Monday, February 13, 2017

√ Aktivitas Pembelajaran Individu (Ppi) Anak Tunarungu Sekolah Dasar

PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU
1.    Identitas Siswa
·         Nama              : Mukhsin
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 7 tahun
·         Jenis Kesulitan : Tunarungu


·         Nama              : Andika
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 7 tahun
·         Jenis Kesulitan : Tunarungu

2.    Kekuatan dan kelemahan
Kekuatan         : Masih bisa Melihat, berbicara.
Kelemahan      : Kehilangan pendengaran antara 20-30 dB ( slight Losses).
3.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi :
1.    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20.
Kompetensi Dasar
1.3.                Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20

4.    Indikator
·         Menjumlahkan bilangan 1 hingga 5
·         Mengurangkan bilangan 1 hingga 5
5.    Tujuan Pembelajaran
Dengan memakai media-media yang sudah disiapkan oleh guru :
·         Siswa bisa menjumlahkan bilangan 1 hingga 5 dengan benar.
·         Siswa bisa mengurangkan bilangan 1 hingga 5 dengan benar.

6.    Strategi Pembelajaran ( materi, media, tempat, waktu, evaluasi,dll)
Strategi :
Kegiatan Awal :
·         Guru mengkondisikan kelas supaya terasa nyaman.
·         Guru menawarkan motivasi kepada siswa dengan bernyanyi lagu berhitung dengan bentuk bibir yang sesuai supaya siswa bisa membaca bibir guru.
1 bentuknya tongkat
2 bentuknya angsa
3 bentuknya telinga
4 bentuknya kursi


      Kegiatan Inti :
·         Guru mengenalkan angka 1,2,3,4 dan 5 dengan memakai angka-angka yang terbuat dari kayu, dalam setiap angka diberikan tutup botol, contohnya angka 1 diberikan 1 tutup botol, angka 2 diberikan 2 tutup botol, dst.
·         Guru membantu melafalkan angka 1-5 dengan mendekati siswa dan dengan gerakan bibir yang sesuai.
·         Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlahan ( + ) dan pengurangan (-) yang terbuat dari kayu dengan gerakan bibir yang sempurna dikala mengucapkan kata-kata supaya gampang dipahami siswa dan dengan memakai gerakan tangan yang sesuai.
·         Guru menawarkan 5 tutup botol kepada siswa.
·         Guru menawarkan pola menjumlahkan bilangan 1-5 dengan proteksi tutup botol.
Setelah menerima hasil dari penjumlahan guru memperlihatkan lambang angka-angka pada hasil bilangan yang didapat.
Siswa mengikuti menyerupai guru.
·         Setelah siswa paham dengan operasi penjumlahan guru mengenalkan ihwal operasi pengurangan dengan cara yang sama memakai tutup botol.
Kegiatan Penutup :
·         Guru menawarkan soal evaluasi
·         Guru bersama siswa merangkum pembelajaran
·         Tindak lanjut.
Kegiatan Alternatif :
·         Guru bisa memakai media-media lain untuk membantu siswa berhitung selain dengan memakai tutup botol menyerupai batu, kelereng dan sebagainya.
Materi : Penjumlahan dan pengurangan bilangan
Media  :
1.    Tutup botol, kelereng, dan batu.
2.    Angka-angka yang terbuat dari kayu ( Plastik )
Tempat : Ruangan Kelas
Waktu : 2 x seminggu






EVALUASI     :
Isilah titik-titik dibawah ini dengan sempurna :


1.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah DasarMelakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah Dasar   +            Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah DasarMelakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah Dasar =  

2.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah DasarMelakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah DasarMelakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah DasarMelakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah Dasar  -      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah Dasar            =  
3.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah DasarMelakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah DasarMelakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah DasarMelakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah Dasar     +Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga  √ Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah Dasar          =
4.      5 – 4     =
5.      4 + 3   =


Siapa yang Melakukan   :
Wali Kelas, atau guru pembantu.




Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)