Sunday, October 22, 2017

√ Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136


 Kunci tanggapan soal buku tematik siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 133, 134, 135, 136


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 - Kunci tanggapan soal buku tematik siswa kelas 5 tema 9 benda-benda di sekitar kita subtema 3 insan dan benda di lingkungannnya pembelajaran 2 kurikulum 2013 revisi terbaru. Kunci tanggapan tematik kelas 5 tema 9 halaman 129 ihwal mendiskusikan gambar iklan payung lukis. Jawaban soal tema 9 kelas 5 halaman 130 ihwal iklan kolom dalam sebuah koran.

Kunci tanggapan tematik kelas 5 tema 9 semester 2 halaman 131 membahas pertanyaan ihwal mengamati gelas yang berisi air dan pasir. Jawaban soal tema 9 kelas 5 halaman 132 ihwal percobaan adonan homogen dan heterogen.

Kunci tanggapan tema 9 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 133 ihwal karya seni rupa yang ada di daerah. Jawaban soal buku siswa kelas 5 tema 9 halaman 134 dan 135 ihwal ciri-ciri, fungsi dan jenis karya seni rupa. Kunci tanggapan buku paket tematik kelas 5 tema 9 halaman 136 ihwal laporan hasil diskusi terhadap banyaknya ragam seni rupa kawasan di Indonesia.

Kunci tanggapan tematik kelas 5 SD ini dibentuk menurut buku siswa tema 9 benda-benda di sekitar kita kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru. Selain kunci tanggapan tematik, terdapat juga materi pembelajaran yang didukung dengan gambar-gambar yang menarik menyerupai yang terdapat dalam buku paket siswa tema 9 kelas 5 SD/MI.

Baca juga :

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Rabu pagi, Edo berkemas-kemas berangkat ke sekolah. Edo menggunakan baju batik yang merupakan seragam identitas sekolahnya. Sebelum berangkat, Edo tidak lupa menyantap sarapan pagi dan minuman gelas susu yang telah disiapkan oleh ibunya.

Ayo Mengamati

Pagi itu Edo berangkat sekolah. Tidak lupa Edo berpamitan dengan ayah dan ibunya. Sesampai di sekolah, Edo mencar ilmu mengenai iklan.

Edo dan teman- sahabat mengamati sebuah iklan dari selebaran yang dibawa oleh Ibu Guru. Pada pembahasan ihwal iklan sebelumnya, kau telah mengetahui ihwal pengertian iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk-bentuk iklan di media cetak.

 Kunci tanggapan soal buku tematik siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Sekarang kau akan mempelajari ihwal unsur-unsur iklan dan ciri-ciri bahasa yang dipakai dalam pembuatan iklan di media cetak.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 129


Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.

 Kunci tanggapan soal buku tematik siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Agar sanggup menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak mempunyai ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti.
  • Menggunakan kata konotasi positif.
  • Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 130


Ayo Berlatih

Untuk memperdalam pengetahuan kau ihwal iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.

 Kunci tanggapan soal buku tematik siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Setelah kau membaca iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam iklan di atas.
Jawaban :
Unsur-unsur yang terdapat pada iklan tersebut yakni :
  • Nama produk
  • Gambar yang menarik
  • Kalimat iklan
  • Keunggulan produk
  • Nomor telepon
  • Alamat pengiklan

2. Bagaimana ciri-ciri bahasa yang terdapat pada iklan tersebut?
Jawaban :
  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti.
  • Menggunakan kata konotasi positif.
  • Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

3. Buatlah gambar (visual) ihwal kesimpulan isi teks paparan iklan di atas.

 Kunci tanggapan soal buku tematik siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Ayo Membaca

Setelah mempelajari dan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan iklan, Edo dan teman-teman beristirahat. Edo dan Dayu pergi ke kantin sekolah.

Mereka membeli segelas teh manis. Edo memperhatikan ketika Ibu kantin menciptakan teh manis. Teh elok dibentuk dengan mencampurkan gula pasir dengan air teh kemudian diaduk rata.

Setelah Ibu kantin selesai menciptakan teh manis, diserahkannya teh elok tersebut kepada Edo dan Dayu. Setelah membayarnya, mereka segera menikmati teh elok sambil duduk di kantin sekolah.

Kamu tentu masih ingat ihwal pengelompokan zat menjadi zat tunggal dan campuran. Zat tunggal terdiri atas unsur dan senyawa. Kali ini kau sanggup mempelajari ihwal zat adonan dengan lebih terperinci.

Simak klarifikasi berikut.
Saat Ibu kantin menciptakan teh elok untuk Edo, berarti Ibu kantin menciptakan suatu campuran. Campuran yang dibentuk oleh Ibu kantin yaitu adonan antara gula pasir dan air teh sebagai pelarut. Kamu juga sanggup menciptakan adonan sendiri.

Misalnya, ketika kau menciptakan susu. Kamu akan mencampurkan susu dengan air. Saat kau berbagi kopi untuk ayahmu, kau akan mencampurkan kopi, gula, dan air. Pada dasarnya, suatu adonan sanggup berupa unsur dengan unsur ataupun unsur dengan senyawa.

Baca Juga : Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 Tema 7

Komposisi unsur-unsur atau senyawa penyusun suatu adonan tidak tertentu. Sifat orisinil zat-zat pembentuk adonan masih tampak, sehingga komponen penyusun adonan tersebut sanggup dikenali dan sanggup dipisahkan lagi.

Ada dua macam campuran, yaitu adonan homogen dan adonan heterogen. Pada subtema sebelumnya telah dibahas hal tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 131


Ayo Berlatih

1. Coba amati segelas air gula. Gula tercampur tepat dengan air sehingga adonan antara gula dengan air tampak jernih. Berarti dalam hal ini gula tercampur rata dengan air. Termasuk adonan apakah insiden ini? Berikan penjelasannya.
Jawaban :
Gula tercampur dengan air merupakan insiden gabungan dari dua zat senyawa dengan tepat (homogen), yaitu air yang terbentuk dari oksigen dan hidrogen bercampur dengan gula pasir menciptakan gula pasir larut dengan tepat yang mengakibatkan air menjadi manis. Campuran ini dinamakan.

2. Cobalah amati segelas air yang di dalamnya terdapat pasir. Apakah pasir sanggup larut dengan tepat sehingga larutan terlihat jernih? Tentu tidak bukan? Termasuk adonan apakah insiden ini?
Jawaban :
Gelas air yang terdapat pasir di dalamnya merupakan adonan heterogen (zat penyusunnya tidak tercampur sempurna). Air yang merupakan senyawa bercampur dengan unsur pasir menciptakan pasir tidak sanggup larut dengan tepat dan zat penyusun dari adonan ini masih sanggup dibedakan.


Kunci Jawaban Buku Paket Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 132


Ayo Mencoba

Sekarang kau telah memahami ihwal adonan dan mengetahui contoh- pola campuran. Cobalah untuk bereksperimen dengan menciptakan adonan menyerupai pada kegiatan berikut.

Buatlah kelompok dengan anggota 5 orang. Kemudian, lakukan percobaan berikut ini. Percobaan ini untuk memilih jenis adonan beberapa benda.

Berikut yakni hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan percobaan.
  1. Alat dan bahan
  2. Langkah percobaan.
  3. Buatlah kesimpulan dari percobaan yang kalian lakukan dengan memilih jenis campuran.
  4. Buatlah laporan hasil percobaan kalian.
Jawaban :
Hasil Percobaan Campuran Homogen dan Heterogen
1. Tujuan :
Menentukan jenis dari adonan beberapa benda.

2. Alat dan materi :
4 buah gelas, 4 buah sendok, air, minyak goreng, pasir, tanah, susu bubuk, dan garam.

3. Langkah-langkah dari percobaan :
  • Gelas 1 diisi dengan minyak dan air, sesudah itu diaduk dengan sendok
  • Gelas 2 diisi dengan pasir dan tanah, sesudah itu diaduk dengan sendok
  • Gelas 3 diisi dengan garam dan air, sesudah itu diaduk dengan sendok
  • Gelas 4 diisi dengan susu bubuk dan air, sesudah itu diaduk dengan sendok
  • Mengamati ke-4 adonan tersebut, kemudian segera memilih adonan dari masing-masing gelas apakah termasuk adonan heterogen atau adonan homogen
  • Mencatat hasil dari pengamatan ke dalam tabel

4. Data hasil Pengamatan
  • Gelas 1 memperlihatkan air dan minyak tidak tercampur tepat (heterogen)
  • Gelas 2 memperlihatkan pasir dan tanah tidak tercampur tepat (heterogen)
  • Gelas 3 memperlihatkan garam dan air tercampur dengan tepat (homogen)
  • Gelas 4 memperlihatkan susu buku dan air tercampur tepat (homogen)

Ayo Membaca

Edo dan Dayu sedang asyik mengobrol di kantin sambil minum teh manis. Tiba-tiba terdengar bel berbunyi. Edo dan Dayu segera menuju ke kelas untuk mengikuti pembelajaran berikutnya.

Pak Guru memperlihatkan baju batik yang dikenakannya pada akseptor didik. Pak Guru juga meminta akseptor didik mengamati baju seragam batik yang sedang dikenakannya.

Batik merupakan salah satu hasil karya seni rupa daerah. Apakah yang dimaksud dengan seni rupa daerah?

Seni rupa kawasan yakni cabang seni rupa. Seni rupa kawasan mempunyai suatu ciri khas dari latar belakang sejarah suatu wilayah.

Oleh sebab itu, seni rupa kawasan mempunyai perbedaan dengan karya seni kawasan lain. Karya seni rupa kawasan dipengaruhi oleh corak seni tradisional.

Corak seni tradisional terdiri atas karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi berupa karya tekstil, contohnya kain batik, kain tenun, dan kain songket.

Karya seni rupa tiga deminsi, contohnya gesekan kayu, keramik, dan patung.

 Kunci tanggapan soal buku tematik siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Karya seni kawasan bercorak tradisional, biasanya menggunakan motif yang bersifat bebuyutan atau selalu sama dengan sebelumnya.

 Kunci tanggapan soal buku tematik siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Daerah masyarakat pesisir pantai, biasanya akan lebih didominasi dengan bentuk seni rupa bermotif ikan, gelombang laut, karang, dan kapal.

Sementara kawasan masyarakat pegunungan, akan lebih didominasi dengan bentuk karya seni rupa bermotif buah, pepohonan, bunga, dan hewan-hewan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 133


Ayo Berlatih

Di kawasan mana kau tinggal? Apa karya seni rupa yang ada di daerahmu? Jelaskan karya seni rupa tradisional yang ada daerahmu. Uraikan dalam kolom berikut.
Jawaban :
Jawaban diadaptasi dengan karya seni rupa kawasan masing-masing siswa.

Secara umum, karya seni rupa kawasan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

1. Bersifat kedaerahan.

2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah
  • Mengandung simbol-simbol dan bermakna.
  • Seringkali dipakai untuk upacara adat, agama, atau kebutuhan sehari-hari.
  • Dibuat dari materi alam yang berasal dari lingkungan.

3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi juga oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.

Fungsi karya seni rupa kawasan dibedakan menjadi fungsi individual dan fungsi sosial:

1. Fungsi individual
Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan segala sesuatu, baik suka, duka, dan marah. Selain itu, karya seni juga sebagai media mengekspresikan cita-cita, pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan, dan juga teknik.

2. Fungsi sosial
  • Sebagai media pendidikan
  • Sebagai media hiburan (refreshing)
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media keagamaan

Berdasarkan jenisnya, seni rupa kawasan terbagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan.

1. Seni rupa murni
Seni rupa murni yakni karya seni rupa yang mengutamakan segi keindahan tanpa memperhatikan fungsi. Contoh lukisan dan patung.

2. Seni rupa terapan
Seni rupa terapan yakni karya seni rupa yang mengutamakan fungsi, namun tetap memperhatikan segi keindahan. Contoh batik, gesekan kayu, gerabah, dan lain-lain.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 134, 135


Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui ihwal seni rupa daerah. Untuk lebih memahami ihwal karya seni rupa daerah, cobalah untuk mengerjakan latihan berikut.

1. Sebutkan banyak sekali jenis karya seni rupa kawasan di Indonesia yang kau ketahui.
Jawaban :
Karya sei rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi

2. Sebutkan ciri-ciri umum karya seni rupa daerah.
Jawaban :
1. Bersifat kedaerahan.
2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah
  • Mengandung simbol-simbol dan bermakna.
  • Seringkali dipakai untuk upacara adat, agama, atau kebutuhan sehari-hari.
  • Dibuat dari materi alam yang berasal dari lingkungan.


3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi juga oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.

3. Sebutkan dua macam seni rupa menurut jenisnya.
Jawaban :
Berdasarkan jenisnya, seni rupa kawasan terbagi menjadi dua, yaitu :
1. Seni rupa murni
Seni rupa murni yakni karya seni rupa yang mengutamakan segi keindahan tanpa memperhatikan fungsi. Contoh lukisan dan patung.

2. Seni rupa terapan
Seni rupa terapan yakni karya seni rupa yang mengutamakan fungsi, namun tetap memperhatikan segi keindahan. Contoh batik, gesekan kayu, gerabah, dan lain-lain.

4. Sebutkan 3 pola seni rupa terapan yang ada di sekitar daerahmu.
Jawaban :
Contoh karya seni rupa terapan yaitu batik, gesekan kayu, dan gerabah.
(Alternatif tanggapan lainnya sanggup menyesuaikan dengan kawasan dan lingkungan sekolah masing-masing)

5. Sebutkan fungsi karya seni rupa daerah.
Jawaban :
1. Fungsi individual
Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan segala sesuatu, baik suka, duka, dan marah. Selain itu, karya seni juga sebagai media mengekspresikan cita-cita, pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan, dan juga teknik.

2. Fungsi sosial
  • Sebagai media pendidikan
  • Sebagai media hiburan (refreshing)
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media keagamaan 

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 136


Ayo Berdiskusi

Karya seni rupa kawasan di Indonesia sangat beragam. Setiap kawasan mempunyai karya seni yang unik dan khas sehingga berbeda dari kawasan lain.

Mulai dari batik, tenun/songket, ukir, anyaman, gerabah, hingga lukisan, dan patung semuanya mempunyai ciri tradisional kawasan asalnya.

Beragamnya karya seni rupa kawasan memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia. Coba kau diskusikan bersama kelompokmu.

Apa yang harus kalian lakukan dengan banyaknya ragam seni rupa kawasan di Indonesia? Mengapa demikian? Tulislah hasil diskusi dalam kolom berikut.
Jawaban :
Kita harus menghormati keanekaragaman karya seni tersebut dengan cara :
  • Menghormati kelompok/suku/daerah lain yang mempunyai karya seni yang berbeda
  • Tidak menghina hasil karya seni kawasan lain
  • Mau menonton/menikmati hasil karya seni kawasan lain
  • Mau mencar ilmu dan mengembangkan banyak sekali karya seni tradisional tersebut
  • Bangga dengan karya seni dalam negeri yang tersebar di banyak sekali kawasan di Indonesia

Karena dengan menghormati, menghargai dan mempelajari banyak sekali karya seni di banyak sekali kawasan Indonesia, maka kita turut melestarikan budaya Indonesia, serta sanggup memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan benda di lingkungannya Pembelajaran 2 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136. Semoga kunci tanggapan tematik SD kelas 5 ini sanggup menawarkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)