Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 60, 63, 64, 65, 66
Kunci Jawaban Tematik Tema 8 Kelas 5 - Pembahasan Jabawan Tematik kali ini wacana soal yang ada pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabatku Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 2 Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 ini membahas soal latihan yang terdapat pada halaman 60, 63, 64, 65, 66.Kunci Jawaban Halaman 66 wacana peragaan tari kawasan secara pribadi maupun melalui rekaman video. Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 63 wacana pengertian contoh lantai dan menggambar contoh lantai tari legong dan tari saman.
Jawaban Soal Tema 8 Kelas 5 Halaman 64 membahas wacana mengamati gerakan dan contoh lantai penari dalam sebuah video tari kreasi daerah. Selanjutnya kunci balasan tematik kelas 5 tema 8 lingkungan sobat kita halaman 65 membahas soal latihan siklus air dan peristiwa kekeringan.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Semester 2 berikutnya terdapat pada halaman 66 wacana soal menciptakan poster imbas siklus air bagi kehidupan. Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 K13 ini sangat lengkap alasannya disertai juga materi pembelajaran dan gambar-gambar yang terdapat pada buku siswa kelas 5 tema 8 lingkungan sobat kita kurikulum 2013 revisi terbaru sebagai buku paket yang dipakai siswa pada sekolah dasar yang sudah menerapkan pembelajaran kurikulum 2013.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 60
Ayo Mengamati
Lihatlah peragaan tari daerahmu, baik secara pribadi maupun melalui rekaman video. Fokuslah untuk memperhatikan gerak para penari.
1. Bagaimana gugusan para penari ketika melaksanakan gerak tari?
Jawaban :
(Alternatif balasan bermacam-macam, tergantung tari kawasan yang diperhatikan siswa).
2. Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari?
Jawaban :
(Alternatif balasan bermacam-macam, tergantung tari kawasan yang diperhatikan siswa).
3. Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melaksanakan gerak tari?
Jawaban :
(Alternatif balasan bermacam-macam, tergantung tari kawasan yang diperhatikan siswa).
Jelaskan hasil pengamatanmu dalam bentuk gambar sederhana, kemudian peragakan.
Jawaban :
(Alternatif balasan bermacam-macam, tergantung tari kawasan yang diperhatikan siswa)
Ayo Membaca
Pola Lantai Gerak Tari
Pada ketika menari, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seperti ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian. Garis imajiner juga sanggup digambarkan dengan melihat gugusan para penari dalam memperagakan tarian. Para penari sanggup membentuk gugusan garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk gugusan garis sanggup berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.Baca juga :
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9
- Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 5 SD
- Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 6 SD
Garis imajiner yang dilalui oleh penari ketika melaksanakan gerak tari disebut contoh lantai. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibentuk oleh gugusan penari kelompok. Secara umum, contoh lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk contoh garis lurus sanggup dikembangkan menjadi banyak sekali contoh lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Bentuk contoh garis lengkung sanggup dikembangkan menjadi banyak sekali contoh lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang. Perhatikan gambar-gambar berikut.
Bentuk contoh lantai dari gerak yang dilalui penari
Perhatikan gambar tarian berikut.
Tari Legong |
Tari Saman |
Kunci Jawaban Buku Tema 8 Kelas 5 Halaman 63
TugasBerdasarkan teks “Pola Lantai Gerak Tari” pada halaman 61-63, kerjakan kiprah berikut.
1. Tuliskan kembali pengertian contoh lantai memakai bahasamu sendiri. Usahakan semoga orang lain memahami dengan gampang ketika membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku.
Jawaban :
- Pola lantai yaitu Garis khayal yang dilalui oleh penari ketika melaksanakan gerak tari
- Pola lantai merupakan garis khayal yang dibentuk oleh gugusan penari kelompok.
2. Gambarlah contoh lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.
Pola lantai tari legong
Pola lantai tari saman
Kunci Jawaban Halaman 64 Tema 8 Kelas 5 Kurikulum 2013
Ayo Berlatih1. Lihatlah sebuah video tari kreasi daerah.
2. Perhatikan gerakan dan contoh lantai penari dalam menyajikan tarian.
3. Tirukan 5 gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melaksanakan gerakan-gerakan tari tersebut sampai sanggup meragakan dengan benar.
Jawaban :
(Alternatif balasan bermacam-macam, tergantung tari kawasan yang diperhatikan siswa).
4. Buatlah contoh lantai sesuai dengan gerakan yang dipelajari.
Jawaban :
(Alternatif balasan bermacam-macam, tergantung tari kawasan yang diperhatikan siswa).
Gerak tari kawasan satu dengan kawasan lain mempunyai huruf berbeda-beda. Tari Bali berkarakter lincah dengan rangkaian gerak patah-patah. Sebaliknya, tarian kawasan Solo dan Yogyakarta cenderung berkarakter lembut dalam rangkaian gerak yang mengalir menyerupai aliran air yang tenang.
Ayo Membaca
Siklus Air dan Bencana Kekeringan
Peristiwa siklus air merupakan kejadian sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air higienis yang mempunyai kegunaan untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air higienis antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian. Siklus air menghasilkan air bersih. Pada ketika proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap yaitu uap air yang bersih. Pada ketika turun hujan, air yang dihasilkan pun yaitu air higienis dan siap dipakai untuk banyak sekali keperluan.Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, kemudian menjadi air tanah. Air tanah yaitu air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, alasannya sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapat air tanah, insan menciptakan sumur dengan cara menggali lubang.
Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju tempat yang lebih rendah menyerupai sungai, danau, dan laut. Air permukaan yaitu air hujan yang tak sanggup diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, alasannya mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa banyak sekali macam material dari proses erosi.
Pada ekspresi dominan kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun biasanya pribadi diserap oleh tanah menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan mengakibatkan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan yaitu semakin berkurangnya curah hujan. Oleh alasannya itu, sumur-sumur penduduk pun menjadi kering. Di ketika inilah biasanya terjadi kelangkaan air bersih. Jika kelangkaan air higienis terjadi dalam waktu yang panjang, peristiwa kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 65
Ayo BerdiskusiJawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
1. Peristiwa apa saja yang terjadi pada teks “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”?
Jawaban :
Peristiwa yang terjadi antara lain : siklus air, penguapan air, hujan, aliran air/air mengalir, terjadinya air tanah.
Jawaban :
Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, sanggup berasal dari laut, sungai, danau atau dari genangan air lainnya. Pada ketika penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung kemudian turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih.
Jawaban :
Air tanah yaitu air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan higienis alasannya sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan.
Jawaban :
Air tanah lebih higienis dan jernih daripada air permukaan alasannya sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan.
Jawaban :
Air permukaan lebih kotor alasannya mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.
Jawaban :
Air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan mengakibatkan peristiwa kekeringan.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 66
Berdasarkan bacaan “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”, buatlah poster wacana imbas siklus air bagi kehidupan. Buatlah semenarik mungkin. Pada Pembelajaran 5 nanti kau akan mempresentasikan poster yang kau buat.
Sumber http://www.sanjayaops.com
EmoticonEmoticon