Thursday, February 2, 2017

√ Rpp Kelas Ii Tema Air, Bumi Dan Matahari

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan   :SD
Kelas/Semester       : II/2
Tema                     : Air, Bumi, dan Matahari
Subtema                 : Air  
Pertemuan              : 3
Alokasi Waktu       : 5 x 35 menit

A.     Kompetensi Inti
KI 1   : mendapatkan dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
KI 2   : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  
   diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3   : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,  
   membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk
   ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah  
   dan di sekolah
KI 4   : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya
  yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
  yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia

B.  Kompetensi Dasar
Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
2.2. Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan problem nyatasecara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya menyidik kebenaran jawabnya.

Indikator
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan memakai satuan baku cm dan m
4.5.1 Memecahkan problem yang berkaitan dengan panjang benda
4.5.2 Memeriksa kebenaran pemecahan problem yang berkata dengan panjang benda

Bahasa Indonesia
1.2. Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan binatang dan tumbuhan
2.3. Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1. Mengenal teks laporan sederhana perihal alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan dukungan guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
4.1. mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana perihal alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri dalam bahasa verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian

Indikator
3.1.2 Menjelaskan isi teks laporan cuplikan informasi perihal air
3.1.3 Mencatat hasil pengamatan perihal air
4.1.1 Menulis laporan sederhana perihal hasil penggalian informasi perihal tragedi banjir yang pernah terjadi

SBdP
3.3. Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.1.1 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan tubuh dengan menamati secara eksklusif atau dengan media rekam

Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari
4.11.4 Menirukan gerakan aliran air sungai


C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan membaca teks laporan perihal tragedi banjir, siswa sanggup menjelaskan laporan sederhana perihal alam sekitar dengan percaya diri
2.      Dengan bimbingan guru, siswa sanggup mencatat hasil pengamatan perihal alam sekitar dengan cermat
3.      Dengan bimbingan guru, siswa sanggup menulis laporan sederhana perihal hasil pengamatan dengan cermat.
4.      Dengan bimbingan guru, siswa sanggup mengukur panjang beberapa benda dengan memakai satuan tidak baku dengan cermat.
5.       Dengan bimbingan guru, siswa mengukur panjang beberapa benda dengan memakai satuan baku cm dan m dengan cermat.
6.      Dengan penugasan, siswa sanggup memecahkan problem yang berkaitan dengan panjang benda dengan tanggung jawab.
7.       Dengan berdiskusi, siswa sanggup menyidik kebenaran pemecahan problem yang berkata dengan panjang benda dengan cermat.
8.      Dengan mengamati gambar, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
9.      Dengan mengidentifikasi banyak sekali bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari, siswa sanggup menirukan gerakan aliran sungai dengan bekerja sama.

D. Materi Ajar
Bahasa Indonesia     :  Cuplikan informasi perihal air, Menulis informasi perihal banjir
Matematika            : pengukuran benda dengan satuan cm dan m
SBdP                     : Meniru gerakan air sungai           

E.  Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran
Pendekatan   : Saintifik
Metode        : Tanya jawab, diskusi kelompok, demonstrasi

F.  Media dan Sumber Belajar
·        Cuplikan informasi perihal banjir
·        Gambar penanda tinggi air di sebuah bendungan
·        Gambar orang mengukur panjang benda
·        Gambar meteran yang memperlihatkan panjang benda
·        Gambar beberapa lat ukur
·        Gambar aliran sungai (laut, danau)

G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa bersama siswa.
2.      Guru memberikan bahan dan tujuan pembelajaran.
3.      Guru memajang media pembelajaran yang akan digunakan
4.      Guru menawarkan apersepsi dengan acara tanya jawab perihal alam sekitar lingkungan tempat tinggal siswa
5.      Guru memotivasi siswa biar terlibat aktif dalam acara pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengamati
1.        Siswa mengamati cuplikan informasi perihal tragedi banjir
2.        Siswa membaca cuplikan informasi yang melaporkan perihal ancaman banjir di suatu daerah
3.        Kemudian siswa menjawab pertanyaan menurut laporan dalam cuplikan berita
4.        Selanjutnya siswa mencari informasi perihal tragedi banjir

Mengomunikasikan
5.        Siswa menulis informasi yang diperoleh dengan aksara tegak bersambung dan ejaan yang benar (siswa dibimbing untuk menulis cara menulis bersambung)
pengamatan
6.        Siswa mengamati gambar bendungan yang ada di tepi sungai
7.        Siswa mengamati alat-alat yang bisa mengukur bendungan tersebut
8.        Siswa bertanya jawab mengenai kegunaan masing-masing alat ukur tersebut
9.        Siswa membandingkan hasil pengukuran dengan teman

Menaksir
10.   Selanjutnya siswa diminta untuk mencari benda-benda untuk acara pengukuran
11.   Sebelum melaksanakan pengukuran siswa diminta untuk menaksir panjang benda tersebut
12.   Kemudian siswa menunjukan hasil penaksirannya dengan acara pengukuran
Pengamatan
13.   Siswa mengamati gambar (video) aliran sungai.
14.   Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa
15.   Siswa diminta untuk menirukan bentuk aliran sungai tersebut
150 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru merangkum pembelajaran yang telah dipelajari.
2.   Siswa bersama guru merefleksi acara pembelajaran yang telah dipelajari
3.   Guru menawarkan reword pada kelompok yang terbaik
4.   Guru menawarkan tindak lanjut.
15 menit

H. Penilaian
1.   Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian
No
Kriteria
Penilaian
3
2
1
1
Cermat
Siswa sering terlihat mempunyai kecermatan dalam melaksanakan penyelidikan dalam menggali informasi
Siswa kadang kala terlihat mempunyai kecermatan dalam melaksanakan penyelidikan dalam menggali informasi
Siswa tidak terlihat mempunyai kecermatan dalam melaksanakan penyelidikan dalam menggali informasi
2
Tanggung Jawab
Siswa sering terlihat mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kiprah yang diberikan
Siswa kadang kala terlihat mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kiprah yang diberikan.
Siswa tidak terlihat mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan kiprah yang diberikan
4
Percaya Diri
Siswa sering terlihat mempunyai kepercayaan diri dalam memberikan pendapat ataupun bertanya.
Siswa kadang kala terlihat mempunyai kepercayaan diri dalam memberikan pendapat ataupun bertanya.
Siswa tidak terlihat mempunyai kepercayaan diri dalam memberikan pendapat ataupun bertanya.
5
Rasa Ingin Tahu
Siswa sering terlihat mencari tahu untuk menemukan sesuatu yang belum diketahui baik dengan acara bertanya, mencari informasi, maupun dengan melaksanakan percobaan
Siswa kadang kala terlihat mencari tahu untuk menemukan sesuatu yang belum diketahui baik dengan acara bertanya, mencari informasi, maupun dengan melaksanakan percobaan
Siswa tidak terlihat mencari tahu untuk menemukan sesuatu yang belum diketahui baik dengan acara bertanya, mencari informasi, maupun dengan melaksanakan percobaan
6
Peduli
Siswa sering terlihat peduli terhadap teman
Siswa kadang kala terlihat peduli terhadap teman
Siswa tidak terlihat peduli dengan teman
                

Lembar pengamatan
Nama Siswa
Kriteria
1
2
3
4
5
6























Keterangan:
ST: Sering Terlihat           KT: Kadang Terlihat                  TT : Tidak Terlihat        
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir =  x 4
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)
2.  Penilaian Keterampilan
Rubrik menulis teks laporan perihal banjir
No
Kriteria
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
1
Penggunaan aksara besar, dan tanda baca
Menggunakan aksara besar di awal kalimat dan nama orang, serta memakai tanda titik di final kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam peggunaan aksara besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan aksara besar dan tanda titik
2
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai tema
Kurang dari setengah isi teks sesuai tema
3
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapa 1-2 kata yang belum sempurna penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum sempurna penulisannya
4
Penggunaan kalimat yang efektif
Seluruh kalimat memakai kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat memakai kalimat yang kurang efektif
Terdapat lebih dari 2 kalimat memakai kalimat yang kurang efektif

No
Nama Siswa
Kriteria
1
2
3
4
1





2





3





                            
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir =  x 4
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)
Rubrik Mengukur Panjang Benda
No
Kriteria
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
1
Keterampilan dalam mengukur
Siswa bisa melaksanakan pengukuran dengan sangat sempurna dengan memakai alat ukur baku
Siswa bisa melaksanakan pengukuran dengan cukup sempurna dengan menggunkaan alat ukur  baku
Siswa tidak bisa melaksanakan pengukuran dengan memakai alat ukur  baku
2
Kemampuan membandingkan hasil pengukuran
Siswa sangat bisa dalam membandingkan hasil pengukuran benda
Siswa cukup bisa dalam membandingkan hasil pengukuran benda
Siswa kurang bisa dalam membandingkan hasil pengukuran benda


Lembar Penilaian
Nama Siswa
Kriteria
Mengukur benda
Membandingkan Benda










Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir =  x 4
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)


Rubrik Menirukan Gerakan Aliran Air Sungai
No
Kriteria
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
1
Kesesuaian Gerak
Semua gerakan yang dilakukan mendukung kesesuaian dengan gerakan air sungai
Sebagian besar gerakan yang dilakukan mendukung kesesuaian dengan gerakan air
Hanya sebagian kecil gerakan yang dilakukan mendukung kesesuaian dengan gerakan air
2
Sikap kerjasama
Siswa memperlihatkan antusias yang sangat besar untuk berhubungan membentuk gerakan air sungai
Sebanyak satu kali, siswa tidak antusias dalam bekerja sama membentuk gerakan air sungai
Sebanyak dua kali hingga tiga kali, siswa tidak antusias dalam berhubungan membentuk gerakan air sungai





Lembar penilaian
Nama Siswa
Kriteria
I
2
3
4
5













3.     Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir =  x 100

(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)

Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)