Wadahguru.com Hipnosis berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah keadaan menyerupai tidur lantaran sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada di bawah imbas orang yang menunjukkan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali. Dalam kondisi terhipnotis menyerupai itulah maka seseorang akan gampang dipengaruhi. Menurut (Setiawan, 2009:179) ihwal Hipnoterapi, dikatakan bahwa Hipnoterapi dipandang sebagai salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari manfaat sugesti untuk mengatasi dilema pikiran, perasaan, dan perilaku. Hipnotis sanggup diartikan sebagai ilmu memberi sugesti atau perintah kepada pikiran bawah sadar. Orang yang andal dalam memakai hipnotis untuk terapi disebut “hipnotherapist” (hipnoterapis).
Metode Hipnoterapi Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Hipnoterapi juga sanggup menjadi cara penyembuhan yang menyeimbangkan sistem harmonisasi tubuh dengan mengatur kembali contoh pola negatif yang sering dilakukan, baik secara sadar maupun tidak secara sadar olah seseorang. Dengan memasuki pikiran bawah sadar orang, pola-pola negatif yang selama ini dilakukan oleh orang bisa dikoreksi dan diprogram kembali dengan menunjukkan pandangan-pandangan gres yang bisa menunjukkan kenyamanan dan ketenangan secara jangka panjang bagi klien (Hakim,2010).
BACA JUGA
- RPP SD Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SUPER LENGKAP
- RPP SD Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SUPER LENGKAP
- RPP SD Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 SUPER LENGKAP
- RPP SD Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SUPER LENGKAP
- RPP SD Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SUPER LENGKAP
- RPP SD Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 SUPER LENGKAP
- RPP PAI SD Kelas 1-6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SUPER LENGKAP
- RPP PJOK SD Kelas 1-6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SUPER LENGKAP
- RPP PAK SD Kelas 1-6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SUPER LENGKAP
- Silabus BDL SD Kelas 1-6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 SUPER LENGKAP
- RPP Bahasa Dearah Lampung SD/MI Kelas 1-6 Lengkap
- RPP Bahasa Dearah Lampung SMP/MTs Kelas 7-9 Lengkap
Hipnoterapi merupuakan praktek mensugesti orang lain supaya mengikuti apa yang diperintahkan orang yang menghipnoterapi. Hipnoterapi digambarkan suatu kondisi pikiran yang terpusat sehingga tingkat sugestibilitas daya terima saran meningkat sangat tinggi. Hipnoterapi sanggup juga seni komunikasi untuk mensugesti seseorang sehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak dari Beta menjadi Alpha/Theta. Hipnoterapi ialah seni eksplorasi alam bawah sadar. Didalam gelombang otak insan sanggup kita lihat dan dikenali dengan memakai alat pengukur gelombang otak yang disebut EEG (Electro Encephalo Graph). Didengan alat EEG tersebut, ada 4 jenis gelombang otak manusia, yaitu sebagai berikut :
1) Gelombang Beta
Frekuensi gelombang beta berada pada kisaran 12-25 Hz. Orang yang berada pada kondisi ini dikala sadar, melaksanakan acara keseharian, melaksanakan pekerjaan yang menuntut konsentrasi tinggi, debat, diskusi, olah raga. Gelombang ini didominasi oleh logika dan otak kiri.
2) Gelombang Alpha
Frekuensi gelombang alpha berada dikisaran 8-12 Hz. Dalam kondisi alpha, orang berada dalam kondisi rileks tetapi waspada, menyerupai sedang membaca, menulis, melihat dan memikirkan jalan keluar atas sebuah permasalahan. Kondisi ini merupakan pintu masuk otak bawah sadar.
3) Gelombang Theta
Frekuensi gelombang theta berada dikisaran 4-8 Hz. Saat berada dalam kondisi theta, orang akan berada dalam keadaan yang sangat rileks, masuk dalam kondisi meditatif, inspirasi kreatif akan nampak. Dan jikalau tidak bisa mengendalikan diri, maka kita akan memasuki gelombang delta, alias tidur.
4) Gelombang Delta
Frekuensi gelombang delta berada dikisaran 0.5-4 Hz. Memasuki kondisi delta berarti orang memasuki dunia tidur tanpa mimpi. Kita menjadi tidak sadar dengan lingkungan kita.
Metode Hipnoterapi Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Menurut Syah (2010) ada empat faktor yang mensugesti motivasi belajar, yaitu : a) Kebudayaan. Jika suatu budaya mempunyai nilai yang tinggi terhadap pendidikan, maka masyarakat budaya tersebut akan banyak mendorong para untuk siswa untuk mencar ilmu keras supaya menjadi orang yang benar – benar terdidik. Masyarakat ini akan lebih menghargai seseorang lantaran perjuangan yang keras daripada lantaran sesuatu yang lebih bersifat keberuntungan, b) Lingkungan keluarga. Keluarga menunjukkan imbas primer terhadap motivasi mencar ilmu seseorang. Dengan santunan dari orang bau tanah menimbulkan interaksi sosial antara anak dengan keluarga, c) Lingkungan sekolah. Dilingkungan ini bukan hanya kiprah guru yang penting untuk memotivasi belajar, namun juga dibutuhkan kiprah sahabat sebaya yang berada dilingkungan sekolah untuk mendukung motivasi belajar. Hal ini disebabkan lantaran dengan adanya kekerabatan yang baik antara dengan sahabat kelompoknya, maka secara tidak pribadi akan menciptakan tersebut merasa berharga dan berarti dimata sahabat – temannya, sehingga akan memacu semangat untuk belajar, d) Keinginan itu sendiri untuk belajar. Pada prinsipnya, motivasi mencar ilmu harus dibangun dari diri sendiri.

Untuk memotivasi mencar ilmu siswa pada dirinya sendiri terkadang perlu santunan semua pihak, disini saya akan menunjukkan sebuah cara bagi guru supaya sanggup menunjukkan motivasi siswa dengan cara metode hipnoterapi. Kita tidak absurd dengan kata hipnoterapi sering kita melihat metode hipnoterapu sering dipakai dibidang kesehatan, keamanan dan lain-lain. Tetapi kita coba dibidang pendidikan, tentunya perlu pembinaan dahulu sebelum mempraktekan kepada siswanya.
Metode Hipnoterapi Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Senbagai seorang guru, mempunya kiprah yang sangat penting yaitu merencanakan bagaimana guru mendukung motivasi (Nur, 2001). Untuk itu sebagai sebagai guru disamping menguasai materi, juga dibutuhkan sanggup menetapkan dan melaksanakan penyajian bahan yang sesuai kemampuan dan kesiapan anak, sehingga menghasilkan penguasaan bahan yang optimal bagi siswanya. Dalam metode hipnoterapi siswa akan diberikan perlakuan dengan cara merilekskan seluruh anggota tubuh menyerupai orang sedang dalam posisi tidur namun masih sanggup mendengar suara, sehingga dalam posisi rileks tersebut akan diberikan sugesti positif untuk menunjukkan kesadaran pada diri siswa sehingga akan sanggup meningkatkan motivasi belajarnya.
Metode hipnoterapi merupakan sebuah metode yang diberikan oleh seorang guru yang telah terlatih dalam menunjukkan hipnoterapi terutama di bidang pendidikan. Pelaksanaan Hipnoterapi dibagi menjadi beberapa pecahan yaitu pecahan pertama pembukaan, pecahan kedau inti hipnoterapi dan pemberian sugesti positif dan pecahan tiga penutup. Siswa terlebih dikondisikan dalam posisi tiduran dengan posisi tangan dikana kiri badan, kedua kaki diluruskan dan tidak bertumpuk serta mata dipejamkan untuk membantu konsentrasi.
Tahap pertama pembukaan Guru menunjukkan pengertian terlebih dahulu bahwa pelaksanan hipnoterapi pendidikan ini untuk kebaikan para siswa, untuk membantu siswa lebih konsentrasi, lebih termotivasi terutama dalam menghadapi ujian nasional. Siswa diminta berkonstrasi untuk mengikuti alur dongeng yang akan di hantarkan oleh guru. Kata-kata untuk mengawali bisa dengan kata “mari bantu-membantu kita membaca basmallah supaya hipnoterapi yang akan kita jalani ke depan menunjukkan manfaat kepada kita terutama dalam memotivasi diri menghadapi ujian nasional”. Lalu selanjutnya siswa diminta untuk tarik nafas perlahan lahan sambil guru berkata “ ijinkan dan niatkan setiap tarikan nafas ini akan membantu kita merasa lebih rileks,lebih nyaman dari waktu-waktu sebelumnya”. Ini disebut tahap pembukaan. Guru memastikan siswa dalam kondisi rileks dan nyaman dikala hiponoterpai tersebut berjalan.

Selanjutnya ialah tahap memasuki alam bawah sadar para siswa. Masih dalam posisi tiduran dengan mata terpejam tersebut, guru meneruskan alur dongeng dalam pelaksanaan hipnoterapi. Siswa diminta untuk membayangkan ihwal jerih payah orang bau tanah mereka dalam bekerja dan mendampingi bawah umur nya supaya sanggup bersekolah. Tahap ini masuk dalam yahp inti hipnoterapi. Pada tahap ini siswa disentuh rasa bersalah terhadap kesalahan baik terhadap diri sendiri, orang tua, guru serta temannya. Ditumbuhkan pula rasa tanggung jawabnya, rasa kasih sayang terhadap orang bau tanah dan terakhir di tumbuhkan rasa motivasi dalam mencar ilmu sebagaai bukti balas kecerdikan akan jerih payah orang bau tanah dan guru di sekolah.
Selanjutnya siswa diberikan sugesti posistif berupa kata-lata motivasi bagi dirinya, kata-kata motivasi tersebut diberikan dalam kondisi siswa masih terpejam. Pemberian sugesti positif berdasarkan beberapa andal psikologi akan menunjukkan dampak positif pada siswa untuk mencar ilmu sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah. Pemberian sugesti dalam kondisi siswa masih berada dalam alam bawah sadarnya juga akan menumbuhkan motivasi dari dalam dirinya sendiri. Sugesti positif tersebut sanggup disampaikan oleh guru dengan kata-kata sebagai berikut “mulai detik ini dan seterusnya saya berjanji akan memperbaiki dan mengatur waktu mencar ilmu saya dan mengurangi bermain”.
BACA JUGA PENTING
- Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
- Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Angka Kreditnya
- Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Guru
- Tabel Perolehan Angka Kredit Guru
- Kumpulan Surat Keputusan Kepala Sekolah Terlengkap
- Surat Melaksanakan Tugas Pembelajaran Bimbingan Tugas Tertentu
- Surat Pernyataan Melakukan Kegiatan PKB
- Surat Pernyataan Melakukan Kegiatan Penunjang Tugas Guru
Tahap terakhir ialah tahap penutup. Pada tahap ini guru harus bisa memastikan bahwa semua siswa sudah tersugesti positif. Bila sudah maka perlahan-lahan siswa ditenangkan kembali dari kondisi masih tiduran, dan dibangunkan secara perlahan-lahan, dalam yahap ini rangkaian hipnoterapi telah berakhir. Setelah itu siswa diminta supaya saling mmeaafkan dan saling mendaoakan dengan teman-teman nya dan meminta dao restu pada guru dna orang bau tanah di rumah.
Motivasi mencar ilmu siswa bisa tumbuh secara internal ataupun lantaran faktor ekternal. Motivasi mencar ilmu dengan metode hipnoterapi merupakan alternatif solusi yang sempurna dalam menanggani permasalahan rendah motivasi mencar ilmu pada siswa terutama menjelang ujian. Kiranya metode hipnoterapi ini bisa menjadi keterampilan yang perlu diberikan oleh banyak sekali guru kelas atau guru mata pelajaran terutama guru bimbingan kosneling diberbagai sekolah di seluruh Indonesia. Tentunya guru yang sudah terlatih. Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan sanggup dijadikan refensi salah satu metode pembelajaran bagi guru-guru.
Metode Hipnoterapi Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang sering dicari !
- Metode Hipnoterapi Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
- Metode Hipnoterapi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
- Metode Hipnoterapi
- metode hipnoterapi adalah
- metode pengobatan hipnoterapi
- Metode Hipnoterapi sanggup meningkatkan prestasi siswa
- Dengan Metode Hipnoterapi sanggup meningkatkan prestasi siswa
Sumber acikandzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon