Wednesday, March 29, 2017

√ Kumpulan Soal Formatif Modul 1 Kb 1 S/D 4 Tematik Pgsd Ppgdaljab

MODUL 1 TEMATIK

FORMATIF KB 1 TEMATIK

1. Ketaatan siswa terhadap nilai-nilai akhlak dan aturan alasannya yakni menghindari eksekusi dan mengejar hadiah untuk kepentingan sendiri termasuk karakteristik siswa SD berdasarkan . .
b. Pekembangan akhlak berdasarkan kohlberg

2. Berikut yang merupakan perkembangan motorik siswa SD pada usia 8-10 tahun berdasarkan Santrock yakni . . .
a. Dapat mengunakan tangan secara bebas, mudah, dan sempurna atau dengan kata lain koordinasi motorik halus berkembang

3. Tahap perkembangan kognitif berdasarkan piaget dimana kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika mulai nampak meskipun terkait hal-hal yaang sanggup dibayngkan dan anak mulai menguasai aturan kekekalan kuantitas, panjang dan volume disebu tahap. .
c. Operasional konkret

4. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mengawali pembelajaran dengan menjelaskan manfaat materi materi yang dipelajari, memakai model, metode, media, dan materi asuh yang variatif sesuai minat siswa semoga mereka tertarik mempelajarinya, serta memperlihatkan kebanggaan secara verbal maaupun nonverbal merupakan implikasi prinsip pembelajaran yang mendidik, yaitu . . .
c. Prinsip perbedaan individu



5. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan berorientasi kepada keterampilan-keterampilan hidup penerima didik ibarat berfikir kritis, berfikir kreatif, kemandirian, dan keterampilan lainnya yang bermakna bagi penerima didik sehingga pengetahuan yang didapatkannya sanggup diterapkan dalam hidupnya untuk mengatasi masalah-masalah kontekstual yang sedang dihadapinya merupakan kegiatan berguru yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik yaitu . . .
a. Pembelajaran dengan keterampilan aplikatif

6.Pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangun cara pandang penerima didik wacana pentingnya materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan cara pandangnya terhadap hakikat berguru sehingga mereka memahami dan memandang bahwa berguru merupakan hidup mereka dan penciri hidup mereka merupakan penerapan salah satu pembelajaran berdasarkan Thorndike yaitu . . .
b.Prinsip persepsi

7.Berdasarkan karakteristik penerima didik SD pada kelas rendah, guru perlu menyiapkan banyak sekali kegiatan yang sesuai dengan karateristik penerima didik tersebut. Kegiatan yang tidak sesuai dengan tahapan perkembangan penerima didik SD kelas rendah yakni . . .
c.Guru memperlihatkan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan kegiatan sendiri secara aktif dengan memperlihatkan contoh

8.Kemampuan, minat, dan energi tinggi yang dcurahkan siswa terhadap suatu mata pelajaran memperlihatkan . . .
c.Potensi siswa

9.Kemampuan siswa dalam menggambar bangkit ruang dari banyak sekali sudut pandang dengan cara membayangkannya termasuk kecerdasan . . .
d.Spasial-visual

10.Pembelajaran yang dilasanakan dengan memperlihatkan kesempatan kepada penerima didik untuk menemukan pengetahuan sendiri melalu eksplorasi, mencoba, emngumpulkan data, dan kegiatan lainnya sehingga mereka sanggup berguru wacana bagaimana seharusnya berguru (learning how to learn) dan sanggup menumbuhkan kemandirian berguru merupakan akivitas berguru yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik, yaitu . . .
a.Peserta didik mencari tahu buka diberi tahu

KB 2 : Teori Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD

MODUL 1 TEMATIK

FORMATIF KB 2 TEMATIK

1. Aliran teori berguru yang memandang bahwa berguru merupakan perubahan persepsi dan pemahaman yakni ….
d. Konstruktivisme

2. Aliran teori berguru yang memberi pemfokusan wacana sikap insan sebagai hasil interaksi faktor dalam diri dan lingkungan yakni ….
a. Behaviorisme

3. Aliran teori berguru yang paling menonjol diterapkan bu Popi yakni ….
b. Konstruktivisme

4. Belajar sebagai hasil menjiplak kegiatan orang lain merupakan salah satu pernyataan terkait teori berguru berdasarkan ….
b. Bandura

5. Implementasi fase pembelajaran berdasarkan teori berguru Piaget dimana siswa aktif menggali pengetahuan dengan cara mengamati struktur materi pembelajaran berupa pengetahuan faktual (fakta yang terdiri dari peristiwa, fenomena, simbol, dan fakta lainnya) merupakan implementasi fase ….
b. Eksplorasi

6. Implementasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran yakni ….
b. Anak akan berguru kalau diberikan motivasi

7. Menurut aliran teori berguru humanism, tujuan berguru yakni untuk memanusiakan manusia.sehingga tujuan utama guru yakni ….
b. Membantu siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya

8. Pada dikala siswa mulai berguru menulis bilangan, guru memfasilitasinya dengan buku siswa yang didalamnya terdapat titik-titik yang membentuk beberapa bilangan. Pada pembelajaran berikutnya, siswa mulai menulis bilangan dibantu oleh guru dengan cara memegangi pensil siswa untuk diarahkan, berikutnya siswa menulis bilangan secara mandiri.
Aktivitas tersebut merupakan penerapan salah satu prinsip pada teori berguru Skinner, yaitu….
c. Prinsip pembentukan

9. Salah satu fase pembelajaran dengan menerapkan teori Pavlov dengan cara mengurangi bahkan menghilangkan stimulus kondisi secara berangsur-angsur sehingga yang tersisa yakni stimulus utama supaya respon tetap terjadi meskipun tanpa stimulus kondisi disebut fase ….
b. Eliminasi

10. Teori berguru wacana Zone Of Proximal Development (ZPD) yang amengatakan bahwa perkembangan potensial akan selalu lebih tinggi dan dibandingkan perkembangan positif alasannya yakni imbas dari lingkungan yang dikondisikan dengan baik merupakan teori ….
d. Vygotski

Modul 1 : TEMATIKKB 3 : Kekhasan Bidang Studi dan Implementasi Pendekatan Pembelajaran di SDMODUL 1 TEMATIKFORMATIF KB 3 TEMATIK


1. Srtuktur materi pembelajaran pada mata pelajaran IPA terdiri dari fakta, konsep, prinsip, hokum, dan teori merupakan hakikat IPA sebagai ….
a. Produk ilmiah

2. Model pembelajaran kooperatif yang bersifat kompetitif dan sanggup diterapkan untuk mengatasi dominasi oleh siswa berkemampuan berguru tinggi yakni ….
d. Time Game Tournament

3. Berikut merupakan model pembelajaran yang diturunkan dari pendekatan kuantum (Quantum Teaching and Learning) yakni ….
c. Model Tandur

4. Langkah-langkah pembelajaran dari awal hingga final pembelajaran yang telah dikaji secara ilmiah disebut ….
d. Model pembelajaran

5. Mata pelajaran yang mempelajari wacana kehidupan insan dalam banyak sekali dimensi ruang dan waktu serta banyak sekali kegiatan kehidupannya sesuai dengan kebutuhan siswa yakni ….
c. Ilmu Pengetahuan Sosial

6. Dalam kiprah kelompok yang diberikan oleh guru, setiap siswa diharapkan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dalam kelompoknya. Hal tersebut menciptakan siswa berguru bertanggungjawab atas kiprah yang diberikan kepadanya. Proses tersebut merupakan aktualisasi salah satu prinsip pembelajaran kooperatif yaitu prinsip ….
c. Tanggung jawab individu

7. Jika Anda hendak mengajar siswa untk sanggup melaksanakan penyelidikan dengan membuatkan keterampilan proses IPA dasar, maka model atau metode pembelajaran yang sesuai yakni ….
c. latihan inkuiri

8. Struktur materi asuh berupa mekanisme idealnya sanggup disampaikan oleh guru dalam pembelajaran melali metode ….
c. Demonstrasi

9. Dalam pembelajaran tematik terpadu, seorang guru hendak membiasakan siswa untuk berpikir, berkomunikasi, dan menjadi warga negara yang baik dan selalu mentaati aturan yang berlaku di masyarkat. Mata pelajaran yang mungkin sanggup dipadukan dalam pembelajaran tersebut yakni ….
d. Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn

10. Dalam pembelajaran, guru mengajak siswa untuk membandingkan hasil percobaan kelompoknya dengan hasil percobaan kelompok lain. Pada pendekatan saintifik kegiatan ini termasuk pada langkah ….
a. Mengasosiasi

PROFESIONAL
Modul 1 : TEMATIK
KB 4 : Pembelajaran Tematik Terpadu dan Penilaian Autentik Kompetensi Abad 21

1. Menurut Kurikulum 2013 ranah yang paling banyak diajarkan untuk siswa SD yakni …..
B. Sikap

2. Yang merupakan penguatan tata kelola dalam kurikulum 2013 yakni …..
D. Satuan pendidikan dan guru tidak diberikan kewenangan menyusun silabus, tetapi disusun pada tingkat nasional

3. Pendekatan saintifik untuk komponen mengamati dalam pembelajaran tematik ….. 
A. Peserta didik mendengarkan bunyi – bunyi hewan

4. Pembelajaran tepadu yang memakai tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga sanggup memperlihatkan pengalaman bermakna kepada penerima didik disebut…..
C. Tematik Terpadu

5.  KTSP yakni kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan BSNP. Tujuan Umum KTSP yakni …..
D. Memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pertolongan kewenangan (otonomi)  kepada forum pendidikan dan mendorong sekolah untuk melaksanakan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.

6. Model Pembelajaran yang menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui, problem yang diperhadapkan kepada penerima didik semacam problem yang direkayasa oleh guru yakni model….
A. Discovery Learning



7. Pembelajaran yang membuatkan pengetahuan,  kemampuan berpikir dan keterampilan memakai pengetahuan penerima didik melalui interaksi eksklusif dengan sumber berguru yang dirancang dalam silabus dan RPP, yakni konsep dari …..
D. Pembelajaran Langsung

8. Dalam perjalanan sejarah semenjak tahun 1945, kurikulum pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan, Kurikulum yang lahir tahun 2004 disebut juga dengan …..
A. Kurikulum Berbasis Kompetensi / KBK

9. Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan KD Mendeskripsikan perkembangan makhluk hidup yakni …..
C. Siswa menciptakan laporan pengamatan perkembangbiakan tumbuhan

10. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk menciptakan kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena / informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan,  Merupakan kegiatan dalam pendekatan saintifik berupa …..
C. mengasosiasi/mengolah Informasi (associating)

Contoh Soal yang Lain

1. Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan, penilaian hasil berguru dilakukan oleh pendidik bertujuan untuk ....
memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru penerima didik secara berkesinambungan

2. Berikut yang merupakan kegiatan berguru siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik yang memfasilitasi berkembangnya untuk kecakapan kurun 21 dan berpikir tingkat tinggi pada fase mengamati yakni ...
Memfasilitasi siswa untuk menemukan fokus, wangsit pokok, pesan, dan makna dari fenomena alam atau teks.

3. Dalam pembelajaran di Kelas V SD Indonesia Berkarya dengan tema hidup rukun, guru menjabarkan menjadi subtema, yaitu kawasan hidup, fungsi, dan manfaat hidup rukun. Siswa dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok "menyelidiki" satu subtema dalam rentang waktu sekitar 30 menit. Setiap siswa diberi kebebasan untuk mencari sumber-sumber berguru yang diperlukan. Masing-masing kelompok menciptakan laporan dan memresentasikannya di depan kelas. Dalam pembelajaran tersebut, prinsip pembelajaran tematik yang belum nampak yakni ....
pemberian umpan balik

4. Keinginan untuk mencari tahu melalui proses analisis berpikir sistemik dan penilaian terhadap suatu keadaan untuk menciptakan keputusan melalui ide, bukti, alasan, dan informasi dalam upaya menuntaskan problem merupakan merupakan definisi salah satu kompetensi kurun 21, yaitu ....
Berpikir kreatif

5. Keterpaduan materi pembelajaran dalam pembelajaran tematik terpadu sanggup dilakukan dalam satu mata pelajaran dari beberapa mata pelajaran yang terkait pada tema pembelajaran dengan mengaitkan beberapa konsep yang saling berhubungan. Model pembelajaran terpadu yang sesuai dengan keadaan di atas yakni model ....
connected

6. Langkah-langkah perencanaan pembelajaran tematik terpadu yang harus dilaksanakan oleh guru pada kurikulum 2013 yakni ….
menganalisis buku guru dan buku siswa, melaksanakan analisis materi pembelajaran, memetakan KD, memetakan IPK, membuatkan materi ajar, dan menyusun RPP

7. Pembelajaran tematik terpadu bersifat luwes. Guru sanggup mengaitkan materi dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan keadaan lingkungan di mana sekolah dan siswa berada. Pernyataan tersebut sesuai dengan prinsip pembelajaran tematik terpadu, yaitu ....
fleksibel

8. Pengertian kompetensi dasar berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 yakni ....
kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai penerima didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti

9. Salah satu alat penilaian sikap yakni penilaian diri (self assesment), kegiatan yang dilakukan yakni ….
meminta penerima didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi

10. Seorang guru kelas II SD akan menilai laporan hasil identifikasi benda-benda yang dikenal siswa dan kegunaannya melalui pengamatan. Guru tersebut perlu menyusun kriteria kunci untuk menilai laporan siswa, banyaknya siswa yakni 50 orang. Manakah kriteria kunci yang memperlihatkan siswa telah mencapai apa yang diharapkan?
Ketepatan penulisan nama benda dan kegunaannya dan kerapian tulisan.

Sumber http://kompilasidata.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)