Saturday, October 21, 2017

√ Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149


 Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149 - Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139 Tentang Iklan Penawaran.

Kunci tanggapan tematik kelas 5 tema 9 benda-benda di lingkungan sekitar halaman 142 perihal Iklan layanan masyarakat. Kunci tanggapan buku siswa tema 9 kelas 5 halaman 143 tentang peristiwa-peristiwa yang tidak memedulikan persatuan dan kesatuan yang terjadi di masyarakat.

Kunci tanggapan tema 9 kelas 5 halaman 145 dan 146 tentang sebab dan akhir yang sanggup ditimbulkan lantaran tidak adanya persatuan dan kesatuan. Kunci tanggapan buku paket kelas 5 tema 9 halaman 148 tentang mind map atau peta pikiran acara ekonomi.

Kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 9 halaman 149 perihal laporan hasil diskusi. Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 SD Semester 2 ini juga dilengkapi dengan bahan dan pembahasan yang ada pada buku siswa tema 9 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 pembelajaran 3.

Baca juga :

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149

Minggu pag i, Edo sedang membersihkan halaman depan rumahnya yang kotor. Tiba-tiba tiba penjual koran langganan ayahnya memberikan sebuah koran pada Edo.

Edo mendapatkan koran tersebut dan melihatnya sekilas sebelum diserahkan kepada ayahnya. Berita utama pagi itu, telah terjadi pertengkaran antarwarga yang dipicu oleh persaingan dagang.

Edo sengaja tidak pribadi memberikan koran pada ayahnya. Ia melihat-lihat koran yang gres saja diterimanya dari penjual koran.

Tak sengaja pandangannya tertuju pada sebuah iklan. Ia teringat dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah beberapa hari yang lalu. Pelajaran tersebut membahas perihal iklan di media cetak. Iklan apa yang dilihat Edo?

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139


Ayo Mengamati

Perhatikan iklan yang dilihat Edo pada koran!

 Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149

Setelah mengamati, coba kau jelaskan perihal isi iklan tersebut. Uraikan dalam kolom berikut.
Jawaban :
Iklan di atas menunjukkan produk pasta gigi dengan merek gigident untuk gigi sensitif, setiap pembelian produk tersebut akan mendapatkan bonus berupa sikat gigi mini.

Ayo Membaca

Edo simpulan melihat-lihat koran, kemudian ia segera menyerahkan koran tersebut kepada ayahnya dan kembali ke halaman.

Edo bergegas membersihkan halaman sampai selesai. Setelah itu, Edo mencuci kaki dan tangan, kemudian menuju ruang belajarnya.

Ia ingin melanjutkan berguru perihal bahan iklan yang beberapa hari sebelumnya telah ia pelajari di sekolah. Ayo simak bahan iklan yang dipelajari Edo selanjutnya.

Berdasarkan isinya, iklan sanggup dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu

1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan

Iklan pengumuman atau pemberitahuan ialah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum perihal suatu hal, contohnya iklan sedih cita. Berikut ialah teladan iklan pemberitahuan pada media cetak.

 Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149

2. Iklan penawaran (niaga)

Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan yang bertujuan menunjukkan sesuatu, contohnya iklan barang. Berikut ialah teladan iklan penawaran (niaga)

 Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149

3. Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan perihal suatu hal. Misalnya, larangan memakai narkoba, larangan merokok di daerah umum, dan lain-lain. Berikut ialah teladan iklan layanan masyarakat.

 Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 142


Ayo Berlatih

Amatilah iklan yang terdapat dalam sebuah majalah berikut ini.

 Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149

Jenis iklan apakah pada gambar di atas? Apa informasi penting dalam iklan tersebut? Tuliskan pada kolom berikut.
Jawaban :
Gambar di atas termauk jenis iklan layanan masyarakat. Informasi penting dalam iklan tersebut ialah :
  • Memberitahukan kepada masyarakat bahwa menjaga persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan.
  • Ajakan untuk hidup toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

Iklan di atas, memberitahukan kepada masyarakat bahwa menjaga persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan.

Oleh lantaran itu, hindari perbuatan yang sanggup mengakibatkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan sehari-hari terapkan sikap dan sikap untuk saling toleransi antarsesama, saling menghargai, tidak menang sendiri, menghormati orang lain, dan selalu rukun.

Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jikalau tidak ada persatuan dan kesatuan dalam masyarakat? Tentu akan terjadi perpecahan yang mengakibatkan kehidupan terganggu dan tidak nyaman.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 143


Ayo Berdiskusi

Buatlah beberapa kelompok yang beranggotakan 5 orang. Lakukan acara berikut.
1. Identifikasilah peristiwa-peristiwa yang tidak mempedulikan persatuan dan kesatuan yang terjadi di masyarakat.
Jawaban : 
Peristiwa-peristiwa yang tidak mempedulikan persatuan dan kesatuan yang terjadi di masyarakat :
  • Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain
  • Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan dalam masyarakat
  • Tidak adanya kolaborasi yang terjalin antarwarga masyarakat.

2. Jelaskan akhir yang akan terjadi dari peristiwa-peristiwa tersebut.
Akibat yang terjadi dari peristiwa-peristiwa tersebut ialah :
  • Terjadi kesenjangan dengan tetangga dan masyarakat sekitar.
  • Menyebabkan perpecahan antar golongan, maupun antar suku.
  • Akan terjadi perpecahan yang mengakibatkan kehidupan terganggu dan tidak nyaman.

3. Buatlah laporan hasil diskusi.
Jawaban :
Menjaga persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan. Oleh lantaran itu, hindari perbuatan yang sanggup mengakibatkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan sehari-hari terapkan sikap dan sikap untuk saling toleransi antarsesama, saling menghargai, tidak menang sendiri, menghormati orang lain, dan selalu rukun.

4. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

Ayo Membaca

Persatuan dan kesatuan sudah seharusnya dijaga dan dipertahankan demi keberlanjutan pembangunan bangsa.

Persatuan dan kesatuan sangat penting di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Indonesia ialah sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya.

Baca Juga : Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 Tema 7

Indonesia mempunyai konteks persatuan bangsa. Persatuan mempunyai makna bahwa apa pun budaya, ras, dan sukunya tidak ada yang sanggup memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin.

Beberapa lantaran dan akhir yang sanggup ditimbulkan lantaran tidak adanya persatuan dan kesatuan.

1. Di lingkungan keluarga

Terjadi pertengkaran di dalam keluarga
Apabila anggota keluarga selalu bertengkar dan tidak rukun, persatuan di dalam keluarga tidak akan terjadi. Setiap anggota keluarga harus rela mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan keluarga.

Pertengkaran yang terjadi di dalam sebuah keluarga lantaran adanya unsur keegoisan dan tidak mau mengalah satu sama lain.

Kurangnya kerukunan di dalam keluarga
Sebuah keluarga seharusnya mempunyai tujuan yang sama untuk diperjuangkan dan dicapai bersama. Ketika satu dengan lainnya mempunyai perbedaan, maka ketidakrukunan sanggup terjadi secara otomatis.

Kurangnya keakraban di dalam keluarga.
Keakraban dalam keluarga sangat penting. Keakraban keluarga sanggup menunjang persatuan dan kesatuan dalam keluarga.

Ketidakakraban biasanya disebabkan lantaran kurangnya komunikasi antaranggota keluarga. Selain itu, pertengkaran yang selalu terjadi dalam sebuah keluarga juga menjadi penyebab kurangnya keakraban dalam keluarga.

2. Di lingkungan sekolah

Sombong dan tidak peduli dengan sesama teman
Rasa sombong timbul lantaran adanya rasa gembira pada diri sendiri yang berlebihan. Rasa sombong sanggup membuat kita terpisah dari sobat di kelas.

Rasa sombong juga membuat hubungan dengan sobat sekolah menjadi renggang. Selain itu, rasa sombong juga sanggup menjadikan kita orang yang tidak peduli terhadap sesama teman.

Rasa sombong dan sikap tidak peduli mengakibatkan tidak adanya persatuan dan kesatuan di kelas dan lingkungan sekolah.

Membeda-bedakan teman
Persatuan berarti tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, seorang penerima didik sanggup memilih-milih sobat menurut agama, suku, maupun ras.

Hal ini bukan merupakan sikap terpuji dan justru bertentangan dengan Pancasila sila ke-3.

Mengolok-olok teman
Mengolok-olok atau mengejek sobat merupakan perbuatan yang tidak terpuji. mengolok-olok akan melukai perasaan dan hati sobat sekolah.

Mengolok-olok sobat menunjukan tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan yang tecermin dari seorang penerima didik.

Terjadi tawuran
Tawuran biasanya berawal dari mengolok-olok teman. Akibat dari olok- olok berlanjut menjadi pertikaian fisik.

Pertikaian fisik menjadi semakin serius dan sanggup membuat orang lain turut merasa terluka. Tawuran sanggup terjadi antarsekolah. Tawuran menunjukan tidak adanya persatuan dan kesatuan.

3. Di lingkungan masyarakat

  • Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain
  • Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan dalam masyarakat
  • Tidak adanya kolaborasi yang terjalin antarwarga masyarakat

4. Di lingkup negara

Hilangnya empati dan toleransi dalam bermasyarakat.
Kehidupan sosial atau bermasyarakat membutuhkan banyak hal untuk dijalani dan dipatuhi.

Misalnya, harus adanya saling toleransi dan empati semoga hubungan antarwarga masyarakat sanggup dipertahankan dengan baik.

Namun, tanpa adanya rasa persatuan, empati dan toleransi tidak mungkin sanggup bertahan.

Perpecahan bangsa
Karena setiap individu merasa mempunyai kepentingannya sendiri dan semakin tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka sanggup mengakibatkan perpecahan bangsa.

Setiap individu niscaya mempunyai kepentingannya sendiri. Akan tetapi, kita dihentikan hanya mementingkan kepentingan diri sendiri.

Kita juga harus memedulikan kepentingan orang lain. Apabila kita tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka sanggup mengakibatkan perpecahan bangsa.

Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa
Salah satu penyebab melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa lantaran rakyat yang tidak bersatu.

Ketika rakyat tidak lagi bersatu, serangan dari luar akan dengan gampang masuk ke tanah air. Serangan dari luar juga sanggup memberikan imbas jelek bagi masyarakat.

Kamu telah mengetahui perihal sebab-akibat yang timbul apabila kita tidak mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan. Untuk melatih pemahaman kamu, lakukan latihan berikut

Kunci Jawaban Buku Paket Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 145-146


Ayo Berlatih

1. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya mempunyai konteks persatuan bangsa. Jelaskan makna persatuan tersebut.
Jawaban :
Persatuan mempunyai makna bahwa apa pun budaya, ras, dan sukunya tidak ada yang sanggup memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin.

2. Sebutkan akhir yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga.
Jawaban :
Akibat yang ditimbulkan apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga ialah :
  • Terjadi pertengkaran di dalam keluarga
  • Kurangnya kerukunan di dalam keluarga
  • Kurangnya keakraban di dalam keluarga

3. Sebutkan akhir yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah.
Jawaban :
Akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah ialah :
  • Hubungan dengan sobat sekolah menjadi renggang
  • Tidak adanya kepedulian sesama teman
  • Terjadi tawuran ataupun pertengkaran dengan teman
  • Kurangnya kerukunan di lingkungan sekolah.

4. Sebutkan akhir yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat.
Jawaban :
Akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat ialah :
  • Terjadi kesenjangan dengan tetangga dan masyarakat sekitar.
  • Menyebabkan perpecahan antar golongan, maupun antar suku.
  • Akan terjadi perpecahan yang mengakibatkan kehidupan terganggu dan tidak nyaman.

5. Sebutkan akhir yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkup negara.
Jawaban :
Akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkup negara ialah :
  • Hilangnya empati dan toleransi dalam bermasyarakat
  • Perpecahan bangsa
  • Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa.

Setelah simpulan belajar, Edo teringat isu utama yang ia baca di koran, yaitu terjadi pertengkaran antarwarga akhir persaingan bisnis.

Peristiwa-peristiwa yang tidak mengindahkan rasa persatuan dan kesatuan yang timbul di masyarakat, sering disebabkan lantaran problem ekonomi.

Banyak orang yang marasa masih kekurangan sehingga menghalalkan segala cara demi mendapatkan laba pribadi.

Padahal, jikalau masyarakat ingin meningkatkan kesejahteraan hidupnya, mereka sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonomi untuk memperoleh pendapatan tanpa harus melaksanakan hal-hal yang merugikan orang lain.

Ayo Membaca

Bagaimana imbas acara ekonomi terhadap kesejahtaraan masyarakat? Ayo kita simak klarifikasi berikut.

Kegiatan ekonomi ialah suatu acara seseorang, perusahaan, maupun masyarakat, untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut.

Untuk memenuhi kehidupan, seseorang akan melaksanakan acara ekonomi untuk memenuhi kebutuhan baik berupa sandang, pangan, dan papan.

Dalam sebuah acara ekonomi, terdapat perputaran uang. Seseorang akan mendapatkan uang untuk memenuhi kehidupannya sehabis ia melaksanakan acara ekonomi lainnya, yaitu melaksanakan pekerjaan.

Setiap insan tidak akan terlepas dari acara ekonomi. Kegiatan ekonomi tidak hanya dilakukan oleh seseorang, namun juga dilakukan oleh perusahaan, organisasi, pemerintah, bahkan negara.

Kegiatan utama yang dilakukan dalam bidang ekonomi terdiri atas :

1. Produksi

Produksi yaitu acara menambah faedah (kegunaan) suatu benda. Produksi juga berarti membuat benda gres sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

Tujuan dari acara produksi secara umum ialah untuk memenuhi kebutuhan insan dalam rangka mencapai kemakmuran.

Tujuan khusus acara produksi, yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa, mendapatkan keuntungan, dan sebagai alat pemuas kebutuhan.

2. Distribusi

Distribusi ialah penyaluran atau penyampaian barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Tujuan dari distribusi ialah memberikan barang atau jasa dari daerah produsen ke daerah pengguna atau pemakai.

Pelaku distribusi sanggup memperoleh upah ataupun laba dari acara distribusi barang yang dilakukannya.

3. Konsumsi

Konsumsi ialah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya. Tujuan acara konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kegiatan konsumsi juga mempunyai fungsi menjaga kelangsungan hidup, memenuhi semua kebutuhan. Ketiga acara ekonomi tersebut, sangat kuat terhadap kesejahteraan masyarakat.

Semakin maju acara ekonomi dalam suatu negara, berarti semakin lancar juga arus peredaran uang, barang, dan jasa untuk memenuhi kebutuhkan masyarakat.

Dengan demikian, tingkat kesejahteraan juga semakin meningkat. Diperlukan kondisi ketahanan dan pemerintahan yang stabil semoga acara ekonomi yang berlangsung di suatu negara sanggup berjalan dengan baik.

Pemerintahan yang stabil sanggup tercapai jikalau masyarakatnya selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Halaman 148


Ayo Mencoba

Kamu telah memahami perihal acara ekonomi dan pengaruhnya bagi kehidupan masyarakat. Untuk berbagi keterampilan berpikirmu, buatlah mind map atau peta pikiran dari bahan yang telah kau pelajari tersebut.

Mind map sanggup dibentuk pada kertas manila, asturo, ataupun kertas karton. Kamu bebas berkreasi memakai spidol warna-warni dan membuat bentuk mind map sesuai keinginan. Buatlah sebaik dan sekreatif mungkin.

 Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Halaman 149


Ayo Berdiskusi

Kesejahteraan masyarakat akan tercipta jikalau acara ekonomi berlangsung stabil dan lancar. Tingginya acara ekonomi akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apa yang akan terjadi jikalau acara ekonomi tidak berjalan dengan baik?
Jawaban :
Banyak orang yang marasa masih kekurangan sehingga menghalalkan segala cara demi mendapatkan laba pribadi.

Bagaimana pengaruhnya terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat?
Jawaban :
Tingkat kesejahteraan masyarakat menjadi berkurang.

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 3 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149. Semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 SD ini sanggup memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)