Thursday, February 9, 2017

√ Download Kisi-Kisi Pat/Ukk Ips Mts Kelas 7 T.P. 2018/2019 Tahun 2019


Bismillah....
Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak usang lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian selesai di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan penilaian untuk semua penerima didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah penilaian yang berafiliasi dengan kenaikan kelas, maka para penerima didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.




Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan menyebarkan Kisi-Kisi PAT IPS MTs Kelas 7 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini sanggup meningkatkan prestasi para penerima didik di kelas. Selamat Belajar!

Kompetensi Inti

3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata

Kompetensi dasar
  • 3.3Menganalisiskonsep interaksi antaramanusia dengan ruangsehingga menghasilkanberbagai kegiatanekonomi (produksi,distribusi, konsumsi,penawaran permintaan)dan interaksi antarruanguntuk keberlangsungankehidupan ekonomi,sosial, dan budayaIndonesia.
  • 3.4Memahami berpikirkronologi, perubahandan kesinambungandalam kehidupan bangsaIndonesia pada aspekpolitik, sosial, budaya,geografis, dan pendidikansejak masa praaksarasampai masa Hindu-Buddha, dan Islam
Materi
  1. Kelangkaan dan kebutuhan manusia
  2. Kegiatan Ekonomi.
  3. Permintaan, penawaran, pasar dan harga
  4. Peran iptek dalam acara ekonomi
  5. Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
  6. Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan- penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia
  7. Kehidupan insan pada masa praaksara
  8. Kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Buddha
  9. Kehidupan masyarakat pada masa Islam.
Indikator
  1. Peserta didik sanggup menjelaskan konsep insan sebagai mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri-sendiri.
  2. Peserta didik sanggup menjelaskan istilah kebutuhan insan yang tidak terbatas dibandingkan dengan alat pemuas kebutuhan atau sumber daya yang terbatas.
  3. Peserta didik sanggup mengidentifikasi macam-macam kebutuhan berdasarkan intensitas/ tingkatannya.
  4. Disajikan tabel, penerima didik sanggup mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kebutuhan.
  5. Disajikan gambar, penerima didik sanggup mengambarkan jenis barang yang saling melengkapi dengan barang lainnya sehingga barang tersebut sanggup berfungsi.. 
  6. Disajikan pernyataan, penerima didik sanggup menawarkan referensi bentuk motif ekonomi untuk berbuat sosial. (HOTS)
  7. Peserta didik sanggup mengidentifikasi bentuk penerapan prinsip ekonomi dalam acara produksi.
  8. Disajikan gambar, penerima didik sanggup mengambarkan bentuk nilai guna barang yang berbeda satu sama lainnya.
  9. Peserta didik sanggup menjelaskan perihal pembagian faktor produksi tenaga kerja dalam proses produksi.
  10. Peserta didik sanggup menjelaskan cara menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen melalui pedagang perantara.
  11. Peserta didik sanggup menjelaskam istilah acara memakai, menggunakan dan menghabiskan kegunaan barang baik secara eksklusif atau bertahap.
  12. Peserta didik sanggup mengidentifikasi bentuk acara ekonomi yang dilakukan oleh rumah tangga negara.
  13. Disajikan tabel, penerima didik sanggup megidentifikasi aneka macam faktor yang sanggup mempengaruhi permintaan. (HOTS)
  14. Disajikan kurva, penerima didik sanggup mengidentifikasi jenis kurva yang menggambarkan sifat korelasi antara jumlah undangan barang/ jasa dengan harga.
  15. Peserta didik sanggup menciptakan grafik penawaran dari tabel harga dan jumlah penawaran dari jenis barang tertentu. (HOTS)
  16. Disajikan gambar, penerima didik sanggup menjelaskan wujud pasar yang dalam prosesnya penjual dan pembeli tidak bertemu secara eksklusif tetapi transaksi dilakukan melalui media elektronik.
  17. Peserta didik sanggup menjelaskan fungsi pasar sebagai tempat mewujudkan janji harga antara penjual dan pembeli.
  18. Peserta didik sanggup menjelaskan bentuk pasar berdasarkan luas jaringan distribusi yang dilakukan.
  19. Peserta didik sanggup mengidentifikasi aneka macam pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan pembeli yang sama-sama telah mengetahui situasi pasar. 
  20. Disajikan pernyataan, penerima didik sanggup mengidentifikasi dampak positif iptek dalam acara ekonomi. (HOTS)
  21. Peserta didik sanggup menawarkan referensi tugas iptek dalam menunjang acara ekonomi.
  22. Peserta didik sanggup menawarkan referensi dikehidupan sehari-hari akhir negatif dari perkembangan iptek.
  23. Disajikan pernyataan, penerima didik sanggup mengidentifikasi ciri-ciri insan yang dikatakan kreatif.
  24. Peserta didik sanggup menjelaskan istilah insan yang mempunyai kemampuan melihat peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang diharapkan guna mengambil laba dan tindakan.
  25. Peserta didik sanggup menjelaskan ciri-ciri insan yang yang mempunyai jiwa wirausaha.
  26. Peserta didik sanggup menjelaskan aneka macam penyebab terjadinya kelangkaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas dengan kebutuhan yang tidak terbatas.
  27. Disajikan pernyataan, penerima didik sanggup mengidentifikasi peranan keterkaitan pasar dengan distribusi.
  28. Peserta didik sanggup mengidentifikasi masyarakat Indonesia meninggalkan masa pra aksara.
  29. Disajikan tabel, penerima didik sanggup mengidentifikasi peninggalan insan pra abjad pada masa megalithikum.
  30. Disajikan gambar, penerima didik sanggup menyebutkan peralatan atau perabotan insan pra abjad di zaman palaeolithikum.
  31. Peserta didik sanggup menjelaskan kehidupan budaya insan pra abjad pada masa bercocok tanam. (HOTS)
  32. Peserta didik sanggup menjelaskan nilai-nilai budaya yang berkembang pada masa pra abjad di Indonesia.
  33. Peserta didik sanggup menjelaskan teori masuknya kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia.
  34. Peserta didik sanggup mengidentifikasi dampak masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
  35. Peserta didik sanggup menawarkan referensi bentuk akulturasi kebudayaan antara Kebudayaan Hindu-Budhha dengan kebudayaan orisinil Indonesia. (HOTS)
  36. Peserta didik sanggup menyebutkan kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang ada di wilayah Jawa Barat.
  37. Disajikan peta, penerima didik sanggup mengidentifikasi kawasan kekuasaan Majapahit pada masa puncak kejayaannya.
  38. Peserta didik sanggup mengidentifikasi peninggalan sejarah dalam bentuk candi populer bercorak hindu di Indonesia
  39. Peserta didik sanggup menjelaskan beberapa pendapat perihal masukmya agama islam ke Indonesia yang terjadi mulai di kurun ke-7 masehi.
  40. Peserta didik sanggup menjelaskan bagaimana proses/ cara penyebaran agama Islam ke aneka macam tempat di kepulauan Indonesia. (HOTS)
  41. Peserta didik sanggup menjelaskan dampak Islam terhadap masyarakat di Indonesia di bidang sosial.
  42. Peserta didik sanggup menyebutkan peninggalan sejarah di bidang kebudayaan berupa arsitektur bangunan yang merupakan bentuk akulturasi dua kebudayaan ialah kebudayaan Hindu dan Islam.
  43. Peserta didik sanggup menyebutkan kerajaan/ kesultanan Islam yang pertama dan tertua berdiri di wilayah Indonesia.
  44. Disajikan peta, Peserta didik sanggup mengidentifikasi kerajaan/ kesultanan Islam yang ada di pulau Jawa.
  45. Disajikan pernyataan, penerima didik sanggup mengidentifikasi aneka macam peninggalan sejarah masa Islam di bidang karya sastra.
Untuk mendapat file Kisi-Kisi PAT IPS MTs Kelas 7 Tahun Pelajaran 2018/2019, silahkan bisa melalui tampilan preview di bawah ini atau boleh juga klik DISINI.



Demikian ulasan perihal Kisi-kisi PAT IPS MTs Kelas 7 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan supaya bermanfaat.

BACA JUGA:

Sumber http://pabaiq.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)