Program Pembelajaran Individu
1. Identitas siswa
· Nama : Amir Atunnas
· Kelas : 1 SD
· Usia : 8 tahun
· Jenis kesulitan : Buta Total ( Totally Blind
2. Kekuatan dan Kelemahan
Kekuatan : masih bisa mendengar, dan memakai tangan untuk meraba benda-benda yang ada.
Kelemahan : Tidak bisa melihat media ataupun huruf-huruf, angka-angka dalam pembelajaran.
3. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standa Kompetensi :
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20
Kompetensi Dasar :
1.3. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20
4. Indikator
· Menjumlahkan bilangan 1 hingga 5
· Mengurangkan bilangan 1 hingga 5
5. Tujuan Pembelajaran
Dengan memakai media-media yang sudah disiapkan oleh guru :
· Siswa bisa menjumlahkan bilangan 1-5 dengan benar.
· Siswa bisa mengurangkan bilangan hingga 1-5 dengan benar.
6. Strategi Pembelajaran ( Materi, Media, tempat, waktu, evaluasi, dll )
Strategi :
Kegiatan Awal :
· Guru mengkondisikan kelas semoga terasa nyaman.
· Guru menawarkan motivasi kepada siswa dengan bernyanyi lagu berhitung.
1 bentuknya tongkat.
2 bentuknya angsa
3 bentuknya telinga
4 bentuknya kursi
Kegiatan Inti :
· Guru mengenalkan angka-angka 1,2,3,4, dan 5 dengan memakai angka-angka yang terbuat dari kayu.
· Guru meminta siswa untuk meraba angka-angka yang terbuat dari kayu tersebut.
· Guru membantu siswa melafalkan angka 1-5.
· Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlaha (+) da pengurangan (-) dengan lambang yang terbuat dari kayu.
· Guru memberika 5 tutup botol kepada siswa.
· Guru meminta siswa meraba tutup botol.
· Guru menawarkan pola menjumlahkan bilangan 1-5 dengan sumbangan tutup botol.
Misalnya :
Guru memasukkan 2 tutup botol ke dalam kantong plastik ( daerah penyimpanan lain ). Kemudian siswa meraba tutup-tutup botol yang ada dalam plastik tersebut. Kemudia guru menambahkan lagi 2 tutup botol tersebut. Kemudian siswa meraba tutup-tutup botol tersebut apakah tutup botol bertambah banyak atau berkurang. Kalau bertambah maka itu penjumlahan, dan jikalau berkurang maka dikatakan pengurangan. Guru meminta siswa menghitung jumlah botol-botol yang ada dalam plastik sehabis dilakukan penjumlahan dan pengurangan.
Kegiatan Penutup :
· Guru menawarkan soal penilaian dalam bentuk bunyi atau dengan memakai bunyi yang sudah direkam, ataupun dalam bentuk media.
· Guru bersama siswa merangkum pembelajaran.
· Tindak lanjut.
Kegiatan alternatif :
· Guru bisa memakai media-media lain untuk membantu siswa berhitung selain dengan memakai tutup botol menyerupai batu, kelereng, dan sebagainya.
Materi Pembelajaran : penjumlahan dan Pengurangan bilangan.
Tempat : Di ruangan kelas
Waktu : 2 x seminggu
Evaluasi :
Jawablah soal berikut ini :
1. Saya memasukkan 2 tutup botol ke dalam kantong plastik. Kemudian saya menambahkannya lagi 2 tutup botol ke dalam kantong plastik. Jumlah tutup-tutup botol dalam kantong plastik saya ialah ?
2. Saya memiliki 4 kelereng yang telah saya simpan di dalam saku baju. Kemudian saya mengambil 1 kelereng yang ada dalam kantong plastik. Berapakah sisa kelereng yang ada dalam kantong plastik saya kini ?
3. 3 buah jeruk ditambah 2 jeruk adalah....
4. 3 buah jeruk dikurang 2 jeruk adalah...
5. 2 apel ditambah 3 apel adalah...
Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com
EmoticonEmoticon