Monday, December 4, 2017

√ Pengertian Konsumsi Beserta Faktor, Ciri, Pola Dan Jenisnya

Konsumsi yakni suatu aktivitas yang di lalukukan insan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang ataupun jasa demi untuk memenuhi kebutuhan, baik di lakukan dengan cara berangsur-angsur maupun sekaligus. Sedangkan pelakunya disebut sebagai konsumen.





style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-3195550932292763"
data-ad-slot="3872680769">




Konsumsi menjadi bab yang tak terpisahkan dari aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh manusia, dengan tujuan yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga kepuasan biar tercapai tingkat kemakmuran yang setinggi – tingginya. Konsumsi ini di pengaruhi oleh berberapa faktor di antaranya sebagai berikut :


 yakni suatu aktivitas yang di lalukukan insan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai  √ Pengertian Konsumsi Beserta Faktor, Ciri, Contoh Dan Jenisnya

Pengertian Konsumsi


Faktor –  Faktor Pengaruh Konsumsi


Pendapatan


Tingkat Pendidikan


Harga Barang dan Jasa


Jumlah Keluarga


Jenis Kelamin


Selera dan Gaya


Adat Istiadat dan Kebiasaan


Dengan adanya faktor demikian maka akan mensugesti tingkat konsumsi seseorang. Sedangkan untuk membedakan barang atau jasa tersebut termasuk kedalam konsumsi atau bukan, terdapat beberapa ciri yang perlu di perhatikan.


Baca juga : Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Terlengkap


Ciri-Ciri Benda Atau Barang Konsumsi



  • Barang yang mempunyai manfaat, nilai dan volume dan jikalau dipakai akan habis sekaligus atau habisnya secara berangsur-angsur, contohnya seperti: minuman dan makanan

  • Barang yang sanggup memenuhi kebutuhan hidup.

  • Barang yang diperoleh dengan pengorbanan. Kaprikornus bukan didapat secara gratis, ibarat oksigen dan sinar matahari itu bukan termasuk barang konsumsi.


Kita harus arif memilah dan menentukan apa saja barang atau jasa yang mempunyai kedudukan untuk di konsumsi. Nah, untuk itu kami akan menawarkan beberapa contoh aktivitas konsumsi yang sering di lakukan dalam aktivitas sehari – hari.


Contoh Kegiatan Konsumsi


Menggunakan layanan transportasi udara.

Menggunakan layanan transportasi air.

Menggunakan layanan jasa transportasi umum.

Menggunakan layanan jasa isu baik secara online maupun offline.

Menggunakan jasa dokter untuk berobat.

Menggunakan barang yang telah diproduksi.

Memakan masakan yang dimasak.

Memakan masakan yang belum atau telah diolah.

Memakai layanan internet.

Memakai barang yang ditujukan untuk penggunaan langsung maupun umum.

Bersekolah dan memakai jasa pendidik yang handal.


Jenis Kegiatan Konsumsi


Berdasarkan jenis kegiatannya, konsumsi sanggup dibagi menjadi tiga jenis yaitu : rumah tangga, perusahaan, atau pemerintahan. Yang mana dari masing-masing jenis ini mempunyai pola yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.


Konsumsi Rumah Tangga (Keluarga)


Tingkat konsumsi keluarga satu dengan yang lain tentunya berbeda – beda, alasannya yakni ada beberapa faktor yang mempengaruhinya di antaranya yaitu : pendapatan, jumlah anggota keluarga, gaya hidup, dan latar belakang budaya atau kawasan tinggal di masyarakat itu.


Konsumsi Perusahaan


Sebenarnya perusahaan ini mempunyai peranan tersendiri yaitu sebagai produsen, akan tetapi perusahaan juga melaksanakan aktivitas konsumsi biar usahanya terus sanggup berjalan. Dengan demikian,perusahaan bertindak sebagai produsen dan konsumen.


Konsumsi Negara


Negara mempunyai tujuan yaitu untuk melayani pemenuhan kebutuhan masyarakat. Oleh alasannya yakni itu setiap pengeluaran harus direncanakan dan disetujui oleh dewan perwakilan rakyat dalam bentuk RAPBN. Apabila planning tersebut telah disetujui maka pemerintah berkewajiban untuk menjalankannya dalam bentuk APBN.


Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai faktor, ciri dan jenis konsumsi. Semoga bermanfaat dan silahkan gunakan ilmu ini sebaik – baiknya, terimakasih.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon