Sunday, June 25, 2017

√ Soal Evaluasi Pengetahuan Kelas 4 K2013 Semester Genap Lengkap

Soal Penilaian Pengetahuan Kelas 4 K2013 Semester Genap Lengkap

Soal Penilaian Pengetahuan Kelas 4 K2013 Semester Genap Lengkap - Penilaian kompetensi pengetahuan atau kognitif ialah evaluasi yanga dilakukan guru untuk mengukur tingkat pencapaian atau penguasaan penerima didik dalam aspek pengetahuan yang mencakup Ingatan atau Hafalan, Pemahaman, Penerapan atau Aplikasi, Analisis, Sistematis, dan Evaluasi. Dalam kurikulum 2013 kompetensi pengetahuan menjadi kompetensi inti dengan isyarat kompetensi inti 3 (KI 3).
Ruang Lingkup Penilaian Kompetensi Pengetahuan

Dalam ranah kompetensi pengetahuan atau kognitif itu terdapat enam jenjang proses berfikir, yakni:

1.Pengetahuan/hapalan/ingatan (knowledge)

Pengetahuan ialah kemampuan seseorang untuk mengingat kembali wacana nama, istilah, ide, gejala, rumus-rumus, dan sebagainya tanpa mengharapkan kemampuan untuk menggunakannya. Dalam aktivitas ini berguru sanggup ditunjukkan melalui: a) mengemukakan arti, b) memberi nama, c) menciptakan daftar, d) memilih lokasi, e) mendeskripsikan sesuatu dongeng yang terjadi dan menguraikannya.

2.Pemahaman

Pemahaman ialah kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu sehabis sesuatu itu diketahui atau diingat. Dalam aktivitas berguru ditunjukkan melalui : a) mengungkapkan gagasan, b) mendeskripsikan dengan kata-kata sendiri, c) menjelaskan gagasan pokok, d) menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri.

3.Penerapan

Peneraapan ialah kesanggupan seseorang untuk menerapkan ide-ide umum, tata cara ataupun metode-metoode, prinsip-prinsip, rumus-rumus, teori-teori, dalam situasi yang gres dan konkret. Penerapan ini ialah proses berfikir setingkat lebih tinggi dari pemahaman.

4.Analisis

Analisis ialah kemampuan seseorang untuk merinci atau menguraikan suatu materi atau keadaan berdasarkan bagian-bagian yang lebih kecil dan bisa memahami korelasi antara bagian-bagian atau faktor-faktor yang satu dengan faktor yan lainnya. Dalam pembelajaran ini ditunjukkan melalui: mengidentifikasi faktor penyebab, merumuskan masalah, mengajukan pertanyaan untuk memproleh informasi, menciptakan grafik dan mengkaji ulang.

5.  Sintesis

Sintesis ialah kemmapuan berfikir yang merupakan kebalikan dari proses berfikir analisis. Sintesis merupakan suatu proses yang memadukan bagian-bagian secara logis sehingga menjelama menjadi suatu pola yang berstrukturatau berbentuk pola baru.

6.Evaluasi

Evaluasi ialah kemampuan seseorang untuk menciptakan pertimbangan terhadap suatu situasi, nilai, atau ide. 

Kemampuan penerima didik dalam berpikir tingkat tinggi, kritis dan kreatif perlu dilatih dan dikondisikan dengan Baik oleh Guru Melalui Pembelajaran dan Penelitian

Teknik  dan referensi instrumen evaluasi kompetensi pengetahuan
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 6 Subtema 1.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 6 Subtema 2.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 6 Subtema 3.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 7 Subtema 1.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 7 Subtema 3.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 7 Subtema 2.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 8 Subtema 2.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 8 Subtema 1.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 8 Subtema 3.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 9 Subtema 1.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 9 Subtema 2.doc
Soal Pengetahuan Kelas 4 Tema 9 Subtema 3.doc
Guru menilai kompetensi pengetahuan melalui dengan teknik yang dipakai ialah :

Tes Tertulis

a. Pengertian tes tertulis

Tes tertulis merupakan tes dimana soal dan tanggapan yang diberikan kepada penerima didik dalam bentuk tulisan. tes tertulis merupakan kelompok tes yang verbal artina soal dan tanggapan yang diberikan oleh pesrta didik berupa bahasa tulisan. tes tertulis objektifitasnya relatif tingg dibandingkan dengan tes lainnya. Bentuk evaluasi tertulis dipergunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik yang sifatnya pengetahuan.

Bentuk Penilaian Tertulis Dipergunakan untuk Mengukur Pencapaian Kompetensi Peserta Didik yang Sifatnya Pengetahuan (Kognitif)

b. Bentuk tes tertulis yang terdiri dari :

1)  soal pilihan ganda,
2)  isian,
3)  tanggapan singkat,
4)  benar-salah,
5)  menjodohkan
6)  uraian.
Tes ini bisa dipakai dengan catatan diadaptasi dengan karakteristik materi atau tuntutan kompetensi yang ingin dicapai. Dari aspek skor evaluasi tertulis sanggup dibedakan menjadi dua yaitu : objektif tes dan subjektif tes.  Objektif tes ialah tes tertulis yang pertanyaannya bersifat tertutup sehingga jawabannya niscaya singkat dan pendek. Subjektif tes ialah evaluasi tertulis yang pertanyaannya bersifat terbuka sehingga jawabannya berbentuk uraian yang cukup panjang.

Demikian klarifikasi singkat materi Soal Penilaian Pengetahuan Kelas 4 K2013 Semester Genap Lengkap semoga bermanfaat, Mohon maaf atas segala kilaf.

Sumber http://fileledukasi.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)