Tuesday, February 14, 2017

√ Aktivitas Pembelajaran Individu (Ppi ) Inklusi Sd

Program Pembelajaran Individu
1.    Identitas siswa
·         Nama              : Amir Atunnas
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 8 tahun
·         Jenis kesulitan : Buta Total ( Totally Blind
2.    Kekuatan dan Kelemahan
Kekuatan   : masih bisa mendengar, dan memakai tangan untuk meraba benda-benda yang ada.
Kelemahan : Tidak bisa melihat media ataupun huruf-huruf, angka-angka dalam pembelajaran.

3.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standa Kompetensi :
1.    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20
Kompetensi Dasar :
1.3.        Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 20

4.    Indikator
·         Menjumlahkan bilangan 1 hingga 5
·         Mengurangkan bilangan 1 hingga 5

5.    Tujuan Pembelajaran
Dengan memakai media-media yang sudah disiapkan oleh guru :
·         Siswa bisa menjumlahkan bilangan 1-5 dengan benar.
·         Siswa bisa mengurangkan bilangan hingga 1-5 dengan benar.

6.    Strategi Pembelajaran ( Materi, Media, tempat, waktu, evaluasi, dll )
Strategi :
Kegiatan Awal :
·         Guru mengkondisikan kelas semoga terasa nyaman.
·         Guru menawarkan motivasi kepada siswa dengan bernyanyi lagu berhitung.
1 bentuknya tongkat.
2 bentuknya angsa
3 bentuknya telinga
4 bentuknya kursi
            Kegiatan Inti :
·         Guru mengenalkan angka-angka 1,2,3,4, dan 5 dengan memakai angka-angka yang terbuat dari kayu.
·         Guru meminta siswa untuk meraba angka-angka yang terbuat dari kayu tersebut.
·         Guru membantu siswa melafalkan angka 1-5.
·         Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlaha (+) da pengurangan (-) dengan lambang yang terbuat dari kayu.
·         Guru memberika 5 tutup botol kepada siswa.
·         Guru meminta siswa meraba tutup botol.
·         Guru menawarkan pola menjumlahkan bilangan 1-5 dengan sumbangan tutup botol.
Misalnya :
Guru memasukkan 2 tutup botol ke dalam kantong plastik  ( daerah penyimpanan lain ). Kemudian siswa meraba tutup-tutup botol yang ada dalam plastik tersebut. Kemudia guru menambahkan lagi 2 tutup botol tersebut. Kemudian siswa meraba tutup-tutup botol tersebut apakah tutup botol bertambah banyak atau berkurang. Kalau bertambah maka itu penjumlahan, dan jikalau berkurang maka dikatakan pengurangan. Guru meminta siswa menghitung jumlah botol-botol yang ada dalam plastik sehabis dilakukan penjumlahan dan pengurangan.
Kegiatan Penutup :
·         Guru menawarkan soal penilaian dalam bentuk bunyi atau dengan memakai bunyi yang sudah direkam, ataupun dalam bentuk media.
·         Guru bersama siswa merangkum pembelajaran.
·         Tindak lanjut.
Kegiatan alternatif :
·         Guru bisa memakai media-media lain untuk membantu siswa berhitung selain dengan memakai tutup botol menyerupai batu, kelereng, dan sebagainya.
Materi Pembelajaran  : penjumlahan dan Pengurangan bilangan.
Tempat            : Di ruangan kelas
Waktu              : 2 x seminggu
Evaluasi          :
Jawablah soal berikut ini :
1.    Saya memasukkan 2 tutup botol ke dalam kantong plastik. Kemudian saya menambahkannya lagi 2 tutup botol ke dalam kantong plastik. Jumlah tutup-tutup botol dalam kantong plastik saya ialah ?
2.    Saya memiliki 4 kelereng yang telah saya simpan di dalam saku baju. Kemudian saya mengambil 1 kelereng yang ada dalam kantong plastik. Berapakah sisa kelereng yang ada dalam kantong plastik saya kini ?
3.    3 buah jeruk ditambah 2 jeruk adalah....
4.    3 buah jeruk dikurang 2 jeruk adalah...

5.    2 apel ditambah 3 apel adalah...

Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)