Bismillah...
Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN SMP/MTs Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!.
Level Kognitif
Lingkup Materi : Membaca Teks Nonsastra, Membaca Teks Sastra, Menulis Teks Nonsastra, Menulis Teks Sastra, Ciri dan Struktur Teks, Kebahasaan dalam Teks
Pengetahuan dan Pemahaman
Mengidentifikasi
Menemukan
Memaknai
Peserta didik dapat
Menyimpulkan
Mengurutkan
Melengkapi
Menyusun
Mengklasifikasi
Peserta didik dapat
Membandingkan
Mengevaluasi
Merefleksi
Menyunting
Mengubah
Memvariasikan
Memetakan
Mengembangkan
Peserta didik dapat
Sahabat baiq yang berbahagia. Musim berguru pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para akseptor didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menuntaskan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan kependekan USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya yakni dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, semoga proses berguru yang kita lakukan sanggup lebih efektif dan efisien.
Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN SMP/MTs Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!.
Level Kognitif
Lingkup Materi : Membaca Teks Nonsastra, Membaca Teks Sastra, Menulis Teks Nonsastra, Menulis Teks Sastra, Ciri dan Struktur Teks, Kebahasaan dalam Teks
Pengetahuan dan Pemahaman
Mengidentifikasi
Menemukan
Memaknai
Peserta didik dapat
- menentukan isi tersurat teks nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks nonsastra
- menentukan isi tersurat dalam teks sastra
- menentukan makna kata/ ungkapan pada teks sastra
- melengkapi kata pada bab teks nonsastra
- melengkapi kata/ ungkapan pada bab teks sastra
- mengidentifikasi ciri umum banyak sekali teks (ciri judul, ciri struktur)
- mengidentifikasi bab struktur teks
- mengidentifikasi kata dari teks yang dibaca (kata bersinonim, kata baku, kata khusus, kata emotif, kata berantonim)
- mengidentifikasi kalimat pada teks (kalimat definisi, kalimat perincian, kalimat bermajas)
Menyimpulkan
Mengurutkan
Melengkapi
Menyusun
Mengklasifikasi
Peserta didik dapat
- menentukan wangsit pokok
- menyimpulkan inti bab teks
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan penulis, perilaku penulis, sasaran)
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (tema, alasannya konflik, tanggapan konflik, amanat, latar, nilai)
- menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa
- membuat judul
- melengkapi kalimat pada bab teks nonsastra
- melengkapi kerangka isi sesuai judul
- melengkapi paragraf pada teks nonsastra
- membuat judul
- melengkapi kalimat/ majas pada bab teks sastra
- melengkapi bab teks sastra
- melengkapi kerangka isi sesuai tema karya sastra
- mengisi judul
- menentukan jenis teks menurut strukturnya
- merinci struktur teks yang dibaca
- menyimpulkan persamaan/ perbedaan contoh struktur teks
- mengurutkan teks menurut strukturnya
- mengelompokkan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ejaan
- mengurutkan insiden sesuai dengan teks sastra yang dibaca
- mengubah kata kunci menjadi kalimat
- mengubah diagram/grafik/ tabel menjadi paragraf
- mengurutkan kerangka isi sesuai judul
- mengurutkan kalimat-kalimat menjadi teks nonsastra
- melengkapi kalimat/dialog pada teks sastra
- melengkapi latar yang sesuai dengan konteks
- melengkapi obrolan yang sesuai dengan konteks
- melengkapi narasi pengarang
- mengklasifikasi teks menurut ciri umumnya
- memperbaiki struktur teks
Membandingkan
Mengevaluasi
Merefleksi
Menyunting
Mengubah
Memvariasikan
Memetakan
Mengembangkan
Peserta didik dapat
- membandingkan isi teks nonsastra
- memetakan isi teks (mengubah teks menjadi peta konsep yang sesuai isi)
- menilai isi teks (ketepatan argumen, menilai keakuratan sumber)
- menunjukkan bukti watak tokoh, latar, nilai dalam teks sastra
- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra yang dibaca
- memvariasikan judul teks
- memvariasikan bab teks
- mengubah teks nonsastra ke bentuk lain
- membuat kerangka isi teks menurut judul
- menulis teks menurut kerangka teks dan judul
- memvariasikan sudut pandang, dialog, watak tokoh, tamat cerita
- mengubah teks sastra ke bentuk teks lain
- mengganti kalimat/kata bernilai sastra
- menilai ketepatan bagian-bagian struktur teks sastra/nonsastra
- menunjukkan alasan/ bukti kesalahan struktur teks
- memberi alasan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ ejaan, dan tanda baca
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ ejaan, dan tanda baca
- Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat langsung dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan kisah inspiratif
- Cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama
- Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat langsung dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan kisah inspiratif
- Cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama
- Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat langsung dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan kisah inspiratif, cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama
- Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat langsung dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan kisah inspiratif, cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama
Untuk Kisi-kisi USBN B. Indonesia SMP/MTs Tahun 2019 selengkapnya, silahkan sanggup di lihat dan di d0wnl0ad melalui tampilan preview berikut ini:
Sumber http://pabaiq.blogspot.com
EmoticonEmoticon