Friday, April 28, 2017

√ Analisis Pesaing – Competitor Analysis Dalam Bisnis Dan Misalnya – Cara Melaksanakan Analisis Pesaing Atau Analisis Kompetitif


Analisis Pesaing – Competitor Analysis dalam Bisnis


Competitor analysis atau analisis pesaing dalam pemasaran dan administrasi strategis ialah evaluasi kekuatan dan kelemahan pesaing dikala ini dan yang berpotensial. Analisis ini mengatakan konteks strategis ofensif dan defensif untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman. Profiling menggabungkan semua sumber analisis pesaing yang relevan ke dalam satu kerangka kerja dalam mendukung perumusan strategi, implementasi, pemantauan, dan pembiasaan seni administrasi yang efisien dan efektif.




  • Tentukan industri – ruang lingkup dan sifat industri.




  • Tentukan siapa kompetitornya.




  • Tentukan siapa pelanggan dan manfaat apa yang mereka harapkan.




  • Tentukan kekuatan utama – contohnya harga, layanan, kenyamanan, inventaris, dll.




  • Rangking faktor-faktor kunci keberhasilan dengan mengatakan bobot kepada masing-masing – Jumlah dari semua bobot harus dijumlahkan menjadi satu.




  • Nilai setiap pesaing pada masing-masing faktor kunci keberhasilan.




  • Lipat gandakan setiap sel dalam matriks dengan faktor pembobotan.




 


 






Cara Melakukan Analisis Pesaing atau Analisis Kompetitif


1. Identifikasi 10 Pesaing Anda


Sekarang ini mungkin konyol untuk saya tanyakan, tetapi apakah Anda sudah mengidentifikasi sepuluh pesaing teratas perusahaan Anda?


Setiap perusahaan mempunyai pesaing yang menyeramkan yang tidak sanggup mereka tahan, tidak peduli apa pun yang Anda lakukan, mereka selalu memakai ide-ide Anda dan mengambil pelanggan potensial Anda. Apakah Anda perusahaan lokal, nasional, atau internasional, mungkin ada seseorang di perusahaan Anda, khususnya tim penjualan dan pemasaran, yang sanggup dengan cepat mengalahkan pesaing utama Anda serta apa yang membedakan mereka dari Anda.


Sebagai perusahaan nasional, Anda bersaing dengan kemungkinan ratusan, bahkan ribuan perusahaan mengejar grup yang sama dari lead berkualitas.


Jadi, mungkin Anda tidak tahu siapa pesaing Anda. Anda mungkin mempunyai satu perusahaan yang bersaing dengan Anda, tetapi di luar mereka Anda kalah dan bingung.


Jika Anda perlu sedikit tunjangan mengidentifikasi pesaing Anda, Google ialah sumber yang bagus. Dengan hanya “Googling” jenis layanan atau produk yang Anda tawarkan, sangat mungkin beberapa pesaing utama Anda akan muncul.


Cara hebat lainnya untuk mengetahui siapa pesaing utama Anda, ialah dengan memakai alat online ibarat SEM Rush. SEM Rush ialah perangkat lunak yang hebat untuk mengetahui peringkat perusahaan lain untuk kata kunci Anda dan bagaimana Anda menumpuknya.


 


2. Menganalisa dan Bandingkan Konten Pesaing


Setelah mengidentifikasi pesaing, Anda sanggup memulai analisis persaingan dan menggali sedikit lebih dalam untuk mendapat pemahaman yang lebih baik perihal jenis konten apa yang mereka terbitkan.


Menganalisis konten mereka sanggup membantu Anda memilih peluang apa yang Anda miliki untuk membantu mengungguli pesaing Anda. Apa jenis pembuatan konten yang menjadi fokus pesaing Anda, sebuah blog? Studi kasus? Konten premium?


Berbagai jenis konten sanggup mencakup:



  • Posting blog

  • Kertas putih (white page)

  • eBuku

  • Video

  • Webinar

  • Podcast

  • Slide / Powerpoint

  • Konten visual

  • Tanya Jawab

  • Artikel fitur

  • Siaran pers

  • Berita

  • Studi kasus

  • Panduan pembeli


Setelah Anda menemukan konten mereka, Anda sanggup memilih kualitasnya, dan yang paling penting Anda sanggup melihat bagaimana membandingkannya dengan milik Anda. Pastikan Anda mencari seberapa sering mereka ngeblog, menambahkan, dan memperbarui konten baru, serta topik apa yang sering mereka diskusikan. Apakah mereka melaksanakan sesuatu yang bukan Anda lakukan?


Setelah Anda tahu jenis konten apa dan kualitas konten yang diterbitkan pesaing Anda, itu memberi Anda perspektif yang lebih baik perihal di mana Anda perlu melaksanakan lebih banyak upaya dan sumber daya.


Jika pesaing Anda secara konsisten menerbitkan studi kasus, ini bisa menjadi penggalan dari alasan mengapa aba-aba kualitas Anda mengarah ke pesaing Anda.


Calon klien ingin tahu bagaimana rasanya bekerja dengan perusahaan Anda. Tidak hanya studi masalah yang penting, tetapi perhatikan juga blog mereka.


Jika pesaing Anda cenderung membuat/menulis blog tiga kali seminggu dibandingkan dengan satu artikel Anda setiap dua minggu, itu akan bermanfaat bagi perusahaan Anda untuk mulai menghasilkan lebih banyak kemudian lintas ke situs Anda dengan blogging lebih sering perihal topik yang relevan. Jangan hanya blog sebab Anda ingin menambahkan lebih banyak konten, itu tidak akan menghasilkan lebih banyak kemudian lintas bila konten yang Anda tambahkan tidak luar biasa.


 


3. Analisis Struktur SEO Mereka


Sejauh ini pesaing Anda mempunyai jenis konten yang sama, memperbaruinya sesering mungkin, dan mempunyai kualitas yang luar biasa. Kaprikornus apa yang mereka lakukan berbeda dari Anda?


Mungkin struktur SEO mereka. Jika perusahaan Anda mempunyai blog, Anda tahu betapa pentingnya struktur SEO Anda. Saat melaksanakan analisis kompetitif pada jenis konten yang dihasilkan pesaing Anda, juga bermanfaat untuk menyidik struktur SEO konten itu.


Bagaimana pesaing Anda memakai kata kunci, apakah mereka termasuk dalam:



  • Judul halaman

  • Arsitektur URL

  • Tag H1

  • Konten

  • Tautan internal

  • Teks alt gambar


Anda tidak hanya harus menyidik struktur SEO konten tetapi juga jenis kata kunci apa yang dipakai pesaing Anda.


Saat mencoba memilih peringkat untuk kata kunci tertentu, daripada mencari kata kunci yang mempunyai volume pencarian tinggi, cari kata kunci yang mempunyai volume pencarian lebih rendah, jenis kata kunci ini cenderung menjadi kata kunci berujung panjang yang menciptakan kata kunci lebih spesifik.


Juga dengan melihat kata kunci pesaing Anda, Anda sanggup menghasilkan daftar kata kunci pemanis yang sanggup Anda targetkan.


 



4. Lihatlah Integrasi Media Sosial mereka


Kehadiran perusahaan di media umum menjadi semakin penting setiap hari dan setiap perusahaan memanfaatkan setiap platform secara berbeda. Jaringan media umum ialah cara terbaik bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pengguna dan penggemar.


Selain itu situs-situs ini memungkinkan Anda untuk membagikan konten Anda.


Langkah selanjutnya dari analisis kompetitif Anda harus memilih bagaimana pesaing Anda memakai media umum dan mengintegrasikannya ke dalam pemasaran mereka.


Tidak hanya penting untuk melihat apakah pesaing Anda sanggup ditemukan di platform media sosial, tetapi Anda juga ingin melihat seberapa efektif mereka memakai profil mereka.


Jenis informasi apa yang mereka posting? Apakah mereka pernah memposting? Apakah orang-orang mengikuti mereka? Apakah mereka mempunyai foto sampul dan foto profil?


Ini semua ialah pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri ketika Anda menyidik profil pesaing Anda. Hanya sebab mereka mempunyai profil tidak berarti mereka terus memperbarui halaman dan menambahkan konten baru.


Apakah pesaing Anda mempunyai profil media umum yang luar biasa? Jika mereka melakukannya, jangan hanya mengklik halaman dengan cepat, berguru dari apa yang mereka lakukan. Adakah hal-hal yang sanggup Anda manfaatkan dan ambil wangsit untuk membantu membangun kehadiran Anda?


Mungkin sebuah perusahaan mungkin bukan pesaing langsung, tetapi temukan perusahaan di industri Anda yang telah mapan dan kembangkan konten yang hebat, belajarlah dari influencer utama dalam industri Anda.


 


5. Identifikasi Area untuk Peningkatan


Setelah melaksanakan analisis kompetitif, Anda kini mempunyai wangsit dan pemahaman yang lebih baik perihal apa yang dilakukan pesaing Anda.


Ambil semua informasi yang Anda kumpulkan perihal masing-masing pesaing dan identifikasi bidang-bidang tertentu yang perlu diperbaiki. Setelah melihat pesaing Anda, Anda tidak sanggup memberi tahu saya bahwa Anda tidak menemukan setidaknya satu hal yang perlu Anda tingkatkan.


Anda tidak hanya akan sanggup mengidentifikasi bidang-bidang utama yang sanggup Anda tingkatkan sehubungan dengan pembuatan konten Anda, optimisasi mesin pencari, dan keterlibatan media sosial, tetapi Anda juga sanggup membantu membangun keberadaan perusahaan Anda dengan pelanggan potensial, pembaca blog / pelanggan, dan pengguna media sosial.





 


Matriks Analisis Pesaing


Ini sanggup ditampilkan pada matriks dua dimensi – pesaing di atas dan faktor kunci keberhasilan di samping. Contoh array pesaing berikut:


 





















































Key Industry

Success Factors
WeightingCompetitor

#1 rating
Competitor

#1 weighted
Competitor

#2 rating
Competitor

#2 weighted
1 – Extensive distribution.462.431.2
2 – Customer focus.341.251.5
3 – Economies of scale.23.63.6
4 – Product innovation.17.74.4
Totals1.0204.9153.7

 


Dalam contoh analisis pesaing ini, pesaing # 1 dinilai lebih tinggi dari pesaing # 2 pada kemampuan penemuan produk (7 dari 10, dibandingkan dengan 4 dari 10) dan jaringan distribusi (6 dari 10), tetapi pesaing # 2 dinilai lebih tinggi pada pelanggan fokus (5 dari 10). Secara keseluruhan, pesaing # 1 mempunyai peringkat sedikit lebih tinggi dari pesaing # 2 (20 dari 40 dibandingkan dengan 15 dari 40). Ketika faktor keberhasilan ditimbang berdasarkan kepentingannya, pesaing # 1 mendapat peringkat yang jauh lebih baik (4,9 dibandingkan dengan 3,7).


Dua kolom pemanis sanggup ditambahkan. Dalam satu kolom, sebuah perusahaan sanggup dinilai pada masing-masing faktor kunci keberhasilan (cobalah bersikap objektif dan jujur). Di kolom lain, tolok ukur sanggup dicantumkan. Mereka ialah standar perbandingan yang ideal untuk masing-masing faktor. Mereka mencerminkan cara kerja perusahaan memakai semua praktik terbaik industri.


 


 atau analisis pesaing dalam pemasaran dan administrasi strategis ialah evaluasi kekuatan d √ Analisis Pesaing – Competitor Analysis dalam Bisnis dan Contohnya – Cara Melakukan Analisis Pesaing atau Analisis Kompetitif

Analisis Pesaing – Competitor Analysis. Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay


 


Profil Pesaing


Alasan strategis dari profil pesaing ialah sederhana. Pengetahuan unggul perihal tentangan mengatakan sumber keunggulan kompetitif yang sah. Dasar keunggulan kompetitif atau analisis pesaing terdiri dari mengatakan nilai pelanggan yang unggul di pasar yang dipilih perusahaan. Karakteristik definitif dari nilai pelanggan ialah kata sifat, atasan. Nilai pelanggan didefinisikan relatif terhadap penawaran pesaing yang menyebabkan pengetahuan pesaing sebagai komponen intrinsik dari seni administrasi perusahaan.


Profiling memfasilitasi tujuan strategis ini dalam 3 cara penting dalam Analisis Pesaing




  • Pertama, pembuatan profil sanggup mengungkapkan kelemahan strategis dalam tentangan yang sanggup dieksploitasi perusahaan.




  • Kedua, perilaku proaktif dari profil pesaing akan memungkinkan perusahaan untuk mengantisipasi respons strategis pesaing mereka terhadap seni administrasi yang direncanakan perusahaan, seni administrasi perusahaan pesaing lainnya, dan perubahan lingkungan.




  • Ketiga, pengetahuan proaktif ini akan mengatakan kelincahan strategis perusahaan. Strategi ofensif sanggup diterapkan lebih cepat untuk mengeksploitasi peluang dan memanfaatkan kekuatan. Demikian pula, seni administrasi defensif sanggup dipakai lebih cekatan untuk melawan bahaya perusahaan tentangan dari mengeksploitasi kelemahan perusahaan sendiri.




Perusahaan yang mempraktikkan profil pesaing yang sistematis dan maju mungkin mempunyai keuntungan yang signifikan. Kemampuan profil yang komprehensif ialah kompetensi inti yang diharapkan untuk persaingan yang sukses.


 


Cara Membuat Profil Pesaing


Teknik umum ialah menciptakan profil terperinci pada masing-masing pesaing utama. Profil ini mengatakan citra mendalam perihal latar belakang, keuangan, produk, pasar, fasilitas, personel, dan seni administrasi analisis pesaing. Ini melibatkan:




  • Latar belakang perusahaan



    • Lokasi kantor, pabrik, dan kehadiran online.

    • Sejarah – kepribadian kunci, tanggal, peristiwa, dan tren.

    • Kepemilikan, tata kelola perusahaan, dan struktur organisasi




  • Keuangan



    • Rasio P-E, kebijakan dividen, dan profitabilitas.

    • Berbagai rasio keuangan, likuiditas, dan arus kas.

    • Profil pertumbuhan laba; metode pertumbuhan (organik atau akuisisi).




  • Produk



    • Produk yang ditawarkan, kedalaman dan luasnya lini produk, dan keseimbangan portofolio produk.

    • Produk gres dikembangkan, tingkat keberhasilan produk baru, dan kekuatan R&D (research and development).

    • Merek, kekuatan portofolio merek, loyalitas merek dan kesadaran merek.

    • Paten dan lisensi.

    • Kesesuaian kontrol kualitas.

    • Rekayasa terbalik atau deformasi.






  • Pemasaran (sales)



    • Segmen yang dilayani, pangsa pasar, basis pelanggan, tingkat pertumbuhan, dan loyalitas pelanggan.

    • Promosi, anggaran promosi, tema iklan, agensi iklan yang digunakan, tingkat keberhasilan tenaga penjualan, seni administrasi promosi online.

    • Saluran distribusi yang dipakai (langsung & tidak langsung), perjanjian eksklusivitas, aliansi, dan jangkauan geografis.

    • Harga, diskon, dan tunjangan lainnya.






  • Fasilitas



    • Kapasitas pabrik, tingkat pemanfaatan kapasitas, usia pabrik, efisiensi pabrik, investasi modal.

    • Lokasi, logistik pengiriman, dan gabungan produk berdasarkan pabrik.






  • Personil



    • Jumlah karyawan, karyawan kunci, dan keahlian.

    • Kekuatan manajemen, dan gaya manajemen.

    • Kompensasi, tunjangan, dan tingkat moral & retensi karyawan.




  • Strategi korporat dan pemasaran



    • Tujuan, pernyataan misi, planning pertumbuhan, akuisisi, dan divestasi.

    • Strategi pemasaran.




 


Bacaan Lainnya



 


 atau analisis pesaing dalam pemasaran dan administrasi strategis ialah evaluasi kekuatan d √ Analisis Pesaing – Competitor Analysis dalam Bisnis dan Contohnya – Cara Melakukan Analisis Pesaing atau Analisis Kompetitif

Apakah Anda mempunyai sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda kini juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com


 


 atau analisis pesaing dalam pemasaran dan administrasi strategis ialah evaluasi kekuatan d √ Analisis Pesaing – Competitor Analysis dalam Bisnis dan Contohnya – Cara Melakukan Analisis Pesaing atau Analisis Kompetitif

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter


 


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar bila Anda mengunduh aplikasi kita!


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!



Sumber bacaan: ImpactEntrepreneur


                       


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya








Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)