Isi Dari Bisnis Plan dan Contoh
Struktur tipikal untuk bisnis plan atau planning bisnis untuk memulai usaha, sebaiknya Anda membuat bisnis plan, kalau Anda ingin berhasil dalam kewirausahaan Anda. Berikut yakni 14 hal penting yang harus Anda tulis pada ketika membuat Bisnis Plan:
1. Halaman sampul dan daftar isi
Cover page and table of contents atau halaman sampul dan daftar isi harus dibentuk semenarik mungkin. Contohnya mirip sampul buku, kalau menarik Anda ingin membaca isinya!

Contoh bisnis plan. Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay
2. Ringkasan bisnis plan
Executive summary atau ringkasan bisnis plan merangkum laporan atau proposal yang lebih panjang atau sekelompok laporan terkait sedemikian rupa sehingga pembaca sanggup dengan cepat berkenalan dengan sejumlah besar materi tanpa harus membaca semuanya. Biasanya berisi pernyataan singkat perihal problem atau proposal yang tercakup dalam dokumen utama, informasi latar belakang, analisis ringkas dan kesimpulan utama. Ini dimaksudkan sebagai proteksi untuk pengambilan keputusan oleh manajer dan telah digambarkan sebagai penggalan terpenting dari planning bisnis.
Contoh executive summary dalam bisnis plan:
BUKA CAFÉ mempunyai bermacam-macam unit bisnis di F&B, layanan katering, gerai kafe, internet, dan penjualan jejaring sosial.
Buka Café yakni konsep F&B gres dengan “Layanan Cepat” dan semi-restoran kasual yang memberikan layanan take-out dan fitur sajian kuliner internasional, mirip Indonesia, Italia, Cina. Waktu penayangan biasanya dalam beberapa menit dan harga relatif murah. Makanan sanggup dikonsumsi di luar lokasi, di rumah pelanggan atau lokasi kerja.
Kami akan memberikan layanan katering penuh dan mudah, kuliner yang dilayani oleh tempat makan dan minum biasanya dikonsumsi oleh pelanggan di tempat / oleh tempat mereka sendiri. Misalnya, perusahaan katering sanggup menyiapkan dan menyajikan kuliner untuk konvensi penjualan perusahaan di hotel, pesta, pertemuan kantor, dan banyak lagi.
Makanan kami unik dan pribadi dan sasaran konsumennya yakni perempuan dan laki-laki dengan pendapatan menengah ke bawah. Dengan fakta ini kami berharap sanggup menarik lebih banyak orang yang menghargai variasi makanan.
Layanan luar kota dan penjualan internet / jaringan sosial terus mendukung semua unit bisnis. Saat ini, mereka yakni salah satu pemain terbaik dalam hal komunikasi dan penjualan.
Alasan dari planning bisnis ini yakni untuk memastikan bahwa BUKA CAFÉ untuk mengekspresikan suatu tujuan sedemikian rupa sehingga gampang untuk melihat bagaimana karenanya akan berdampak pada bottom line. Bisnis yakni perihal menghasilkan uang dan planning bisnis sanggup membantu memindahkan bisnis dari awal ke prospek menghasilkan uang, terutama untuk membantu kami dalam hal-hal berikut:
- Akan membantu meramalkan masa depan, bahkan kalau masa depan tidak diketahui.
- Dapat membantu mengklarifikasi ceruk bisnis dan potensi pertumbuhan.
- Untuk membantu menyalurkan energi, uang, dan waktu ke arah yang terfokus, sehingga membantu memastikan kesuksesan.
- Sebagai alat untuk pengembangan dan pertumbuhan di masa depan.
Bagian ini dilarang diselesaikan hingga planning bisnis ditulis. Ini akan menyoroti semua tonggak dalam pengembangan perusahaan selama lima tahun ke depan. Ini harus merangkum bidang-bidang berikut:
Tujuan rencana
Produk atau layanan dan kelebihannya
Peluang pasar
Tim manajemen
Lacak rekam, kalau ada
Proyeksi keuangan
Persyaratan pendanaan
Proyeksi keuangan harus dirangkum dan “disorot”. Format berikut ini disarankan sebagai panduan:
Tahun 1 | Tahun 2 | Tahun 3 | |
Penjualan (Sales) | 1 886 250 000 | 2 357 812 500 | 2 947 265 625 |
Penghasilan sebelum pajak (Net Profit before Tax) | 384 979 985 | 481 224 981 | 601 531 227 |
Investasi | 279 590 048 | 209 692 536 | 157 269 402 |
Ketenagakerjaan | 8 orang | 12 orang | 16 orang |
Untuk penjualan (sales): peningkatan 25% pada tahun ke-2 dan tahun ke-3.
Ingat bahwa calon investor sering membuat penilaian sementara menurut ringkasan planning bisnis atau ringkasan bisnis plan, dan bahwa keputusan mereka untuk membaca penggalan utama dari planning bisnis akan tergantung pada informasi yang disajikan di sini. Lampiran di penggalan belakang planning berisi informasi yang lebih rinci untuk mendukung teks utama dari planning bisnis.
3. Pernyataan misi dan visi
Mission statement atau pernyataan misi yakni merupakan sebuah pernyataan yang dipakai sebagai cara untuk mengomunikasikan tujuan dari sebuah organisasi. Walaupun sering tidak berubah dalam jangka waktu yang lama, sebuah organisasi tidak lazim memperbarui pernyataan misi mereka dan umumnya terjadi ketika sebuah organisasi berkembang. Pernyataan misi biasanya ringkas dan pernyataan sederhana yang memperlihatkan ikhtisar apa tujuan organisasi tersebut dan di sektor manakah organisasi tersebut bekerja.
Jangan hanya menulis misi dan visi, tetapi Anda juga harus sanggup melakukannya!
Contoh visi dan misi:
Visi: menjadi café di area yang sanggup dijangkau semua kalangan.
Misi: mempekerjakan dan membeli materi dasar kuliner yang tidak jauh dari tempat café, semoga bumi menjadi lebih hijau!
Misi
Buka Café akan memakai teknologi untuk mengidentifikasi dan melayani sasaran audiens yang ideal dalam radius 30 km dari tempat tersebut. Perusahaan akan memakai teknik pemasaran canggih untuk mengamankan klien inti dari pengusaha direktur dan akun korporat.
Buka Café berdedikasi untuk beroperasi dengan antusiasme yang konstan untuk belajar, terbuka untuk mengimplementasikan ide-ide gres dan memelihara kemauan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi pasar yang berkembang.
Kunci Sukses
• Menggunakan teknologi untuk menyebarkan klien laki-laki yang loyal dan sering membeli, alih-alih pembeli eceran kuliner tradisional.
• Merancang dan menjual F&B berkualitas inovatif dan bernilai uang dengan memakai aneka macam gaya, bumbu, dan wadah kuliner desain.
• Membuat etalase yang ibarat galeri seni, dengan F&B segar yang ditampilkan mirip seni (dan selalu dijual).
• Menawarkan produk tambahan, termasuk cokelat gourmet dan karya seni orisinil dari seniman lokal.
• Berkomunikasi dengan pelanggan potensial melalui surat langsung, iklan cetak, dan situs web yang gampang digunakan.
• Menawarkan aktivitas di dalam toko gratis, mirip penandatanganan buku dan pertunjukan seni, yang bertepatan dengan pembukaan galeri lingkungan lainnya.
4. Deskripsi bisnis
Jelaskan dengan tepat bisnis Anda.
Pemegang Saham
Buka Café, yakni salah satu kuliner semi-cepat gres di Indonesia, telah menyebarkan reputasinya untuk yang gres dan inovatif, menggabungkan layanan cepat & nilai uang yang baik, dengan standar layanan pelanggan yang sangat baik.
Kepemilikan Perusahaan
Nama pemegang saham dan investasi tunai hingga ketika ini:
- Bapak Jonathan mempunyai saham 50%.
- Ibu Rini mempunyai 25% saham.
- Bapak Michael mempunyai 25% saham.
- Ibu Candra mempunyai 25% saham.
Bapak Jonathan yakni CEO kami, berpengalaman dalam industri layanan kuliner & penginapan. Dia dididik di Jakarta & Singapura terutama di industri bisnis. Dia membawa pengetahuan dan keahlian yang luas ke perusahaan.
Ibu Rini adalah General Manager kami dan latar belakang pendidikannya di Australia. Dia memainkan kiprah utama dalam pengembangan aktivitas yang meningkatkan produktivitas dan kualitas. Dia memastikan bahwa grup beroperasi dengan lancar dan mencapai keunggulan dalam kinerja operasional, profitabilitas, efisiensi serta secara efektif mencapai tujuan dan sasaran bisnis.
Bapak Michael adalah Direktur Keuangan kami yang berbasis di Australia dan mengelola beberapa perusahaan.
Dia dipercaya untuk mengawasi perencanaan keuangan grup, sistem kontrol internal, administrasi kas dan bank, audit dan pajak serta administrasi keuangan perusahaan secara keseluruhan. Selain itu juga bertanggung jawab dalam persiapan perencanaan anggaran dan proses pengembangan untuk kelompok. Sistem pelaporannya yang unggul meliputi laporan keuangan terintegrasi dari semua merek portofolio dan alat keputusan bisnis informasi yang membantu operasi dalam mendorong margin keuntungan yang lebih tinggi. Dia menguasai bidang yang sangat khusus termasuk pengembangan proyek, administrasi operasi waralaba, pengembangan dan konsultasi strategis, penilaian keuangan, layanan dukungan pemilik, penilaian dan analisis akuisisi.
Direktur Penjualan & Pemasaran kami (dipantau jarak jauh), dipimpin oleh Ibu Candra yang berbasis di Bali. Dia dibantu oleh tim yang sangat berpengalaman dan personel pengembangan bisnis yang berdedikasi yang berbasis di Paris. Divisi ini bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan pengembangan serta implementasi taktik bisnis dari masing-masing unit bisnis sesuai dengan planning bisnis perusahaan. Direktur secara konstan meninjau dan menganalisis tren bisnis ketika ini dan beliau memastikan bahwa grup tersebut mencapai sasaran kuantifikasi yang diinginkan.
Produk dan layanan
<< Jelaskan dengan terang apa produk atau layanan Anda dan apa fungsinya. Produk-produk ini menyediakan konsumen dengan aneka macam macam lini produk dan memungkinkan untuk kustomisasi pesanan individu. >>
• Latar belakang perkembangannya.
BUKA CAFÉ OFFICE lahir untuk memastikan kelanjutan dan ekspansi luas bisnis bunga.
• Manfaat dan Fitur.
Layanan cepat & nilai uang yang baik yakni situasi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
• Nilai jual yang unik.
Bebas repot dan pengalaman membeli kuliner dan minuman. Menu Harian berubah setiap hari, dari Jawa ke Sumatera, melalui favorit Singapura atau Malaysia. Mereka sanggup mencoba kuliner Italia kalau bosan, sandwich dan hot dog kalau mereka mau. Buka Café mempunyai produk varietas dan ini yakni jaminan klien kami.
• Keuntungan bagi pelanggan.
Hemat waktu & uang. Untuk pesanan yang lebih dibentuk khusus dan canggih, klien akan mempunyai lebih banyak pilihan dalam membuat kuliner mereka puas.
• Kekurangan atau titik lemah.
Dikenal sebab kuliner berkalori tinggi dan kuliner berkualitas lebih rendah untuk orang-orang tertentu, tetapi kuliner kita akan lebih sehat daripada yang mereka kira dan kita mengadopsi model bisnis kuliner sehat. Kami melayani sandwich ayam panggang, membungkus, atau salad untuk mengkompensasi atau ajakan khusus (jika ada).
• Gerai pengembangan masa depan:
belum ditentukan.
Unit Bisnis BUKA CAFÉ
- Buka Café
Menjual kuliner dan minuman jenis: Amerika, Eropa dan Asia.
- Take-away corner cepat saji Buka café
Dengan kesibukan yang berbeda-beda, corner Buka Café akan melayani take-away dengan loket tersendiri.
- Penjualan internet
Dengan adanya Go-Jek, kami harus selalu meng-update apa saja yang harus dijual di platform Go-Jek.
Produk
• Desain Makanan Asli, Menggunakan Berbagai pilihan daun & buah hiasan. Setiap pengaturan kuliner Buka Café akan menjadi karya seni yang alami, asli, dan jenisnya.
• Wadah Unik.
Buka Café akan menyebarkan dan membeli (yang sudah tersedia di pasaran) kemasan khusus untuk menjaga semoga wadah tetap tegak dan tidak tumpah. Kemasan ini akan dicap dengan baik dengan logo perusahaan dan akan berfungsi sebagai kendaraan pemasaran tambahan sesudah dikirimkan ke tempat kerja pelanggan (gedung kantor).
Akan menentukan dan memberikan piring & gelas kertas-plastik yang khas untuk pembeli bebas atau untuk aktivitas khusus (katering, Ramadhan / Idul Fitri, Tahun Baru, serta pilihan yang terjangkau untuk pembelian rutin.
• Cokelat Gourmet. Dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan merek cokelat dan kemauan untuk membayar untuk produk yang lebih baik untuk acara-acara khusus, Buka Café akan membawa 1 atau 2 baris cokelat gourmet dengan harga terjangkau, yaitu, merek tidak akan dijual oleh pengecer / supermarket lain. . Penjualan coklat gourmet yakni embel-embel tepat untuk kuliner dan mendorong konsumen untuk menikmati dan mengalami sesuatu yang gres sebab mereka layak.
• Jasa katering. Berbagai harga terjangkau. Buka Café akan memberikan aneka macam ukuran kuliner dan akan selalu membuat pengaturan unik untuk memenuhi anggaran yang dinyatakan oleh siapa pun.
• Lukisan dan Karya Seni dari Artis Lokal. Untuk membuat lingkungan galeri, toko Buka Café akan menampilkan lukisan dan / atau gambar dari seniman lokal dan karya seni akan dijual. Perusahaan akan mengumpulkan persentase kecil dari setiap penjualan (5%).
• Makanan anak-anak.
Dengan design, gambar dan penataan yang unik, akan selalu mengundang gairah makan anal-anak.
Layanan lainnya
Dalam bisnis plan ini, Buka Café akan membuat Buka Café Club. Acara-acara khusus meliputi empat dari setiap sepuluh pembelian kuliner yang dilakukan. Untuk menangkap sebagian dari pasar ini dan untuk menumbuhkan nafsu makan secara keseluruhan, Buka Café akan memberikan Frequent Food Gift Program yang disebut Forget-Me-Not Club yang dirancang untuk klien. Program ini akan memungkinkan setiap pelanggan mendaftar minimal enam hari per tahun (ulang tahun, liburan, peringatan atau hari apa pun kecuali Hari Valentine) di mana Buka Café akan secara otomatis berencana untuk mengirimkan pesan / email.
Program Akun Komersial termasuk:
• Konsultasi awal gratis. Untuk penyewaan tempat event, sekolah, dan kantor yang tertarik dengan aktivitas pengiriman harian, Buka Café akan melaksanakan kunjungan awal gratis di tempat ke kantor atau toko pelanggan untuk menentukan planning kuliner yang optimal.
• Program pengiriman prioritas. Buka Café akan bekerja dengan setiap pelanggan komersial untuk menentukan jadwal pengiriman mingguan dan akan memastikan bahwa kuliner dikirim pada hari yang sama setiap ahad pada waktu yang sama.
• Makanan Ulang Tahun / Kue. Buka Café akan memberikan pengaturan gratis kepada setiap manajer kantor untuk akun komersial pada hari ulang tahunnya.
• Program “menggaet atau klien membawa klien baru”. Buka Café akan memberikan diskon 25% satu kali untuk setiap pelanggan komersial untuk setiap kalinya membawa klien gres yang menjadi pelanggan.
Sumber materi makanan
Sumber materi kuliner segar akan dikirimkan setiap ahad oleh distributor kami langsung dari kota “ini”. Kami juga mempunyai perjanjian dengan Perusahaan Q untuk secara pribadi memproduksi saus khas kami, dan semua barang dagangan kami akan dicetak dan diproduksi oleh kantor kawan kami di Cina.
5. Analisis lingkungan bisnis
Bagaimana lingkungan bisnis Anda? Dalam bisnis plan, Anda perlu mengidentifikasi banyak faktor.
Ketika Anda memulai atau menjalankan bisnis, Anda harus sanggup mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan bisnis dengan informasi pasar dan dengan menilai faktor internal dan eksternal. Seorang manajer perlu memahami bagaimana faktor lingkungan sanggup memengaruhi dan memengaruhi bisnis.
Analisis PESTLE, yang kadang kala disebut analisis PEST, yakni konsep dalam prinsip pemasaran. Selain itu, konsep ini dipakai sebagai alat oleh perusahaan untuk melacak lingkungan tempat mereka beroperasi atau berencana untuk meluncurkan proyek / produk / layanan baru, dll.
PESTLE yakni kependekan dari;
- P untuk Politik.
- E untuk Ekonomi.
- S untuk Sosial.
- T untuk Teknologi.
- L (Law) untuk Hukum.
- E (Environment) untuk Lingkungan.
Sangat penting bagi seseorang untuk memahami kedalaman lengkap dari masing-masing abjad PESTLE. Seperti di bawah ini:
Politik
Faktor-faktor ini menentukan sejauh mana pemerintah sanggup mensugesti ekonomi atau industri tertentu. Misalnya, pemerintah sanggup mengenakan pajak atau bea gres yang dengannya seluruh struktur organisasi yang menghasilkan pendapatan sanggup berubah. Faktor-faktor politik termasuk kebijakan pajak, kebijakan fiskal, tarif perdagangan, dll. Yang sanggup dipungut pemerintah sekitar tahun fiskal dan sanggup mensugesti lingkungan bisnis (lingkungan ekonomi) secara luas. Faktor-faktor yang intinya yakni bagaimana campur tangan pemerintah dalam perekonomian. Secara khusus, faktor-faktor politik termasuk: kebijakan pajak, aturan perburuhan, aturan lingkungan, pembatasan perdagangan, tarif, dan stabilitas politik. Faktor-faktor politik juga sanggup meliputi barang-barang dan jasa yang akan diberikan atau diberi oleh pemerintah serta aneka macam hal yang tidak ingin disediakan oleh pemerintah. Lebih jauh, pemerintah mempunyai dampak yang tinggi pada kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur pada negara.
Ekonomi
Faktor-faktor ini merupakan penentu kinerja ekonomi yang secara langsung berdampak pada perusahaan dan mempunyai imbas jangka panjang yang menggema. Misalnya, kenaikan tingkat inflasi ekonomi apa pun akan memengaruhi cara perusahaan menghargai produk dan layanan mereka. Selain itu, itu akan mensugesti daya beli konsumen dan mengubah model ajakan / penawaran untuk ekonomi itu. Faktor ekonomi termasuk tingkat inflasi, suku bunga, nilai tukar mata uang asing, pola pertumbuhan ekonomi, dll. Ini juga memperhitungkan investasi langsung asing, tergantung pada industri tertentu yang menjalani analisis ini.
Faktor yang termasuk dalam aspek ini seperti: pertumbuhan ekonomi, suku bunga, nilai tukar, tingkat inflasi. Faktor-faktor ini sangat mensugesti bagaimana bisnis beroperasi dan membuat keputusan. Misalnya, suku bunga mensugesti biaya modal perusahaan dan dari situ sejauh mana perusahaan tersebut sanggup tumbuh dan berkembang. Nilai tukar sanggup mensugesti biaya dari barang-barang ekspor dan pasokan dan harga barang-barang impor dalam perekonomian. Baca juga: Hiperinflasi – Definisi, Penyebab, Efek, Cara Mengatasi dan Contoh
Sosial
Faktor-faktor ini meneliti lingkungan sosial pasar, dan mengukur faktor-faktor penentu mirip tren budaya, demografi, analisis populasi, dll. Contoh untuk ini sanggup berupa tren pembelian untuk negara-negara Barat mirip AS di mana terdapat ajakan tinggi selama demam isu liburan.
Teknologi: Faktor-faktor ini berkaitan dengan penemuan dalam teknologi yang sanggup mensugesti operasi industri dan pasar secara menguntungkan atau tidak menguntungkan. Ini mengacu pada otomatisasi, penelitian dan pengembangan dan jumlah kesadaran teknologi yang dimiliki pasar.
Law (Hukum)
Faktor-faktor ini mempunyai sisi eksternal dan internal. Ada undang-undang tertentu yang memengaruhi lingkungan bisnis di negara tertentu sementara ada kebijakan tertentu yang dipelihara perusahaan untuk diri mereka sendiri. Analisis aturan memperhitungkan kedua sudut ini dan kemudian memetakan taktik menurut undang-undang ini. Misalnya, aturan konsumen, standar keselamatan, aturan perburuhan, dll. Baca juga: Hukum di Indonesia – Pengertian dan Contoh
Environment (Lingkungan)
Faktor-faktor ini meliputi semua yang mensugesti atau ditentukan oleh lingkungan sekitarnya. Aspek PESTLE ini sangat penting untuk industri tertentu khususnya contohnya pariwisata, pertanian, pertanian, dll. Faktor-faktor analisis lingkungan bisnis meliputi tetapi tidak terbatas pada iklim, cuaca, lokasi geografis, perubahan global dalam iklim, penyeimbang lingkungan, dll.
6. Analisis SWOT
Analisis SWOT yakni metode perencanaan strategis yang dipakai untuk mengevaluasi dalam dunia bisnis: kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan bahaya (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
Berikut ini referensi analisis SWOT untuk bisnis kemeja dan kaos online yang disesuaikan. Meskipun lebih banyak faktor muncul selama brainsorming, ini dianggap yang paling penting.
Strengths (kekuatan)
| Weaknesses (kelemahan)
|
Opportunities (peluang)
| Threats (ancaman)
|
Pikirkan perihal taktik apa yang sanggup diterapkan oleh pemilik bisnis ini untuk memanfaatkan informasi ini. Ingat, tidak ada tanggapan yang benar atau salah di sini.
7. Latar belakang industri
Industry background atau latar belakang industri mencatat secara keseluruhan perihal industri dalam bisnis plan.
Dikutip dari Indonesia Investment, Jika kita melihat lebih dekat, maka kita melihat bahwa Kementerian Perindustrian Indonesia menetapkan sasaran investasi IDR 53,18 triliun (sekitar USD $ 3,9 miliar) untuk industri kuliner nasional dan sasaran investasi IDR 10,07 triliun (sekitar USD $ 735 juta) untuk industri minuman. Oleh sebab itu, total investasi langsung dalam industri kuliner dan minuman Indonesia ditargetkan mencapai 63,25 triliun pada tahun penuh 2018.
Posisi kami di Industri
West Vancouver yakni tempat makmur dengan kepadatan binatang peliharaan yang tinggi, pasar yang ideal untuk bisnis binatang peliharaan mirip Nenek Pet. Orang-orang di tempat ini tidak hanya mempunyai binatang peliharaan, tetapi bisa mengeluarkan uang untuk mereka dan bersedia melakukannya.
Riset pasar
Riset pasar kami telah memperlihatkan bahwa sembilan dari 10 pemilik binatang peliharaan yang disurvei di Vancouver Barat akan lebih menentukan untuk memelihara binatang peliharaan mereka di rumah mereka sendiri ketika mereka bepergian daripada dikuduskan dan enam dari 10 akan mempertimbangkan mempunyai pengasuh binatang peliharaan yang menyediakan perusahaan anjing ketika mereka sedang bekerja.
8. Analisis pesaing
Competitor analysis atau analisis dalam pemasaran dan administrasi strategis yakni penilaian kekuatan dan kelemahan pesaing ketika ini dan yang potensial. Analisis ini memberikan konteks strategis ofensif dan defensif untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman. Profiling menggabungkan semua sumber analisis pesaing yang relevan ke dalam satu kerangka kerja dalam mendukung perumusan strategi, implementasi, pemantauan, dan adaptasi taktik yang efisien dan efektif. Selanjutnya baca: Analisis Pesaing – Competitor Analysis dalam Bisnis dan Contohnya – Cara Melakukan Analisis Pesaing atau Analisis Kompetitif
- Tentukan industri – ruang lingkup dan sifat industri.
- Tentukan siapa kompetitornya.
- Tentukan siapa pelanggan dan manfaat apa yang mereka harapkan.
- Tentukan kekuatan utama – contohnya harga, layanan, kenyamanan, inventaris, dll.
- Rangking faktor-faktor kunci keberhasilan dengan memberikan bobot kepada masing-masing – Jumlah dari semua bobot harus dijumlahkan menjadi satu.
- Nilai setiap pesaing pada masing-masing faktor kunci keberhasilan.
- Lipat gandakan setiap sel dalam matriks dengan faktor pembobotan.
Contoh Pesaing:
- Pizza express: 200 meter. Harga rata-rata Rp 60 000.
- Cafe ABC: 350 meter. harga rata-rata Rp 55 000.
- Rumah makan Indonesia: 500 meter. Harga rata-rata Rp 45 000.
9. Analisis Pasar
Market analysis atau analisis pasar mempelajari daya tarik dan dinamika pasar khusus dalam industri khusus. Ini yakni penggalan dari analisis industri dan dengan demikian pada gilirannya analisis lingkungan global. Melalui semua analisis ini, kekuatan, kelemahan, peluang dan bahaya (SWOT) perusahaan sanggup diidentifikasi. Akhirnya, dengan proteksi analisis SWOT, taktik bisnis yang memadai dari sebuah perusahaan akan ditentukan.
Analisis pasar juga dikenal sebagai pemeriksaan terdokumentasi perihal pasar yang dipakai untuk menginformasikan kegiatan perencanaan perusahaan, khususnya seputar keputusan inventaris, pembelian, ekspansi / kontraksi tenaga kerja, ekspansi fasilitas, pembelian peralatan modal, kegiatan promosi, dan banyak aspek lain dari suatu perusahaan.
Dimensi analisis pasar
David A. Aaker menguraikan dimensi berikut dari analisis pasar:
Ukuran pasar (saat ini dan masa depan).
Trend pasar.
Tingkat pertumbuhan pasar.
Profitabilitas pasar.
Struktur biaya industri.
Saluran distribusi.
Faktor kunci keberhasilan.
Detail kunci keberhasilan.
<< Bagian ini meliputi riset pasar dan analisis pesaing. Anda harus memperlihatkan bahwa Anda telah melaksanakan riset pasar untuk membenarkan proyeksi yang dibentuk dalam planning bisnis Anda. Itu harus memperlihatkan bahwa ada pasar yang layak dan bahwa Anda sanggup mengalahkan persaingan di pasar untuk penjualan. >>
Saat ini, pasar untuk produk bunga permanen berkembang pesat. Menurut statistik tahun 1993, nilai produk bunga permanen untuk tahun fiskal 1992 yakni lebih dari $ 2,2 miliar, dan masih terus tumbuh.
Industri hadiah juga meningkat, sebab rumah tangga yang dikepalai oleh 45 hingga 54 tahun yakni pembeli hadiah terbesar.
Sasaran pasar
<< Pasar tempat Anda berencana menjual produk atau layanan. Analisis segmen pasar ini sebagai berikut:
• Ukuran setiap segmen pasar
• Apakah segmen tumbuh atau menurun?
• Karakteristik pelanggan potensial di setiap segmen >>
10. Rencana pemasaran
Bagaimana Anda akan memasarkan bisnis Anda? Rencana pemasaran perjuangan Anda dalam bisnis plan merupakan hal yang penting.
Marketing plan atau planning pemasaran sanggup menjadi penggalan dari keseluruhan planning bisnis. Strategi pemasaran yang solid yakni dasar dari planning pemasaran yang ditulis dengan baik. Sementara planning pemasaran berisi daftar tindakan, tanpa landasan strategis yang sehat, itu tidak banyak mempunyai kegunaan untuk bisnis.
Tujuan pemasaran biasanya harus didasarkan, terutama, pada tujuan keuangan organisasi; mengubah pengukuran keuangan ini menjadi pengukuran pemasaran terkait. Dia kemudian menjelaskan pandangannya perihal kiprah “kebijakan,” dengan taktik yang paling sering membingungkan: “Kebijakan yakni aturan atau anutan yang menyatakan ‘batas’ di mana tindakan harus terjadi.” Menyederhanakan, taktik pemasaran sanggup dilihat sebagai sarana, atau “rencana permainan,” di mana tujuan pemasaran akan dicapai dan, dalam kerangka kerja yang muncul di sini, umumnya berkaitan dengan 8 P. Contohnya adalah:
Price (Harga) – Jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli produk
Product (Produk) – Produk aktual
Promotion (Promosi atau iklan) – Mengenal produk
Placement (Penempatan) – Tempat produk dijual
People (Orang) – Mewakili bisnis
Physical environment (Lingkungan fisik) – Suasana, suasana hati, atau nada lingkungan
Process (Proses) – Layanan bernilai tambah yang membedakan produk dari pesaing (mis. Layanan purna jual, jaminan)
Packaging (Pengemasan) – Bagaimana produk akan dikemas dan dilindungi
Isi atau Konten Rencana Pemasaran
Rencana Pemasaran untuk bisnis kecil biasanya meliputi Small Business Administration Deskripsi pesaing, termasuk tingkat ajakan untuk produk atau layanan dan kekuatan dan kelemahan pesaing
Deskripsi produk atau layanan, termasuk fitur-fitur khusus.
Anggaran pemasaran, termasuk planning iklan dan promosi.
Deskripsi lokasi bisnis, termasuk kelebihan dan kekurangan untuk pemasaran.
Strategi penetapan harga.
Segmentasi pasar.
<< Bagian ini menetapkan taktik Anda untuk mencapai sasaran pasar Anda, membangkitkan minat mereka pada produk atau layanan Anda, dan benar-benar memberikan produk atau layanan kepada mereka dalam penjualan. >>
Ada banyak restoran dan warung semi-cepat di sentra kota.
Sebuah restoran kuliner semi-cepat dengan bisnis niche yang terang sanggup berkembang. Strategi pemasaran Buka Café yakni menyebarkan bisnis niche khusus dan independen yang berpusat di sekitar Frequent Food Gift Programs dan menghadirkan produk-produk berkualitas, bernilai baik untuk uang dan layanan katering pelanggan pribadi yang istimewa.
BUKA CAFÉ berfokus pada penyediaan produk berkualitas dengan nilai terbaik untuk uang kepada konsumen dengan layanan luar biasa. Kustomisasi pesanan dan spesialisasi layanan akan membuat keunggulan kompetitif.
BUKA CAFÉ menyebarkan organisasi dengan memulainya dengan sedikit karyawan untuk mengurangi biaya. Semua karyawan ketika ini termotivasi, menghasilkan budaya perusahaan yang positif dan kuat. Budaya ini akan dibawa ke semua penerima pembinaan baru, yang merupakan tujuan utama untuk ekspansi KANTOR BUKA CAFÉ di setiap unit bisnis yang ada dan yang baru.
Tahun pertama layanan akan menjadi yang paling penting, sebab BUKA CAFÉ berencana untuk membangun korelasi yang besar lengan berkuasa dengan pemasok dan pembeli. Hubungan ini akan membantu BUKA CAFÉ OFFICE untuk tumbuh dan berkembang di industri ini.
Strategi Pemasaran
<< Bagaimana Anda akan memposisikan produk atau layanan Anda di pasar dan membedakannya dari para pesaingnya:
- Segmen pasar mana yang akan menjadi sasaran pertama dan mengapa?
- Demografi
- Usia: 15 – 40
- Jenis Kelamin: Laki-laki & perempuan
- Status pernikahan: menikah & belum menikah
- Pekerjaan: pekerja kantor sentra kota, mulai dari pangkat & file dan siswa
- Pendidikan: nonpendidikan
- Demografi
- Geografis
- Pusat: Perkantoran
- Perusahaan
- Hotel dengan atau tanpa restoran
- Sekolah / universitas
- Bagaimana ini akan dikembangkan untuk mencapai sasaran pasar penuh?
Pemasaran online & offline yang agresif
- Bagaimana Anda membedakan produk atau layanan Anda?
Cepat, presentasi manis / gaya, lezat dan terjangkau.
- Apa manfaat utama yang akan ditonjolkan?
Keramah tamahan staf, penyajian cepat dan tatanan bagus.
- Pelanggan potensial apa yang sudah Anda targetkan?
Pekerja / staf kantor, mahasiswa
- Sudahkah Anda mempunyai lokasi pengujian dalam operasi dan umpan balik (feedback) apa yang berasal dari ini?
Di rumah nenek, dengan mengungang tetangga sekitar 35 orang. Feedback beragam, beberapa kuliner terlalu asin, manis, pedas. Beberapa minuman terlalu manis dan asam. Feedback ini sangat bagus, sebab kita harus berhati-hati semoga kuliner / minuman mempunyai rasaya yang pas untuk hampir setiap orang. Lama penyajian berkisar dari 10-25 menit. yang 25 menit terlalu lama, jadi harus berhati-hati.
- Kontak apa yang sanggup dipakai untuk menghasilkan kesadaran pasar dan penjualan?
Pemasaran Internet, publikasi radio, kunjungan kantor & universitas.
- Siapa yang akan melaksanakan pemasaran:
- Ibu Candra untuk mengoordinasikan iklan online & offline.
- Staf (dengan layanan yang baik dan cepat + senyum).
- Agensi online seperti: Google, Instagram, Facebook, dll.
Strategi penjualan
<< Bagaimana Anda akan menjual produk atau layanan Anda ke sasaran pasar.
- Langsung.
- Eceran.
- Distributor.
- Agen.
- Situs web.
- Jejaring sosial: Facebook, Twitter, Pinterest, dll.
- Mitra Bagi Hasil / penyedia bisnis.
Harga
<< Bagaimana Anda akan menetapkan harga yang dikenakan untuk produk atau layanan Anda. Pertimbangan meliputi:
- Harga pesaing.
- Tingkat persaingan di pasar.
- Persepsi korelasi kualitas-harga oleh pelanggan.
- Biaya produksi dan biaya overhead.
- Rantai distribusi dan nilai tambah pada setiap tahap.
- Sejauh mana pembeli sanggup mengendalikan harga.
Nyatakan bagaimana setiap produk atau layanan akan diberi harga, mengacu pada sumber pendapatan di atas. >>
- Nasi putih: Rp 3 000.
- Sate ayam 10 tusuk: Rp 10 000.
- Sate daging 10 tusuk: Rp 15 000.
- 4 Sosis ayam (panjang 15 cm masing-masing): Rp 7 500.
- 4 Sosis daging (panjang 15 cm masing-masing): Rp 11 500.
- Es teh manis: Rp 2 500.
11. Perencanaan operasional
Operational plan atau perencanaan operasional yakni proses perencanaan sasaran dan sasaran strategis untuk sasaran dan sasaran taktis. Ini menggambarkan tonggak sejarah, kondisi untuk keberhasilan dan menjelaskan bagaimana, atau penggalan apa dari, planning strategis akan dioperasikan selama periode operasional tertentu, dalam kasus aplikasi komersial, tahun fiskal atau periode anggaran tertentu lainnya.
Rencana operasional yakni dasar untuk, dan pembenaran atas ajakan anggaran operasional tahunan. Oleh sebab itu, planning strategis lima tahun biasanya akan membutuhkan lima planning operasional yang dibiayai oleh lima anggaran operasional.
Rencana operasional harus menetapkan kegiatan dan anggaran untuk setiap penggalan dari organisasi untuk 1 – 3 tahun ke depan. Mereka mengaitkan planning strategis dengan kegiatan yang akan diberikan organisasi dan sumber daya yang diharapkan untuk mewujudkannya.
Rencana operasional harus memuat
Tujuan yang terang dari mereka.
Kegiatan yang akan disampaikan.
Standar kualitas.
Hasil yang diinginkan.
Persyaratan kepegawaian dan sumber daya.
Jadwal implementasi.
Sebuah proses untuk memantau kemajuan.
Apa planning operasional perusahaan Anda? Jawab pertanyaan ini!
Sebuah planning operasional diambil langsung dari planning strategis perusahaan Anda untuk menggambarkan misi, visi, sasaran, aktivitas dan kegiatan program. Seperti planning strategis, planning operasional menjawab 4 pertanyaan Anda:
Dimana kita sekarang?
Di mana kita ingin berada?
Bagaimana kita bisa hingga di sana?
Bagaimana kita mengukur kemajuan kita?
Operasi Toko
BUKA CAFÉ akan dibuka untuk beroperasi Senin – Minggu.
Shopping Mall ABC Outlet jam operasi: 10:00 pagi – 10:00 malam Senin minggu.
Jam sanggup diperpanjang selama liburan dan / atau sesuai dengan masing-masing jam outlet membuka & menutup di setiap sentra perbelanjaan.
Kebijakan Toko
Perusahaan akan membangun kebijakan untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan dan untuk mempertahankan retensi dan loyalitas.
Perusahaan akan berinvestasi dalam perangkat lunak administrasi korelasi pelanggan (CRM) dan sistem point of sales (POS) sederhana untuk melacak penjualan dan mengumpulkan informasi pelanggan, termasuk nama, alamat, alamat email dan informasi terkait lainnya (hewan peliharaan, suka / tidak suka bunga, preferensi warna, alergi, ulang tahun, ulang tahun). Informasi ini akan dipakai dengan upaya email dan direct mail untuk membangun aktivitas pemasaran khusus, membangun loyalitas pelanggan dan mendorong pendapatan.
Tujuan Jangka Panjang Bisnis
Tujuan jangka panjang bisnis kami untuk diakui dan nilai yang baik untuk merek uang di Indonesia dan luar negeri melalui, akuisisi, perjuangan patungan, pembagian keuntungan, kemitraan pemasaran aliansi strategis dan investasi organik.
Tujuan
Selama 5 tahun ke depan kita harus bisa meningkatkan penjualan, pengembangan, pengembangan, dan menstabilkan lapangan kerja.
1. Pada tahun pertama, kami akan memperluas ke katalog surat langsung dan belanja internet.
2. Pada Tahun pertama, kedua dan ketiga, kami akan mencoba mempertahankan margin kotor 25 persen.
3. Perbanyak keluarga produk dengan menambahkan 10 jenis bunga dan rangkaian bunga utama pada tahun 2014, yaitu: papan bunga setengah jadi, pengaturan standar.
4. Membangun aktivitas penetapan harga menurut asumsi keuntungan 10%.
* Catatan: BUKA CAFÉ OFFICE akan dibuka per 1 Januari, di Tahun Pertama. Peningkatan persentase yang besar di Tahun Dua mencerminkan pendapatan 12 bulan penuh (dibandingkan 10 bulan di Tahun Satu), manfaat pemasaran satu tahun, dan dimasukkannya Hari Valentine dan Paskah / Paskah. Hari Valentine saja biasanya menyumbang sepertiga dari pendapatan tahunan toko bunga.
12. Ringkasan manajemen
Management summary atau ringkasan manajemen menjelaskan bagaimana bisnis Anda terstruktur, memperkenalkan siapa yang terlibat, menguraikan sumber daya eksternal dan menjelaskan bagaimana bisnis dikelola.
Bagian ini mencadangkan semua data yang Anda sertakan di tempat lain dalam planning bisnis dengan memperlihatkan keahlian tim dan sumber daya di belakang perusahaan Anda.
Struktur Bisnis: Struktur bisnis apa yang akan diambil perusahaan Anda, kepemilikan perseorangan, LLC, kemitraan atau korporasi? Penentuan ini akan menjadi dasar untuk sisa area di penggalan ini.
Tim Manajemen: Siapa yang akan mengawasi perusahaan? Jika Anda membentuk korporasi, siapa yang akan menjadi Dewan Direksi? Bagan organisasi sanggup menjadi visual yang baik untuk menggambarkan elemen ini.
Kesenjangan Tim Manajemen: Apa yang dibutuhkan oleh personel Anda? Bagaimana setiap peran, sesudah diisi, akan berkontribusi pada keberhasilan perusahaan Anda?
Personil Lainnya: Selain Dewan dan karyawan Anda, dukungan eksternal apa yang akan membantu fungsi bisnis? Ini sanggup meliputi pengacara, akuntan, profesional korelasi masyarakat, dukungan administratif dan bahkan dewan penasihat eksternal.
Rencana Pertumbuhan Personil: Berapa honor setiap orang untuk terlibat dengan perusahaan selama tiga tahun ke depan? Ini harus menyediakan biaya garis bawah untuk pengeluaran pegawai.
Susunan Kepegawaian dan operassional
<< Di sinilah Anda akan menguraikan struktur perusahaan yang dimaksud dalam hal manajemen, jumlah karyawan, dan persyaratan operasional fisik untuk menghasilkan atau memasok produk atau layanan. >>
Bagan Organisasi Manajemen (termasuk CEO)
<< Sertakan diagram cara di mana administrasi perjuangan gres yang akan diselenggarakan. Ini harus memperlihatkan bidang tanggung jawab masing-masing manajer dan karyawan yang akan diambil selama tiga tahun ke depan. >>
Bagan Organisasi Fungsional
Siapa yang akan bertanggung jawab kepada siapa? Contohnya: Manager restaurant akan bertanggung jawab kepada CEO dan laporan harian akan diberikan kepada CEO, dll.
Kepegawaian
<< Nyatakan apa yang akan diambil karyawan selama tiga tahun ke depan, dengan keterampilan apa, di bidang bisnis apa. >>
Asisten / Petugas Kantor
Untuk melaksanakan operasi yang lancar, masing-masing Direktur akan mempunyai Asisten / Kantor Clerck.
Pengemudi dan Pengantar Barang (Delivery)
Tugas utama pengirim akan meliputi pengiriman perencanaan (waktu yang tepat, hari yang tepat); memuat dan menurunkan produk dengan hati-hati, mengamankan tumbuhan dan bunga selama transportasi; memperbaiki, mengembalikan, dan mengganti produk yang rusak sebab transit; melacak pengiriman; dan melaksanakan transaksi kartu kredit di tempat.
Posisi ini akan diamankan melalui biro tenaga kerja lokal, dan akan bekerja paruh waktu. Berdasarkan proyeksi penjualan untuk tahun pertama, seorang pengirim akan diminta sekitar dua jam per hari, empat hari per ahad pada tahun pertama; jam yang dibutuhkan akan meningkat secara proporsional dengan penjualan di tahun dua dan tiga.
Karakteristik: sopan, berpengetahuan luas, rapi dan bersih. Orang tersebut harus mengetahui wilayah tersebut.
Bantuan Sementara
BUKA CAFÉ OFFICE akan mempekerjakan karyawan sementara melalui biro kepegawaian lokal untuk membantu penjualan dan layanan pelanggan sebelum Hari Valentine, Hari Ibu, Paskah / Paskah, Ramadhan / Idul Fitri dan Natal.
Rencana Pelatihan (Training)
<< Menjabarkan planning pengembangan karyawan dan administrasi yang akan dilakukan untuk mempertahankan tenaga kerja yang terampil. Ini juga harus dikaitkan dengan perkembangan pasar di masa depan dan setiap pengembangan produk atau layanan baru. >>
Dengan menghargai karyawan di setiap tahap dalam karier mereka, kami menginspirasi kesetiaan dan memberikan titik sentuh penting bagi para manajer.
Karyawan senior kami akan mengikuti pembinaan selama setidaknya 2 tahun sekali, untuk memastikan bahwa keterampilan mereka masih mutakhir dengan lingkungan bisnis yang sebenarnya.
Perusahaan juga memberikan administrasi karir pribadi yang menarik, sebagai akad untuk menumbuhkan komitmen staf terhadap tujuan strategis Perusahaan, serta untuk mempromosikan budaya perusahaan Perusahaan. Selain itu, Perusahaan juga menyediakan aktivitas proteksi pendidikan, yang diberikan kepada
staf terpilih yang mengikuti pendidikan formal di sekolah / universitas mana saja di Indonesia. Di bawah aktivitas ini, Perusahaan mengganti biaya staf yang memenuhi syarat untuk penggalan yang disepakati dari biaya yang terkait dengan kegiatan pendidikannya.
6.4 Operasi
<< Nyatakan persyaratan fisik bisnis:
• Tempat
• Peralatan
• Fasilitas produksi
• Infrastruktur
• Fasilitas komunikasi
• Biaya yang terlibat
• Pemasok >>
Hukum Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan Indonesia
Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia, yang dikeluarkan pada tahun 2003, mendorong proteksi pekerja dengan menerapkan langkah-langkah yang dirancang untuk meresmikan korelasi antara pengusaha dan karyawan. Mencakup kesejahteraan pekerja yakni semangat utama UU Ketenagakerjaan.
Berikut ini yakni poin-poin penting yang perlu diperhatikan sehubungan dengan pekerjaan di Indonesia:
Kontrak kerja
Undang-undang Ketenagakerjaan Indonesia menyatakan bahwa pekerjaan sanggup dibentuk secara mulut dan tertulis. Untuk menghindari perselisihan hukum, yang terbaik yakni mempunyai kontrak kerja secara tertulis.
Ada dua jenis kontrak kerja:
Sebuah. Kontrak jangka tetap;
b. Kontrak kerja permanen.
Kontrak dengan jangka waktu tertentu hanya sanggup dipakai untuk jenis pekerjaan tertentu, yaitu pekerjaan musiman atau pekerjaan yang akan diselesaikan dalam periode waktu tertentu.
Kontrak dwibahasa diizinkan. Namun, kalau dalam sengketa dan interpretasi antara kedua bahasa
berbeda, versi bahasa Indonesia akan menang.
Perekrutan staf
Perekrutan staf sanggup dilakukan dengan perekrutan langsung atau outsourcing. Rekrutmen langsung
sangat umum di mana korelasi kerja antara majikan dan karyawan. Rekrutmen outsourcing yakni ketika perusahaan outsourcing pihak ketiga menyediakan karyawannya kepada majikan, dan hanya diperbolehkan bagi pekerja yang terlibat dalam kegiatan non-inti mirip petugas kebersihan, keamanan, dll.
Hak karyawan
Sebuah. Jam kerja
Jam kerja normal yakni 7 jam per hari atau 40 jam per ahad selama 6 hari kerja dalam seminggu atau 8 jam per hari dan 40 jam per ahad selama 5 hari kerja dalam seminggu.
Bekerja melebihi jam kerja normal biasanya dianggap sebagai lembur. (waktu sanggup berubah-ubah tergantung UU terbaru).
dan pekerja berhak atas kompensasi untuk itu, kecuali untuk pekerja dalam kiprah manajemen.
Waktu istirahat normal akan menjadi minimal.
13. Rencana keuangan
Financial plan atau rencana keuangan yakni penilaian komprehensif dari honor individu ketika ini dan keadaan keuangan masa depan dengan memakai variabel yang diketahui ketika ini untuk memprediksi pendapatan masa depan, nilai aset, dan planning pendapatan.
Ini sering termasuk anggaran yang mengatur keuangan individu dan kadang kala meliputi serangkaian langkah atau tujuan khusus untuk pengeluaran dan tabungan di masa depan. Rencana ini mengalokasikan pendapatan masa depan untuk aneka macam jenis pengeluaran, mirip sewa atau utilitas, dan juga mencadangkan sebagian pendapatan untuk tabungan jangka pendek dan jangka panjang. Suatu planning keuangan kadang kala disebut sebagai planning investasi, tetapi dalam keuangan pribadi suatu planning keuangan sanggup fokus pada bidang-bidang spesifik lainnya mirip administrasi risiko, perkebunan, sekolah tinggi tinggi, atau pensiun.
Pastikan Anda mengetahui hal-hal dibawah ini perihal keuangan:
- Laporan Keuangan Konsolidasi – Pengertian dan Contoh Soal Dalam Akuntansi
- Nilai Masa Uang – Time Value of Money (TVM) – Soal dan Jawaban
- Rumus Modal, Laba Rugi, Neraca (Financial statement) dalam Akuntansi – Laporan Keuangan
- Rumus Matematika Keuangan & Contoh Soal dan Jawaban
- Akuntansi – Definisi, Pengertian, Siklus Akuntansi Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dan Dagang
- Penggolongan Akun dalam Akuntansi
- Akuntansi FIFO dan LIFO – Beserta Contoh Soal dan Jawaban
- Istilah Akuntansi Inggris-Indonesia
- Rumus Akuntansi & Rumus Dasar, Metode, Penyusutan, HPP, Perusahaan Dagang / Jasa
- Jenis Pajak-Pajak, Tarif, Manfaat Pajak di Indonesia
Persyaratan Pendanaan
<< Nyatakan di sini total kebutuhan pendanaan bisnis, dan bagaimana hal itu dimaksudkan untuk disediakan. Anda juga perlu menyebutkan asumsi bagaimana dana ini digunakan.
Sumber:
• Dana promotor
• Pinjaman bank
• Hibah atau pinjaman dari lembaga
• Investasi sudah diterima
• Investasi dicari
Dibutuhkan untuk:
• Peralatan
• R&D
• Pemasaran
• Pegawai dan staf >>
Kebijakan Akuntansi
Kebijakan Kredit dan Penagihan
Buku manual dirancang untuk memberikan anutan dasar dan informasi di bidang kredit & pengumpulan melalui setiap situasi yang melibatkan kredit yang mungkin ditemui seseorang mungkin berbeda.
Pencegahan masalah tidak membayar:
- Periksa pesanan dengan benar.
- Pemeriksaan cash dengan secama.
- Kartu kredit yang diterima: Visa, masterCard dan American Express.
- Menaruh di bank setiap harinya untuk cash pembayaran dari klien.
- Check tidak sanggup diterima di BUKA CAFE.
- Setiap pemesanan harus langsung dibayar oleh klien.
- Pembayaran pajak sebelum jatuh tempo, semoga tidak membayar denda.
Contoh planning keuangan:
REVENUE | BUDGET Jan | BUDGET Feb | BUDGET Mar | BUDGET Apr | BUDGET May | BUDGET June | BUDGET July | BUDGET Aug | BUDGET Sept | BUDGET Oct | BUDGET Nov | BUDGET Dec | BUDGETTotal in Rp | BUDGET % |
OUTLET ABC MALL | ||||||||||||||
Fried Potaes | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 141 750 000 | 7,51% |
Sate / skewer Chicken | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 22 500 000 | 285 000 000 | 15,11% |
Sate / skewer Beef | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 342 000 000 | 18,13% |
Nasi | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 57 000 000 | 3,02% |
Sausage: Chicken | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 12 750 000 | 155 250 000 | 8,23% |
Stick Fried Chicken | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 18 000 000 | 228 000 000 | 12,09% |
Stick Fried Beef | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 27 000 000 | 334 500 000 | 17,73% |
Dessert crêpes | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 11 250 000 | 138 750 000 | 7,36% |
Drinks: soda | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 9 000 000 | 111 000 000 | 5,88% |
Drinks: tea, coffee | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 7 500 000 | 93 000 000 | 4,93% |
Outlets Revenue | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 150 750 000 | 1 886 250 000 | 100,00% |
COST OF SALES & DEPARTMENTAL EXPENSES | BUDGET Feb | BUDGET Mar | BUDGET Apr | BUDGET May | BUDGET June | BUDGET July | BUDGET Aug | BUDGET Sept | BUDGET Oct | BUDGET Nov | BUDGET Dec | BUDGETTotal in Rp | BUDGET % | |
OUTLET ABC MALL | ||||||||||||||
Fried Potaes | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 42 525 000 | 7,51% |
Sate / skewer Ayam | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 6 750 000 | 85 500 000 | 15,11% |
Sate / skewer Daging | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 102 600 000 | 18,13% |
Nasi | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 1 350 000 | 17 100 000 | 3,02% |
Sosis | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 3 825 000 | 46 575 000 | 8,23% |
Stick Fried Chicken | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 5 400 000 | 68 400 000 | 12,09% |
Stick Fried Beef | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 8 100 000 | 100 350 000 | 17,73% |
Dessert crêpes | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 3 375 000 | 41 625 000 | 7,36% |
Drinks: soda | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 2 700 000 | 33 300 000 | 5,88% |
Drinks: tea, coffee | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 2 250 000 | 27 900 000 | 4,93% |
Outlets C.O.S. | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 45 225 000 | 565 875 000 | 100,00% |
GENERAL & OVERHEADS | BUDGET Feb | BUDGET Mar | BUDGET Apr | BUDGET May | BUDGET June | BUDGET July | BUDGET Aug | BUDGET Sept | BUDGET Oct | BUDGET Nov | BUDGET Dec | BUDGETTotal in Rp | BUDGET % | |
OUTLETS ABC MALL | ||||||||||||||
Administrative & General | 1 000 000 | 1 632 176 | 1 632 176 | 1 632 176 | 1 632 176 | 1 632 176 | 1 632 176 | 1 632 176 | 1 632 176 | 1 632 176 | 1 632 176 | 1 632 176 | 18 953 935 | 4,52% |
Marketing | 1 000 000 | 2 845 455 | 2 845 455 | 2 845 455 | 2 845 455 | 2 845 455 | 2 845 455 | 2 845 455 | 2 845 455 | 2 845 455 | 2 845 455 | 2 845 455 | 32 300 000 | 7,70% |
Salaries | 11 750 000 | 10 750 000 | 20 550 000 | 20 550 000 | 20 550 000 | 20 550 000 | 20 550 000 | 20 550 000 | 20 550 000 | 20 550 000 | 20 550 000 | 20 550 000 | 228 000 000 | 54,32% |
Telephone / mobile | 200 000 | 1 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 21 200 000 | 5,05% |
Water | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 350 000 | 4 200 000 | 1,00% |
Energy Costs | 500 000 | 1 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 2 000 000 | 4 000 000 | 4 000 000 | 4 000 000 | 4 000 000 | 4 000 000 | 4 000 000 | 4 000 000 | 35 500 000 | 8,46% |
Property Op. & Maintenance | 1 000 000 | 0 | 200 000 | 200 000 | 200 000 | 200 000 | 200 000 | 200 000 | 200 000 | 200 000 | 200 000 | 200 000 | 3 000 000 | 0,71% |
Management Fees | 0 | 0 | 1 507 500 | 1 507 500 | 1 507 500 | 1 507 500 | 1 507 500 | 1 507 500 | 1 507 500 | 1 507 500 | 1 507 500 | 1 507 500 | 15 075 000 | 3,59% |
Transport / bensin / parkir | 1 000 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 5 500 000 | 61 500 000 | 14,65% |
Total General & Overhead Exps | 16 800 000 | 23 077 630 | 36 585 130 | 36 585 130 | 36 585 130 | 38 585 130 | 38 585 130 | 38 585 130 | 38 585 130 | 38 585 130 | 38 585 130 | 38 585 130 | 419 728 935 | 100,00% |
GROSS OPERATING PROFIT | 88 725 000 | 82 447 370 | 68 939 870 | 68 939 870 | 68 939 870 | 66 939 870 | 66 939 870 | 66 939 870 | 66 939 870 | 66 939 870 | 66 939 870 | 66 939 870 | 900 646 065 | 47,75% |
FIXED EXPENSES | BUDGET Feb | BUDGET Mar | BUDGET Apr | BUDGET May | BUDGET June | BUDGET July | BUDGET Aug | BUDGET Sept | BUDGET Oct | BUDGET Nov | BUDGET Dec | BUDGETTotal in Rp | BUDGET % | |
Financial Charges Bank Interest | 250 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 4 500 000 | 45 250 000 | 4,91% | |
Financial Charges Bank Loan | 0 | 0,00% | ||||||||||||
Insurance | 4 000 000 | 4 000 000 | 0,00% | |||||||||||
Depreciation | 3 813 889 | 3 813 889 | 3 813 889 | 3 813 889 | 5 480 556 | 5 702 778 | 6 036 111 | 6 036 111 | 6 036 111 | 6 036 111 | 6 036 111 | 56 619 444 | 6,58% | |
Lease Rental | 35 000 000 | 800 000 | 14 385 000 | 14 385 000 | 14 385 000 | 18 551 667 | 17 751 667 | 17 751 667 | 17 751 667 | 17 751 667 | 17 751 667 | 17 751 667 | 204 016 669 | 19,35% |
Barter Costs | 61 775 000 | 61 775 000 | 61 775 000 | 185 325 000 | 67,34% | |||||||||
Incentive Fees | 2 218 125 | 1 723 497 | 1 723 497 | 1 723 497 | 1 673 497 | 1 673 497 | 1 673 497 | 1 673 497 | 1 673 497 | 1 673 497 | 1 673 497 | 20 454 967 | 1,82% | |
Other Exps Incl. F.F.& E. | 0 | 0,00% | ||||||||||||
Total Fixed Expenses | 37 218 125 | 66 638 889 | 28 422 386 | 24 422 386 | 24 422 386 | 30 205 720 | 91 402 942 | 29 961 275 | 29 961 275 | 29 961 275 | 29 961 275 | 91 736 275 | 515 666 080 | 100,00% |
Net Profit Before Tax | 51 506 875 | 15 808 481 | 40 517 484 | 44 517 484 | 44 517 484 | 36 734 150 | -24 463 072 | 36 978 595 | 36 978 595 | 36 978 595 | 36 978 595 | -24 796 405 | 384 979 985 | 20,41% |
14. Lampiran dan tonggak sejarah (milestone)
Setiap tonggak bisnis harus mencakup:
- Deskripsi tugas.
- Tanggal jatuh tempo.
- Anggaran.
- Orang yang bertanggung jawab.
Tonggak sejarah yakni kunci manajemen
Anda akan memakai tonggak untuk mengelola bisnis Anda dengan lebih baik. Sekali sebulan, ketika Anda bertemu dengan tim Anda untuk meninjau taktik bisnis dan nomor bisnis Anda, Anda akan meninjau tonggak sejarah Anda untuk memastikan planning Anda berada di jalur yang benar. Jika ada problem atau perubahan, ini yakni ketika Anda sanggup melaksanakan koreksi kursus.
Meninjau tonggak pencapaian Anda setiap bulan memberi Anda lebih banyak peluang untuk menemukan problem dan mengidentifikasi peluang. Jika Anda hanya menyelidiki kemajuan Anda sekali dalam seperempat, atau berpotensi hanya sekali dalam setahun, Anda mempunyai lebih sedikit peluang untuk menyesuaikan arah dan mengubah arah. Di hampir setiap bisnis, selalu ada informasi gres untuk meninjau dan mengubah apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan Anda. Tinjauan yang sering perihal sasaran Anda memungkinkan Anda untuk gesit dan menyesuaikan diri dengan cepat ketika Anda membutuhkannya. Untuk selengkapnya perihal mengapa Anda harus sering meninjau tonggak dan metrik bisnis lainnya, lihat posting saya perihal topik ini.
3 jenis tonggak sejarah
Saat Anda membangun dan menumbuhkan bisnis, Anda harus menjadwalkan tiga jenis tonggak yang berbeda:
- Review rencana.
- Validasi asumsi.
- Pelaksanaan.
Review rencana
Semua bisnis harus mempunyai tonggak “rencana tinjauan”. Ini mungkin tonggak paling penting yang Anda buat.
Tonggak planning tinjauan menyisihkan waktu untuk meninjau taktik bisnis, taktik, ramalan, dan anggaran Anda. Jika Anda tidak secara teratur menyelidiki paket dan melaksanakan penyesuaian, Anda sanggup dengan gampang keluar jalur. Bukan berarti Anda harus mengikuti planning secara membabi buta, baik. Sebagai gantinya, rapat tinjauan planning reguler akan memberi Anda kesempatan untuk melihat apa yang berfungsi, apa yang tidak, dan merevisi ketika Anda pergi.
Untuk startup tahap awal, mungkin hanya sedikit dari Anda yang berkumpul dan mungkin tidak banyak cara pendapatan atau biaya untuk meninjau. Tidak apa-apa. Sebagai gantinya, rapat bulanan Anda akan fokus pada langkah-langkah selanjutnya yang sanggup Anda ambil untuk menyebabkan ide bisnis Anda kenyataan, dan kemajuan apa yang telah Anda buat sejauh ini. Anda akan meninjau kemajuan Anda dalam menerapkan taktik dan taktik Anda, mirip menyebarkan kampanye pemasaran baru, meningkatkan jumlah pelanggan yang membuat pesanan kedua sebesar 15%, atau menandatangani sewa di ruang kantor baru.
Tonggak sejarah untuk memvalidasi asumsi Anda
Saat Anda gres memulai bisnis dan mencari tahu kalau Anda mempunyai taktik yang tepat, Anda akan membuat tonggak untuk membantu Anda memvalidasi asumsi Anda. Tonggak ini akan dipakai untuk mewawancarai pelanggan potensial untuk mencari tahu apakah mereka mempunyai problem yang Anda pikir mereka miliki, dan untuk mengetahui apakah mereka tertarik dengan solusi Anda. Anda juga akan bekerja untuk mencoba dan mencari tahu mirip apa seharusnya harga Anda.
Ingat, di masa-masa awal bisnis Anda, Anda membuat banyak tebakan – asumsi, betul – perihal apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan Anda. Strategi awal Anda yakni sekumpulan tebakan perihal problem yang dimiliki pelanggan potensial Anda, bagaimana mereka ingin problem mereka diselesaikan, dan apa yang mereka bayarkan untuk solusi Anda. Tonggak pencapaian Anda pada tahap ini harus diarahkan untuk memvalidasi asumsi-asumsi tersebut sehingga Anda sanggup membangun bisnis yang sukses.
Beberapa referensi tonggak sejarah
- Wawancarai 20 pelanggan potensial di segmen pasar utama Anda.
- Meneliti harga untuk pesaing Anda.
- Buat brosur sampel untuk bisnis saya dan lihat apa yang dipikirkan calon pelanggan.
- Tonggak yang Anda buat pada tahap ini harus difokuskan pada tujuan menemukan apa yang disebut “produk / pas pasar.” Ini berarti bahwa Anda telah menemukan sasaran pasar yang tertarik untuk membeli produk Anda dan bahwa produk Anda memecahkan problem nyata untuk pelanggan Anda.
Sangat mungkin Anda mengetahui bahwa Anda tidak mempunyai produk / pasar yang baik. Tidak apa-apa. Sangat gampang untuk membuat perubahan pada taktik Anda, menghasilkan asumsi baru, dan kembali dan mengujinya lagi dengan pelanggan potensial Anda. Itulah manfaat memvalidasi asumsi Anda di awal proses startup bisnis – Anda belum berinvestasi terlalu banyak dalam membangun bisnis Anda dan sanggup dengan gampang mengubah arah kalau perlu.
Menerapkan taktik Anda
Setelah asumsi Anda divalidasi, Anda akan mulai membuat tonggak implementasi. Ini yakni kiprah yang akan Anda lakukan untuk benar-benar membangun bisnis Anda. Anda akan melaksanakan hal-hal mirip membangun produk Anda, mendirikan kantor atau toko Anda, menyebarkan situs web Anda, dan banyak lagi.
Tonggak implementasi biasanya untuk perusahaan yang telah maju dari tahap awal memulai dan mempunyai taktik yang terbukti bahwa mereka tahu akan berhasil. Tonggak sejarah ini yakni perihal menuntaskan sesuatu darimana yang belum ada dan sebab kerja keras Anda menjadi ada hasilnya.
Ini berarti bahwa Anda telah menemukan sasaran pasar yang tertarik untuk membeli produk Anda dan bahwa produk Anda memecahkan problem nyata untuk pelanggan Anda.
Tanya Jawab Seputar Bisnis Plan
Apakah Bisnis Plan?
Bisnis plan yakni dokumen formal sebuah perusahaan yang berisi tujuan bisnis, metode perihal bagaimana tujuan ini sanggup dicapai dan kerangka waktu di mana tujuan ini perlu dicapai. Ini juga menggambarkan sifat bisnis, informasi latar belakang organisasi, proyeksi keuangan organisasi, dan taktik yang ingin diterapkan untuk mencapai sasaran yang dinyatakan. Secara keseluruhan, dokumen ini berfungsi sebagai “peta jalan” yang memberikan instruksi bagi bisnis.
Mengapa Anda memerlukan bisnis plan atau planning bisnis?
Rencana bisnis yakni dokumen tertulis yang menggambarkan bisnis Anda. Ini meliputi tujuan, strategi, penjualan, pemasaran dan asumsi keuangan.
Rencana bisnis membantu Anda untuk:
- Mengklarifikasi ide bisnis Anda.
- Menemukan potensi masalah.
- Mentukan tujuan Anda.
- Mengukur kemajuan Anda.
Tips menulis bisnis plan
- Singkat, pendek dan jelas
Sangatlah penting bagi calon investor untuk memahami apa arti bisnis Anda dari pandangan sekilas pada planning Anda. Pastikan Anda memasukkan ringkasan bisnis Anda, dan bagaimana hal itu akan menghasilkan uang semenjak awal, dan gunakan bahasa sederhana di seluruh.
- Lebih spesifik
Menjadi spesifik sama pentingnya dengan ringkas. Detailnya akan membantu Anda menelusuri bagaimana Anda akan benar-benar memberikan planning Anda.
- Kenali pasar Anda
Sebagian besar mengetahui apakah bisnis Anda akan berhasil yakni memahami audiens Anda. Pastikan planning Anda terang perihal sasaran pasar Anda – kepada siapa Anda akan menjual dan berapa banyak perusahaan lain yang sudah menjual produk serupa?
- Ketahui keuangan Anda
Bagian penting lain dari planning bisnis yakni penggalan keuangan. Jika bisnis Anda tidak menghasilkan uang, itu tidak akan berhasil sehingga Anda harus sangat terang perihal bagaimana Anda akan menerima untung. Gunakan untuk keuntungan Anda – planning Anda akan sangat mempunyai kegunaan dalam hal mengamankan pinjaman dan investasi, tetapi itu bukan hanya digunakan. Ini juga merupakan alat pribadi untuk membantu Anda memahami tujuan Anda.
Bacaan Lainnya
- Etika Bisnis – Penjelasan dan Contoh (Tata Krama Dalam Berbisnis)
- Analisis Pesaing – Competitor Analysis dalam Bisnis dan Contohnya – Cara Melakukan Analisis Pesaing atau Analisis Kompetitif
- Pengertian, jenis dan referensi dari bentuk tubuh usaha: PT, CV, FIRMA, UD, BUMN, BUMD, KOPERASI, YAYASAN
- 15 Faktor Kegagalan Dalam Bisnis atau Wirausaha
- 7 Cara Menjadi Pebisnis Muda yang Handal (UKM Usaha Kecil Menengah)
- 10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dan Bisnis Anda Lancar
- Cara Memilih Asuransi Rumah Untuk Pembeli Yang Pintar
- Prinsip Peter – Manajer Tidak Kompeten
- Pengertian Inflasi Contoh, Indikator, Pengelompokan, Cara Mengatasi & Menghitung
- Pengertian Deflasi Contoh, Jenis, Penyebab, Pengaruh, Cara Mengatasi
- Jakarta Ibu Kota Indonesia: Lahir Pada Tanggal 22 Juni 1527
- Daftar Hari Penting Di Indonesia: Hari Libur / Hari Besar / Hari Raya Keagamaan
- Mengapa Suhu Udara Lebih Dingin Saat Ketinggian Tempat Meningkat?
- Kanker Payudara Penularan, Penyebab, Gejala, Perawatan, Pencegahan, Diteksi Dini
- Sistem Reproduksi Manusia, Hewan dan Tumbuhan
- Kepalan Tangan Menandakan Karakter Anda & Kepalan nomer berapa yang Anda miliki?

Apakah Anda mempunyai sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda kini juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter
Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai
Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar kalau Anda mengunduh aplikasi kita!
Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!
Sumber bacaan: Cambridge, The Balance
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon