Bismillah...
Sahabat baiq yang berbahagia. Pada coretan kali ini, aku akan membuatkan wacana model silabus Matematika SMP/MTs Kelas 9 (Delapan) Kurikulum 2013. Adapun alokasi waktu untuk matapelajaran matematika kelas 8 pada kurikulum 2013 ialah 5 jam pelajaran/minggu. Anda juga dapat melihat dan mend0wnl0ad model silabus untuk kelas 7 disini dan untuk kelas 8 disini.
KOMPETENSI DASAR
3.4 menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
4.4 menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan memakai sifat-sifat fungsi kuadrat
MATERI POKOK DAN MATERI PEMBELAJARAN
- Fungsi Kuadrat
- Fungsi kuadrat dengan tabel, grafik, dan persamaan
- Sifat-sifat fungsi kuadrat
- Nilai maksimum
- Nilai minimum
- Pemecahan duduk kasus melibatkan sifat-sifat fungsi kuadrat
- Mengamati model atau permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
- Mencermati fungsi kuadrat yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan persamaan
- Mencermati cara menggambar bagan Grafik fungsi kuadrat, bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau kekiri)
- Menganalisis keterkaitan antara fungsi kuadrat, grafik fungsi kuadrat, dan persamaan kuadrat
- Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan diskriminannya (memotong sumbu koordinat Kartesius di dua titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius, tidak memotong sumbu koordinat Kartesius)
- Mencermati cara memilih nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
- Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri)
- Menyajikan hasil pembelajaran wacana fungsi kuadrat
- Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
1. Penilaian pemahaman:
- mendeskripsikan konsep, memilih hasil operasi matematika (perkalian), dan mengidentifikasi sifat-sifat hitung perkalian, pembagian, dan perpangkatan.
- membaca dan menafsirkan aneka macam bentuk penyajian (seperti pohon faktor).
- mengidentifikasi bilangan prima dan bukan bilangan prima, menduga dan memilih bilangan prima.
- menggunakan FPB dan KPK dalam penyelesaian duduk kasus kehidupan sehari-hari.
- menganalisis masalah, dan menyeleksinya secara sempurna dan menerapkan teknik yang bersesuaian (apakah tergolong FPB ataukah KPK) untuk mengatasi masalah.
- menyusun kerangka kerja matematika, mencakup penyelesaian duduk kasus FPB dan KPK, dalam bentuk logis dan terang dengan memakai simbol-simbol dan terminologi yang sesuai.
- mengaplikasikan kombinasi dari ketrampilan matematika dan teknik pemecahan masalah
Untuk melihat tampilannya, dapat melalui view di bawah ini:
Baca juga :
Demikian ulasan wacana model silabus matematika SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 ini, terimakasih sudah berkunjung, dan supaya bermanfaat.
Sumber http://pabaiq.blogspot.com
EmoticonEmoticon