Friday, June 16, 2017

√ Kunci Tes Formatif Modul 1 Kb 1 Ppg Daljab

Teman-teman yang berbahagia kali ini saya akan coba berikan pola kunci balasan tes formatif modul 1 bab 1 PPG Daring 2019. Materi tes formatif modul 1 yaitu seputar karakteristik guru dan siswa kurun 21. Kaprikornus pastikan dulu untuk membaca modul belajarnya. Soal bisa berubah sewaktu-waktu oleh LPTK. 
 

Daring Modul 1 KB 1 PPG 2019

1. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media mempunyai sumber daya besar untuk menghipnotis pikiran dan sikap khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari:

a. Diterminisme ICT
b. Diterminisme budaya
c. Diterminisme teknologi dan imbas media
d. Diterminisme teknologi
e. Diterminisme sosial

2.  Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam kiprahnya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?

a. Media konvergensi
b. Media Berbasis web
c. Media Berbasis TIK
d. Multimedia
e. Media transformasi

3.  Guru memperlihatkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar

a. Memfasilitasi pembelajar kekinian
b. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
c. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
d. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
e. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.

4.  Mediatisasi yaitu sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi lalu berubah menjadi institusi sosial, yang lalu juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam forum sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah    

a. Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan tugas guru dalam proses pembelajaran.

b. Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru
c. Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap forum sekolah dan lalu menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
d. Media tidak bersifat memilih terhadap sikap guru dan siswa, alasannya menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam mendapatkan pesan media.
e. Media bergantung pada kebijakan forum sekolah dalam kiprahnya sebagai komponen dalam pembelajaran.

5.  Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong forum sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memperlihatkan bantuan terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bab dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang gres ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti mempunyai sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
 

a. Sebagai guru kurun 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja kebijaksanaan teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media.
b. Guru hingga kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan alasannya teknologi dan media tidak bisa mengganti tugas guru dalam proses pembelajaran.
c. Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah biar tidak menjadikan efek buruk
d. Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan efek teknologi dan media dalam dunia pendidikan, alasannya itu guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan gres ini.
e. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada tugas guru, alasannya TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara tugas guru dan tugas teknologi serta media untuk memecahkan duduk kasus pembelajaran.

6.  Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi warta dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah 
  
a. Sebagai media hibran  
b. Sebagai media promosi  
c. Sebagai media komunikasi
d. Sebagai media literasi
e. Sebagai media sumber belajar


7. Peserta didik di era digital sanggup memakai perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun ketika diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk acara mencar ilmu yang sanggup dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut

a. Situational tools

b. Interacting with others
c. Independent tools
d. Interactive tools
e. Alternative tools 

8.  Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media umum yang sanggup dimanfaatkan guru sebagai sarana mencar ilmu dalam komunitas mencar ilmu di seluruh penjuru dunia
   
a. wiki

b. podcast
c. blog
d. web
e. proquest

9.  Berikut yang bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah

a. Personal Response System (PRS)
b. Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
c. Community of Practice (Komunitas Praktik)
d. Interactive Instruction and Personal Response System
e. Interacting with others


10.  Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada kurun 21 ditandai dengan
Question 10 options:
   
a. Semakin merosotnya nilai-nilai abjad siswa

b. Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam acara pembelajaran
c. Peningkatan penggunaan media umum untuk melaksanakan interaksi sosial terkait komunitas mencar ilmu akseptor didik di seluruh penjuru dunia.

d. Hasil mencar ilmu siswa yang mulai meningkat sehabis memakai media dan teknologi digital.
e. Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari 
Baca juga >>> Kunci Modul 1 KB 2
Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon