Download KI dan KD SMA, Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Terkini
Download KI dan KD SMA, Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Terkini - Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menuntaskan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, citra mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari akseptor didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar.Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar.Organisasi vertikal Kompetensi Dasar ialah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip berguru yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal ialah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4).Keempat kelompok itu menjadi pola dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap insiden pembelajaran secara integratif.Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak eksklusif (indirect teaching) yaitu pada waktu akseptor didik berguru wacana pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar ialah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai akseptor didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik akseptor didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Kompetensi dasar ialah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai akseptor didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran;
Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran sanggup dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari aneka macam disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan berdasarkan filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum ialah eklektik menyerupai dikemukakan di bab landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.Pengertian wacana kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, serta tujuan pembelajaran sesuai dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 wacana Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan.
Indikator pencapaian kompetensi, Indikator pencapaian kompetensi ialah sikap yang mengatakan ketercapaiankompetensi dasar tertentu. Kata-kata yang dipakai untuk merumuskan indikator harusdapat diukur dan/atau diobservasi pada tamat pelajaran. Oleh alasannya itu indicator pencapaian kompetensi dalam sebuah RPP akan menjadi pola pada ketika guru menilaihasil belajar. Kata kerja yang dipakai untuk merumuskan indikator pencapaiankompetensi ialah kata kerja operasional, artinya kata tersebut mencerminkan perilaku(pengetahuan, sikap, dan keterampilan) yang sanggup diamati dan diukur dengan alat ukuryang jelas.
Penulisan indikator memakai persyaratan kondisi dan ada kriteria yangmenunjukkan siswa telah kompeten atau belum kompeten secara individual.Penulisan indikator pencapaian kompetensi mengikuti hukum penulisan kalimatbaku yang terdiri dari unsur SPOK (subjek, predikat, objek dan keterangan).
- Subjek dengan menyebutkan “siswa”
- Predikat memakai kata kerja operasional yang sanggup diukur dan diamati,
- Objek berupa perilaku/kompetensi yang diharapkan akan dicapai.
- Keterangan dibutuhkan bila ada persyaratan kondisi atau kriteria khusus dari sikap dikehendaki menyerupai waktu penyelesaian, daerah pengerjaan, jumlah yang harus diselesaikan, alat yang digunakan, dll).
Penyusunan Tujuan Pembelajaran
Sejalan dengan persyaratan tersebut, sumber lain menjelaskan bahwa tujuan pembelajaran disusun dalam kalimat yang mengandung unsur ABCD ( Audience = Siswa, Behavior = Perilaku,
Competency = Kompetensi danDegree = peringkat/ukuran).
Prinsip yang dipakai dalam perumusan tujuan ialah SMART (Spesific, Measurable, Achievable/Attainable, Realistic, Timely).
Prinsip ini tidak hanyadigunakan untuk merumuskan tujuan pembelajaran saja, namun dalam perumusantujuan lain menyerupai tujuan program, pendirian lembaga, visi misi juga memakai prinsip yang sama.
Link Download lainnya:
Download KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013
Download KI dan KD SMP/MTs Kurikulum 2013
Download KI dan KD SMA/MA Kurikulum 2013
Berikut ini ialah link d0wnl0ad bahan Download KI dan KD SMA, Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Terkini
Lampiran 17 KI dan KD MATEMATIKA SMA-MA PEMINATAN.pdf
Lampiran 17 KI dan KD MATEMATIKA SMA-MA PEMINATAN.doc
Lampiran 41 KI dan KD PA KRISTEN SMA-SMK.doc
Lampiran 41 KI dan KD PA KRISTEN SMA-SMK.pdf
Lampiran 42 KI dan KD PA KATOLIK SMA-SMK.doc
Lampiran 42 KI dan KD PA KATOLIK SMA-SMK.pdf
Lampiran 43 KI dan KD HINDU SMA-SMK.doc
Lampiran 43 KI dan KD HINDU SMA-SMK.pdf
Lampiran 44 KI dan KD BUDHA SMA-SMK.doc
Lampiran 44 KI dan KD BUDHA SMA-SMK.pdf
Lampiran 45 KI dan KD PA KHONGHUCU SMA-SMK.pdf
Lampiran 45 KI dan KD PA KHONGHUCU SMA-SMK.doc
Demikian klarifikasi singkat materi Download KI dan KD SMA, Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Terkini semoga dengan klarifikasi ini sanggup menambah sedikit rujukan rekan-rekan pendidik, dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan kami dalam menjelaskan. Kami siap mendapatkan kritikan, saran serta masukan dari aneka macam pihak dengan cara berkomentar yang sesuai dengan bahan serta dengan kata sopan serta membangun.
Sumber http://fileledukasi.blogspot.com
EmoticonEmoticon