Wednesday, December 28, 2016

√ Soal, Kunci Dan Pembahasan Un Biologi Sma 2018


Soal, Kunci dan Pembahasan UN Biologi Sekolah Menengan Atas 2018 | Ujian Nasional sudah di depan mata, pemerintah melalui Badan Standarisasi Nasional Pendidikan  (BSNP) telah menerbitkan POS (Prosedur Operasi Standar) Ujian Nasional beberapa waktu yang lalu. Pada POS tersebut telah dijelaskan banyak sekali macam regulasi ihwal pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019 mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama hingga dengan SMA.


Pada POS UN tersebut disebutkan bahwa pelaksanaan UN ada dua pilihan sistem, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Pelaksanaan Ujian Nasional jenjang Sekolah Menengan Atas akan dilaksanakan pada hari Senin, Selasa, Rabu, dan Senin tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019. Nah dengan waktu tersebut sangat diharapkan kosentrasi berguru untuk kesiapan menghadapi soal-soal pada tiap mata pelajaran UN yang dihadapi nanti. pemerintah melalui Badan Standarisasi Nasional Pendidikan √ Soal, Kunci dan Pembahasan UN Biologi Sekolah Menengan Atas 2018


Untuk membantu mempersiapkan diri menghadapi soal-soal Ujian Nasional Sekolah Menengan Atas berikut ini kami akan menyajikan Soal, Kunci dan Pembahasan UN Biologi Sekolah Menengan Atas 2018 . Pada belahan pertama disajikan butir soal dan kunci soal UN Biologi Sekolah Menengan Atas tahun 2018 sejumlah 40 soal sesuai dengan soal orisinil Ujian Nasional sebenarnya. Pada belahan kedua disajikan tips dan trik pembahasan soal sulit Biologi Sekolah Menengan Atas .


Soal dan Kunci UN Biologi Sekolah Menengan Atas tahun 2018


Soal 1



Hasil pengamatan mikroskopis pada beberapa preparat jadi:


Organisme yang tergolong Mastigophora ditunjukkan oleh gambar….


  1. (1) dan (2), mengakibatkan penyakit tidur

  2. (1) dan (2), bulu cambuk

  3. (1) dan (3), bulu gerak

  4. (2) dan (3), 2 inti fungsional

  5. (3) dan (4), vacuola kintraktil

KUNCI : B



Soal 2



Perhatikan daur hidup Taenia solium berikut !



Proses yang terjadi pada tahap X adalah….


  1. Larva onkosfer terbentuk di dinding usus halus yang berpindah ke paru-paru

  2. Pendewasaan cacing dan proglotid matang dihasilkan yang akan keluar bersama urin

  3. Pendewasaan cacing dan proglotid matang dihasilkan yang akan keluar bersama tinja

  4. Proglotid matang dihasilkan oleh larva onkosfer yang akan keluar bersama tinja

  5. Proglotid matang dihasilkan oleh larva onkosfer yang akan keluar bersama urin

KUNCI : C



Soal 3



Perhatikan gambar jaring-jaring masakan di ekosistem terestrial berikut ini!



Organisme yang menyimpan energi terbanyak adalah….


  1. Padi

  2. Burung

  3. Musang

  4. Tikus

  5. Elang

KUNCI : A



Soal 4



Pada suatu ekosistem pantai terdapat tumbuhan 2000, belalang 500 ekor, katak 50 ekor, dan burung bangau 5 ekor. Piramida jumlah yang terbentuk adalah….


KUNCI : D



Soal 5



Bencana banjir yang melanda beberapa kota tidak hanya disebabkan oleh tingginya curah hujan. Faktor kerusakan hutan di daerah tangkapan air wilayah hulu sungai diidentifikasi sebagai penyebab utama sering terjadinya banjir. Dampaknya juga berupa pendangkalan sungai. Kerusakan hutan diebabkan oleh beberapa aktivitas manusia, antara lain pembelakan liar dan penambangan liar. Kerusakan hutan juga banyak terjadi akhir kebakaran hutan, alih fungsi hutan menjadi kebun kelapa sawit, pertambangan watu baru, dan penambangan emas liar.


Cara mengatasi permasalahan tersebut adalah….


  1. Membangun tanggul-tanggul di sepanjang aliran sungai

  2. Merevisi undang-undang ihwal pencemaran

  3. Melarang perjuangan penambangan atau eksploitasi sumber daya alam

  4. Mengharuskan pabrik atau proyek melaksanakan analisa dampak lingkungan

  5. Memperketat pendidikan terhadap masyarakat dengan sistem

KUNCI : D



Soal 6



Perhatikan gambar tumbuhan berikut!



Ketiga jenis tumbuhan tersebut termasuk dalam kelas….


  1. plantae, organ sejati

  2. angiospermae,berbunga

  3. gymnospermae, biji terbuka

  4. dikotil, 2 kotiledon

  5. monokotil, batang beruas-ruas

 


KUNCI : E



Soal 7



Perhatikan kelompok binatang pada gambar berikut!



 


Takson terendah dari kelompok binatang tersebut dan dasar pengelompokannya adalah….


  1. Moluska, bertubuh lunak

  2. Bivalvia, bernafas dengan insang

  3. Pelecypoda, kaki pipih

  4. Lamellibranchiata, sepasang cangkang

  5. Gastropoda, bergerak dengan kepala

 


KUNCI : C



Soal 8



Perhatikan gambar sel berikut!



Proses yang terjadi pada organel (X) adalah….


  1. Mengemas protein dan senyawa lain yang akan dibawa keluar sel atau ke membran sel

  2. Mencerna secara intrasel organel-organel sel yang rusak/tua

  3. Mengatur pergerakan kromosom selama proses pembelahan

  4. Mensisntesis molekul lemaka,fosfolipi, dan steroid

  5. Menguraikan hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen

 


KUNCI : A



Soal 9



Perhatikan percobaan pada gambar berikut!



Andi melaksanakan percobaan osmosis dengan meredam sepotong kentang. Bila potongan kentang direndam dalam larutan gula20%, insiden yang akan terjadi pada proses sel kentang adalah….


  1. Mengembang lantaran perendam bersifat hipotonis

  2. Menyusut lantaran cairan peredam bersifat hipertonis

  3. Mengembang lantaran cairan perendam bersifat isotonis

  4. Mengembang lantaran cairan peredam bersifat hipertonis

  5. Pecah lantaran cairan peredam bersifat isotonis

 


KUNCI : B



Soal 10



Angga yakni seorang siswa SMA. Sudah beberapa ahad terakhir ini beliau merasa ada gangguan pada penglihatannya. Setelah melaksanakan investigasi Dokter menunjukkan gambar berikut kepada Angga



Berdasarkan skema tersebut sanggup diketahui bahwa gangguan penglihatan yang diderita Angga adalah….


  1. Astigmatisme

  2. Presbiopi

  3. Hipermetropi

  4. Miopi

  5. Niktalopia

 


KUNCI : C



Soal 11




Bahan masakan yang mengandung amilum adalah….


  1. W dan X

  2. X dan Z

  3. V dan Z

  4. D dan Y

  5. X dan Y

KUNCI : C



Soal 12



Dimas berencana melaksanakan percobaan pertumbuhan kecambah biji kacang. Dia berfikir bahwa sumbangan nutrisi yang berbeda pada ketika penanaman akan mempengaruhi pertumbuhan tinggi kecambah. Untuk itu Dimas melaksanakan sebuah penelitian sederhana. Dimas menanam biji kacang pada 3 pot yang berbeda. Pot A ditambahkan pupuk kandang, pot B ditambahkan pupuk kompos, sedangkan pot C ditambahkan pupuk urea. Ketiga pot diletakkan pada tempat yang sama dan memperoleh air dalam yang sama pula.


Variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol pada percobaan tersebut secara berurutan adalah….


  1. Intensitas cahaya, jenis pupuk, dan pertumbuhan tinggi kecambah

  2. Jenis pupuk, intensitas cahaya, dan pertumbuhan tinggi kecamabah

  3. Jenis pupuk, pertumbuhan tinggi kecambah, dan intensitas cahaya

  4. Pertumbuhan tinggi kecambah, jenis pupuk, dan intensitas cahaya

  5. Pertumbuhan tinggi kecambah, dan intensitas cahaya, jenis pupuk

KUNCI : A



Soal 13



Suatu jaringan tumbuhan mempunyai komponen parenkim, trakeid, dan trakea sehingga memungkinkan terjadinya relasi antar sel. Jaringan tersebut dan fungsinya adalah….


  1. Xilem, transportasi zat

  2. Floem, transportasi zat

  3. Kolenkim, penguat

  4. Sklerenkim, penguat

  5. Meristem, pertumbuhan

KUNCI : A



Soal 14



Hubungan yang benar anatara gambar, struktur, dan fungsi jaringan darah pada insan yakni ….



KUNCI : C



Soal 15



Perhatikan gambar organ-organ penyusun sistem ekskresi di bawah ini!



Organ yang berfungsi untuk mengekresikan sis metabolisme berupa CO2 dan keringan secara beruntun yakni ….


  1. (1) dan (2)

  2. (1) dan (3)

  3. (1) dan (4)

  4. (2) dan (3)

  5. (3) dan (4)

KUNCI : A



Next untuk melihat soal berikutnya….


Soal 16



Pada ketika otot berelaksasi, salah satu tahap yang terjadi adalah….


  1. Panjang zona H tetap, pita I berubah

  2. Terjadi perubahan panjang zona H dan pita I

  3. Aktin berperan aktif, miosin tidak

  4. Memerlukan banyak energi

  5. Panjang zona H berubah, pita I tetap

KUNCI : B



Soal 17




Perhatikan sketsa pembekuan darah berikut!



Proses yang terjadi pada tahap X adalah….


  1. Terbentuknya trombin yang memicu pecahnya trombosit

  2. Terbentuknya trombosit yang merangsang pembentukan fibrinogen

  3. Perubahan fibrinogen menjadi trombin yang merangsang pecahnya trombosit

  4. Pecahnya trombosit lantaran saling bertabrakan

  5. Trombin mengaktivasi fibrinogen membentuk benang fibrin

KUNCI : E



Soal 18



Salah satu manfaat dari berpelukan, menyerupai dikutip dari Boldsky.com yakni “menurunkan tekanan darah”. Berpelukan sanggup menjadi obat untuk orang renta Anda. Dengan memeluk sanggup menjadi tekanan darah lebih terkontrol. Sebuah sentuhan akan mengirimkan sinyal ke saraf vagus yang bertanggungjawab untuk menurunkan darah tinggi.


Dari cuplikan artikel tersebut, klarifikasi prosedur kerja saraf/hormon yang paling sempurna yakni pertama-tama memeluk sebagai stimulus, kemudian….


  1. Impuls dihantar ke otak –tekanan darah menurun

  2. Neurit sensorik menghantar impuls ke otak –otak mengirim ke saraf vagus – tekanan darah menurun

  3. Dendrit sensorik menghantar impuls ke otak – otak mengirim ke saraf vagus – tekanan darah menurun

  4. Otak mendapatkan impuls dari saraf vagus – dendrit motorik menghantar ke saraf otak – tekanan darah menurun

  5. Dendrit motorik menghantar ke saraf otak – otak memberi kabar saraf vagus – tekanan darah menurun

KUNCI : B



Soal 19



Seorang siswa kelas 2 SD mengalami peradangan yang terjadi pada substansi kelabu sumsum tulang belakang. Akibatnya siswa tersebut menderita kelumpuhan. Diduga siswa tersebut mengalami….


  1. rheumatoid artritis

  2. osteoartritis

  3. dislokasi

  4. ankilosis

  5. poliomeylitis

KUNCI : E



Soal 20



Tono mengalamai beberapa tanda-tanda penyakit menyerupai pusing, cepat lelah, wajah pucat, dan tidak mempunyai nafsu makan. Untuk memastikan Tono menjalani tes darah di laboratorium. Hasil tes menunjukkan jumlah eritrosit = 3,5 juta/mm3 , kadar hemoglobin = 6, serta penurunan tekakan darah (90/60 mmHg). Berdasarkan data tersebut maka Tono didiagnosa menderita….


  1. Leukimia

  2. Anemia

  3. Hemofilia

  4. Tifus

  5. Demam beradarah

KUNCI : B



Soal 21



Perhatikan reaksi anaerob berikut!



senyawa (Y) dan (Z) yang terbentuk selama proses pembuatan tapai yakni ….


  1. O2 dan etanol

  2. CO2 dan etanol

  3. Asam laktat dan etanol

  4. Posfoenol piruvat dan etanol

  5. Posfoenol piruvat dan asam laktat

 


KUNCI : B



Soal 22



Berikut yakni proses yang terjadi pada metabolisme:


  • sintesis protein dari asam amino yang melibatkan DNA, RNA, dan Ribosom

  • perubahan molekul glukosa menjadi CO2 dan H2O pada respirasi aerob

  • sintesis lemak dari protein dan karbohidrat melalui ko-enzim A

  • peristiwa glikolisis yang mengubah glukosa menjadi asam piruvat

  • reaksi teran yang menghasilkan ATP dan NADPH2 yang kemudian dipakai untuk pembentukan glukosa

  • fermentasi alkohol pada mikroorganisme yang menghasilkan energi lantaran perubahan asam piruvat menjajadi asam asetat

Reaksi yang tergolong anabolisme yakni ….


  1. (1), (2), dan (4)

  2. (1), (3), dan (5)

  3. (2), (3), dan (4)

  4. (3), (4), dan (6)

  5. (4), (5), dan (6)

 


KUNCI : B



Soal 23



Berikut ini yakni sketsa tahap respirasi aerob dan senyawa kimia yang dihasilkan  Bagian X dan Y yakni ….


  1. dekarboksilasi oksidatif dan ATP

  2. dekrboksilasi oksidatif dan NADH

  3. siklus Krebs dan ATP

  4. siklus Krebs dan NADH

  5. siklus Krebs dan H2O

KUNCI : E



Soal 24


Grafik imbas konsentrasi substrak pada kerja enzim.
                                                           Berdasarkan grafik tersebut, sanggup disimpulkan bahwa ….
  1. konsentrasi substrak tidak mempengaruhi kecepatan reaksi

  2. sampai konsentrasi tertentu, substrak mempengaruhi kecepatan reaksi

  3. kecepatan reaksi ditentukan oleh konsentrasi substrak dan suhu

  4. semakin besar konsentrasi semakin cepat laju reaksi

  5. kecepatan reaksi ditentukan oleh konsentrasi substrak dan pH

 


KUNCI : B



Soal 25



Berikut ini gambar struktur DNA                                                   Pernyataan yang berkaitan dengan struktur tersebut yakni ….


  1. apabila 6 yakni adenin, 7 adlah timin

  2. 5, 6, 8, dan 7 yakni basa nitrogen dari golongan pirimidin

  3. 2 dan 4 merupakan senyawa fosfat

  4. Satu nukleotida ditunjukkan oleh 1-2-6-7

  5. 1 dan 3 merupan senyawa gula deoksiribosa

KUNCI : A



Soal 26



RNA ada 3 macam, yaitu r-RNA, m-RNA, dan t-RNA. Ketiganya mempunyai komponen penyusun yang sama, tetapi fungsinya berbeda. Fungsi m-RNA yakni ….


  1. melakukan translasi dengan membawa pesan dari DNA

  2. membantu DNA membentuk DNA gres di dalam inti sel

  3. memvawa pesan dari DNA dan disampaikan ke ribosom

  4. menterjemahkan maksud r-RNA untuk dibentuk rangkaian polinukleotida

  5. menggabung-gabungkan asam amino dari t-RNA untuk dirangkai menjadi protein

KUNCI : C



Soal 27


Berikut ini merupan urutan insiden spermatogenesis.
Bagian 2 dan 4 secara berurutan yakni ….
  1. spermatogenesis dan spermatosit sekunder

  2. spermatosit primer dan spermatid

  3. spermatogonium dan spermatid

  4. spermatosit primer dan spermatosit sekunder

  5. spermatid dan spermatozoa

 


KUNCI : B



Soal 28


Bagan keterkaitan metabolisme protein dan karbohidrat
Titik masuk senyawa kimia dari pengurai protein pada penguraian karbohidrat sanggup melalui asam piruvat, asetil Ko-A, dan siklus Krebs. Senyawa X sanggup masuk melalui asam piruvat. X yakni ….
  1. asam amino

  2. asam piruvat

  3. asam ketoglutara

  4. urea

  5. glukosa

 


KUNCI : A



Soal 29



Perhatikan rancangan percobaan fermentasi berikur!


Santi dan Sinta merencanakan percobaan dengan memakai 2 buah gelas kimia, sumbat karet, selang karet, air gula,  air kapur, fenoftalin, 10 gram tepung terigu, 2 gram ragi roti. Mereka merancang percobaan seperti  berikut:


Bagaimanakah asumsi yang akan terjadi pada tabung B?


  1. Warna larutan memudar lantaran imbas CO2 yang dihasilkan oleh ragi.

  2. Warna larutan memudar lantaran imbas asam cuka yang dihasilkan oleh ragi.

  3. Terbentuknya ga Co2 yang dihasilkan dari imbas tepung terigu oleh ragi.

  4. Temperatur menurun lantaran imbas uap asam cuka yang dihasilkan tepung terigu.

  5. Larutan air kapur menjadi jernih lantaran uap asam yang dihasilkan di tabung A.

 


KUNCI : A



Soal 30



Perhatikan pernyataan ihwal teori evolusi berikut!


  • Memanjangnya leher jerapah lantaran imbas lingkungan.

  • Jerapah berleher panjang berasal dari jerapah berleher pendek.

  • Nenek moyang jerapah ada yang berleher penjang dan berleher pendek.

  • Jerapah berleher pendek mati kelaparan, sedangkan jerapah berleher panjang tetap hidup.

  • Memanjangnya leher jerapah lantaran faktor lingkungan akan diturunkan pada generasi berikutnya.

 


Pernyataan yang sesuai dengan prosedur penyesuaian berdasarkan Lamarck ditunjukkan aoleh ….


  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (3), dan (4)

  3. (1), (2), dan (5)

  4. (2), (3), dan (4)

  5. (3), (4), dan (5)

 


KUNCI : C



Next untuk melihat soal berikutnya….


Soal 31



Penjelasan yang paling sempurna bahwa fosil kuda sanggup dijadikan bukti adanya insiden evolusi yakni ….


  1. merupakan sisa mahluk hidup yang telah membatu

  2. kuda merupakan fosil biologis yang utuh

  3. dapat membantu merekonstruksi kehidupan masa lalu

  4. kuda menggambarkan bentuk transisi yang lengkap

  5. mempunyai usia geologis yang paling lama

KUNCI : D



SOAL 32



Di dalam sebuah populasi yang terdiri dari 20.000 orang, terdapat 8 orang kidal.


Frekuensi gen A yakni ….


  1. 0,02

  2. 0,16

  3. 0,4

  4. 0,64

  5. 0,98

KUNCI : E



Soal 33



Berikut ini yakni daftar produk bioteknologi:


(1)tempe


(2)sirup


(3)agar-agar


(4)tapai


(5)yogurt


 


Produk  bioteknologi konvensional yakni ….


  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (4), dan (5)

  4. (2), (3), dan (4)

  5. (2), (4), dan (5)

KUNCI : C



Soal 34



Berikut ini yakni gambar mutasi gen:




Jenis mutasi yang terjadi yakni ….


  1. transisi

  2. transversi

  3. delesi

  4. duplikasi

  5. inversi

KUNCI : A



Soal 35



Macam gamet yang sanggup dihasilkan oleh individu yang mempunyai gen PPQqRrSS yakni ….


  1. 2

  2. 4

  3. 8

  4. 16

  5. 32

KUNCI : B



Soal 36



Pada percobaan Mendel tumbuhan kapri dengan fenotip tinggi dan bunga di ketiak batang (TTBB) disilangkangkan dengan tumbuhan kapri dengan fenotip pendek dan bunga di ujung batang (ttbb). Jika F1 mengalami penyerbukan sendiri, berapa peluang munculnya genotip TtBb?


  1. 6,25%

  2. 18,75%

  3. 25%

  4. 50%

  5. 75%

KUNCI : C



Soal 37



Bila F1 disilangkan sesamanya, dan pial ayam bersifat avatisme, rasio fenotip F2 yakni ….


  1. walnut : ros : biji = 9 : 3 : 4

  2. walnut : ros : biji = 9 : 7 : 0

  3. walnut : ros : biji = 12 : 3 : 1

  4. walnut : ros : biji : bilah = 12 : 3 : 1 : 0

  5. walnut : ros : biji : bilah = 9 : 3 : 3 : 1

JAWABAN : E



Soal 38



Penggunaan radiasi oleh insan untuk pemuliaan tumbuhan dan penggunaan kolkisin mengakibatkan terjadinya perubahan tumbuhan yang disebut….


  1. Rekombinasi

  2. Aplikasi

  3. Domestikasi

  4. Autopoliplod

  5. Allopoliploid

JAWABAN : D



Soal 39


Perhatikan peta silsilah keluarga berikut!
Berdasarkan sketsa tersebut kemungkinan genotip keturunan (1) dan (2) yakni …
  1. XXbw dan XX

  2. XXbw dan XbwXbw

  3. XX dan XX

  4. XX dan  XbwXbw

 


JAWABAN : A



Soal 40



Seorang pria dengan ciri-ciri:


  • memiliki kecerdasan intelektual IQ di bawah rata-rata

  • rasa percaya diri yang rendah, pemalu

  • perkembangan ciri-ciri secual menyerupai t3st1s yang kecil dan spermatogenesis juga perbesaran payudara

  • gangguan koordinasi gerak badan, menyerupai kesulitan mengatur keseimbangan, melompat

  • memiliki otot yang kecil, namun mengalami perpanjangan kaki dan lengan

 


Laki-laki tersebut mengalami kelainan ….


  1. sindrom Turner

  2. sindrom Jacob

  3. sindrom Klinefelter

  4. sindrom Down

  5. sindrom Patau

JAWABAN : C



PEMBAHASAN SOAL UN BIOLOGI Sekolah Menengan Atas TAHUN 2018




Baca juga :


Demikianlah posting ihwal Soal, Kunci dan Pembahasan UN Biologi Sekolah Menengan Atas 2018 yang mungkin sangat dibutuhkan oleh pelajar ataupun guru untuk mempersiapkan diri menghadapi UN 2019. Persiapan yang baik akan menimbulkan kepercayaan diri meningkat dan setidaknya mengurangi kekhawatiran menghadapi soal yang akan dihadapi kelak. Semoga bermanfaat.



Sumber acikandzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon