Friday, February 10, 2017

√ Download Kisi-Kisi Pat/Ukk Ipa Mts Kelas 7 T.P. 2018/2019 Tahun 2019


Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak usang lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian tamat di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan penilaian untuk semua penerima didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah penilaian yang bekerjasama dengan kenaikan kelas, maka para penerima didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.



Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan mengembangkan Kisi-Kisi PAT MTs IPA Kelas 7 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini sanggup meningkatkan prestasi para penerima didik di kelas. Selamat Belajar!

KOMPETENSI DASAR
  • 3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat selsampai organisme dan komposisiutama penyusun sel
  • 4.6 Membuat model struktur seltumbuhan/hewan
  • 3.7   Menganalisis interaksi antaramakhluk hidup dan lingkungannyaserta dinamika populasi akibatinteraksi tersebut
  • 4.7   Menyajikan hasil pengamatanterhadap interaksi makhluk hidupdengan lingkungan sekitarnya
  • 3.8   Menganalisis terjadinya pencemaranlingkungan dan dampaknya bagiekosistem
  • 4.8   Membuat goresan pena wacana gagasanpenyelesaian  masalahpencemaran di lingkungannyaberdasarkan hasil pengamatan
  • 3.9  Menganalisis perubahan iklim dandampaknya bagi ekosistem
  • 4.9  Membuat goresan pena wacana gagasanadaptasi/penanggulanganmasalah perubahan iklim
  • 3.10  Menjelaskan lapisan bumi, gunungapi, gempa bumi, dan tindakanpengurangan resiko sebelum, padasaat, dan pasca peristiwa sesuaiancaman peristiwa di daerahnya
  • 4.10  Mengomunikasikan upayapengurangan resiko dan dampakbencana alam serta tindakanpenyelamatan diri pada saatterjadi peristiwa sesuai denganjenis bahaya peristiwa didaerahnya
  • 3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasidan revolusi bumi, rotasi dan revolusibulan, serta dampaknya bagikehidupan di bumi
  • 4.11 Menyajikan karya wacana dampakrotasi dan revolusi bumi danbulan bagi kehidupan di bumi,berdasarkan hasil pengamatanatau penelusuran berbagaisumber informasi
MATERI
  1. Sel
  2. Jaringan
  3. Organ
  4. Sistem Organ
  5. Komponen biotik dan abiotik
  6. Interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lain
  7. Interaksi dalam ekosistem
  8. Pola Interaksi insan mensugesti lingkungan
  9. Pencemaran Air
  10. Pencemaran Tanah
  11. Penanggulangan Pencemaran
  12. Efek rumah kaca
  13. Penyebab pemanasan global
  14. Dampak pemanasan global
  15. Usaha menanggulangi  pemanasan global
  16. Atmosfer
  17. Litosfer
  18. Hidrosfer
  19. Gempa Bumi
  20. Gunung Berapi
  21. Tindakan Pengurangan Resiko Bencana
  22. Sistem Tata Surya
  23. Rotasi dan Revolusi Bumi
  24. Rotasi dan Revolusi Bulan
  25. Gerhana
INDIKATOR SOAL
  1. Disajikan komponen organisme, penerima didik sanggup memperlihatkan komponen organisme dari tingkat terkecil hingga organisme secara berurutan. 
  2. Disajikan gambar bagian-bagian sel tumbuhan, penerima didik sanggup memperlihatkan cuilan sel yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.
  3. Disajikan jenis-jenis jaringan, penerima didik sanggup membedakan jaringan yang dimiliki oleh binatang dan flora dengan benar.
  4. Disajikan tabel wacana jenis dan fungsi jaringan pada tumbuhan, penerima didik sanggup memilih pasangan jenis jaringan serta fungsinya dengan benar.
  5. Disajikan kelompok organ, penerima didik sanggup memilih organ-organ yang berperan dalam sistem pernapasan.
  6. Disajikan gambar sistem organ, penerima didik sanggup memperlihatkan jenis sistem organ dengan benar.
  7. Disajikan gambar ekosistem akuarium, penerima didik sanggup memperlihatkan kelompok komponen biotik dalam ekosistem tersebut.
  8. Disajikan beberapa interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan, penerima didik sanggup memilih interaksi yang merupakan ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik.
  9. Disajikan sketsa jaring-jaring makanan, penerima didik sanggup menganalisis akhir yang terjadi jikalau salah satu makhluk hidup pada rangkaian tersebut mengalami penurunan populasi.
  10. Disajikan beberapa jenis makhluk hidup, penerima didik sanggup menciptakan diagram jaring-jaring masakan dari interaksi antara makhluk hidup tersebut.
  11. Disajikan  gambar ekosistem laut, penerima didik sanggup memilih komponen ekosistem yang merupakan populasi.
  12. Disajikan gambar piramida makanan, penerima didik sanggup memilih komponen yang mempunyai jumlah energi terbesar  pada piramida masakan tersebut.
  13. Disajikan beberapa pola kehidupan bersama organisme, penerima didik sanggup memperlihatkan pola simbiosis parasitisme.
  14. Disajikan informasi singkat wacana flagellata, penerima didik sanggup menjelaskan pola interaksi antara binatang rayap dan flagellata.
  15. Disajikan beberapa acara manusia, penerima didik sanggup memilih upaya insan melestarikan keanekaragaman  makhluk hidup dengan benar.
  16. Disajikan fakta penyebab pencemaran air, penerima didik sanggup menjelaskan upaya mengatasi pencemaran air tersebut.
  17. Disajikan fakta pencemaran air oleh bakteri, penerima didik sanggup menjelaskan dampak dari tercemarnya air sungai oleh basil E. sdfdf.
  18. Disajikan informasi wacana pencemaran udara, penerima didik sanggup memperlihatkan acara alam yang sanggup menimbulkan pencemaran udara.
  19. Disajikan pernyataan dampak pencemaran lingkungan, penerima didik sanggup menjelaskan dampak dari pencemaran tanah.
  20. Disajikan fenomena pencemaran tanah oleh minyak bumi, penerima didik sanggup memilih cara penanggulangannya.
  21. Peserta didik memperlihatkan pola penanggulangan limbah rumah tangga melalui 4R, Reuse, Recycle, Reduce, dan Repair.
  22. Disajikan beberapa pernyataan, penerima didik sanggup memilih laba yang ditimbulkan oleh dampak rumah beling dengan benar.
  23. Disajikan beberapa jenis gas, penerima didik sanggup memperlihatkan kelompok gas rumah beling dengan benar.
  24. Disajikan beberapa acara yang sanggup menimbulkan pemanasan global, penerima didik sanggup memilih acara yang sanggup meningkatkan kadar CO2di udara.
  25. Peserta didik sanggup menuliskan4 dampak pemanasan global dengan benar.
  26. Peserta didik sanggup memperlihatkan upaya menanggulangi pemanasan global dengan benar.
  27. Disajikan beberapa jenis gas, penerima didik sanggup memperlihatkan gas terbesar penyusun atmosfer bumi dengan benar
  28. Disajikan beberapa lapisan atmosfer, penerima didik sanggup memperlihatkan lapisan atmosfer yang melindungi bumi dari meteor.
  29. Disajikan lapisan-lapisan litosfer, penerima didik sanggup mengurutkan lapisan litorsfer dari dalam hingga permukaan bumi
  30. Disajikan beberapa jenis awan, penerima didik sanggup memperlihatkan jenis awan yang memungkinkan terjadinya hujan.
  31. Disajikan informasi wacana gempa bumi, penerima didik sanggup memilih gempa bumi yang berakibat pada terjadinya Tsunami.
  32. Disajikan informasi wacana insiden peristiwa Tsunami Selat Sunda, penerima didik sanggup menjelaskan penyebab terjadinya Tsunami pada insiden tersebut.
  33. Disajikan beberapa tindakan pengurangan resiko terhadap bencana, penerima didik sanggup memilih tindakan pengurangan resiko sebelum peristiwa terjadi.
  34. Disajikan nama planet-planet. Peserta didik sanggup mengurutkan planet yang jaraknya terdekat dengan matahari.
  35. Disajikan ciri-ciri benda langit. Peserta didik sanggup menganalisa ciri-ciri yang sesuai dengan karakteristi asteroid.
  36. Disajikan beberapa pernyataan. Peserta didik sanggup memilih pernyataan yang sesuai dengan pengertian Rotasi Bumi.
  37. Peserta didik sanggup menuliskan 4 dampak revolusi bumi dengan benar.
  38. Disajikan beberapa jenis naiknya permukaan laut, penerima didik sanggup memilih jenis pasang surut.
  39. Disajikan gambar bulan terhadap matahari. Peserta didik sanggup menganalisis posisi bulan dikala terjadi gerhana bulan sebagian.
  40. Peserta didik sanggup menciptakan skema gerhana matahari dan gerhana bulan;
  • a. mengurutkan posisi matahari, bumi, dan bulan sesuai jenis gerhana.
  • b. menggambarkan jalannya sinar matahari.
  • c. menggambarkan terbentuknya bayangan bulan di bumi dan bayangan bumi di bulan.
Untuk mendapat file Kisi-Kisi PAT IPA MTs Kelas 7 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 silahkan sanggup melalui tampilan preview di bawah ini atau sanggup juga d0wnl0ad DISINI.

Untuk Uji Coba Online Soal PAT IPA SMP/MTs sanggup klik DISINI.


Demikian ulasan wacana Kisi-kisi PAT IPA MTs Kelas 7 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan biar bermanfaat.

BACA JUGA:




Sumber http://pabaiq.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)