Sunday, November 19, 2017

√ 9 Negara Pemilik Senjata Nuklir – Ada Sekitar 14.500 Senjata Nuklir Di Dunia

Negara Pemilik Senjata Nuklir


Berikut yaitu negara pemilik senjata nuklir. Ada 9 negara yang telah berhasil melaksanakan uji coba senjata nuklir. 5 diantaranya dianggap sebagai “negara dengan senjata nuklir”, sebuah status yang diberikan oleh Perjanjian Nonproliferasi Nuklir (Nuclear Non-Proliferation Treaty atau NPT). Kelima negara tersebut dalam urutan kepemilikan senjata nuklir adalah: Amerika Serikat, Rusia (bekas Uni Soviet), Inggris, Perancis dan Republik Rakyat Cina.


Pada 16 Juli 1945, di gurun New Mexico, Amerika Serikat meledakkan bom nuklir pertama di dunia. Kurang dari sebulan kemudian, seluruh planet akan menyaksikan potensi senjata nuklir yang menghancurkan secara langsung, ketika AS menjatuhkan 2 bom atom di Jepang.


 

































































Rangking NegaraHulu ledak aktif/total*Tahun pertama uji coba
1 Amerika Serikat4000/29.000Juli 1945 (“Trinity”)
2 Rusia4500Agustus 1949 (“RDS-1”)
3 Inggris215November 1952 (“Hurricane”)
4 Perancis300Februari 1960 (“Gerboise Bleue”)
5 China / Tiongkok270Juli 1964 (“596”)
6 India40-110Mai 1974 (“Smiling Buddha”)
7 Pakistan30-52Mai 1998 (“Chagai-I”)
8 Korea Utara10Oktober 2006
9 Israel80-4001966

 


Berikut yaitu negara pemilik senjata nuklir √ 9 Negara Pemilik Senjata Nuklir – Ada sekitar 14.500 senjata nuklir di dunia

Negara pemilik senjata nuklir. Ilustrasi foto: Pexels


 


Daftar dan klarifikasi negara pemilik senjata nuklir


1. Amerika Serikat


Seperti disebutkan sebelumnya, AS yaitu negara pertama yang mempunyai kemampuan nuklir. Mereka mengembangkan senjata nuklir, dengan dukungan Kerajaan Inggris dan Kanada, sebagai potongan dari Proyek Manhattan, takut bahwa Nazi Jerman mungkin mengembangkannya terlebih dahulu.


Pada puncak Perang Dingin, AS mempunyai sekitar 29.000 senjata nuklir. Hari ini, melalui banyak sekali perjanjian dan upaya perlucutan senjata, mereka memiliki sekitar 4.000. Mereka yaitu satu-satunya negara yang memakai senjata nuklir dalam pertempuran.


 


2. Rusia


Negara paling berproduktif nuklir di dunia yaitu Rusia. Mereka menjadi peringkat ke-2 bagi negara pemilik senjata nuklir. Pertama kali melakukannya pada tahun 1949 sebagai Uni Soviet. Kemampuan nuklir mereka dikembangkan sebagian dari spionase yang diperoleh selama dan sesudah Perang Dunia II.


Pada 1986, diperkirakan bahwa Uni Soviet mempunyai hampir 40.000 senjata nuklir. Hari ini, menyerupai Amerika Serikat, totalnya menurun. Namun, 4.300 nukle mereka lebih dari negara lain. Rusia dan Amerika Serikat sebetulnya menyebarkan sekitar 93 persen dari semua senjata nuklir.


 


3. Inggris


Inggris terbukti menjadi pemain penting dalam Proyek Manhattan, menyediakan banyak penelitian awal untuk konsep awal bom atom. Setelah Perang Dunia II, AS menjadi lebih tertutup, dan Inggris menginginkan senjata nuklir mereka sendiri, baik sebagai pencegah terhadap Uni Soviet, dan untuk mempertahankan statusnya sebagai kekuatan dunia.


Pada tahun 1952, mereka menguji senjata nuklir pertama mereka, menjadi negara nuklir ketiga di dunia. Hari ini, mereka mempunyai 215 senjata nuklir, yang ke-5 di sebagian besar negara.


 


4. Perancis


Perancis akan menjadi negara ke-4 yang mempunyai senjata nuklir, ketika mereka menguji “Gerboise Bleue” pada tahun 1960. Mereka bisa mencapai prestasi ini dengan memakai sebagian besar penelitian mereka sendiri. Seperti Inggris, Prancis juga menginginkan nuklir untuk mengamankan diri mereka sebagai kekuatan besar. Mereka juga menerima motivasi dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia di sekitar mereka, menyerupai ketegangan diplomatik yang diciptakan oleh Krisis Suez.


Sekarang, Prancis mempunyai sekitar 300 senjata nuklir. Itu cukup untuk menempatkan mereka ke-3 dalam jumlah hulu ledak yang diadakan, di belakang AS dan Rusia. Namun, 300 sepertinya menyerupai jumlah yang sangat sedikit dibandingkan dengan 2 teratas.


 


5. Cina


Cina menguji senjata nuklir pertama mereka pada tahun 1964, menjadi negara nuklir ke-5. Mereka ingin mengembangkan senjata nuklir sebagai alat pencegah terhadap Amerika Serikat dan Uni Soviet. Hari ini, Cina berada sempurna di belakang Perancis dengan total 250 nuklir. Namun, Cina secara resmi berjanji untuk tidak memakai senjata nuklir dalam peperangan kecuali nuklir pertama kali dipakai untuk melawan mereka. Ini dikenal sebagai kebijakan “no first use”.


 


6. India


India telah mempunyai aktivitas nuklir yang menelusuri kembali ke 1944. Namun, itu yaitu perselisihan teritorial singkat dengan China pada tahun 1962 yang memberi India dorongan yang lebih besar untuk mengembangkan senjata nuklir, terutama sebagai pencegah terhadap aksi Cina. India menguji perangkat nuklir pertama mereka pada tahun 1974, menyebutnya sebagai “ledakan nuklir damai”. Namun, sebab tes tersebut memakai plutonium yang diproduksi oleh Kanada, tes tersebut mengakibatkan kekhawatiran bahwa teknologi nuklir yang dimaksudkan untuk tujuan tenang sanggup dipakai untuk menciptakan senjata.


India belum menciptakan pernyataan resmi perihal ukuran persenjataan nuklirnya, tetapi diperkirakan mereka mempunyai sekitar 110 senjata nuklir. India yaitu satu dari empat negara anggota PBB yang belum menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir, sebuah perjanjian internasional yang tujuannya yaitu untuk mencegah penyebaran senjata nuklir dan mendorong perlucutan senjata.


 


7. Pakistan


Pada tahun 1971, Presiden Pakistan, Zulfiqar Ali Bhutto, bersikeras bahwa jikalau India sanggup membangun senjata nuklir, maka Pakistan juga akan demikian. Pakistan membuka pabrik tenaga nuklir pertama mereka di bersahabat Karachi pada awal 1970-an, memakai materi yang dipasok terutama oleh negara-negara barat. Mereka akan mulai secara terselubung mengembangkan senjata nuklir mereka sendiri, dan diyakini mereka telah mempunyai senjata nuklir semenjak pertengahan 1980-an.


 


8. Korea Utara


Korea Utara pada awalnya yaitu penandatangan Nuclear Non-Proliferation Treaty, tetapi mengumumkan penarikan mereka pada tahun 2003, sesudah AS menuduh mereka mempunyai aktivitas pengayaan uranium rahasia. Negara mengklaim mempunyai senjata nuklir fungsional kembali pada tahun 2005, meskipun pada ketika itu banyak yang meragukannya. Mereka melaporkan uji coba nuklir pertama mereka yang berhasil pada tahun 2006. Sebagian besar negara, termasuk para pejabat intelijen AS, percaya bahwa Korea Utara benar-benar menguji nuklir, tetapi bukti menawarkan bahwa hanya sebagian yang berhasil.


Korea Utara terus membanggakan kekuatan nuklir mereka, dan sementara kami tidak tahu pasti, diperkirakan mereka mempunyai 10 atau kurang hulu ledak.


 


9. Israel


Terakhir dalam daftar kami yaitu Israel, yang mungkin telah mempunyai kemampuan nuklir dengan baik sebelum beberapa yang lain dalam daftar ini. Masalahnya adalah, Israel tidak pernah menegaskan, atau menyangkal, keberadaan cadangan nuklir mereka.


Diperkirakan Israel meledakkan perangkat nuklir pertama mereka pada tahun 1966, yang akan menempatkan mereka keenam dalam daftar ini. Perkiraan ketika ini mempunyai persenjataan nuklir Israel di suatu kawasan antara 80 dan 400 hulu ledak. Israel juga bukan penandatangan Nuclear Non-Proliferation Treaty.


 


Berikut yaitu negara pemilik senjata nuklir √ 9 Negara Pemilik Senjata Nuklir – Ada sekitar 14.500 senjata nuklir di dunia

Negara pemilik senjata nuklir. Ilustrasi foto: Pixabay


 


Bacaan Lainnya



 


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jikalau Anda mengunduh aplikasi kita!


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan info yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!



Sumber bacaan: CNBCIndependentArms Control Association


                       


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya








Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon