Tuesday, January 3, 2017

√ Fakta Menarik Wacana Kuda

Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan gejala kepergiannya. Dengan demikian, mereka pribadi dikenali, meski banyak dari kita benar-benar melihat mereka di televisi. Sungguh memalukan, lantaran hewan-hewan perkasa ini sangat berharga dan semua perhatian yang bisa mereka dapatkan. Inilah beberapa fakta menarik perihal kehidupan dan sejarah mereka.


Kuda tertawa


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Anda mungkin pernah melihat seekor kuda membuat verbal aneh dimana ia melingkarkan bibir atasnya dan memamerkan giginya menjadi seringai lebar. Hal ini membuat binatang terlihat ibarat tertawa. Kenyataannya, ini yaitu belahan dari teknik peningkat hidung khusus yang disebut respons flehmen. Hor menarik wajah yang lucu ini untuk mengarahkan aroma mengambang di udara menuju kelenjar olfactory khusus yang terletak di ujung lorong hidung kuda.


Perut bibir dan memiringkan sedikit kepala membantu binatang tersebut menyerap anyir ke kelenjar tersebut. Kuda itu tidak menertawakan Anda, itu hanya mencoba untuk menentukan apakah Anda berbau tidak enak. Respon flehmen jauh lebih umum pada jantan daripada kuda betina. Sama ibarat jerapah, kuda jantan sering merasakan air kencing kuda untuk mengusut apakah itu panas, makanya mereka melaksanakan itu.


Industri Kuda


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Bagi orang-orang yang tidak pernah terlibat dengan kuda, gampang untuk mengasumsikan semua yang mereka butuhkan yaitu beberapa jerami sesekali di sebuah ladang untuk diliputi dan tiba-tiba ada seorang gadis berumur dua belas tahun menikam kudanya. Ini tidak jauh dari kebenaran. Kuda dipakai untuk banyak sekali kompetisi dalam olahraga, perkembangbiakan, rekreasi dan karya usang yang polos. Para petani membutuhkan untuk membajak sawahnya.


Padahal, kuda yaitu bisnis masif. Sekitar 4,6 juta orang Amerika bekerja di industri kuda dengan satu atau lain cara. Industri kuda AS diperkirakan mempunyai imbas ekonomi sebesar $ 39 miliar per tahun. Ini hanya sedikit, sembilan juta kuda Amerika. Ada sekitar 58 juta kuda di dunia dan sebagian besar dari mereka dirawat oleh manusia.


Kuda Polisi


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Kuda polisi telah dipakai dalam penegakan aturan masa tenang semenjak era ke-17 dan unit kepolisian resmi pertama didirikan pada tahun 1805. Unit yang berbasis di London ini sukses besar dan dalam beberapa tahun, baik Australia dan Amerika telah mengadopsi gagasan tersebut. Kuda polisi selalu lebih dari sekedar metode transportasi. Manfaat dari seorang polisi penunggang kuda sudah terperinci untuk semua. Seorang petugas polisi yang mengendarai seekor binatang besar memerintahkan penghormatan yang sangat berbeda dari pada satu kaki saja.


Itulah sebabnya kuda-kuda ini dipilih sebagai belahan dari pekerjaan, yang merupakan geldings besar (kuda yang dikebiri). Ini sangat mengesankan dan cukup untuk melaksanakan pekerjaan yang berpotensi mengakibatkan stres. Jumlah kuda polisi perlahan berkurang lantaran kemunculan sepeda motor dan lainnya. Model transportasi ringan, namun banyak negara masih menyimpan beberapa unit yang terpasang untuk tujuan hubungan masyarakat dan pengendalian kerumunan orang.


Mata


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Kuda mempunyai penglihatan yang cukup bagus, berkat mata mereka yang sangat aneh. Dengan diameter kira-kira 5 sentimeter (2 inci), mereka yaitu mamalia darat terbesar. Bila diukur dalam volume, mata kuda mencapai sembilan kali lebih besar dari pada manusia. Legenda menyampaikan bahwa ini berarti kuda sanggup melihat benda-benda lebih besar dari manusia, itulah sebabnya mereka kadang gampang terkejut, tapi ini tidak benar.


Mata kuda mempunyai tiga kelopak mata – dua yang biasa dan yang ketiga disebut membran nictitating – yang terletak di sudut dalam mata dan sesekali menyapu mata, melumasi dan membersihkannya kalau timbul. Kuda tidak bisa benar memusatkan mata ibarat manusia. Sebaliknya, belahan bawah retina mereka melihat benda dari kejauhan dan belahan atas untuk melihat lebih dekat.


Ini berarti, kalau anda ingin tau, bahwa seekor kuda gotong royong penglihatannya ke arah mana, anda harus memperhatikan bagaimana memegang kepalanya. Jika Anda melihat kuda bangun di lapangan dan melaksanakan hal itu di tempat itu bangun dengan kepala terangkat tinggi dan pendengaran menusuk ke depan, itu bukan hanya showboating – binatang itu mungkin hanya melihat sesuatu yang menarik di kejauhan.


Hibrida yang sama


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Hibrida yang sama, ibarat namanya dengan bijaksana, binatang bibit unggul yang dibesarkan dari tiga spesies yang sama-zebra, keledai dan kuda. Kebanyakan orang tahu perihal bagal (juga dikenal sebagai “john” atau “molly” tergantung jenis kelaminnya), salib seekor keledai jantan dan seekor kuda betina. Namun, hanya satu dari sekian banyak bibit unggul hibrida di luar sana.


Salah satu kombinasi tersebut yaitu keturunan seekor ayah kuda dan ibu keledai yang disebut “hinny”. Zebra dan kuda sanggup dibiakkan ke “zorses” dan “hebras”, yang juga dikenal sebagai zebra emas karena: sejujurnya, nama tersebut membuat makhluk malang itu terdengar ibarat huruf fiksi ilmiah. Menambahkan ponies ke dalam adonan membawa pilihan terdengar lebih lucu lagi, ibarat “zonies” dan “zetlands”.


Hibrida yang sama telah diciptakan semenjak awal era ke-20. Para ilmuwan memulai pekerjaan dengan zebra silang dan keledai, namun dengan cepat beralih ke kuda, mungkin lantaran mereka terlalu malu untuk menyebut nama kreasi mereka ibarat “pantat zebra”.


Sepatu kuda


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Semua orang tahu kebanyakan kuda dilengkapi dengan tapal kuda, namun kebanyakan orang tidak sadar bahwa potongan logam melengkung ini bukan hanya untuk melindungi kuku. Bagian keras kuku kuda terbuat dari keratin, protein kokoh yang sama terdiri dari tanduk, kuku dan rambut. Karena itu banyak yang harus diinginkan ketika menyangkut hal-hal tersebut, ibarat daya tarik.


Bayangkan berjalan di sekitar jalan beraspal yang berair dan menggunakan tanduk sebagai sepatu dan Anda bisa melihat masalahnya. Pemasangan kuku dengan sepatu memperbaiki duduk masalah ini. Sepatu meningkatkan daya tarik kuku dan memperlihatkan perembesan kejutan ekstra, yang mungkin Anda kenali sebagai manfaat semoga sama persis, yang diberikan sepatu ketika lari. Itu benar tapal kuda, sama dengan Air Jordans.


Sepatu kuda juga membuatkan kesamaan lain dengan industri sepatu olahraga, ada banyak pilihan jenis yang sangat berbeda, ibarat sepatu santunan perbaikan pronasi, sepatu “keseimbangan alami” dan bahkan sepatu aluminium super ringan untuk kuda balap yang serius.


Nama kuda


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Jika Anda pernah mengikuti pacuan kuda, Anda mungkin tahu bahwa kebanyakan nama kuda itu menggelikan. Kucing dan anjing biasanya diberi nama yang imut, bertenaga, atau ibarat manusia, tapi kuda cenderung berakhir dengan nama ibarat “Seabiscuit”, “Horlicks” atau “Ohnoitsmymotherinlaw”. Sekalipun demikian, gotong royong ada banyak tradisi dan takhayul yang terkait dengan penamaan kuda.


Banyak peternak menamai kuda mereka untuk menghargai silsilahnya, yang sanggup mengakibatkan beberapa variasi yang tidak menguntungkan dari waktu ke waktu. Bagaimanapun, tidak butuh banyak generasi untuk memutar “Binky” menjadi “Flunky”. Penamaan kuda sehabis anggota keluarga umumnya dihindari, lantaran kalau kuda yang Anda namai sehabis ibumu ternyata gagal, mungkin Mom tidak akan terlalu senang.


Banyak pemilik lebih menentukan nama yang kuat ibarat “Man O’War”, lantaran diyakini ini membawa keberuntungan kuda dalam balapan. Di sisi lain, menamai seekor kuda “Pemenang” yaitu cara niscaya untuk membuat kuda yang tidak akan pernah memenangkan perlombaan dalam hidupnya, jadi beberapa pemilik hanya tetapkan untuk bersenang-senang dengan namanya. Tentu saja, ada juga aturan faktual yang mengatur tradisi penamaan.


Jika tidak, jadwal pacuan kuda akan dibaca ibarat daftar nama pengguna dari lembaga diskusi internet yang sangat gila. Aturan ini bervariasi tergantung tempat Anda. Misalnya, The Jockey Club of Louisville membatasi panjang nama menjadi 18 karakter; melarang nama yang cabul, rasis, atau terlalu ibarat dengan kuda yang bersaing secara aktif. Dan tidak mengizinkan nama yang seluruhnya terbuat dari angka.


Jika seekor kuda menjadi cukup terkenal, namanya bisa ditarik dari penggunaan sama sekali, sama ibarat beberapa olahraga melepaskan jumlah atlet legendaris.


Kuda Arab


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Sebagian besar kuda bisa menjadi makhluk yang sangat manis ketika mereka memikirkannya, namun banyak orang menganggap kuda Arab itu paling megah dari semua. Kita tahu bahwa mereka pertama kali muncul setidaknya 4.500 tahun yang lalu, yang juga menjadikan mereka salah satu keturunan kuda tertua. Pada umumnya diasumsikan bahwa Badui, yang populer lantaran hasrat mereka untuk berkuda, berada di balik penciptaan keturunan Arab.


Dengan tampilan “gurun” yang sigap dan siluet yang gampang dikenali, seekor kuda Arab gampang untuk membedakannya dari keturunan lainnya. Sama anehnya dengan tampilan ekor dan bentuk kepalanya yang unik, benda benar-benar menjadi lebih asing lagi ketika Anda melihat sedikit lebih dalam. Kuda Arab mempunyai struktur rangka yang sangat berbeda dari kuda-kuda lainnya.


Tulang rusuknya jauh lebih lebar, lebih kuat dan lebih dalam, biasanya mempunyai lebih sedikit kuda yang normal. Ini juga mempunyai lebih sedikit tulang lumbal dan tulang ekor. “Potongan-potongan yang hilang ini” tidak melaksanakan apa-apa untuk memperlambatnya. Meskipun, kuda Arab dianggap sebagai pelari ketahanan terkuat dalam kerajaan hewan, yang bisa berlari lebih dari 160 kilometer (100 mil) tanpa istirahat.


Daging kuda


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Meskipun sebaliknya skandal baru-baru ini menunjukkan, daging kuda dianggap sebagai kelezatan di banyak negara. Perancis khususnya sangat parsial tidak hanya untuk daging kuda, tapi juga otak kuda dan jantung kuda. Tidak hanya orang Prancis. Ternyata kuda telah dimakan semenjak awal. Selama masa perang, kuda telah menjadi sumber protein yang penting dan relatif murah.


Pada ketika damai, itu dimakan lantaran rasanya enak. Satu-satunya negara yang tidak pernah benar-benar berhasil melompat ke gerobak hippophage (kuda-pemakan) juga merupakan dua berbahasa Inggris yang paling berpengaruh. Terlepas dari kenyataan bahwa AS dan Inggris termasuk di antara eksportir daging kuda terbesar di dunia, keduanya secara historis mencemooh daging kuda sebagai makanan. Dengan demikian, apa yang tidak diekspor biasanya dipakai sebagai masakan hewan.


Ingatan


Kuda telah menemani insan selama ribuan tahun dan mereka tidak memperlihatkan tanda √ Fakta Menarik Tentang Kuda


Pernahkah kau menertawakan seekor kuda dengan nama yang lucu? Atau mengolok-olok seseorang ketika memutar wajahnya di flehmen? Jika sudah, itu terlalu buruk, kuda mungkin ingat penghinaan Anda sepanjang sisa hidupnya. Sebuah penelitian di tahun 2010 mengungkapkan beberapa hasil yang sangat mengejutkan perihal kecerdasan kuda, terutama ingatan. Sahabat kuda  tidak hanya memahami kata-kata kami jauh lebih baik daripada yang telah kami antisipasi sebelumnya.


Ingatannya setidaknya sama bagusnya dengan gajah. Jika seekor kuda diperlakukan dengan baik, ia akan mengingat orang itu sebagai sahabat selama ia hidup. Kuda itu akan segera melanjutkan pertemanan ketika melihat mereka lagi, terlepas dari berapa usang mereka berpisah. Mereka juga ingat tempat-tempat yang sangat bagus. Kebanyakan kuda menjadi gugup ketika mereka dibawa ke tempat dimana mereka mempunyai pengalaman yang mengejutkan.


Ingatan yang bagus dan kecerdasan kuda yang relatif kuat bukanlah hal yang baik. Jika mereka bosan, mereka secara tidak sengaja sanggup mengetahui bagaimana melepaskan diri dari pos dan kait terbuka dan keranjang gandum. Begitu mereka mempelajari metode kenakalan ini, mereka tidak akan pernah lupa.


Bagaimana berdasarkan anda perihal binatang yang satu ini? Menarik bukan? Anda juga niscaya belum mengetahui fakta tersembunyi yang dimiliki oleh kuda. Apakah anda ngak ada ketertarikan untuk memeliharannya? Kuda ini pun mempunyai multi fungsi juga lohh. Aku yakin kalau anda ingin memeliharannya, gak bakalan rugi dehh. Hehehehe…



Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon