Monday, December 4, 2017

√ Perasaan Cerdik Balig Cukup Akal – Apa Yang Anda Rasakan?

Perasaan Remaja


Sebagai remaja, Anda mungkin berhadapan dengan banyak perasaan remaja menyerupai emosi baik dan buruk. Satu menit Anda mungkin merasa senang, selanjutnya Anda merasa murung dan menangis. Pergeseran perasaan atau emosi semacam ini dalam suasana hati Anda ialah hal yang normal atau baik-baik saja!


“Hidupmu berubah, sama menyerupai tubuhmu”. Perubahan suasana hati ini bukan hanya hormon – Anda mungkin merasa lebih banyak tekanan belakangan ini, dan Anda masih menyebarkan keterampilan yang Anda butuhkan untuk menghadapi tekanan itu. Anda mungkin menghadapi tanggung jawab embel-embel di rumah, kebijakan evaluasi yang ketat di sekolah dan teman-teman Anda mungkin berubah.


Emosi ialah reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi sanggup ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu. 


 


Apa yang dirasakan para remaja?


Pada umumnya, perasan remaja sangat kompleks. Terkadang sanggup juga menyerupai murka dan membenci sekaligus. Terkadang perasaan remaja sanggup juga merindu dan membenci…. Berikut perasaan remaja yang sering dialami:


Agresi


Sebuah pertempuran untuk mendapat kendali atas apa yang terjadi, seringkali sebagai verbal frustrasi.


Cinta


Sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang.


Depresi


Kesedihan sebab kehilangan, kekecewaan sebab kekecewaan.


Empati


Kemampuan untuk mencicipi keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menuntaskan masalah


Kesepian


Perasaan sepi, terputus, tidak dipahami dan sendirian.


Penolakan diri


Tidak menyukai / menilai seseorang menjadi, terganggu oleh gambaran diri negatif.


Harapan


Bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu insiden akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang


Emosi


Menjadi insan ialah pengalaman emosional – kita semua mempunyai momen kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, depresi, kecemasan, dan sejumlah perasaan orang lain. Bagaimana kita menghadapi emosi-emosi itu? Mengapa perasaan lebih sulit ditangani daripada yang lain?


Memiliki dan dimiliki (hubungan)


Seperti emosi, setiap orang mempunyai semacam korelasi dengan orang lain. Kecuali Anda terbuang di pulau, Anda berinteraksi dengan orang setiap hari. Hubungan dengan orang tua, sahabat dan orang lain yang signifikan (seperti pacar) sanggup bermanfaat dan juga menciptakan frustrasi.


Kegelisahan


Kecemasan yang akut perihal cukup mengatasi tantangan di tangan dan di masa depan.


Labil


Yang secara dramatis menggeser keadaan emosional antara perasaan naik dan turun.


Kebingungan


Perhatian dan fokus mengembara untuk melacak semua kompleksitas yang perlu diperhatikan.


Menyesal


Sebagaimana perasaan remaja, seringkali terdapat penyesalan dikarenakan terlalu cepat untuk mengambil keputusan.


Iri hati


Terkadang disebut juga dengki atau hasad, ialah suatu emosi yang timbul ketika seseorang yang tidak mempunyai suatu keunggulan—baik prestasi, kekuasaan, atau lainnya—menginginkan yang tidak dimilikinya itu, atau mengharapkan orang lain yang memilikinya semoga kehilangannya.


Frustasi


Ferasaan kecewa akibat terhalang dalam pencapaian tujuan. Semakin penting tujuannya, semakin besar frustrasi dirasakan. Rasa frustrasi bisa menjurus ke stress.


Frustrasi sanggup berasal dari dalam (internal) atau dari luar diri (eksternal) seseorang yang mengalaminya.


Kebencian


Kerupakan emosi yang sangat kuat dan melambangkan ketidaksukaan, permusuhan, atau antipati untuk seseorang, sebuah hal, barang, atau fenomena. Hal ini juga merupakan sebuah cita-cita untuk, menghindari, menghancurkan atau menghilangkannya.


Kejijikan


Merupakan suatu emosi yang biasanya dikaitkan dengan hal-hal yang dianggap kotor, tak layak-santap, berkuman atau bersifat negatif lain.


Kebosanan


Adalah keadaan emosional atau psikologis yang dialami dikala seseorang dibiarkan tanpa sesuatu yang khusus dilakukan, tidak tertarik pada lingkungannya, atau merasa bahwa hari atau periode membosankan.


Kebahagiaan atau kegembiraan


Adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens.


Kesedihan


Adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan. Saat sedih, insan sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan menarik diri. Kesedihan sanggup juga dipandang sebagai penurunan suasana hati sementara, sedangkan depresi sering dicirikan dengan penurunan suasana hati yang persisten dan besar yang kadang disertai dengan gangguan terhadap kemampuan seseorang untuk melaksanakan kegiatan hariannya. Menangis adalah salah satu indikasi dari kesedihan.


Pertobatan


Pertobatan adalah aktivitas meninjau atau menelaah tindakan-tindakan yang pernah diperbuat dan menyesali kesalahan-kesalahan pada masa lampau, yang disertai dengan kesepakatan untuk bermetamorfosis lebih baik.


Sarkasme atau penghinaan


Tujuan dari sarkasme dimaksudkan untuk menyindir, atau menyinggung seseorang atau sesuatu. Sarkasme sanggup berupa penghinaan yang mengekspresikan rasa kesal dan marah dengan memakai kata-kata kasar. Majas ini sanggup melukai perasaan seseorang. Dalam Bahasa Indonesia, arti sarkasme berbeda dari kepercayaan banyak orang bahwa sarkasme berarti penyindiran yang memakai kata yang terbalik dari maksudnya, seperti ironi.


Stres


Perasaan kewalahan dan terlalu banyak diliputi oleh tuntutan.


Rindu yang mendalam


Perasaan rindu yang mendalam kepada seseorang atau sesuatu yang sudah usang tidak ditemui.


Malu


Malu adalah salah satu bentuk emosi manusia.Malu mempunyai arti beragam, yaitu sebuah emosi, pengertian, pernyataan, atau kondisi yang dialami manusia akibat sebuah tindakan yang dilakukannya sebelumnya, dan kemudian ingin ditutupinya. Penyandang rasa aib secara alami ingin menyembunyikan diri dari orang lain sebab perasaan tidak nyaman kalau perbuatannya diketahui oleh orang lain.


Marah


Adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin. Rasa murka menjadi suatu perasaan yang mayoritas secara perilaku, kognitif, maupun fisiologi sewaktu seseorang menciptakan pilihan sadar untuk mengambil tindakan untuk menghentikan secara langsung ancaman dari pihak luar


Nafsu


Nafsu ialah sebuah perasaan atau kekuatan emosional yang besar dalam diri seorang manusia; berkaitan secara eksklusif dengan pedoman atau fantasi seseorang. Hawa nafsu merupakan kekuatan psikologis yang kuat yang menimbulkan suatu hasrat atau cita-cita intens terhadap suatu objek atau situasi demi pemenuhan emosi tersebut.


Panik


Kondisi kecemasan yang sangat berat yang disertai dorongan untuk lari atau bersembunyi sewaktu menghadapi suatu kondisi yang dirasakan berbahaya atau mengancam. Rasa takut yang muncul tiba-tiba ini sanggup menghilangkan kemampuan berpikir.


Takut


Suatu prosedur pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, menyerupai rasa sakit atau ancaman bahaya.


Tak berdaya


Suatu yang dipaksa untuk menahan tindakan yang menyakitkan atau tidak menyenangkan untuk beberapa waktu tanpa bisa menghindar.


 


Pada dikala Anda belajar, belajarlah dengan giat, sebab Anda tidak sanggup memutar kembali waktu tersebut. Imbangi dengan bersosialisasi dengan teman-teman dan keluarga Anda. Jangan hingga terjerumus dalam hal-hal negatif, sebab pada akhirnya, Anda sendiri yang akan rugi. Orang lain hanya sanggup melihat dan berbicara, tetapi tetap Anda sendiri yang mencicipi dan melakukannya!


 


 Anda mungkin berhadapan dengan banyak perasaan remaja menyerupai emosi baik dan jelek √ Perasaan Remaja – Apa yang Anda rasakan?

Perasaan Remaja – Apa yang mereka rasakan? Sumber foto: Ally Aubry / Flickr


 


Transisi masa remaja ke dewasa


Cara luas mendefinisikan masa remaja ialah transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Menurut Hogan & Astone (1986), transisi ini sanggup meliputi penanda menyerupai meninggalkan sekolah, memulai pekerjaan penuh waktu, meninggalkan rumah asal, menikah, dan menjadi orang bau tanah untuk pertama kalinya.


Namun, kerangka waktu dan perasaan remaja dari transisi ini sangat bervariasi berdasarkan budaya. Di beberapa negara, menyerupai Amerika Serikat, remaja sanggup bertahan hampir satu dekade, tetapi di negara lain, transisi – seringkali dalam bentuk upacara – sanggup berlangsung hanya beberapa hari.


Beberapa teladan upacara transisi sosial dan keagamaan yang sanggup ditemukan di AS, serta di budaya lain di seluruh dunia, ialah Konfirmasi, Bar, dan Bat Mitzvah, Quinceañeras, sixteens, cotillions, dan bola débutante yang cantik. Di negara-negara lain, upacara inisiasi memainkan tugas penting, menandai transisi ke masa sampaumur atau masuk ke masa remaja. Transisi ini sanggup disertai dengan perubahan fisik yang jelas, yang sanggup bervariasi dari perubahan pakaian menjadi tato dan skarifikasi.


Selanjutnya, transisi ke masa sampaumur juga sanggup bervariasi berdasarkan jenis kelamin, dan ritual khusus mungkin lebih umum untuk laki-laki atau wanita. Ini menerangi sejauh mana masa remaja, setidaknya sebagian, konstruksi sosial; ia mengambil bentuk yang berbeda tergantung pada konteks budaya, dan mungkin ditegakkan lebih oleh praktek-praktek budaya atau transisi daripada oleh perubahan kimia atau biologis fisik yang universal.


 


Seiring bertambahnya usia, Anda akan menyebarkan keterampilan yang Anda butuhkan untuk mengelola stres, tetapi untuk sekarang, ingatlah bahwa Anda berada di posisi yang sulit dan membutuhkan semua tunjangan yang sanggup Anda peroleh. Ketahuilah orang sampaumur dan teman-teman – selalu ada di sana yang peduli padamu. Bagian ini dikhususkan untuk duduk kasus yang melibatkan emosi perasaan remaja dan hubungannya.


 


Persiapkan masa depan Anda


Perasaan remaja ialah sebuah duduk kasus yang kompleks. Tetapi Anda harus tahu, bahwa risikonya Anda akan menjadi sampaumur suatu hari.


Keluar dari sarang atau bergerak keluar mengacu pada gagasan sebagai seorang anak muda yang keluar dari rumah yang sebelumnya telah disediakan oleh orang tua, pembina atau wali mereka. Langkah tersebut sanggup dimotivasi oleh aneka macam faktor, termasuk cita-cita untuk merdeka, inovasi lokasi yang lebih layak dan / atau kepraktisan.


Usia di mana orang-orang muda pindah dari kawasan tinggal sebelumnya (tempat orang tua) telah meningkat semenjak pergantian kurun ke-21. Beberapa budaya memandang meninggalkan sarang (tepat orang tua) sebagai salah satu tonggak penting dalam transisi dari masa remaja atau remaja menjadi sampaumur selain mendapat pekerjaan dan menikah.


Dalam beberapa budaya, terutama di Timur Tengah, tidak sanggup diterima secara sosial bagi perempuan untuk meninggalkan rumah untuk hidup sendiri tanpa pengaturan pernikahan. Beberapa peneliti menyatakan bahwa penundaan dalam meninggalkan sarang sanggup menimbulkan penurunan acara secual.


 


Charles Darwin menyatakan bahwa emosi berkembang seiring waktu untuk membantu insan memecahkan masalah. Emosi sangat berkhasiat karena ‘memotivasi’ orang untuk terlibat dalam tindakan penting semoga data bertahan hidup –tindakan-tindakan menyerupai mengumpulkan makanan, mencari kawasan berlindung, menentukan pasangan, menjaga diri terhadap pemangsa, dan memprediksi perilaku. Emosi sangat kuat terhadap tingkah laris manusia-manusia lain.


 


 





Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon