Monday, January 2, 2017

√ Wah, Ternyata Inilah Alasan Mengapa Kuda Menggunakan Sepatu

Kuda merupakan salah satu jenis binatang yang diyakini sudah menjadi tunggangan atau alat transportasi bagi insan semenjak 2000 tahun sebelum masehi yang lalu.


Pemanfaatan binatang khususnya kuda ini sebagai alat transportasi pun masih terus berlanjut hingga ketika ini di beberapa tempat, bahkan sebelum ditemukannya kendaraan bermotor, kuda menjadi alat transportasi utama dan paling populer di masyarakat.


Selain bisa dijadikan sebagai alat transportasi, binatang yang berjulukan kuda ini juga mempunyai keunikan lainnya, yang salah satunya yakni mengenakan sepatu.


 merupakan salah satu jenis binatang yang diyakini sudah menjadi √ Wah, Ternyata Inilah Alasan Mengapa Kuda Memakai Sepatu


Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa kuda harus menggunakan sepatu? Perlu anda ketahui bahwa pada awalnya kuda tidak menggunakan sepatu atau tapal kuda ibarat yang anda lihat ketika ini.


Pada waktu itu binatang kuda ini memang ditunggangi tanpa menggunakan ganjal kaki atau sepatu, alasannya yakni kuda diketahui  memiliki kuku – kuku yang cukup kuat. Akan tetapi, sesudah kuda tersebut digunakan untuk waktu yang lama, ternyata terjadi kerusakan pada kuku kaki kuda tersebut.


Karena alasan itulah, akhirnya insan pada zamana dulu mulai berpikir untuk mencari cara untuk mengatasi duduk perkara tersebut.


Dan cara yang dipilih yakni dengan memakaikan tapal pada kaki kuda, semoga langkah kuda menjadi lebih kuat dari yang sebelumnya dan tidak lagi merasa kesakitan pada ketika atau sesudah berjalan jauh. Sepatu kuda sendiri gres pertama kali digunakan insan sekitar tahun 770 masehi.


 merupakan salah satu jenis binatang yang diyakini sudah menjadi √ Wah, Ternyata Inilah Alasan Mengapa Kuda Memakai Sepatu


Sepatu yang biasa dikenakan oleh kuda ini dikenal dengan sebutan tapal kuda. Tapal kuda ini digunakan untuk melindungi kaki kuda ketika berjalan.


Karena itulah tapal ini juga disebut sebagai sepatu karena memiliki fungsi yang sama ibarat sepatu yang digunakan oleh manusia, meskipun kalau dilihat-lihat, bentuk tapal kuda ini sama sekali tidak ibarat bentuknya dengan bentuk sepatu pada umumnya.


Tapal kuda atau Ladam atau yang disebut juga sebagai sepatu kuda ini terbuat dari besi pelapis yang sangat kuat. Sepatu khusus ini biasanya dibentuk oleh sang jago besi atau seorang panda besi.


Sebelum dipaku, kuku kuda terlebih dahulu dirapikan dengan cara dipotong. Alat yang digunakan untuk memotong ini pun bukanlah alat yang sembarangan. Memotong kuku kuda ini harus menggunakan peralatan pisau khusus dan juga membutuhkan martil. 


Martil ini nantinya akan digunakan untuk memukul pisau potong. Martil ini sangat dibutuhkan alasannya yakni ibarat yang anda ketahui, kuku kuda intinya sangatlah keras.


Setelah kuku kuda selesai dipotong, tapal kuda yang sudah diadaptasi ukurannya dengan kaki sang kuda kemudian dipaku dan dipukul dengan menggunakan martil yang sudah disediakan tadi. Arah paku harus pada kemiringan tertentu supaya paku tidak mengenai pembuluh darah si kuda.


Setelah paku tersebut berhasil tertancap, ujung paku harus dibengkokkan supaya tidak lepas dan dipukul kembali dengan martil. Sepatu kuda yang terbuat dari besi ini hadir dengan aneka macam ukuran, sedangkan paku yang digunakan terbuat dari besi yang bentuknya ibarat segi empat dan panjangnya mempunyai ukuran yang beragam.


Untuk satu kuda, diharapkan paku dalam beberapa ukuran yang diadaptasi dengan jangkauan dari bawah kuku ke permukaan kuku miliki si kuda yang ingin dipakaikan sepatu.


Uniknya Sepatu Kuda


 merupakan salah satu jenis binatang yang diyakini sudah menjadi √ Wah, Ternyata Inilah Alasan Mengapa Kuda Memakai Sepatu


Selain karena fungsinya yang unik, tapal kuda atau sepatu kuda ini ternyata juga mempunyai keunikan. Ada kepercayaan masyarakat yang menempel pada benda ini.


Jika anda pernah melihat orang menggantungkan atau menaruh sepatu kuda di depan pintu mereka, pernahkah anda bertanya pada si pemilik rumah alasan mengapa mereka melaksanakan hal tersebut?


Konon kebiasaan atau yang lebih pas disebut dengan kepercayaan menaruh sepatu kuda di pintu semenjak dahulu kala ini, memiliki arti khusus.


Orang yang melakukannya percaya kalau benda ini akan membawa keberuntungan kepada mereka dan bisa menangkal ilmu hitam atau melindungi siapapun yang berjalan di bawahnya dari serangan ilmu hitam.


Bukan hanya dijadikan sebagai semacam jimat pelindung saja, sepatu kuda juga banyak digunakan di dalam beberapa jenis permainan, yang salah satunya yakni pada ketika kita mencoba melemparnya ke poll.


Alasan Kuda Memakai Sepatu


 merupakan salah satu jenis binatang yang diyakini sudah menjadi √ Wah, Ternyata Inilah Alasan Mengapa Kuda Memakai Sepatu


Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas tadi, derma sepatu pada kuda bukanlah tanpa adanya alasan yang melatarbelakinya. Segala sesuatu yang diciptakan niscaya mempunyai tujuan dan begitu pula halnya yang terjadi pada inovasi tapal kuda yang hingga kini masih digunakan tersebut.


Nah, kira-kira apa saja ya alasan mengapa kuda harus mengenakan sepatu layaknya manusia? Trus, apakah tapal kuda hanya mempunyai satu model saja atau mempunyai bermacam-macam model ibarat sepatu – sepatu yang biasa dikenakan oleh masyarakat? Mari kita cari jawabannya di bawah ini ya guys.


Berikut ini yakni beberapa hal yang mungkin menjadi alasan mengapa kuda harus mengenakan sepatu:


1. Untuk Melindungi Kaki Kuda


Di atas tadi sudah sedikit dibahas mengenai alasan utama pemakaian sepatu pada kuda. Yap, fungsi utamanya yakni untuk melindungi kaki kuda, terutama melindungi kuku kuda tersebut semoga tidak hancur pada ketika berjalan atau pada ketika ia digunakan untuk waktu yang usang sebagai tunggangan atau alat transpotrasi.


Berdasarkan informasi yang didapat, kaki kuda itu terdiri dari jari – jari kaki yang cukup besar dan bentuknya miring. Jika pada kebanyakan hewan, jari – jari kakinya mempunyai cakar, maka bed halnya dengan kuda yang diketahui hanya mempunyai kuku. Kuku ini terdapat di sekeliling jari kakinya.


Nah, kawasan di sekeliling kuku itu “mati rasa”. Jadi, tidak akan merasa sakit meskipun terluka. Lalu bab tengah kaki kuda itu ada semacam kulit lembut dan tidak terlindungi oleh apapun. Jika kuda mengangkut beban yang berat sambil berlari, maka bab tersebut bisa saja menyentuh tanah dan terluka dan berakibat pada si kuda atau akan membuatnya berjalan pincang.


2. Supaya Kaki Kuda Tidak Kepanasan


Sebagai seekor kuda, kiprah yang dilakukan oleh binatang ini tidaklah mudah, meskipun anda hanya melihat mereka berlari – lari kecil memutari kota sambil menarik gerobak yang berisi orang di dalamnya.


Coba bayangkan gimana kalau anda yang disuru lari – lari dalam keadaan “telanjang kaki” alias tidak menggunakan ganjal kaki atau sepatu, terutama pada ketika siang hari yang lagi terik-teriknya, apa yang anda rasakan? Telapak kaki anda niscaya akan terasa ibarat terbakar, bukan? 


Nah, begitu pula yang terjadi pada kuda. Meskipun kuda yakni salah satu binatang yang bisa dikatakan sebagai binatang yang kuat, tapi kalau sering – sering melaksanakan hal tersebut, kakinya juga bisa hancur.


Karena jalanan akan menjadi terasa panas jika suda terpampang sinar matahari lama-lama, maka si pemilik kuda pun akan merasa kasihan kepada si kuda. Maka kuda tersebutpun balasannya diberikan sepatu. Itulah salah satu kegunaan tapal kuda ini.


Eh tapi kalau bener alasannya biar kaki kudanya gak kepanasan, kan tapal kuda dibentuk dari metal juga. Ikutan panas dong. Gimana sik.


3. Biar Kedengeran Kalau Mau Lewat


Sebagai salah satu alat transportasi, keamanan dari mengendarai kuda juga perlu diperhatikan, baik untuk si pengendara, maupun untuk orang-orang yang berada di sekitarnya.


Nah salah satu cara menciptakan berkendara kuda ini menjadi lebih kondusif yakni dengan memasang tapal di kaki si kuda, supaya pada ketika ia lewat, orang – orang bisa pribadi mendengarnya dan menghindar semoga tidak tertabrak.


Bayangin deh kalau anda sedang ingin menyebrang jalan, awalnya anda kira jalanan dalam keadaan kosong karena tidak ada bunyi atau tanda – tanda dari kendaraan yang akan melintas, termasuk kuda salah satunya.


Nah sewaktu anda akan menyeberang, datang – tiba anda tidak melihat ternyata ada kuda yang lewat, apa yang akan terjadi kira-kira? Anda mungkin akan diserempet oleh kuda tersebet dan kecelakaan tidak akan bisa terhindarkan.


Alasan lainnya mengapa kuda dipakaikan sepatu yakni untuk memperlihatkan eksistensi atau keberadaannya kepada masyarakat. Seperti yang anda ketahui, alat transportasi yang menggunakan binatang kuda ibarat andong atau delman ini sudah sangat jarang atausulit ditemukan di zaman ibarat kini ini.


Dulunya, ketika alat transportasi ini sedang terkenal – populernya, si kusir menjual jasa si kuda. Kaprikornus supaya ‘jualannya’ laris, orang harus tau eksistensi dari kuda tersebut, bukan?


Dan tapal atau sepatu kuda inilah alternatif yang bisa digunakan oleh si pak kusir tersebut. Yah sama saja seperti tukang baso yang ngegebuk – gebukin mangkok supaya orang tau kalau ia ada disekitar mereka. Masih masuk logika kan guys alasan yang ketiga ini?


4. Biar Kaki Si Kuda Tetep Aman


Diharuskan untuk lari-lari kecil setiap hari di jalanan, kaki si kuda bisa cedera sewaktu-waktu. Bayangin kalau setelah ada peristiwa kecelakaan yang terjadi di jalan dan banyak belahan kaca yang awut-awutan di sana, kalau si kuda tidak pakai sepatu, nanti kakinya bisa terkena kaca dan alhasil ia tidak akan bisa lari-lari kecil lagi.


Selain keempat alasan yang sudah disebutkan tadi, alasan lain mengapa kuda harus menggunakan sepatu yakni alasannya yakni ternyata dengan menggunakan sepatu besi tersebut, kuda bisa berlari lebih cepat.


Jadi, sepatu kuda sama fungsinya ibarat sepatu yang anda gunakan, yaitu untuk melindungi kaki. Tentu saja tidak semua kuda menggunakan sepatu besi. Hanya kuda-kuda yang dipelihara atau dirawat saja yang menggunakan sepatu khusus kuda itu.


Model Terbaru Sepatu Kuda


 merupakan salah satu jenis binatang yang diyakini sudah menjadi √ Wah, Ternyata Inilah Alasan Mengapa Kuda Memakai Sepatu


Di beberapa negara yang ada di dunia, kuda menjadi salah satu binatang yang digunakan untuk membantu mencari nafkah. Sebagai binatang yang dipekerjakan tentu saja kesehatan kuda harus diperhatikan. Kalau tidak, gimana mereka bisa mencari nafkah? 


Anda niscaya sudah tahu kan kalau kuda harus menggunakan sepatu yang biasa disebut dengan tapal kuda? Umumnya sepatu kuda ini terbuat dari besi. Tapi baru-baru ini seorang desainer berhasil menciptakan sepatu khusus dengan model yang berbeda untuk kuda semoga bisa lebih kondusif digunakan pada ketika mereka berlari.


Charly Forstner, yang merupakan orang yang telah menciptakan sepatu lari yang diperuntukan untuk kuda ini menyampaikan bahwa alasannya menciptakan model terbaru ini yakni alasannya yakni ia merasa prihatin dengan kondisi kuda selama ini.


Menurut penelitian yang ia lakukan, sekitar 50% kuda yang diistirahatkan dari tugasnya selalu terkena duduk perkara dengan kuku dan kaki mereka akhir penggunaan tapal kuda dan paku yang terlalu sering.


Karena alasan itulah ia balasannya memunculkan inspirasi untuk menciptakan sepatu lari khusus kuda yang diberi nama Megasus Horserunners. Sepatu yang ia buat ini menggunakan sistem jepit dengan maksud untuk tetap menjaga kenyamanan si kuda dan juga semoga si kuda tetap dalam keadaan aman.


“Produk unik ini memperlihatkan banyak keunggulan dibandingkan dengan sepatu kuda yang terbuat dari besi biasa. Selain lebih ringan dan punya ketahanan yang tinggi, sepatu ini tidak perlu menggunakan paku yang bisa menyakiti kaki kuda,” kata Forstner.


Setelah uji coba, sepatu ini ternyata bisa bertahan di aneka macam kondisi ibarat jalanan berair, berlumpur hingga rerumputan. Sepatu ini juga mempunyai kekuatan jepit yang luar biasa alasannya yakni menggunakan perekat super lengket. Tapi tetap bisa dilepaskan dengan mudah.


Terlepas dari bagaimana pun model sepatu yang diciptakan untuk kuda ini, yang terpenting yakni semua perjuangan tersebut dilakukan untuk tujuan yang sama, yaitu diperuntukkan untuk membantu dan melindungi si kuda. Benar tidak? Sekarang anda sudah tidak bertanya-tanya lagi kan apa alasan mengapa kuda harus mengenakan sepatu? 


Nah, alasannya yakni anda sudah tahu alasannya, maka berakhir sudah klarifikasi di dalam artikel ini. Semoga informasi yang tadi disampaikan bisa menambah pengetahuan atau wawasan anda ya guys.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon