1. Perkembangan berpikir dalam taksonomi Bloom yang telah direvisi Anderson (cognitive process dimension) mempunyai keterhubungan dengan bentuk pengetahuan (knowledge diminsion). Perkembangan berpikir penerima didik pada rumusan Kompetensi Dasar tahap “menerapkan” mempunyai kekerabatan dengan bentuk pengetahuan Prosedural
2. Dalam setiap Kompetensi Dasar Pengetahuan memuat bentuk pengetahuan (knowledge diminsion). Berikut ini yaitu suara dari suatu Kompetensi Dasar Pengetahuan: “menganalisis QS. al-Hujurat [49]: 10-12 serta Hadits ihwal kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)” Bentuk pengetahuan pada kompetensi dasar di atas yaitu Metakognitif
3. Rumusan tujuan pembelajaran harus memakai rumus Condition, Audience, Behavior, dan Degree (CABD) Di bawah ini yaitu teladan rumusan tujuan pembelajaran yang benar : Setelah berdiskusi dan menggali gosip penerima didik sanggup menjelaskan konsep takwa sesuai dalil naqli dengan penuh percaya diri.
4. Kompetensi inti pada ranah pengetahuan (KI-3) mempunyai dua dimensi yaitu dimensi perkembangan kognitif (cognitive process dimension) dan dimensi pengetahuan (knowledge dimension) yang masing-masing mempunyai batasan-batasan yang telah ditentukan pada setiap tingkatnya. Dimensi perkembangan kognitif (cognitive process dimension) penerima didik pada tahap “memahami” termasuk tingkat berpikir ...low order thinking skills
5. Program tahunan merupakan jadwal umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Langkah-langkah pengembangan jadwal tahunan adalah: Menelaah Kalender, Menandai Hari Efektif, Menghitung Jumlah Minggu Efektif, Mendistribusikan Alokasi Waktu.
6. Kompetensi Inti pada ranah keterampilan (KI-4) mengandung keterampilan abnormal dan keterampilan konkret. Berikut ini yaitu suara dari suatu Kompetensi Dasar dari KI-4 (ranah keterampilan) dalam bentuk taksonomi keterampilan konkret: “membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 sesuai dengan kaidah tajwid danmakharijul huruf” Tingkat taksonomi Kompetensi Dasar Keterampilan di atas adalah...Presisi
7. Program sering dikaitkan dengan perencanaan, persiapan, dan disain atau rancangan, maka desain dalam konteks pembelajaran yaitu planning pembelajaran atau juga sanggup disebut sebagai jadwal pembelajaran. Di bawah ini yaitu fungsi jadwal pembelajaran bagi guru, kecuali... Memudahkan guru dalam menyiapkan kenaikan pangkat sebagai pendidik
8. Di bawah ini yaitu perkembangan berpikir LOTS atau low order thinking skills, kecuali ...Menganalisis
9. Model pembelajaran yaitu suatu poka umum sikap pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Setiap model mempunyai fase-fase yang khas dalam mengaplikasikannya. Cermati skema alur fase-fase model pembelajaran di bawah ini: Bagan alur di atas menggambarkan fase-fase model pembelajaran ...Model discovery learning
10. Komponen silabus terdiri atas ...Identitas mapel, identitas sekolah, KI, KD, tema atau materi pokok, acara pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar.
11. Setelah guru memilih skor pada setiap aspek KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) suatu KD yang dianalisis sebagaimana tampak pada tabel di bawah. Berapakah KKM KD tersebut jika mempunyai kompleksitas tinggi, guru dan daya dukung sedang, dan intake penerima didik sedang, maka nilaim KKM KD tersebut yaitu ... 55,5
12. Materi pembelajaran merupakan bab dari isi rumusan kompetensi dasar dan ia sangat besar lengan berkuasa pada tingkat keberhasilan atau ketercapaian siswa dalam belajar. Tidak termasuk dalam tujuan pengembangan materi pembelajaran adalah... Memudahkan guru dalam berbagi model pembelajaran
13. Dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi terdapat langkah-langkahnya. Langkah-langkah tersebut akan menunjukkan efektifitasnya jika langkah awalnya sempurna dan benar. Langkah awal yang sempurna dan benar dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi dimulai dari... Menentukan kedudukan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 menurut gradasinya dan menurut tuntutan KI
14. Dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran harus dimulai dengan kata kerja operasional atau KKO. Di bawah ini yaitu teladan rumusan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran yang benar : menjelaskan makna kepercayaan kepada malaikat menurut dalil naqli
15. Dalam suatu proses pembelajaran terdapat tahapan berguru sebagai berikut: “Guru menugaskan siswa untuk menilai hasil dari wawancara para ahli” Tahapan berguru di atas mengarahkan penerima didik pada proses berpikir ilmiah ... Menalar
16. Di bawah ini yaitu pertimbangan pemilihan media pembelajaran, kecuali ...Membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran
17. Berikut ini yaitu fungsi-fungsi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kecuali ... Membantu penerima didik dalam berbagi sikap
18. Dalam Kurikulum 2013 evaluasi pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengahsalah satunya terdiri atas evaluasi hasil berguru oleh ...Satuan pendidikan
19. Berdasarkan KD dari KI-3 dan KI-4, pendidik sanggup berbagi proses pembelajaran dan cara evaluasi yang diharapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran langsung, sekaligus menunjukkan dampak pengiring (nurturant effect) terhadap pencapaian tujuan pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching). Yang dimaksud dengan “memberikan dampak pengiring (nurturant effect) terhadap pencapaian tujuan pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching)” pada pernyataan di atas yaitu ...sikap spiritual dan sikap social
20. Komponen RPP sekurang-kurangnya meliputi ...(1) identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi; (4) tujuan pembelajaran; (5) materi pembelajaran; (6) pendekatan, model dan metode; (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar; (8) langkah-langkah pembelajaran, dan (9) evaluasi pembelajaran.
Sumber http://kompilasidata.blogspot.com
EmoticonEmoticon