PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU
1. Identitas Siswa
· Nama : Mukhsin
· Kelas : 1 SD
· Usia : 7 tahun
· Jenis Kesulitan : Tunarungu
· Nama : Andika
· Kelas : 1 SD
· Usia : 7 tahun
· Jenis Kesulitan : Tunarungu
2. Kekuatan dan kelemahan
Kekuatan : Masih bisa Melihat, berbicara.
Kelemahan : Kehilangan pendengaran antara 20-30 dB ( slight Losses).
3. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi :
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20.
Kompetensi Dasar
1.3. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20
4. Indikator
· Menjumlahkan bilangan 1 hingga 5
· Mengurangkan bilangan 1 hingga 5
5. Tujuan Pembelajaran
Dengan memakai media-media yang sudah disiapkan oleh guru :
· Siswa bisa menjumlahkan bilangan 1 hingga 5 dengan benar.
· Siswa bisa mengurangkan bilangan 1 hingga 5 dengan benar.
6. Strategi Pembelajaran ( materi, media, tempat, waktu, evaluasi,dll)
Strategi :
Kegiatan Awal :
· Guru mengkondisikan kelas supaya terasa nyaman.
· Guru menawarkan motivasi kepada siswa dengan bernyanyi lagu berhitung dengan bentuk bibir yang sesuai supaya siswa bisa membaca bibir guru.
1 bentuknya tongkat
2 bentuknya angsa
3 bentuknya telinga
4 bentuknya kursi
Kegiatan Inti :
· Guru mengenalkan angka 1,2,3,4 dan 5 dengan memakai angka-angka yang terbuat dari kayu, dalam setiap angka diberikan tutup botol, contohnya angka 1 diberikan 1 tutup botol, angka 2 diberikan 2 tutup botol, dst.
· Guru membantu melafalkan angka 1-5 dengan mendekati siswa dan dengan gerakan bibir yang sesuai.
· Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlahan ( + ) dan pengurangan (-) yang terbuat dari kayu dengan gerakan bibir yang sempurna dikala mengucapkan kata-kata supaya gampang dipahami siswa dan dengan memakai gerakan tangan yang sesuai.
· Guru menawarkan 5 tutup botol kepada siswa.
· Guru menawarkan pola menjumlahkan bilangan 1-5 dengan proteksi tutup botol.
Setelah menerima hasil dari penjumlahan guru memperlihatkan lambang angka-angka pada hasil bilangan yang didapat.
Siswa mengikuti menyerupai guru.
· Setelah siswa paham dengan operasi penjumlahan guru mengenalkan ihwal operasi pengurangan dengan cara yang sama memakai tutup botol.
Kegiatan Penutup :
· Guru menawarkan soal evaluasi
· Guru bersama siswa merangkum pembelajaran
· Tindak lanjut.
Kegiatan Alternatif :
· Guru bisa memakai media-media lain untuk membantu siswa berhitung selain dengan memakai tutup botol menyerupai batu, kelereng dan sebagainya.
Materi : Penjumlahan dan pengurangan bilangan
Media :
1. Tutup botol, kelereng, dan batu.
2. Angka-angka yang terbuat dari kayu ( Plastik )
Tempat : Ruangan Kelas
Waktu : 2 x seminggu
EVALUASI :
Isilah titik-titik dibawah ini dengan sempurna :
1. 



+ 
=







2. 





-
=








3. 





+
=








4. 5 – 4 =
5. 4 + 3 =
Siapa yang Melakukan :
Wali Kelas, atau guru pembantu.
Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com
EmoticonEmoticon