Tuesday, October 24, 2017

√ Download Modul Penyusunan Soal Hots (Higher Order Thinking Skills)

Download Modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)_  Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum 2013 dikembangkan untuk mempersiapkan akseptor didik biar mempunyai kemampuan hidup sebagai langsung dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta bisa berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum  √ Download Modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Proses penerapannya dilakukan secara sedikit demi sedikit dan berkesinambungan semenjak tahun pelajaran 2013/2014 biar terjadi penguatan dan peningkatan mutu di sekolah. Pada tahun pelajaran 2018/2019 seluruh satuan pendidikan diprogramkan sudah menerapkan Kurikulum 2013.

Melaksanakan implementasi Kurikulum 2013, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memprogramkan acara training dan pendampingan bagi Guru dari sekolah yang akan melaksanakan Kurikulum 2013.

Mendukung kebijakan tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas sesuai dengan kiprah dan fungsinya melaksanakan fasilitasi pembinaan implementasi Kurikulum 2013 melalui pengembangan naskah pendukung implementasi Kurikulum 2013 berupa modul pelatihan, pedoman, panduan, dan model- model yang telah dikembangkan pada tahun 2016 dan tahun 2017.

Naskah-naskah tersebut antara lain :
(1) Model-Model Pembelajaran;
(2) Model Pengembangan RPP;
(3) Model Peminatan dan Lintas Minat;
(4) Panduan Supervisi Akademik;
(5) Panduan Pengembangan Pembelajaran Aktif;
(6) Pedoman Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) Di SMA;
(7) Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM);
(8) Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas;
(9) Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS); dan
(10) Panduan Sukses E-Rapor Sekolah Menengan Atas Versi 2017.

Terkait dengan gosip perkembangan pendidikan di tingkat internasional, Kurikulum 2013 dirancang dengan aneka macam penyempurnaan. Penyempurnaan antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi bahan yang tidak relevan serta pendalaman dan ekspansi bahan yang relevan bagi akseptor didik serta diperkaya dengan kebutuhan akseptor didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional. Penyempurnaan lainnya juga dilakukan pada standar penilaian, dengan mengadaptasi secara sedikit demi sedikit model-model evaluasi standar internasional.

Penilaian hasil berguru dibutuhkan sanggup membantu akseptor didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), alasannya ialah berpikir tingkat tinggi sanggup mendorong akseptor didik untuk berpikir secara luas dan mendalam wacana bahan pelajaran.

A. Tujuan Modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Modul penyusunan soal HOTSuntuk penilaiandisusun dengan tujuan sebagai berikut.
1. Memberikan pemahaman kepada guru Sekolah Menengan Atas wacana konsep penyusunan soal HOTS
2. Mengembangkan keterampilan guru Sekolah Menengan Atas untuk menyusun butir soal HOTS;
3. Memberikan pedoman bagi pengambil kebijakan baik di tingkat sentra dan kawasan untuk
melaksanakan pembinaan dan sosialisasi wacana penyusunan soal HOTS.

B. Hasil Yang Diharapkan Melalui Modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Sesuai dengan tujuan penyusunan modul di atas, maka hasil yang dibutuhkan ialah sebagai
berikut.
1. Meningkatnya pemahaman guru Sekolah Menengan Atas wacana konsep penyusunan soal HOTS;
2. Meningkatnya keterampilan guru Sekolah Menengan Atas untuk menyusun butir soal HOTS;
3. Terorganisirnya rujukan pembinaan dan sosialisasi wacana penyusunan soal HOTS.

C. Fokus Modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Modul ini terdiri atas 3 (tiga) bahan pokok yang masing-masing membahas bahan yang saling
berkaitan satu sama lain, terdiri atas:
1. Materi Pokok 1: Pengertian dan Konsep Soal HOTS
Bagian ini membahas wacana pengertian dan konsep soal HOTS, karakteristik soal-soal HOTS

yang merupakan ciri khas soal HOTS dengan soal-soal bukan HOTS, level kognitif, dan langkah-
langkah menyusun soal HOTS. Selain itu, pada bab ini juga dipaparkan wacana bentuk-
bentuk soal HOTS.

2. Materi Pokok 2: Peran Soal HOTS dalam Penilaian
Bagian ini membahas wacana kiprah soal HOTS dalam Penilaian disekolah, terkait dengan upaya
penyiapan kompetensi yang dibutuhkan akseptor didik menyongsong periode ke-21. Membangun
kemampuan berpikir kreatif, inovatif, kritis, dan toleran serta kemampuan pemecahan masalah
merupakan kompetensi esensial yang sanggup dilatih berbasis pembelajaran dan evaluasi kelas.

Peran soal HOTS lainnya dalam penilaianadalah meningkatkan mutu penilaian, membangun rasa cinta dan peduli akseptor didik terhadap kemajuan daerahnya, serta sanggup memotivasi siswa berguru sebagai bekal terjun ke masyarakat.

3. Materi Pokok 3: Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS
Pada bab ini membahas wacana Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS, dimulai dari kebijakan di tingkat sentra (Direktorat Pembinaan SMA), dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota, hingga pada implementasinya pada tingkat satuan pendidikan. Semua komponen harus terlibat secara aktif untuk ikut ambil bab dalam melaksanakan kebijakan wacana evaluasi hasil berguru memakai soal-soal yang HOTS dalam Penilaian.

D. Download Modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Untuk mend0wnl0ad modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills), silahkan d0wnl0ad Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) melalui link berikut ini: DOWNLOAD

Demikianlah artikel tentang Modul Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills), semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)