Soal UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa
1. Bahasa insan berbeda dengan isyarat hewan. Pada manusia, bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan demikian bahasa pada insan merupakan …
A. bahasa isyarat
B. upaya kreatif yang tidak pernah berhenti
C. fenomena
D. manipulasi simbol-simbol
Jawab:
B. Benar, mengingat insan mempunyai kemampuan untuk menyebarkan daya pikirnya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini Anda silakan baca Modul 1 KB.1
2. Tedapat aliran yang mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia. Aliran yang dimaksud yakni aliran berdasarkan …
A. Sofisme
B. Stoijin
C. Plato
D. Aristoteles
Jawab:
A. Benar, bahwa aliran Sofisme mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan baca Modul 1 KB. 1
3. Salah asatu karakteristik bahasa yakni korelasi antara banyak sekali macam bunyi dan visual, objek, maupun gagasan. Hal tersebut termasuk karakteristik bahasa …
A. sistematis
B. fleksibel
C. beragam
D. arbitier
Jawab:
D. Benar, lantaran salah satu karakterisitk bahasa yang terkait dengan bunyi dan visual, objek, paupun gagasan yakni arditier
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca 1 KB. 2
4. Dalam komunikasi diharapkan bahasa yang bersifat dimengerti atau diterima. Istilah lain terkait peristilahan tersebut yakni …
A. ekspresif
B. reseptif
C. sosialisasi
D. berbicara
Jawab:
B. Benar, lantaran reseptif yakni kemampuan mendengarkan dan membaca suatu informasi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 1 KB. 2
5. Dalam penggunaan bahasa dimaksudkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya. Pernyataan tersebut yakni pola yang termasuk fungsi bahasa …
A. instrumental
B. regulatif
C. heuristik
D. personal
Jawab:
C. Benar, lantaran fungsi ini melibatkan penggunaan bahasa untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 1 KB. 3
6. Menurut teori behavioristik bahwa anak dilahirkan tanpa membawa kemampuan apapun, sementara jago nativis menyampaikan individu dilahirkan dengan alat penguasaan bahasa (Language Acquisition Device). Tokoh nativis tersebut adalah…
A. Chomsky
B. Howe
C. Marantos
D. Miller
Jawab:
A. Benar, lantaran Chomsky termasuk yang menemukan model acara penguasan bahasa
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 2 KB. 1
7. Berikut yakni pola penerapan teori behavioristik” saya makan susu” kata si anak. Sang ibu tidak mendapatkan kalimat tersebut walaupun secara tata bahasa sudah benar. Umumnya Sang ibu mendapatkan kalimat dari anak walaupun tata bahasanya tidak benar tetapi maksudnya benar, yakni …
A. Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu ketika kalau kau sudah besar kau bisa mencar ilmu di sana
B. Bu, Ani berangkat sekolah dulu yA. ..
C. Sekarang saya sudah sekolah dan banyak temannya
D. Di sekolah banyak daerah permainan
Jawab:
A. Benar, walaupun susunan kalimatnya tidak sesuai dengan tata bahasa, namun makna kalimat cukup jelas
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 2 KB. 1
8. Anak dilahirkan dengan kecenderungan untuk berperan aktif terhadap lingkungannya, dalam memproses informasi, dan dalam penyimpulan wacana struktur bahasa. Hal tersebut kajian dari teori …
A. nativistik
B. behavioristik
C. kognitif
D. prakmatik
Jawab:
C. Benar, lantaran an teori ini menekankan bahwa anak mempunyai kecenderung berperan aktif terhadap lingkungannya
Pembahasan:
Untuk menjawab menjawab pertanyaan ini silakan Anda Baca Modul 2 KB. 2
9. Berikut yakni pola penerapan teori Pragmatik sebagaimana diungkapkan Halliday dalam Bromley (1995) wacana bahasa awal anak melalui bahasa personal
A. Saya bahagia bermain denganmu
B. Seandainya saya memilki mainan sepertimu
C. Berikan pada saya mainanmu
D. Ajaklah saya bermain denganmu
Jawab:
A. Benar, lantaran bahasa personal ditandai dengan kata saya bahagia …
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini ssilakan Anda Baca Modul 2 KB. 2
10. Berikut pola penerapan teori Interaksionis dalam bentuk kalimat …
A. Seandainya saya memilki mainan sepertimu
B. Saya ingin memberitahukanmu wacana sobat baruku
C. Ajaklah saya bermain denganmu
D. Berikan pada saya mainanmu
Jawab:
B. Benar, lantaran bahasa interaksionis ditandai dengan kata saya ingin …
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Baca Modul 2 KB. 2
11. Whole Language yakni sebuah sistem yang alamiah wacana pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah. Pernyataan ini dikemukakan oleh :
A. Eisele
B. Kruhm
C. Richard
D. Weaver
Jawab:
D. Benar, lantaran Weaver sebuah sistem yang alamiah wacana pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah
Pembahasan:
Untuk menjawab ini silakan Anda Baca Modul 3 Kb. 1
12. Whole Language berprinsip bahwa anak diharapkan bekerja dan mencar ilmu sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya. Prinsip tersebut lebih sempurna disebut …. masyarakat; Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melaksanakan tugas-tugasnya, pendapat tersebut dikemukakan….
A. Demonstration
B. Expectation
C. Responsibility
D. Employment
Jawab:
B. Benar, lantaran prinsip Expectation menganggap bahwa anak diharapkan bekerja dan mencar ilmu sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Baca Modul 3 KB. 1
13. Kelas whole languageadalah kelas yang sibuk lantaran dipenuhi dengan banyak buku-buku dan kegiatan yang penuh keaksaraan. Berikut yakni beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalammenata pusat kegiatan, kecuali ….
A. menata pusat semoga menerima pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup
B. memperjelas pola kemudian lintas jalan untuk keluar masuk sentra
C. menata pusat seaman mungkin untuk anak
D. menata pusat semoga nyaman dengan memakai akomodasi sekolah ibarat AC
Jawab:
C. Benar, lantaran merupakan persyaratan yang perlu diperhatikan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 3 KB. 2
14. Dalam guru membacakan sebuah kisah dengan memakai bunyi keras dan intonasi yang baik sehingga bawah umur sanggup tertarik dari isi kisah yang disampaikan guru tersebut. Contoh ini termasuk dalam …
A. reading aloud
B. journal writing
C. sustained silent reading
D. guided reading
Jawab:
A. Benar, lantaran guru membacakan sebuah kisah dengan memakai bunyi keras dan intonasi yang baik
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Baca Modul 3 KB. 2
15. Kemampuanmenyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa reseptif yang melibatkan beberapa faktor sebagai berikut, kecuali :
A. penyimak
B. situasi
C. pembicara
D. kapasitas
Jawab:
C. Benar, lantaran pembeicara juga berperan penting terhadap kegiatan menyimak pada anak
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 4 KB. 1
16. Menurut Jalongo (2007) wacana kemampuan anak dalam mendengar mengalami perkembangan
A. infant, mulai mengeluarkan bunyi bergumam
B. usia satu hingga dua tahun, mulai mengenal namanya sendiri
C. usia 3-4 tahun, mengingat permainan jari
D. usia 5-6 tahun , anak sering menyampaikan “apa?” atau “hah?”
Jawab:
D. Benar, lantaran memang demikian berdasarkan Jalango (2007)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 4 KB. 1
17. Jika anak mulai mencar ilmu bahasa gila yang dimulai dari cara pengucapan fonem, kata, dan kalimat sebelum beliau sanggup mengucapkan kata dan menggunakanya dalam berbicara, yakni fungsi
A. menjadi dasar mencar ilmu bahasa
B. menjadi dasar pengembangan kemampuan bahasa tulis
C. menunjang keterampilan berbahasa lainya
D. memperlancar komunikasi lisan
Jawab:
A. Benar, lantaran sesuai dengan fungsinya
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 4 KB. 2
18. Tarigan mengemukakan ada sejumlah tujuan orang menyimakuntuk …. kecuali:
A. belajar
B. mengapresiasi
C. menghibur diri
D. mengisi waktu luang
Jawab:
C. Benar, lantaran dengan menyimak anak akan bahagia dan gembira
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Baca Modul 4 KB. 2
19. Dalam perkembangan berbicara anak dipengaruhi oleh faktor neurologi, kecuali
A. perkembangan kognitif
B. taktik memproses informasi
C. kemampuan output motor
D. kemampuan sensorik
Jawab:
C. Benar, lantaran kemampuan output motor termasuk faktor neurologi yaitu koordinasi yang baik antara pergerakan verbal dan lidah
Pembahasan:
Untuk menjwab soal ini silakan Anda Baca Modul 5 KB. 1
20. Potensi anak berbicara didukung oleh beberapa hal serbagai berikut, kecuali
A. kesiapan berbicara
B. kesempatan berlatih
C. pengalaman
D. otivasi untuk mencar ilmu dan berlatih
Jawab:
D. Benar, hal ini sangat penting sehingga orang renta hendaknya selalu berusaha semoga motivasi anak untuk berbicara jangan terganggu atau tidak menerima pengarahan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 5 KB. 1
21. Menurut Bromley(1992) menyatakan terdapat perbedaan kecepatan dalam berbahasa pada anak, namun komponen dalam bahasa tidak berubah. Komponen tersebut adalah…
A. perkembangan fonologi
B. perkembangan morfologi
C. perkembangan fisik
D. semantik
Jawab:
D. Benar, lantaran simatik termasuk komponen dalam bahasa yang terkait dengan kemampuan anak membedakan banyak sekali arti kata
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Baca Modul 5 KB. 2
22. Tahap perkembangan bahasa berbicara anak terbagi dalam dua periode besar yakni periode prelinguistik (0-1tahun) dan periode linguistik (1-5tahun). Pada periode linguistik terbagi dalam tiga fase besar. Setelah Anda analisis satu persatu dari alternatif jawaban, tentukan yang bukan termasuk dalam fase linguistik yakni fase …
A. satu kata
B. dua lebih dari satu kata
C. tiga lebih dari satu kata
D. diferensiasi
Jawab:
D. Benar, lantaran dalam fase ini berbicara anak mulai lancar dengan memakai tiga kata lebih (kosakata) bahkan sudah bisa mempergunakan kata ganti orang “saya” untuk menyebut dirinya, memakai kata dalam bentuk jamak, awalan, akhiran, dan berkomunikasi dengan lancar dengan lingkungan
Pembahasan:
Untuk menjawab ini silakan Anda Baca Modul 5 KB. 2
23. Menurut Vygotsky (1986) terdapat tiga tahap perkembangan bicara anak yang berafiliasi bersahabat dengan perkembangan berpikir anak, kecuali tahap ….
A. eksternal
B. egosentris
C. berbicara internal
D. verbal
Jawab:
C. Benar, lantaran tatkala dalam proses berpikir, anak telah mempunyai penghayatan sepenuhnya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 5 KB. 2
24. Dalam memberi pengalaman menulis pada anak didik, kiprah guru hendaknyA. … kecuali
A. menyediakan materi dan kesempatan bagi anak untuk menulis sendiri
B. menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulis
C. memperhatikan karaktristik, kebutuhan, dan minat anak
D. perencanaan untuk pengalaman menulis yang beragam
Jawab:
B. Benar, lantaran yang berkewajiban menyediakan sarana dan prasarana mencar ilmu yakni pihak sekolah bersama komite sekolah dan bukan guru
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 6 KB. 1
25. Menurut Brewer ( terdapat empat tahapan dalam kemampuan menulis pada anak, sebagai berikut. Pilih satu yang bukan tahapan menururut Brewer yakni tahap …
A. mencoret atau menciptakan tabrakan (Scribble stage)
B. pengulangan linear (Linear Repetitive stage)
C. menulis nama (Letter Name Writing or Phonetic Writing)
D. menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage)
Jawab:
D. Benar, lantaran tahap ini yakni tahap keempat dari enam tahap kemampuan menulis pada anak berdasarkan Morrow (1993)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 6 KB. 2
26. Menurut Jolongo (2007) perkembangan menulis yang saling berkaitan dengan menggambar dalam tahap awal disebut tidak ada huruf-huruf yang sanggup dikenal. Dalam tahap ini lebih memperlihatkan konsep komunikasi melalui simbol, yakni… kecuali
A. random scribbling
B. controlled scribbing
C. name of scribbing
D. modeling scribbing
Jawab:
D. Jolongo tidak menuliskan perkembangan menulis melalui simbol modeling scribbing, tanggapan ini hanya pengecoh belaka
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 6 KB. 2
27. Terdapat sejumlah alasan guru untuk menumbuhkan cinta membaca pada anak. Pilih satu yang bukan alasan berdasarkan Leonard (1999:27) yakni …
A. anak yang bahagia membaca akan membaca dengan baik dan sebagian waktunya dipakai untuk membaca
B. membaca akan memperlihatkan wawasan yang lebih luas dalam segala hal dan menciptakan mencar ilmu lebih mudah
C. membaca sanggup membantu bawah umur untuk mempunyai rasa kasih sayang
D. membaca untuk melepaskan diri dari kenyataan
Jawab:
D. Benar, lantaran ini termasuk tujuan membaca , ketika yang dibaca itu kisah yang murung atau menciptakan putus asa, maka si anak akan mencari jalan yang terbaik dari kisah tersebut
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Baca Modul 7 KB. 1
28. Hasil penelitian Grifin dkk (1998) menyatakan sekolah yang mengajarkan keterampilan pra membaca di Taman Kanak-kanak berdampak positif terhdapa anak ketika memasuki sekolah dasar. Pilih satu tanggapan yang tidak termasuk pernyataan hasil penelitian Grifin tersebut yakni kemampuan …
A. membedakan auditorial
B. diskriminasi visual
C. memainkan komputer
D. bahasa lisan
Jawab:
C. Benar, lantaran karena komputer belum tentu dimiliki setiap anak
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 7 KB. 1
29. Kemampuan membaca ibarat juga kemampuan menulis merupakan kegiatan yang komplek, artinya banyak faktor yang mempengaruhinya ibarat faktor motivasi, lingkungan , keluarga dan guru. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …
A. Anderson
B. Tampubolon
C. Grifin
D. Leonhardt
Jawab:
A Benar, lantaran ia menyatakan hal tersebut secara luas dan mendalam uraiannya terdapat pada halaman 7.11 dan seterusnya
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Baca Modul 7 KB. 1
30. Ketika anak diperkenalkan dengan buku dan ia mulai tumbuh kesadaran akan goresan pena dalam buku, menemukan kata yang pernah ditemuai sebelumnya, dan mengungkapkan kata-kata yang bermakna terkait dengan dirinya serta mengenal goresan pena kata-kata pusisi, lagu dan sudah mengenal abjaD. Pernyataan ini yakni salah satu pola tahapan dalam perkembangan membaca berdasarkan Cochrane Efal yakni tahap …
A. fantasi
B. pembentukan konsep diri
C. membaca gambar
D. membaca lancar
Jawab:
C. Benar, lantaran ciri khas pada tahap ini sesuai dengan pernyataan di atas
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 7 KB. 2
31. Literatur bawah umur yakni pembelajaran yang baik untuk anak lantaran akan merangsang daya pikir dan imajinasi dengan baik.Manfaat buku bagi anak akan menggabungkan beberapa kualitas sebagai berikut, kecuali
A. memperpanjang pengalaman
B. sediakan pemberian bahasa
C. sediakan dana secukupnya
D. sediakan dukungan untuk pembaca
Jawab:
C. Benar, lantaran dana tidak termasuk manfaat literatur bagi anak
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 1
32. Bahan pustaka atau literatur begitu banyak jenis dan ragamnya yang kesemuanya bertujuan mendukung pengembangan bahasa atau pengetahuan anak. Berikut yakni jenis karya cetak atau karya grafis sebagai berikut, kecuali :
A. majalah
B. piringan hitam
C. surat kabar
D. laporan
Jawab:
B. Benar, lantaran piringan hitam termasuk karya non cetak atau karya rekam
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 2
33. Banyak para jago yang mengklasifikasikan literatur berdasarkan usia anak. Berikut yakni pola buku yang sempurna sesuai dengan anak yang berusia 2- 4 tahun, yakni buku yang …
A. berwarna warni
B. mempunyai kisah yang sederhana dengan dengan selesai yang menyenangkan
C. mempunyai imajinasi, fantasi, komedi, dongeng dan buku yang berisi informasi
D. mempunyai fantasi tinggi, memecahkan duduk kasus dan mengidentifikasi karakter
Jawab:
B. Benar, lantaran usia ini belum sanggup dituntut memilki imajinasi tinggi tetapi sudah tidak lagi buku-buku yang warna warni
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 2
34. Peranan literatur dalam pengembangan bahasa bagi anak yakni sebagai berikut, kecuali …
A. memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca pada anak
B. memperluas pengetahuan anak
C. memperlihatkan dasar-dasar ke arah mencar ilmu secara mandiri
D. mendorong dan menyebarkan potensi diri yang mempunyai egoisme tinggi
Jawab:
D. Benar, lantaran egoisme tinggi tidak diharapkan dalam pengembangan diri anak
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 3
35. Berikut yakni beberapa tips untuk menyebarkan bahasa anak khususnya membentuk kebiasaan membaca anak dan cinta buku, kecuali :
A. bawa anak ke toko buku yang populer dan terlengkap koleksi bukunya
B. membaca dan berbicara wacana buku-buku dengan cinta dan kasih sayang
C. pastikan bahwa di kelas ada cukup buku untuk semua anak
D. buat suasana yang menyenangkan untuk membaca
Jawab:
A. Benar, lantaran anak diajak ke toko buku tidak mesti yang populer dan terlengkap koleksi bukunya, sebaiknya toko buku mana saja
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 3
36. Cara mengenalkan buku bacaan bagi anak semoga anak mempunyai sifat cinta buku diharapkan suatu proses yang harus ditempuh yakni pembangkitan minat, korelasi makna, dan refleksi. Pada tahap pembangkitan diharapkan anak secara aktif terlibat dalam mengingingat apa yang anak tahu wacana topik. Selanjutnya tahap korelasi makna, dalam fase ini anak akan tiba ke dalam ide-ide gres dari teks dalam buku, serta tahap terakhir yakni tahap refleksi. Inti dari fase ini yakni …
A. anak diharapkan untuk mengungkapkan dalam kata-kata sendiri ide-ide yang mereka temui
B. anak didorong untuk mulai berpikir wacana topik dan mereka akan mengeksplorasi secara rinci
C. memperkenalkan judul dan penulis dari teks dan ilustrasi
D. melihat gambaran dan memprediksi konten sesuai dengan ilustrasi
Jawab:
A. Benar, lantaran anak bisa mengungkapkan dengan kata-kata sendiri dari ide-ide yang mereka temui yakni inti dari fase refleksi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Ansa Baca Modul 8 KB. 3
37. Permainan mendengarkan berkaitan dengan …
A. benda
B. warna warni
C. bunyi-bunyian
D. tulisan
Jawab:
C. Benar, lantaran mendengarkan bersahabat kaitannya dengan bunyi-bunyian
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan AndaBaca Modul 9 KB. 1
38. Media visual yang sering dipakai yakni televisi. Tidak diragukan lagi bahwa televisi sanggup membantu memperkaya perbendaharaan kata-kata atau bahasa AUD. Untuk memanfaatkan televisi tersebut langkah yang harus dilakukan guru yakni … kecuali :
A. mendampingi ketika menonton tayangan
B. memberi klarifikasi dengan bahasa yang gampang dipahami anak
C. memberi kesempatan kepada anak untuk bertanya seluas luasnya
D. mengajukan pertanyaan terkait dengan tayangan televisi tersebut
Jawab:
C. Benar, lantaran ada kata seluas-luasnya mengandung arti ke luar dari kontek tayangan televisi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Modul 9 KB. 2
39. Berikut yakni peranan menyimak, kecuali …
A. memperlancar komunikasi lisan
B. meningkatkan keterampilan berbahasa
C. landasan mencar ilmu bahasa
D. memberitahukan sesuatu informasi
Jawab:
A. Benar, lantaran memperlancar komunikasi bukan merupakan peranan menyimak melainkan berbicara
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 1
40. Berikut yakni pola yang sanggup dilakukan guru untuk membantu siswa mempunyai kemampuan mendengar yang dikaitkan dengan proses pemebalajaran, kecuali :
A. memainkan beberapa musik yang diminati
B. memakai lagu-lagu berisi cerita
C. saya bercerita, kau mengerjakan, latihan untuk bekerja sama, yang satu menyebutkan yang lain mengerjakan
D. simak – kerjakan
Jawab:
D. Benar, lantaran simak kerjakan bukan contoh
Pembahasan:
Untuk menjaweabsoali ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 1
41. Berbagai taktik sanggup dipakai guru untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak semoga anak menjadi pendengar aktif, kecuali
A. mempertahankan kontak mata
B. memakai bahasa verbal
C. menangkap pengertian
D. mengolah pesan
Jawab:
D. Benar, lantaran mengolah pesan bukanlah taktik bagi guru
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 1
42. Berikut pola sejumlah metode yang sanggup dipakai untuk menyebarkan kemampuan menyimak . Pilihlah satu metode yang tidak sesuai untuk menyebarkan kemampuanmenyimak pada anak, yakni …
A. simak – ulang ucap
B. simak – kerjakan
C. simak – terka
D. simak – gambar
Jawab:
D. Benar, lantaran penerapan metode ini tidak lazim mengingat anak usia dina belum pintar menggambar, kecuali sengaja guru mengajak menggambar pada anak dan tidak melalui menyimak
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 1
43. Menurut Hurlock terdapat sejumlah kriteria untuk mengukur tingkat kemampuan berbicara anak usia dini sehingga sanggup diketahui apakah anak bicara secara benar atau hanya sekedar ‘membeo’, kecuali anak …
A. bisa melafalkan kata-kata yang sanggup dipahami orang lain dengan mudah
B. mengetahui arti kata yang dipakai dan bisa menghubungkannya dengan objek yang diwakilinya
C. memahami kata-kata tersebut bukan lantaran sudah sering mendengar atau menduga-duga
D. bisa mengucap ulang kata-kata yang diucapkan orang berilmu balig cukup akal tanpa ada kesalahan
Jawab:
D. Benar, lantaran rasanya terlalu berlebihan bila anak usia dini mengucap ulang kata-kata orang berilmu balig cukup akal tanpa ada kesalahan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 2
44. Kemampuan berbicara berafiliasi dengan fonologi, morfologi, sintaksis, dan menyimak. Anak berbicara sangat bersahabat kaitannya dengan kegiatan menfdengarkan bunyi-bunyi, termasuk mendengarkan orang bicarA. Terdapat unsur-unsur kemampuan berbicara pada anak, pilih satu yang bukan merupakan unsur kemampuan bicara anak.
A. perkembangan kosa kata
B. ekspresi
C. lafal ucapan
D. intonasi suara
Jawab:
D. Benar, lantaran intonasi tidak terkait dengan unsur kemampuan berbicara anak
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 10KB. 2
45. Sebelum mengajarkan membaca pada anak, dasar-dasar kemampuan membaca atau kemampuan kesiapan membaca perlu dikuasai oleh anak. Kemampuan kesiapan yang dimaksud yakni sebagai berikut, kecuali kemampuan …
A. penghafal abjad atau huruf
B. diskriminasi visual
C. bahasa lisan
D. membedakan auditorial
Jawab:
A. Benar, lantaran menghafal abjad atau huruf bukan merupakan salah satu kemampuan persiapan membaca anak
Pembahasan:
Untuk menjawabsoal ini silakan Anda Baca Modul 11 KB. 1
46. Berikut yakni sejumlah pola taktik dalam membaca permulaan yang sanggup dilakukan guru pada forum PAUD yakni dengan menerapkan konsep DAP atau Developmentally Aproppriate Practice, kecuali
A. mengeksplorasi buku
B. memperbanyak akomodasi pembelajaran
C. memahami urutan
D. mengenali kata-kata yakni simbol
Jawab:
B. Benar, lantaran dengan memperbanyak akomodasi pembelajaran bukan salah satu kriteria DAP dan informasi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 11 KB. 1
47. Perkembangan menulis berkaitan dengan menggambar. Para jago menyatakan menggambar sebagai bab dari menulis terutama pada ketika awal. Pada ketika itu anak lebih cenderung mencoret-coret baik itu dalam bentuk goresan pena atau gambar. Kaitan antara menggambar dan menulis antara lain sebagai berikut. Anda sanggup menganalisa keterkaitan menggambar dengan menulis melalui alternatif jawaban, dan pilih satu yang alternatif tanggapan yang tidak memperlihatkan keterkaitan antara menggambar dan menulis yakni ….
A. menulis dan menggambar keduanya memerlukan keahlian motorik
B. peningkatan prestasi mencar ilmu maksimal
C. menulis dan menggambar sesuai dengan perkembangan anak
D. menulis dan menggambar merupakan persyaratan utama anak memasuki dunia pendidikan
Jawab:
D. Benar, lantaran walaupun menulis dan menggambar sangat diharapkan untuk memasuki dunia pendidikan, tetapi bukan merupakan kaitan antara menulis dan menggambar
Pembahasan:
Untuk menjwab soal ini silakan Anda Baca Modul 11 KB. 2
48. Untuk sanggup melaksanakan asesmen perkembangan bahasa anak usia dini diharapkan pemahaman yang lebih spesifik terhadap indikator pencapaian perkembangan bahasa yakni anak usiA. ..
A. empat bulan belum memberi reaksi terhadap suara
B. satu tahun telah bisa menyebutkan kata tunggal
C. 18 hingga 24 bulan telah mempunyai kosakata hingga 100 kata termasuk nama dan mainan
D. dua tahun telah bisa mengerti hingga 13.000 kata
Jawab:
C. Benar, lantaran karena anak berusia 18 – 24 bulan mempunyai salah satu ciri ibarat pada butir C (lihat halaman 12.10)
Pembahasan:
Untuk menjwab soal ini silakan Anda Baca Modul 12 KB. 1
49. Salah satu keberhasilan dalam proses asesmen perkembangan anak yakni ketepatan guru dalam menciptakan isntrumen perkembangan anak. Berikut pola langkah-langkah yang harus diperhatikan guru ketika menyusun instrumen, kecuali ….
A. mengidentifikasi variabel
B. menganalis teori
C. menyusun definisi operasional
D. menyusun laporan hasil asesmen
Jawab:
D. Benar, lantaran menyusun laporan bukan termasuk dalam langkah-langkah penyusunan instrumen perkembangan anak
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 12 KB. 2
50. Pengumpulan data instrumen perkembangan anak dengan teknik observasi lantaran anak berkembangan sangat pesat sehingga lebih menekankan pada proses yang tidak sanggup dilepaskan dengan pemilihan metode. Berikut beberapa metode yang dipakai dalam teknik observasi, kecuali
A. metode daftar nama dipakai untuk pencatatan menyesuaikan kegiatan rutin, menjaga diri, perkembangan fisik dan tahap perkembangan sosial
B. jurnal refleksi dipakai untuk mencatat ekspresi dan emosi, berpikir, pertanyaan dan ujian pribadi
C. cacatan anekdot dipakai untuk mencatat frekuensi kejadian, penggunaan dan pemilihan kegiatan
D. cek list dipakai untuk mencatat kemampuan menjaga diri, perkembangan fisik dan perkembangan non fisik
Jawab:
C. Benar, lantaran catatan anekdot bukan untuk mencatat pada butir C lantaran aktifitas butir C sebaiknya memakai metode perhitungan frekuensi (lihat hal 12.18 – 12.22)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini silakan Anda Baca Modul 12 KB. 2
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon