1. Fungsi organisasi profesi sesuai pasal 41 ayat (2) UUGD yaitu untuk …
Menambah pendapatan, memajukan masyarakat dan meningkatkan kepedulian social
Berbagi informasi, mensejahterakan anggota, meningkatkan pengetahuan anggota dan melatih loyalitas
Melindungi anggota dan menjaga kekompakan, mencari dukungan dana, memajukan pendidikan
Memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karir, wawasan kependidikan, proteksi profesi dan dedikasi kepada masyarakat
Memperkuat identitas, memperlihatkan ciri pokok,mengembangkan solidaritas dan mewadahi talenta minat
2. Manakah kelompok kegiatan berikut yang merupakan pengembangan keprofesian yang berkelanjutan pengembangan diri secara kolektif …
Menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi
Mengikuti diklat pengembangan kependidikan
Menghadiri lembaga KKG, MGMP dan diskusi ilmiah
Menghasilkan model pembelajaran inovatif
Menulis artikel, menciptakan laporan PTK dan menghasilkan media pembelajaran
3. Salah satu ciri profesi yaitu acara intelektual, manakah pernyataan yang paling sesua dengan pernyataan di atas …
Memilih media dengan mempertimbangkan karakteristik materi, akseptor didik dan tujuan pembelajaran
Melestarikan metode pembelajaran yang selama ini diterapkan para senior
Mengelompokan akseptor didik sesuai persepsi kita terhadap siswa
Menggunakan intuisi yang baik dalam menentukan metode pembelajaran
Memelihara kebiasaan yang ada dan sudah berjalan baik
4. Tindakan yang bertolak belakang dengan keputusan-keputusan pedagogis sebagai ciri berguru seorang professional yaitu …
Belajar berbasis pengalaman melalui proses agresi refleksi secara siklikal
Mengedepankan intuisi yang tajam
Menggunakan pengalaman sebagai acara belajar
Tindakan bersumber dari perilaku reflektif
Mempertimbangkan konteks
5. Berikut merupakan pernyataan yang benar mengenai suatu profesi pendidikan :
Memiliki organisasi profesi yang kuat
Mengutamakan layanan kepada anggota biar bisa mengabdi pada masyarakat
Merupakan acara yang bersifat intuitif
Memiliki kekebalan hokum
Memiliki kajian spesifik yang pernah digeluti, direfleksikan dan dikembangkan
6. Sikap guru ini memperlihatkan dirinya sebagai professional learning yang kurang sempurna dalam hal kompetensi pedagogi yaitu …
Mengembangkan budaya membaca
Merancang dan melaksanakan PTK hingga melaksanakan tindak lanjut
Mengikuti acara diklat sesuai kebutuhan pribadi
Mencari tanggapan atas duduk kasus di kelasnya melalui forum-forum diskusi
Memanfaatkan acara pendidikan dan latihan yang dilaksanakan pemerintah dengan aktif berpartisipasi
7. Manakah alasan yang paling sempurna pentingnya perubahan paradigma terhadap pembelajaran era 21 …
Semakin canggih teknologi maka pembelajaran akan semakin berhasil
Teknologi informaasi dan komunikasi sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan
Teknologi informaasi dan komunikasi menyebabkan perubahan tugas guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar
Abad 21 penuh tantangan sehingga kontrol guru harus semakin diperketat
Teknologi informaasi dan komunikasi bisa mengatasi seluruh duduk kasus pembelajaran
Guru secara yuridis yaitu bab dari tenaga kependidikan yang diakui sebagai profesi dengan keahlian khusus. Manakah jenis kegiatan berikut yang memerlukan keahlian khusus …
Membuka pelajaran, melaksanakan ceramah, menutup pelajaran, mengelola tabungan
Membina osis, mendampingi studi tour, memimpin upacara mengikuti rapat
Memilih metode, merancang media, menyerahkan nilai, membagikan rapor
Melakukan analisis pelajaran, mencatat akseptor didik terlambat, mengabsen kehadiran
Memilih media, mengelola kelas menyebarkan taktik pembelajaran
9. Sebagai antisipasi terhadap perkembangan teknologi maka guru sebagai suatu profesi maka sebaiknya …
Meningkatkan kemampuan integrasi teknologi ke dalam sistem pembelajaran
Meningkatkan kemampuan merawat komputer dan jaringan
Meningkatkan penguasaan keterampilan teknis pengoperasian computer
Membeli perangkat ICT keluaran terbaru secara periodic
Mengikuti kursus penguasaan acara aplikasi terbaru
Penelitian tindakan kelas bisa merupakan bab dari pengembangan keprofesian berkelanjutan melibatkan keputusan pedagogis tercermin dalam kegiatan …
Memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelas (masalah yang dirasakan)
Melakukan tindakan yang diyakini lebih baik
Meningkatkan mutu pembelajaran dan mempertinggi mutu sekolah
Meningkatkan profesionalisme guru
Memecahkan kasus positif di kelas
Sumber http://kompilasidata.blogspot.com
EmoticonEmoticon