Bismillah...
Sahabat baiq yang berbahagia. Tak jemu saya menyapa meski hanya di dunia maya. Apa kabar semuanya? Semoga selalu dalam kondisi terbaik. Masih seputar dunia pendidikan, kali ini kembali saya akan mengembangkan Rangkuman bahan untuk adik-adik Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 kurikulum 2013 BAB 11 perihal Pasar. Silahkan di baca dengan secama, dan juga sanggup di unduh melalui link yang sudah di sediakan di bawah.
A. Pengertian Pasar
Pasar ialah tempat pertemuan antara p0jual dan pembeli baik secara eksklusif maupun tidak.
Adapun syarat-syarat Pasar antara lain:
- Adanya Penjual
- Adanya Pembeli
- Tersedianya Barang yang diperjual belikan
- Terjadinya komitmen antara penjual dan pembeli.
B. Fungsi Pasar
- Fungsi distribusi Pasar sebagai tempat untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen
- Fungsi pembentukan harga Pasar sebagai tempat terjadinya proses tawar menawar sehingga terbentuk harga
- Fungsi Promosi Pasar sebagai tempat untuk memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen
- Fungsi perembesan tenaga kerja Pasar menjadi tempat bagi orang untuk mencari pekerjaan
C. Jenis Pasar
1. Menurut Wujud
a. Pasar Kongkret
Pasar dimana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada, penjual dan pembeli bertemu langsung.
Cirinya:
- Transaski langsung,
- barang sanggup dibawa dikala itu juga,
- yang diperjuabelikan ada.
b. Pasar Abstrak
Pasar melalui interaksi media secara tidak eksklusif antara penjual dan pembeli.
Cirinya :
- Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda
- Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya
- Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya pola saja
- Transaski dilakukan dalam partai besar
- Penyerahan barang ada tenggang waktu
2. Pasar Menurut Luas Jangkauan
1. Pasar Lokal
Pasar lokal ialah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota/daerah tempat produk itu dihasilkan. Contoh pasar geplak di Bantul dan pasar jenang ayu di Klaten.
2. Pasar Nasional
Pasar Nasional ialah suatu pasar sebagai pertemuan antara penjual dengan pembeli dari banyak sekali daerah atau wilayah dalam satu negara, pola pasar nasional ialah pasar cengkih di manado, pasar kakao di makassar, pasar tembakau di sumatra
3. Pasar Internasional
Pasar internasional ialah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia. Contoh pasar Wol di Sidney dan pasar kopi di Santos Brazil
4. Pasar Regional
Pasar yang daerah pemasarannya mencakup beberpa negara daerah tertentu ibarat Asean adanya AFTA (ASEAN Free Trade Area)
3. Pasar Menurut Barang yang Diperjualbelikan
1. Pasar Barang Komsumsi
Pasar barang komsumsi ialah pasar yang menjual barang-barang yang sanggup eksklusif digunakan untuk kebutuhan rumah tangga
2. Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi ialah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Dalam pasar ini diperjualbelikan sumber daya produksi. Misalnya, pasar mesin-mesin, pasar tenaga kerja, dan pasar uang.
4. Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan
1. Pasar Harian
Pasar harian ialah pasar yang aktivitas jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di kota-kota.
2. Pasar Mingguan
Pasar mingguan ialah pasar yang aktivitas jual belinya hanya satu kali dalam seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.
3. Pasar Bulanan
Pasar bulanan ialah pasar yang aktivitas jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.
4. Pasar Tahunan
Pasar tahunan ialah pasar yang aktivitas jual belinya dilakukan setiap setahun sekali. Contoh Pekan Raya Jakarta
5. Pasar Temporer
Pasar temporer ialah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada program tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)
5. Pasar Menurut Organisasi/Strukturnya
1. Pasar Persaingan Sempurna (Perpect Competetion Market)
Dalam pasar persaingan tepat terdapat banyak penjual atau pembeli .Barang yang diprjualbelikan dalam pasar persaingan tepat homogen (sejenis). Contoh: Pasar sayur mayur dan buah-buahan
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Dalam pasar persaingan tidak sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam memilih harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan
a. Pasar Monopoli
Hamban-hambatan pada pasar monopoli :
1) Penetapan harga serendah mungkin
2) Adanya kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak ekslusif
3) Pengawasan yang ketat terhadap biro pemasaran dan distributor
4) Adanya skala irit yang sangat besar
5) Mempunyai sumberdaya yang unik
Penyebab timbulya monopoli:
1) Ditetapkan oleh Pemerintah melalui undang-undang
2) Penggabungan dari banyak sekali perusahaan
3) Adanya hak cipta atau hak paten atas hasil karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan.
b. Pasar Duopoli
Yaitu pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan
Ciri-cirinya :
1) Terdapat dua penjual dan banyak pembeli
2) Harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan komitmen atau tidak
c. Pasar oligopoli
Pasar dimana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang
Ciri-cirinya:
1) Banyak pembeli di pasar
2) Hanya ada beberapa penjual
3) Produk yang dijual hanya bersifat homogen dan sanggup juga berbeda namun memenuhi standar mutu
4) Terdapat kendala untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru
5) Adanya saling ketergantungan
6) Penggunaan iklan sangat intensif
Pasar Monopsoni
Pasar yang dikuasai oleh seseorang pembeli untuk suatu jenis barang dan jasa
Pasar Persaingan Monopolistis
Dalam pasar ini terdapat banyak penjual dan pembeli. Penjual sanggup melaksanakan monopoli alasannya ialah keistimewaan produk masing-masing. Pembeli bebas memilih pilihannya dalam berbelanja. Jadi, pasar ini ada unsur persaingan dan monopoli.
Pasar Oligoponi dan Oligopsoni
Adapun Oligopsoni merupakan jenis pasar yang hanya ada beberapa penjual dan terdapat banyak pembeli di pasar tersebut.
Baca juga :
Demikian rangkuman bahan IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 BAB 11 perihal Pasar. Terimkasih sudah berkunjung, dan biar bermanfaat. Jika ingin mempunyai rangkumannya, silahkan sanggup di unduh melalui link yang sudah di sediakan di bawah ini.
Sumber http://pabaiq.blogspot.com
EmoticonEmoticon