Thursday, October 19, 2017

√ Persiapan Menghadapi Peristiwa – Mekanisme Mitigasi Bencana

Kebijakan dan Prosedur untuk Bencana dan Keadaan Darurat


Karena peristiwa sanggup menyerang kapan saja, di mana saja, dan seringkali dengan sedikit atau tanpa peringatan terlebih dahulu, penting untuk mempunyai tindakan pencegahan yang tepat, bersama dengan planning pemulihan peristiwa yang singkat. Sayangnya, tidak semua bangunan rumah atau bisnis mempunyai planning yang tepat, membiarkan staf administrasi akomodasi berebut ketika mencoba untuk mencari tahu kerusakan infrastruktur dan gangguan bisnis lainnya. Tanpa planning yang sempurna untuk mengatasi situasi bencana, tuntutan aturan sanggup timbul dari penyewa, biro atau karyawan yang mengklaim kelalaian.


Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Mitigasi pada prinsipnya harus dilakukan untuk segala jenis bencana, baik yang termasuk ke dalam musibah (natural disaster) maupun peristiwa sebagai akhir dari perbuatan insan (man-made disaster).


 


SEBELUM TERJADINYA BENCANA: 7 PERSIAPAN PENUH




  • Tentukan waktu setahun sekali untuk daftar perencanaan kedaruratan yang akan diperbarui. Ini yaitu dokumen yang harus ditinjau dan disesuaikan secara konsisten, terutama alasannya yaitu perubahan demam isu atau ancaman pemanis datang, menyerupai kerusuhan atau t3r0risme.




  • Termasuk dalam planning gosip dan langkah-langkah sejauh cadangan sehari-hari (listrik, air, dll), sumbangan timbal balik, layanan pemulihan bencana, backup data, mekanisme komunikasi internal dan eksternal, akomodasi cadangan, dan pendapatan bisnis kalau produksi ditangguhkan.




  • Simpan salinan polis asuransi dan dokumen penting lainnya di lokasi yang kondusif dan gampang diakses (mis., Brankas tahan api) dan dokumentasikan lokasi itu.




  • Minta daftar nomer telpon HP untuk semua personel yang telah ditunjuk, sehingga staf sanggup dihubungi selama jam-jam non-kerja dari lokasi mana pun. Tinjau mekanisme untuk memberi tahu karyawan bahwa sebuah bangunan ditutup.




  • Pertimbangkan untuk menetapkan metode alternatif untuk layanan telepon jika jaringan telepon rusak (mis., memakai sistem “chatting WhatsApp” atau yang lainnya).




  • Periksa persediaan darurat yang tersedia menyerupai lampu senter, baterai, generator darurat / materi bakar, menambal materi menyerupai terpal plastik, papan kayu, selotip, alat pemadam kebakaran cadangan, kotak pertolongan pertama, dll.


    Jika ada antisipasi bahwa setiap personil akan tinggal di akomodasi tersebut. Selama / sesudah keadaan darurat, pertimbangkan untuk memberi cadangan masakan dan air untuk digunakan.




  • Tes… tes… tes… Uji. Uji. Uji. Pengujian penting untuk memastikan bahwa planning peristiwa dan kesinambungan benar-benar berfungsi dan sejalan dengan operasi dikala ini dan yang sanggup menangani semua bidang-bidangnya. Rencana tersebut harus diuji setidaknya setiap tahun, alasannya yaitu cuaca yang cuek dan panas sanggup menghadirkan banyak sekali macam duduk masalah yang sanggup dilewatkan.




 


DELAPAN LANGKAH PEMULIHAN


Pastikan mekanisme berikut termasuk dalam planning pemulihan peristiwa kalau kerusakan berkelanjutan.




  • Menilai setiap kerusakan struktural, peralatan atau kendaraan.




  • Perhatikan inventaris yang hilang atau rusak.




  • Susun daftar duduk masalah yang harus ditangani sebelum dibuka kembali.




  • Hubungi karyawan, pemasok dan pelanggan untuk memberi tahu mereka perihal gangguan apa pun dalam operasi dan tanggal yang diharapkan ketika mereka sanggup mengantisipasi untuk melanjutkan.




  • Mintalah rumah dan bangunan diperiksa secara profesional kalau ada kekhawatiran bahwa kerusakan sanggup menimbulkan ancaman keamanan.




  • Amankan rumah, gedung dikala perbaikan sedang dilakukan atau kalau relokasi acara bisnis diperlukan.




  • Pastikan utilitas dipulihkan dan dalam rangka kerja yang kondusif sebelum melanjutkan operasi kehidupan dan bisnis.




  • Memperbaiki dan membersihkan akomodasi dengan benar untuk memastikan lingkungan bebas dari ancaman apa pun.




  • Jika kerusakan berkelanjutan, orang yang ditunjuk harus bekerja dengan pengawas asuransi mereka dan menyimpan catatan rinci dari semua biaya yang dikeluarkan selama proses pemulihan.




Mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di atas akan membantu meminimalkan risiko dan imbas dari bencana.


 


Kebijakan dan Prosedur untuk Bencana dan Keadaan Darurat √ Persiapan Menghadapi Bencana – Prosedur Mitigasi Bencana

Persiapan Menghadapi Bencana – Prosedur Mitigasi Bencana. Ilustrasi dan sumber foto: Wikimedia


 


Proses perencanaan mitigasi harus memasukkan hal-hal berikut:


Bentuk tim kolaboratif


Libatkan personel penting atau yang telah ditunjuk dalam proses perencanaan mitigasi untuk mengidentifikasi dan mengurangi kesenjangan perencanaan, kemampuan respons dan sumber daya internal dan eksternal yang diharapkan untuk respon yang lebih baik.

Tim perencanaan inti biasanya meliputi manajer “darurat atau manajer keamanan”, jago mitigasi bahaya, yurisdiksi lokal dan setiap jago perencanaan pemanis yang tersedia.


Evaluasi ulang Bahaya dan Risiko


Lakukan evaluasi kerentanan untuk tujuan memilih prioritas, dan menyebarkan proses dan prosedur. Memahami konsekuensi dari kejadian potensial sanggup membantu memprioritaskan sumber daya dan upaya respons. Akan sangat membantu untuk menilai kerangka perencanaan yurisdiksi lokal untuk menyoroti ancaman geografis. Potensi ancaman dan risiko akomodasi mungkin termasuk, tetapi tidak terbatas pada:



  • Bahaya Alam

  • Bahaya Teknologi

  • Bahaya Kimia

  • Bahaya Infrastruktur

  • Bahaya Manusia


 


Kunci keberhasilan kegiatan mitigasi bencana



  • Pengenalan dan pemantauan risiko bencana.

  • Perencanaan partisipatif penanggulangan bencana.

  • Pengembangan budaya sadar bencana.

  • Penerapan upaya fisik, nonfisik, dan pengaturan penanggulangan bencana.

  • Identifikasi dan pengenalan terhadap sumber ancaman atau ancaman bencana.

  • Pemantauan terhadap pengelolaan sumber daya alam.

  • Pemantauan terhadap penggunaan teknologi tinggi.

  • Pengawasan terhadap pelaksanaan tata ruang dan pengelolaan lingkungan hidup kegiatan mitigasi peristiwa lainnya.


 


Bacaan Lainnya



 


Kebijakan dan Prosedur untuk Bencana dan Keadaan Darurat √ Persiapan Menghadapi Bencana – Prosedur Mitigasi Bencana

Apakah Anda mempunyai sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda kini juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com


 


Kebijakan dan Prosedur untuk Bencana dan Keadaan Darurat √ Persiapan Menghadapi Bencana – Prosedur Mitigasi Bencana

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter


 


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar kalau Anda mengunduh aplikasi kita!


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan gosip yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!



Sumber bacaan: National Academy of SciencesNational Center for Biotechnology InformationFacility Executive



                       


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya









Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)