Siang Sob, anda sedang mengerjakan kiprah akhir? atau butuh refrensi buat kiprah anda?. Hari ini gue share aneh kiprah selesai alias skripsi gue, ini bukan plagiat ya, ini orisinil punya gue. Siapa tahu sobat-sobat ada yang butuh ini sebagai refrensi.
![]() |
Gambar Hanya Sebagai Pemanis |
Berikut aneh Sekripsi gue, Semoga Bermanfaat
ABSTRAK
Suranto, Joko. 2013. Pengaruh Penggunaan Handout Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tumijajar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dra. HRA. Mulyani, M.TA.,(2) Drs. Partono M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Penggunaan Handout, Hasil Belajar
Proses berguru mengajar merupakan hal yang harus diperhatikan didalam penyelenggaraan pendidikan disuatu instansi pendidikan. Salah satu yang harus diperhatiakan yaitu media pembelajaran, hal ini dikarenakan media pembelajran merupakan alat penyampai pesan yakni dari guru kemuridnya. Dalam pemilihan media pembelajran harus diperhatikan beberpa hal diantaranya yaitu kemudahan dan penggunaannya, handout merupakan media pembelajaran yang gampang dibentuk dan digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan handout terhadap hasil berguru fisika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tumijajar semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini yaitu VIII B sebagai kelas kontrol dan VIII D sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara random. Rancangan penelitian yang dipakai yaitu Posttest-Only Control Design Design dan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar angket dan tes. Teknis analisis data yang dipakai yaitu perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua rata-rata.
Hasil Penelitian menawarkan bahwa nilai thitung sebesar 3,49 ternyata lebih besar dari ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi α = 5%, begitu juga pada taraf signifikansi α = 1% thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,66. Sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat dampak penggunaan handout terhadap hasil berguru fisika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama N 3 Tumijajar semester genap tahun pelajaran 2012/2013, diterima. Oleh sebab itu disarankan kepada sekolah untuk memfasilitasi siswa dengan media yang simpel dan gampang diubahsuaikan dengan kondisi serta kebutuhan siswa, yakni media handout. Guru sanggup menerapkan media handout dalam proses pembelajaran.
Download Selengkapnya DISINI
Sumber http://www.terasfisika.com
EmoticonEmoticon