Bismillah...
Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN B. Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2006 atau KTSP Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!
Level Kognitif
Lingkup Materi : Membaca Nonsastra; Membaca Sastra; Menulis Terbatas; Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf; Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
Mengidentifikasi
Menentukan
Memaknai
Peserta didik dapat
Menyimpulkan
Menemukan ide
Menginterpretasikan
Menggunakan
Menyusun
Peserta didik dapat
Mengevaluasi
Membandingkan
Menanggapi
Merefleksi
Memvariasikan
Peserta didik dapat
Untuk mendapat File kisi-kisi USBN B. Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2006/KTSP Tahun 2019 TP. 2018/2019 selengkapnya, silahkan sanggup di lihat dan di d0wnl0ad melalui tampilan preview berikut ini:
Atau untuk mengunduh Kisi-Kisi USBN B. Indonesia SMP/MTs K-2006 Tahun 2019 boleh juga klik DISINI. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Sahabat baiq yang berbahagia. Musim berguru pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para akseptor didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menuntaskan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya ialah Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan kependekan USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya ialah dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, semoga proses berguru yang kita lakukan sanggup lebih efektif dan efisien.
BACA JUGA :
Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN B. Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2006 atau KTSP Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!
Level Kognitif
Lingkup Materi : Membaca Nonsastra; Membaca Sastra; Menulis Terbatas; Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf; Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
Mengidentifikasi
Menentukan
Memaknai
Peserta didik dapat
- menentukan makna kata/kalimat pada teks berita
- menentukan isi tersurat berita
- menentukan informasi dari tabel/ diagram
- menentukan hal-hal yang diteladani tokoh dalam teks biografi Peserta didik dapat
- menentukan makna kata dalam cerpen/cerita anak/drama/novel/puisi
- menggali informasi tersurat dalam cerpen/cerita anak/drama/novel/puisi
- menentukan unsur intrinsik dongeng anak/drama/novel
- melengkapi buku harian/ pengalaman eksklusif dengan kata Peserta didik dapat
- menentukan kesalahan penggunaan kata/kalimat pada teks petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas
- menentukan kesalahan penggunaan ejaan pada teks petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas
- menentukan kesalahan penggunaan tanda baca pada teks petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
Menyimpulkan
Menemukan ide
Menginterpretasikan
Menggunakan
Menyusun
Peserta didik dapat
- menentukan gagasan utama paragraf
- menggali informasi tersirat
- meringkas isi teks Peserta didik dapat
- menyimpulkan susila tokoh, latar, amanat dalam drama dan cerpen
- menyimpulkan lantaran atau akhir konflik dalam cerpen/cerita anak
- menggali informasi tersirat dalam cerpen/ dongeng anak/drama/novel/puisi
- melengkapi teks pengumuman
- menyusun urutan isi surat eksklusif atau dinas
- melengkapi pantun
- melengkapi puisi
- menggunakan kata dalam kalimat
- menggunakan kalimat dalam paragraf
- menggunakan ejaan pada teks petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
- menyusun dan melengkapi bab teks petunjuk melaksanakan sesuatu
- melengkapi resensi
- melengkapi laporan
- melengkapi surat dinas dan surat pribadi
- melengkapi slogan/poster
- menggunakan tanda baca pada teks petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
Mengevaluasi
Membandingkan
Menanggapi
Merefleksi
Memvariasikan
Peserta didik dapat
- membandingkan penggunaan bahasa dan teladan penyajian beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/kelemahan teks resensi
- menyimpulkan persoalan utama dari gosip yang bertopik sama
- mengomentari isi teks yang dibaca
- menentukan refleksi isi dongeng terkait dengan kehidupan anak
- menunjukkan bukti latar dan susila tokoh cerpen/cerita anak
- mengomentari unsur intrinsik karya sastra
- membuat sinopsis cerita
- memetakan isi dongeng Peserta didik dapat
- menilai banyak sekali teks (petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, surat eksklusif dan dinas, laporan, pengumuman, iklan, slogan/poster, puisi, dan pantun)
- mengubah tabel menjadi uraian
- mengubah teks wawancara menjadi narasi
- memvariasikan bab dongeng
- menulis banyak sekali teks sesuai dengan konteks (petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, surat eksklusif dan dinas, laporan, pengumuman, iklan, slogan/poster, puisi, dan pantun)
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata dan kalimat pada teks petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas
- menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan pada teks petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas,slogan, dan poster
- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca pada teks petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
- menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca pada teks petunjuk melaksanakan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas slogan, dan poster
Untuk mendapat File kisi-kisi USBN B. Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2006/KTSP Tahun 2019 TP. 2018/2019 selengkapnya, silahkan sanggup di lihat dan di d0wnl0ad melalui tampilan preview berikut ini:
Atau untuk mengunduh Kisi-Kisi USBN B. Indonesia SMP/MTs K-2006 Tahun 2019 boleh juga klik DISINI. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Sumber http://pabaiq.blogspot.com
EmoticonEmoticon