Sunday, May 28, 2017

√ Latihan Soal Himpunan Dan Diagram Venn

Bismillah...

Belajar yaitu salah satu cara mentransfer ilmu, dari seseorang, sesuatu atau dari apapun yang didalamnya ada ilmu-ilmu kebaikan untuk bisa kita dapatkan darinya. Belajar bisa dengan aneka macam cara entah itu dengan cara membaca buku-buku yang mengandung banyak ilmu pelajaran, melihat orang mempragakan sesuatu yang bermanfaat dan mengandung ilmu yang bisa kita dapatkan, maupun mendengarkan orang-orang yang memberikan ilmunya sehingga wawasan dan pengetahuan kita bertambah. 
Belajar yang baik itu bukan dengan membaca buku sebanyak-banyaknya hingga kepala kita jadi pusing, namun sesering mungkin kita bisa mengulangi membaca buku-buku tersebut hingga benar-benar kita sanggup memahaminya. Belajar yang baik bukan juga hanya melihat orang mempragakan sesuatu terkait proses pembelajaran, namun seberapa besar kemauan kita untuk mencoba  mempraktikkannya sendiri, sehingga kita sanggup melakukannya sesuai dengan yang dicontohkan. Belajar yang baik itu bukan juga hanya dengan mendengarkan materi-materi pelajaran yang disampaikan, namun seberapa besar kreatifitas dan inisiatif kita untuk mau mencatat kemudian mencoba mengulanginya kembali dengan intensitas waktu yang sesering mungkin. 
Kemampuan yang didapat dalam memahami sebuah bahan pelajaran berbanding lurus dengan intensitas perjuangan kita untuk mengulang dan mempraktikkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan berulang kali. Belum bisa, coba lagi, belum bisa juga, coba lagi, masih belum bisa, coba lagi...terus dan terus.... hingga kapan.....hingga kebodohan itu benar-benar hilang.

 Belajar yaitu salah satu cara mentransfer ilmu √ Latihan Soal Himpunan dan Diagram Venn

Belajar matematika tak bisa hanya dengan membaca buku-buku matematika yang dipenuhi dengan teori dan rumus-rumus saja, namun juga harus dengan cara berlatih soal-soal yang berkaitan dengan teori dan rumus-rumus yang di jelaskan dalam buku tersebut. Berlatih memahami soal tak cukup hanya dengan membaca soal-soal tersebut, tanpa kita juga kita harus berusaha mencoba mencari penyelesaian dari soal tersebut. Mencoba menuntaskan soal-soal latihan dalam matematika, tak bisa hanya dengan memikiran dan memperkirakan, maka mencatat uraian pembahasan yaitu salah satu cara terbaik. 
Kaprikornus ketika kita bertemu dengan soal-soal matematika, ambil kertas, ambil pulpen, kemudian coba catatkan uraian pembahasannya tahap demi tahap secara terperinci. Ketika kita sudah terbiasa dengan hal tersebut, maka suatu ketika nanti dengan sendirinya kita sudah tak lagi butuh kertas dan pulpen untuk menuntaskan soal-soal tersebut.

Baiklah, gak pake panjang dan lebar lagi, sebab kita tidak sedang membahas ihwal persegi panjang, berikut ini beberapa pola soal matematika ihwal bahan himpunan dan diagram Venn yang bisa coba dipelajari dan dipahami. Soal ihwal himpunan dan diagram Venn serta  pembahasannya ini, sengaja saya buat untuk membantu memudahkan memahami, aneka macam macam jenis soal, sehingga ketika bertemu dengan type soal yang sama, maka kita sudah sanggup menyelesaikannya dengan mudah. 
Soal-soal berikut terkait dengan materi Himpunan dan diagram venn, bagi yang belum sempat mempelajari bahan himpunan dan diagram Venn, silahkan bisa dipelajari terlebih dahulu materinya disini:


Setelah benar-benar memahami bahan ihwal Himpunan dan Diagram Venn, mari kita coba pahami beberapa contoh soal ihwal Himpunan dan Diagram Venn beserta dengan pembahasannya, untuk lebih menguatkan teori yang sudah dipelajari pada bahan Pecahan.

1. Berikut yang merupakan himpunan adalah....
     a. Kumpulan music favorit
     b. Kumpulan buah-buahan segar
     c. Kumpulan bilangan-bilangan besar
     d. Kumpulan warna pelangi
Penjelasan:
Berdasarkan pengertiannya himpunan yaitu kumpulan dari sesuatu/objek yang sanggup didefinisikan dengan jelas. Artinya tidak mengandung arti yang bersifat relatif.
Dari pilihan di atas, music favorit, buah-buahan segar, bilangan-bilangan besar,  bersifat relatif, sebab nilainya bisa berubah pada kondisi tertentu. Tapi untuk kumpulan warna pelangi sudah sanggup dengan terang dan dipastikan bahwa semua niscaya sama dalam menjawab warna-warnanya.
Jawaban: D

2. Himpunan bilangan prima kurang dari 12 adalah....
    a. {1, 2, 3, 5, 7, 9, 11}
    b. {1, 2, 3, 5, 7, 11 } 
    c. {2, 3, 5, 7, 9, 11}
    d. {2, 3, 5, 7, 11}
Pembahasan:
Bilangan Prima {2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, .....}
Bilangan Prima yang kurang dari 12 adalah
{2, 3, 5, 7, 11} 
Jawaban: D

3. Diketahui:
     P = {bilangan asli}
     Q = {bilangan prima}
     R = {bilangan ganjil}
    Dari ketiga himpunan di atas yang menjadi himpunan semesta bagi {13, 15, 17, 19} adalah....
    a. P dan Q
    b. P dan R 
    c. Q dan R
    d. Q
Pembahasan:
Daftar anggota dari himpunan di atas adalah:
P = {1, 2, 3, ...., 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, ....}
Q = {2, 3, 5, ...., 11, 13, 17, 19, 23, ....}
R = {1, 3, 5, ......, 11, 13, 15, 17, 19, 21, .....}
Jika kita lihat daftar anggota dari himpunan P, Q dan R, di atas, maka yang bisa menjadi himpunan semesta untuk {13, 15, 17, 19} yaitu himpunan P dan Q, sebab ada dikeduanya.
Jawaban: B
4. Bila P ={huruf pembentuk kata “SENANG BELAJAR MATEMATIKA”. Maka n(P) adalah....
    a. 11
    b. 12
    c. 13
    d. 23
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ibarat ini, kita harus mendaftar huruf-huruf yang ada pada himpunan P, dengan catatan dilarang ada karakter yang berulang. Maka P={S, E, N, A, G, B, L, J, R, M, T, I, K}
Kaprikornus jumlah anggota himpunan P atau n(P)=13.
Untuk lebih lengkapnya ihwal soal Himpunan dan Diagram Venn beserta dengan pembahasannya bisa di d0wnl0ad secara GRATIS pada link di bawah ini:

Demikian pembahasan soal Latihan Himpunan dan Diagram Venn beserta pembahasannya ini saya sampaikan, sekiranya sanggup membantu memudahkan dalam proses belajar, saya sangat bersyukur.
Jika postingan ini bermanfaat ataupun dirasakan masih ada kekurangannya, silahkan bisa di sampaikan dalam kolom komentar untuk perbaikan pada postingan-postingan berikutnya.


Sumber http://pabaiq.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)