Thursday, October 19, 2017

√ Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65


 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65 - Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 1. Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59 perihal pola iklan elektronik, Jawaban soal halaman 60 perihal hasil kreasiku menggambar benda yang ada dalam iklan televisi.

Jawaban soal tema 9 kelas 5 halaman 63 perihal membuat kesimpulan dalam bentuk bagan. Kunci balasan halaman 65 perihal laporan hasil percobaan zat adonan homogen dan heterogen. Kunci balasan tematik kelas 5 ini juga di lengkapin dengan materi dan gambar-gambar yang ada dalam buku siswa tema 9 subtema 2 pembelajaran 1.

Baca juga :

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Lani telah terpengaruh iklan dari televisi, yaitu iklan sirop. Iklan yang ditayangkan melalui televisi merupakan salah satu pola iklan elektronik. Mengapa demikian?

Alasannya televisi merupakan salah satu media elektronik. Adapun yang dimaksud iklan elektronik ialah iklan yang penyebarannya memakai media elektronik. Apa saja bentuk iklan elektronik itu?

Ayo Membaca

Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yang akan kita pelajari ketika ini. Ketiga jenis iklan tersebut ialah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Bagaimanakah karakteristik ketiga iklan elektronik tersebut? Ayo baca satu per satu uraian singkat berikut.

1. Iklan Radio

Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio ialah media yang mengandalkan telinga untuk menyapa pendengarnya. Oleh alasannya ialah itu, pemaparan iklan melalui media radio mempunyai karakteristik atau ciri khas.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Iklan di radio hanya sanggup didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan sanggup berupa voice (suara/kata-kata insan yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan imbas bunyi (suara-suara yang tidak beraturan maupun imbas bunyi alam).

2. Iklan Televisi

Iklan televisi ialah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik alasannya ialah merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Iklan televisi mempunyai karakteristik, yaitu sanggup dilihat dan didengar. Oleh alasannya ialah itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan.

3. Iklan Internet

Iklan internet ialah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Bentuknya beragam, ada iklan yang hanya sanggup didengar, ada pula yang sanggup dilihat sekaligus didengar.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Iklan internet muncul sesuai perkembangan teknologi informasi. Iklan internet bisa meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi sanggup disampaikan secara dramatis dan interaktif.

Ayo Mengamati

Perhatikan tiga paparan iklan melalui media radio, televisi, dan internet berikut.

1. Paparan Iklan Melalui Radio

Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibentuk naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan.

Naskah iklan radio dibentuk dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun imbas suara. Musik dan imbas bunyi dalam naskah iklan radio dibutuhkan untuk membuat suasana yang mendukung skenario. Amati paparan iklan radio melalui naskah berikut.

Iklan Pewangi Ruangan

EFEK SUARA : (SUARA LALAT)
Anak Perempuan : Mama kamar adik banyak lalat.
Mama : Wah, mungkin alasannya ialah busuk tak sedap, dik.
Anak Perempuan : Iya, ma tolong hilangkan busuk tak sedapnya.
Mama : Tenang, mama punya antinya.
EfEK SUARA : (SUARA SEMPROTAN NYAMUK)
Anak Perempuan : Wah, wangi sekali, Ma.
Mama : Jelas dong, kan mama pakai Segar Wangi pewangi ruangan busuk tak sedap pribadi KO.
MUSIK : GITAR KLASIK BERNUANSA cERIA UP-IN-DOWN.
Narasi : ya, gunakan Segar Wangi, busuk tak sedap pribadi hilang.
MUSIK : (DOWN-OUT)

Apa isi iklan radio yang sanggup kau amati dari naskah di atas? Berdasarkan naskah iklan radio, sanggup disimpulkan bahwa iklan radio yang akan dipaparkan berisi usul untuk memakai Segar Wangi, pengharum ruangan yang bisa menghilangkan busuk tidak sedap dan mengusir lalat dalam sekejap.

2. Paparan Iklan Melalui Televisi

Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan dongeng (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibentuk di rumah produksi. Berikut pola paparan iklan melalui televisi.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kau sanggup mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi. Isi iklan tersebut yaitu cara gampang membuat verbal segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi.

3. Paparan Iklan Melalui Internet

Itulah salah satu pola iklan yang dipaparkan melalui internet. Iklan di atas merupakan iklan internet jenis banner. Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web. Isi iklan internet tersebut ialah mengatakan produk makanan.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Produk masakan yang ditawarkan ialah mi instan dengan brand yumi Mie. Mi instan ini sanggup dinikmati ketika sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman-teman. yumi Mie merupakan masakan cepat saji yang yummy kalau dinikmati ketika masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani yumi Mie.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 59


Ayo Berlatih

Kamu telah memahami aneka macam bentuk iklan elektronik. Sekarang, coba kau pilih satu bentuk iklan elektronik yang sudah kau pelajari sebelumnya. Buatlah pola iklan elektronik. cantumkan naskah iklannya kalau iklan yang kau pilih iklan radio atau iklan televisi.

Kemudian, tuliskan skrip dan papan ceritanya. Jika kau menentukan iklan internet, tempelkan iklan pada lembaran kertas. Selanjutnya, buat kesimpulan isi dari iklan elektronik yang kau buat.

Tuliskan kesimpulan di bawah naskah iklan, skrip dan papan cerita, atau gambar iklan yang kau buat. Presentasikan hasil berlatihmu dalam mengidentifikasi iklan elektronik di depan kelas. Kumpulkan akhirnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Kunci Jawaban Buku Paket Kela 5 Tema 9 Halaman 60


Ayo Berkreasi

Kamu telah memahami aneka macam bentuk iklan elektronik, salah satunya iklan televisi. Sekarang, pilihlah salah satu iklan di televisi yang menarik menurutmu. Tuangkan kembali benda yang diiklankan dalam televisi yang kau anggap menarik dalam bentuk gambar iklan. Buat gambar semenarik mungkin pada kotak berikut.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Udin dan teman-temannya selesai menggambar benda menarik yang diiklankan melalui televisi. Secara kebetulan Udin, Siti, dan Edo sama- sama menggambar minuman. Udin menggambar air putih yang dikemas dalam botol. Siti menggambar minuman ringan manis. Edo menggambar secangkir kopi. Gambar mereka cukup bagus.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar hasil karya Udin, Siti, dan Edo berikut ini!

1. Air mineral dalam kemasan botol yang digambar Udin.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Air mineral merupakan materi berbentuk cairan. Air mineral termasuk zat tunggal yang berupa senyawa. Air mineral tidak mempunyai rasa dan bau. Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia membutuhkan 8 liter air mineral dalam satu hari satu malam. Air mineral “AQUADA” membantu kita mencukupi kebutuhan badan akan 8 liter air.

2. Minuman ringan manis yang digambar Siti.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Minuman ringan manis sama dengan air mineral. Minuman ringan manis ialah materi yang berbentuk cairan. Akan tetapi, minuman ringan manis bukan zat tunggal, minuman ringan manis merupakan zat adonan homogen.

3. Secangkir Kopi tumbuk yang digambar Edo.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Secangkir kopi sama dengan minuman ringan. Secangkir kopi ialah materi yang berbentuk cairan dan merupakan zat campuran. Akan tetapi, secangkir kopi tumbuk bukan zat adonan homogen menyerupai minuman ringan manis, melainkan zat adonan heterogen.

Baca juga : Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 Tema 7

Kamu telah memahami perihal materi, zat tunggal, dan zat campuran. Apa bekerjsama materi, zat tunggal, dan zat adonan itu?

1. Materi ialah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Banyak jenis materi di lingkungan sekitarmu. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut sanggup dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas. Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran.

2. Zat tunggal atau disebut zat murni ialah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal sanggup berupa unsur dan senyawa.
  • Unsur ialah zat kimia yang tak sanggup dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. pola unsur logam ialah perak, besi, emas, dan platina. Adapun pola unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.
  • Senyawa ialah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. pola unsur senyawa ialah garam, air, dan gula.

3. Zat adonan ialah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat adonan terdiri atas zat adonan homogen dan zat adonan heterogen.
  • Zat adonan Homogen ialah adonan yang terdiri atas dua materi atau zat yang sanggup menyatu secara merata. pola adonan homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).
  • Zat adonan heterogen ialah adonan yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak sanggup menyatu secara sempurna. pola adonan heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 63


Ayo Berlatih

Buatlah kesimpulan perihal materi berdasarkan uraian di atas. Buatlah kesimpulan dalam bentuk sketsa perihal materi lengkap dengan jenis materi berdasarkan komponen penyusunnya beserta contohnya. Bentuk sketsa menyerupai pola berikut.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 65


Ayo Mencoba

Kamu telah mengetahui adanya zat adonan homogen dan zat adonan heterogen. Apakah kau sudah bisa menuliskan perbedaan antara adonan homogen dan adonan heterogen? coba kini lakukan percobaan di bawah ini.

Selanjutnya, berdasarkan hasil percobaanmu tuliskan perbedaan- perbedaan antara zat adonan homogen dan adonan heterogen. Lakukan percobaan secara kelompok. Satu kelompok minimal terdiri atas 6 anak. Bapak/Ibu Guru akan membantumu membagi kelompok dan mendampingimu melaksanakan percobaan.

Setiap kelompok membuat dua percobaan. Untuk melaksanakan dua percobaan, anggota kelompok dibagi dua. Dua percobaan yang harus dilakukan setiap kelompok yaitu membuat larutan air gula dan air kopi. Adapun materi dan peralatan yang harus dipersiapkan sebagai berikut.
1. Peralatan
a. Gelas plastik transparan b. Sendok plastik
2. Bahan
a. Air
b. Gula putih
c. Kopi bubuk

Langkah-langkah percobaan sebagai berikut.
1. Percobaan pertama, masukkan air ke dalam gelas plastik transparan.
Selanjutnya, masukkan gula putih ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk gula hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
2. Percobaan kedua, masukkan air dalam gelas plastik transparan.
Selanjutnya masukkan kopi abu ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk kopi hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
3. Bandingkan hasil kedua larutan bersama sahabat satu kelompokmu.
4. Buat laporan hasil percobaanmu dengan menuliskan hal-hal berikut.
a. Nama anggota kelompok
b. Percobaan yang dilakukan.
c. Alat dan materi yang digunakan.
d. Hasil percobaan.
5. Presentasikan laporan yang kalian buat di depan kelompok lain. Kemudian, kumpulkan hasil laporan kepada Bapak/Ibu Guru.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Pembelajaran 1 Halaman 59, 60, 63, 65. Semoga Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Kurikuum 2013 ini sanggup mengatakan manfaat bagi pembaca di manapun berada.


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)