RPP Kelas 1 SD/MI Tema 6 K13 Edisi Semester 2
RPP Kelas 1 SD/MI Tema 6 K13 Edisi Semester 2 - Proses Pembelajaran merupakan suatu sistem yang mana untuk pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan sanggup dimulai dengan merencanakan kegiatan pengajaran lebih baik, terperinci dan terencana. Salah satu caranya ialah dengan menyebarkan perangkat pembelajaran.
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alat penunjang keberhasilan pembelajaran di kelas yang berisi mengenai informasi proses pembelajaran di kelas.
Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, planning pelaksanaan pembelajaran, media dan sumber belajar. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengembangan silabus untuk pembelajaran yang lebih baik.
Silabus ialah suatau planning yang mengatur kegiatan pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta penilaian hasil berguru dari suatu mata kuliah. Silabus ini merupakan bab dari kurikulum sebagai pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi ke dalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian hasil belajar.
Dengan demikian pengembangan silabus ini minimal harus bisa menjawab apakah yang harus dimiliki oleh akseptor didik, bagaimana cara membentuk kompetensi tersebut, dan bagaimana cara mengetahui bahwa akseptor didik telah mempunyai kompetensi itu.
Silabus akan sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi pengajar alasannya ialah berisi petunjuk secara keseluruhan mengenai tujuan dan ruang lingkup materi yang harus dipelajari oleh akseptor didik. Selain itu, juga menunjukan perihal kegiatan berguru mengajar, media, dan penilaian yang harus digunakan dalam proses pembelajaran kepada akseptor didik.
Dengan berpedoman pada silabus dibutuhkan pengajaran akan sanggup mengajar lebih baik, tanpa khawatir akan keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, seni administrasi berguru mengajar, akan keluar dari sistem penilaian yang seharusnya.
Adapun rumusan persoalan pada makalah pengembangan silabus dan RPP Kurikulum ini yaitu :
1.Apa pengertian silabus RPP Kurikulum ?
2.Apa saja pertimbangan dalam pengembangan silabus ?
3.Bagaimana langkah-langkah pengembangan silabus dan RPP Kurikulum ?
4.Apa saja prinsip dalam pengembangan silabus RPP Kurikulum ?
5.Tujuan
6.Mengetahui pengertian dari Silabus dan RPP Kurikulum .
7.Mengetahui langkah-langkah dalam pengembangan silabus dan RPP Kurikulum .
8.Mengetahui manfaat silabus dan fungsi RPP Kurikulum .
1. Fungsi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rumusan planning pelaksanaan pembelajaran / RPP berfungsi untuk:
- Memperkirakan tindakan yang akan dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran.
- Pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran.
- Membantu mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
- Fungsi perencanaan yang memperlihatkan bahwa planning pelaksanaan pembelajaran hendaknya sanggup mendorong guru lebih siap melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang.
- Fungsi pelaksanaan, planning pelaksanaan pembelajaran harus disusun secara sistemik dan sistematis, utuh dan menyeluruh, dengan beberapa kemungkinan pembiasaan dalam situasi pembelajaran yang aktual.
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembanganrencana pelaksanaan pembelajaran antara lain sebagai berikut:
- Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik.
- Mendorong partisipasi aktif akseptor didik.
- Mengembangkan budaya membaca dan menulis proses pembelajaran dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.
- Memberikan umpan balik atau tindak lanjut.
- Keterkaitan dan ketrpaduan.
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
- Langkah-Langkah Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Langkah-langkah minimal dari penyusunan planning pelaksanaan pembelajran (RPP) dimulai dari mencantumkan identitas RPP, Tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajara dan penilaian, Setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan satu kesatuan.
1. Mencantumkan Identitas
Terdiri dari: Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Indikator dan Alokasi Waktu.
Hal yang perlu diperhatikan adalah:
1. RPP boleh disusun untuk satu kompetensi dasar
2. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus
3. Indikator merupakan:
- Ciri sikap (bukti terukur) yang sanggup memperlihatkan citra bahwa akseptor didik telah mencapai kompetensi dasar.
- Penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandaioleh perubahan sikap yang sanggup diukur yaitu meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
- Dikembangkan sesuai dengan karakteristik akseptor didik satuan pendidikan, dan potensi daerah.
- Rumusannya memakai kerja operasional yang terukur dan atau sanggup diobservasi.
- Digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaia.
1. Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh: 2×45 menit). Karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar sanggup diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada kompetensi dasarnya.
2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Hasil pribadi (output) dari satu paket kegiatan pembelajaran.
Misalnya ” Mendeskripsikan sejarah usaha Rasulullah di Madinah”.
3.Menentukan Materi Pembelajaran
4.Menentukan Metode Pembelajaran
Metode sanggup diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi sanggup pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan seni administrasi yang dipilih.
5.Menetapkan Kegiatan Pembelajaran
6.Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah- langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan atau pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
7. Langkah-langkah pembelajaran dimungkinkan disusun dalam bentuk seluruh rangkaian kegiatan, dan sesuai dengan karakteristik model pembelajaran yang dipilih.
8. Memilih Sumber Belajar
Pemilihan sumber berguru mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber berguru meliputi sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. Sumber berguru dituliskan secara lebih operasional, dan bisa pribadi dinyatakan materi asuh apa yang digunakan. Misalnya, sumber berguru silabus dituliskan buku referensi, dalam RPP harus di cantumkan materi asuh yang sebenarnya.
7. Menentukan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai.
Download juga:
Selengkapnya perihal materi RPP Kelas 1 SD/MI Tema 6 K13 Edisi Semester 2 telah kami siapkan sajian d0wnl0adnya.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas 1 Tema 6 Subtema 1RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 1 PB 1. Lingkungan Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 1 PB 2. Lingkungan Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 1 PB 3. Lingkungan Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 1 PB 4. Lingkungan Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 1 PB 5. Lingkungan Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 1 PB 6. Lingkungan Rumahku.doc
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas 1 Tema 6 Subtema 2RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 2 PB 1. Lingkungan Sekitar Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 2 PB 2. Lingkungan Sekitar Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 2 PB 3. Lingkungan Sekitar Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 2 PB 4. Lingkungan Sekitar Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 2 PB 5. Lingkungan Sekitar Rumahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 2 PB 6. Lingkungan Sekitar Rumahku.doc
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas 1 Tema 6 Subtema 3RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 3 PB 1. Lingkungan Sekolahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 3 PB 2. Lingkungan Sekolahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 3 PB 3. Lingkungan Sekolahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 3 PB 4. Lingkungan Sekolahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 3 PB 5. Lingkungan Sekolahku.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 3 PB 6. Lingkungan Sekolahku.doc
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas 1 Tema 6 Subtema 4RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 4 PB 1. Bekerjasama Menjaga Kebersihan.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 4 PB 2. Bekerjasama Menjaga Kebersihan.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 4 PB 3. Bekerjasama Menjaga Kebersihan.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 4 PB 4. Bekerjasama Menjaga Kebersihan.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 4 PB 5. Bekerjasama Menjaga Kebersihan.doc
RPP Klas 1 Tema 6 Subtema 4 PB 6. Bekerjasama Menjaga Kebersihan.doc
Demikian ulasan singkat materi RPP Kelas 1 SD/MI Tema 6 K13 Edisi Semester 2 semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi di media ini.
Sumber http://fileledukasi.blogspot.com
EmoticonEmoticon