Tuesday, May 9, 2017

√ Kisi-Kisi Usbn Ipa Terpadu Smp Kurikulum 2006 Tahun 2018


Bismillah

Bagi siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan Mts (Madrasah Tsanawiyah) kelas sembilan, proses mencar ilmu di sekolah tinggal menghitung waktu. Pada proses selesai pembelajaran biasanya akan menempuh beberapa ujian terkait dengan mata pelajaran yang di ajarkan. Satu di antaranya yaitu Ujian Sekolah. 


Berikut ini adalah kisi-kisi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) IPA Terpadu Kurikulum 2006 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang bisa dipakai sebagai acuan mencar ilmu semoga proses mencar ilmu lebih efektif dan terarah. 

Mata Pelajaran : Biologi
Level Kognitif Pengetahuan
Lingkup Materi Makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa bisa memahami dan menguasai konsep:
  • ‑ tanda-tanda alam biotik dan abiotik
  • ‑ ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
  • ‑ keragaman pada sistem organisasi kehidupan
  • ‑ interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
  • ‑ pencemaran lingkungan
  • ‑ pelestarian ekosistem
Lingkup materi Struktur dan fungsi makhluk hidup
Siswa bisa memahami dan menguasai konsep:
  • ‑ sistem gerak pada manusia
  • ‑ sistem pencernaan manusia
  • ‑ sistem peredaran darah
  • ‑ sistem pernafasan
  • ‑ gerak pada tumbuhan
  • ‑ sistem ekskresi
  • ‑ sistem reproduksi manusia
  • ‑ sistem koordinasi dan alat indera manusia
  • ‑ jaringan flora pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
  • ‑ pewarisan sifat
Level Kognitif Aplikasi
Lingkup Materi Makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  • ‑ pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup
  • ‑ interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu
  • ‑ kepadatan populasi manusia
  • ‑ pencemaran lingkungan
  • ‑ kelangsungan hidup pada makhluk hidup (adaptasi, seleksi, perkembangbiakan)
  • ‑ hama dan penyakit pada tumbuhan
Lingkup materi Struktur dan fungsi makhluk hidup
Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  • ‑ prosedur sistem gerak manusia
  • ‑ prosedur sistem pencernaan manusia
  • ‑ prosedur sistem peredaran darah manusia
  • ‑ prosedur sistem pernapasan manusia
  • ‑ kesehatan sistem organ pada manusia
  • ‑ prosedur sistem koordinasi
  • ‑ keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
  • ‑ pewarisan sifat pada makhluk hidup
  • ‑ fotosintesis
  • ‑ penerapan bioteknologi
Level Kognitif Penalaran
Lingkup Materi Makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa bisa memakai logika dalam mengkaji:
  • ‑ pengelolaan lingkungan
  • ‑ interaksi makhluk hidup dan lingkungannya
  • ‑ perjuangan pelestarian ekosistem
Lingkup materi Struktur dan fungsi makhluk hidup
Siswa bisa memakai logika dalam mengkaji:
  • ‑ percobaan fotosintesis
  • ‑ pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup
  • ‑ tugas bioteknologi
Mata Pelajaran Fisika – Kimia
Lingkup Materi Pengukuran, Zat dan Sifatnya 
Peserta didik bisa memahami pengetahuan tentang:
  • ‑ pengukuran
  • ‑ besaran dan satuan
  • ‑ konsep zat dan wujudnya
  • ‑ sifat fisika/kimia
  • ‑ perubahan fisika/kimia
  • ‑ zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
  • ‑ partikel zat
  • ‑ adonan dan cara pemisahannya
  • ‑ larutan dan sifatnya
Lingkup Materi  Mekanika dan Tata Surya 
Peserta didik bisa memahami
pengetahuan tentang:
  • ‑ gerak lurus
  • ‑ gaya
  • ‑ aturan Newton
  • ‑ perjuangan dan energi
  • ‑ pesawat sederhana
  • ‑ suhu dan kalor
  • ‑ tekanan
  • ‑ sistem tata surya
Lingkup Materi Gelombang, Listrik dan Magnet 
Peserta didik bisa memahami pengetahuan tentang:
  • ‑ getaran dan gelombang
  • ‑ bunyi
  • ‑ cahaya dan optik
  • ‑ listrik statis dan listrik dinamis
  • ‑ kemagnetan
__________________
Baca juga


Demikian ulasan tentang kisi-kisi USBN IPA Terpadu Kurikulum 2006/KTSP tahun 2018, semoga menjadi gosip yang bermanfaat.


Sumber http://pabaiq.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)