Dalam sebuah organisasi menyerupai perusahaan kesehatan, pabrik teknologi, militer bahkan instansi Arti Pemerintah tentu mempunyai acara bisnis yang dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Untuk melakukan aktifitas bisnisnya, masing-masing organisasi biasanya mempunyai langkah kerja yang ditetapkan bersama biar hasil yang dikeluarkan menjadi maksimal. Langkah kerja tersebut biasa disebut sebagai Standar Operasional Prosedur atau SOP.
Standar Operasional Prosedur atau Prosedur Operasi Standar / standard operating procedure merupakan dokumen yang berisi rangkaian perintah atau isyarat tertulis mengenai bisnis proses/langkah kerja dari suatu acara bisnis yang dipakai sebagai anutan maupun petunjuk yang ditetapkan bersama.
Tujuan dari SOP ini ialah biar setiap bisnis proses sanggup berjalan dengan benar dan dilaksanakan sesuai ketentuan serta mempunyai output yang sama/terstandar.
Contoh Penerpan Standar Operasional Prosedur
Contoh SOP menyerupai bagaimana gerai waralaba kuliner harus memasak dengan alur yang ditetapkan dan dengan materi yang telah ditentukan sehingga menghasilkan masakan yang sama disetiap gerainya. Atau juga seorang dokter dalam melakukan operasi terhadap pasiennya.
Standar Operasional Prosedur disusun secara teliti dan detail (biasanya berupa proses rumit/teknis) dengan mempertimbangkan aneka macam faktor dan selalu dievaluasi sehingga sanggup berjalan dengan efektif, terperinci dan gampang dipakai oleh pelaksana dan bisnis proses itu. Selain itu SOP disusun dengan aneka macam metode sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sedangkan untuk instansi pemerintah sanggup memakai Pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2012 wacana Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintah.
Baca : Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintah
Manfaat adanya Standar Operasional Prosedur diantaranya ialah :
- Adanya kesamaan/standar dari outpus pada bisnis proses (menjaga konsitensi dalam pelaksanaan pekerjaan)
- Memberikan detail isyarat pelaksanaan kiprah oleh masing-masing pekerja
- Adanya kejelasan pelaksana, waktu, input dan output dalam bisnis proses
- Memudahkan pengendalian pelaksaan kiprah serta menjelaskan tanggungjawab masing-masing pelaksana
- Mengurangi kesalahan dalam bisnis proses
“A Standard Operating Procedure is a document which describes the regularly recurring operations relevant to the quality of the investigation. The purpose of a SOP is to carry out the operations correctly and always in the same manner. A SOP should be available at the place where the work is done”.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon