Monday, February 13, 2017

√ Aktivitas Pembelajaran Individu (Ppi) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar

PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU ( PPI )

1.    Identitas siswa
·         Nama              : Andi
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 7 tahun
·         Jenis Kesulitan : Tunagrahita sedang


·         Nama              : Soraya
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 6 tahun
·         Jenis Kesulitan : Tunagrahita Sedang

2.    Kekuatan dan lemahan
Kekuatannya dan kelamahan:  mampu diajak berkomunikasi. Namun, kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis, membaca, dan berhitung. Tetapi, dikala ditanya siapa nama dan alamat rumah akan dengan terang dijawab. Mereka juga sanggup berguru namun dengan sedikit pengawasan. Begitu pula dengan proteksi diri dari bahya. Sedikit perhatian dan pengawasan diperlukan untuk perkembangan mental dan sosial.

3.    Standar Kompentensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi      :
1.    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20
Kompetensi Dasar
1.3   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20

4.    Indikator
·         Menjumlahkan bilangan 1 hingga 5
·         Mengurangkan bilangan 1 hingga 5

5.    Tujuan pembelajaran
Dengan  memakai media-media yang sudah di siapkan oleh guru :
·         Siswa bisa menjumlahkan bilangan 1-5 dengan benar.
·         Siswa bisa mengurangkan bilangan 1 -5 dengan benar.

6.    Strategi pembelajaran ( materi, media, tempat, waktu, evaluasi, dll )
Strategi :
Kegiatan Awal :
·         Guru mengkondisikan kelas semoga terasa nyaman.


·         guru memperlihatkan motivasi kepada siswa dengan bernyanyi lagu berhitung.
1 bentuknya tongkat.
2 bentuknya angsa.
3 bentuknya telinga
4 bentuknya kursi


            Kegiatan Inti
·         Guru mengenalkan angka 1,2,3,4, dst dengan menggunakan  angka-angka yang terbuat dari kayu, dalam setiap angka diberikan tutup botol . Misalnya angka 1 diberikan 1 tutup botol , angka 2 diberikan 2 tutup botol, dst.
·         Guru membantu siswa untuk melafalkan angka 1-5.
·         Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlahan ( + ) dan pengurangan (-)
·         Guru memperlihatkan 5 tutup botol kepada siswa.
·         Guru memperlihatkan tumpuan menjumlahkan bilangan 1-5 dengan pertolongan tutup botol. Setelah menerima hasil dari penjumlahan guru memperlihatkan lambang angka-angka pada hasil bilangan yang didapat.
·         Siswa mengikuti menyerupai guru.
·         Setelah siswa paham dengan operasi penjumlahan guru mengenalkan perihal operasi pengurangan dengan cara yang sama memakai tutup botol.
Kegiatan Penutup :
·         Guru memperlihatkan soal evaluasi
·         Guru bersama siswa merangkum pembelajaran.
·         Tindak lanjut
Kegiatan alternatif :
·         Guru bisa memakai media-media lain untuk membantu siswa berhitung selain dengan memakai tutup botol menyerupai batu, kelereng dan sebagainya.

materi       : penjumlahan bilangan, pengurangan bilangan.

Media        :
1.     tutup botol, kelereng, dan batu,
2.    Angka-angka yang terbuat dari kayu ( plastik )

Tempat     : Ruangan Kelas

Waktu       : 2 x seminggu





Evaluasi   :
Isilah titik-titik dibawah ini dengan sempurna :


1.       kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar   +             kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar =  

2.       kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar  -       kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar            =  
3.       kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar     + kelemahannya tidak begitu jago dalam menulis √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar          =
4.      5 – 4     =
5.      4 + 3   =




7.    Siapa yang melaksanakan :
·         Wali kelas atau guru pembantu.


























Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)