Sunday, March 12, 2017

√ Pembelajaran Behavioristik


Langkah-Langkah Pembelajaran Behavioristik 


Secara umum, langkah-lagkah pembelajaran yang berpijak pada teori behavioristik yang dikemukakan oleh Siciati dan Prasetya Irawan (2001) sanggup dipakai dalam merancang pembelajaran.  

Langkah-langkah pembelajaran tersebut mencakup :
  1.  Menentukan tujuan-tujuan pembelajaran.
  2. Menganalisis lingkungan kelas yang ada dikala ini termasuk mengidentifikasi pengetahuan awal (entry behavior) siswa.
  3. Menentukan bahan pelajaran.
  4. Memecah bahan pelajaran menjadi bab kecil-kecil, mencakup pokok bahasan, sub pokok bahasan, topik, dsb.
  5. Menyajikan bahan pelajaran.
  6. Memberikan stimulus, sanggup berupa : pertanyaan baik mulut maupun tertulis, tes/kuis, latihan, atau tugas-tugas.
  7. Mengamati dan mengkaji respons yang diberikan siswa.
  8. Memberikan penguatan/reinforcement (mungkin penguatan nyata ataupun penguatan negatif), ataupun hukuman.
  9. Memberikan stimulus baru.
  10. Mengamati dan mengkaji respons yang diberikan siswa.
  11. Memberikan penguatan lanjutan atau hukuman.
  12. Demikianseterusnya.
  13. Evaluasi hasil belajar.
Referensi:
Pustaka : DR. C. Asri Budiningsih, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 29-30



Sumber http://www.ekonomi-holic.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)