Monday, February 27, 2017

√ Kiprah Modul 1 Kb 1 Pjok Profesional Pertumbuhan, Perkembangan, Kematangan Dan Penuaan.


TUGAS MODUL 1 KB 1

Tugas :
  1. Jelaskanlah dengan rujukan apa yang dimaksud dengan; Pertumbuhan, Perkembangan, Kematangan dan penuaan. ( 25 %)
  2. Jelaskan dengan rujukan apa yang dimaksud dengan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) implementasinya dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. (25)
  3. Mengapa guru perlu mewadahi perkembangan anak untuk menyebarkan potensi yang ada padanya dalam medium PJOK? (25)
  4. Faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan sosial anak remaja? (25) 




Jawaban :

1.                  Pertumbuhan merupakan Perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah / fisik dan memperlihatkan kepada suatu fungsi tertentu yang gres dari organisme/ individu. Misalnya Seorang bayi yang mulai tumbuh gigi dan bertambahnya tinggi badan.
Perkembangan merupakan bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan sanggup diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Misalnya seorang bayi dari tengkurap menjadi bisa merangkak, dari merangkak menjadi berguru berjalan, sampai kesudahannya anak yang bisa tegap berjalan dan berlari.
Kematangan merupakan peningkatan atau kemajuan yang bersifat kualitatif dalam hal perkembangan biologis. Misalnya siklus menstruasi pada wanita yang merupakan penanda kematangan dari segi biologis.
Penuaan proses penurunan kualitas organik yang diakibatkan alasannya bertambah usia. Misalnya Penurunan fungsi penglihatan (rabun) pada orang tua, tanggalnya gigi, mengeriputnya kulit dan lain-lain.

2.                  Menurut Vygotsky, Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) ialah rangkaian kiprah yang terlalu sulit dikuasai anak seorang diri tetapi sanggup diipelajari dengan tunjangan dan bimbingan orang cerdik balig cukup akal atau belum dewasa yang terlatih. Implementasinya dalam acara pembelajaran PJOK  misal pada materi senam lantai roll depan dan belakang. Dalam acara pembelajaran tersebut ada sebagian penerima didik yang merasa dan beranggapan terlalu sulit untuk mereka lakukan jikalau seorang diri, dikarenakan faktor takut atau belum menguasai tekniknya. Kemudian dengan bimbingan pendidik dan sobat sejawat yang telah menguasai teknik roll depan dan belakang, anak tersebut menjadi bisa dan berani melaksanakan roll depan dan belakang.

3.                  Ada istilah bahwa setiap anak ialah istimewa, setiap individunya mempunyai kelebihan, kekuranga, keunikan, keistimewaan serta potensi tersendiri. Setiap Potensi yang dimiliki anak seorang pendidik perlu dan harus menjembataninya, alasannya jikalau dibiarkan begitu saja maka potensi tersebut akan hilang. Guru wajib menjadi wadah dalam pengembangan setiap potensi yang dimiliki anak dan mengarahkannya ke arah yang aktual dan bermanfaat demi membawa manfaat bagi anat itu sendiri, bukan malah sebaliknya jikalau tidak diarahkan akan salah dikembangkan oleh anak ke arah yang negatif. Selain itu juga, anak merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan usaha bangsa, jikalau setiap anak potensi yang dimiliki dibiarkan begitu saja, maka generasi penerus tidak akan bisa mengemban tugasnya sebagai penerus, malah sebaliknya akan menciptakan bangsa menjadi terpuruk.

4.                  Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak remaja antara lain ialah :
Keluarga, Keluarga merupakan lingkungan pertama dan yang paling lebih banyak didominasi anak remaja berada. Bimbingan orang renta dan kondisi di dalam keluarga sangat kuat pada psikologis anak yang juga memilih perkembangan sosial anak remaja.
Kematangan Anak, berkaitan dengan kematangan intelektual, emosiaonal kematangan fisik dan juga berbahasa, yang keseluhannya mempengaruhi anak remaja dalam bekehidupan sosial.
Status Sosial Ekonomi, hal ini berkaitan dengan penempatan diri remaja dalam kehidupan sosialnya.
Pendidikan, merupakan proses sosialisasi anak yang terarah. Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu yang normatif, akan menawarkan warna kehidupan sosial anak didalam masyarakat dan kehidupan mereka dimasa yang akan datang.
Kapasitas Mental, Emosi dan Intelegensi, Sikap saling pengertian dan kemampuan memahami orang lain merupakan modal utamadalam kehidupan sosial dan hal ini akan dengan gampang dicapai oleh remaja yang berkemampuan intelektual.




Sumber http://kompilasidata.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)