok
Metode : Tanya jawab, diskusi kelompok
F. Media dan Sumber Belajar
Media:
· Gambar suasana banjir
· Gambar kegiatan kerja bakti
· Gambar gerakan pemanasan
· Gambar gerakan pendinginan
· Gambar tata tertib di rumah
· Gambar alat-alat kebersihan
· Gambar pengukuran panjang benda
· Gambar alat-alat pengukuran panjang benda dengan cm
Sumber Belajar
· Buku guru dan buku siswa tema kelas II (Air, Bumi, dan Matahari)
Kontributor Naskah: Taufina, Irene Maria J. Astuti, Marina Novianti, Faisal, dan Purnomosidi
Penelaah : Sri Sulistyoni, Rizy Rosjanuardi, Bunyamin Maftuh, Vismaian Damayanti, Tri Hartini, Mugiyo Hartono, dan Nur Wahyu
Penyelia Penerbitan : Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama siswa. 2. Guru memberikan bahan dan tujuan pembelajaran. 3. Guru memajang media pembelajaran yang akan digunakan 4. Guru menawarkan apersepsi dengan kegiatan tanya jawab wacana alam sekitar lingkungan tempat tinggal siswa 5. Guru memotivasi siswa biar terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. | 10 menit |
Inti | Mengamati 1. Siswa mengamati gambar suasana banjir di suatu daerah Menalar 2. Siswa bertanya jawab mengenai kejadian yang dialami penduduk bila terjadi banjir 3. Setelah bertanya jawab, Siswa diminta menciptakan kalimat yang sesuai dengan gambar Mengomunikasikan 4. Kemudian siswa memberikan kalimat yang telah dibentuk di depan kelas Mengamati 5. Setelah menulis kalimat, siswa mengamati teks bergambar wacana kegiatan kerja bakti 6. Siswa membaca teks bergambar wacana kegiatan kerja bakti 7. Setelah kegiatan membaca, Siswa mengamati gambar pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melaksanakan aktivitas 8. Kemudian, Siswa diminta untuk memahami gerakan acara pemanasan dan pendinginan. 9. Selanjutnya Siswa secara bersama-sasma mempraktekkan gerakan pemanasan sebelum melaksanakan acara mengisi air di galon Mencoba 10. Setelah melaksanakan acara pemanasan, Siswa melaksanakan permainan mengisi galon atau permainan membawa yang diisi air dalam gelas yang diletakkan di atas kain hingga hingga sasaran yang telah ditentukan 11. Setelah melaksanakan permainan, Siswa mempraktekkan secara bersama gerakan pendinginan secara bersama. Mengamati 12. Setelah melaksanakan acara fisik, siswa mengamati gambar wacana hukum di rumah (menalar) 13. Siswa diminta memilih gambar yang memperlihatkan sikap mematuhi hukum di rumah. 14. Siswa bertanya jawab wacana gambar Mengamati 15. Siswa mengamati gambar wacana pengukuran panjang benda memakai satuan baku (centimeter) 16. Siswa membentuk kelompok berjumlah 4 hingga 5 siswa mencoba 17. Siswa mengukur benda-benda dengan memakai penggaris atau meteran mengomunikasikan 18. Siswa menciptakan laporan bahu-membahu dalam kelompok wacana kegiatan mengukur benda yang dilakukan 19. Setiap kelompok siswa mengumpulkan hasil pengukuran kelompok lain 20. Siswa membandingkan dan mengurutkan hasil pengukuran setiap kelompok yang telah dilakukan. | 150 menit |
Penutup | 1. Siswa bersama guru merangkum pembelajaran yang telah dipelajari. 2. Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dipelajari 3. Guru menawarkan reword pada kelompok yang terbaik 4. Guru menawarkan tindak lanjut. | 15 menit |
H. Penilaian
1. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian
No | Kriteria | Penilaian | ||
3 | 2 | 1 | ||
1 | Cermat | Siswa sering terlihat mempunyai kecermatan dalam melaksanakan penyelidikan dalam menggali informasi | Siswa adakala terlihat mempunyai kecermatan dalam melaksanakan penyelidikan dalam menggali informasi | Siswa tidak terlihat mempunyai kecermatan dalam melaksanakan penyelidikan dalam menggali informasi |
2 | Tanggung Jawab | Siswa sering terlihat mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kiprah yang diberikan | Siswa adakala terlihat mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kiprah yang diberikan. | Siswa tidak terlihat mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kiprah yang diberikan |
4 | Percaya Diri | Siswa sering terlihat mempunyai kepercayaan diri dalam memberikan pendapat ataupun bertanya. | Siswa adakala terlihat mempunyai kepercayaan diri dalam memberikan pendapat ataupun bertanya. | Siswa tidak terlihat mempunyai kepercayaan diri dalam memberikan pendapat ataupun bertanya. |
5 | Rasa Ingin Tahu | Siswa sering terlihat mencari tahu untuk menemukan sesuatu yang belum diketahui baik dengan kegiatan bertanya, mencari informasi, maupun dengan melaksanakan percobaan | Siswa adakala terlihat mencari tahu untuk menemukan sesuatu yang belum diketahui baik dengan kegiatan bertanya, mencari informasi, maupun dengan melaksanakan percobaan | Siswa tidak terlihat mencari tahu untuk menemukan sesuatu yang belum diketahui baik dengan kegiatan bertanya, mencari informasi, maupun dengan melaksanakan percobaan |
6 | Peduli | Siswa sering terlihat peduli terhadap teman | Siswa adakala terlihat peduli terhadap teman | Siswa tidak terlihat peduli dengan teman |
Lembar pengamatan
Nama Siswa | Kriteria | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
Keterangan:
ST: Sering Terlihat KT: Kadang Terlihat TT : Tidak Terlihat
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir = x 4
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)
2. Penilaian Keterampilan
Rubrik menulis teks laporan wacana kegiatan mengukur benda
No | Kriteria | Baik 3 | Cukup 2 | Kurang 1 |
1 | Penggunaan aksara besar, dan tanda baca | Menggunakan aksara besar di awal kalimat dan nama orang, serta memakai tanda titik di tamat kalimat | Terdapat 1-2 kesalahan dalam peggunaan aksara besar dan tanda titik | Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan aksara besar dan tanda titik |
2 | Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema | Seluruh isi teks yang ditulis sesuai tema | Setengah atau lebih isi teks sesuai tema | Kurang dari setengah isi teks sesuai tema |
3 | Penulisan | Penulisan kata sudah tepat | Terdapa 1-2 kata yang belum sempurna penulisannya | Terdapat lebih dari 2 kata yang belum sempurna penulisannya |
4 | Penggunaan kalimat yang efektif | Seluruh kalimat memakai kalimat yang efektif | Terdapat 1-2 kalimat memakai kalimat yang kurang efektif | Terdapat lebih dari 2 kalimat memakai kalimat yang kurang efektif |
No | Nama Siswa | Kriteria | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir = x 4
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)
Rubrik Mengukur Panjang Benda
No | Kriteria | Baik 3 | Cukup 2 | Kurang 1 |
1 | Keterampilan dalam mengukur | Siswa bisa melaksanakan pengukuran dengan sangat sempurna dengan memakai alat ukur baku | Siswa bisa melaksanakan pengukuran dengan cukup sempurna dengan menggunkaan alat ukur baku | Siswa tidak bisa melaksanakan pengukuran dengan memakai alat ukur baku |
2 | Kemampuan membandingkan hasil pengukuran | Siswa sangat bisa dalam membandingkan hasil pengukuran benda | Siswa cukup bisa dalam membandingkan hasil pengukuran benda | Siswa kurang bisa dalam membandingkan hasil pengukuran benda |
Lembar Penilaian
Nama Siswa | Kriteria | |
Mengukur benda | Membandingkan Benda | |
| | |
| | |
| | |
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir = x 4
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)
Rubrik Membacakan teks laporan yang ditulis
No | Kriteria | Baik 3 | Cukup 2 | Kurang 1 |
1 | Kemampuan membaca teks sederhana | Siswa bisa membaca keseluruhan teks | Siswa bisa membaca sebagian teks | Siswa bisa membaca sebagian kecil teks |
2 | Intonasi | Siswa mengucapkan bunyi bahasa dengan sesuai. | Siswa mengucapkan bunyi bahasa cukup sesuai. | Siswa mengucapkan bunyi bahasa kurang sesuai. |
3 | Lafal | Pelafalan setiap kata diucapkan dengan artikulasi yang sesuai. | Pelafalan setiap kata diucapkan dengan artikulasi yang cukup sesuai | Pelafalan setiap kata diucapkan dengan artikulasi yang kurang sesuai |
4 | Ketepatan dalam membaca | Penghentian ketika membaca sesuai | Penghentian ketika membaca cukup sesuai | Penghentian ketika membaca kurang sesuai |
5 | Volume suara | Valume bunyi keras dan jelas | Volume bunyi jelas | Volume bunyi kurang jelas |
Lembar penilaian
Nama Siswa | Kriteria | ||||
I | 2 | 3 | 4 | 5 | |
| | | | | |
| | | | | |
3. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir = x 100
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100`
Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com
EmoticonEmoticon