Thursday, October 5, 2017

√ Kerangka Model Pembelajaran Interaktif


1. PICTURE AND PICTURE

Langkah-langkah :

a. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai

b. Menyajikan materi sebagai pengantar

c. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar acara berkaitan dengan materi

d. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis

e. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut

f. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai

g. Kesimpulan/rangkuman

2. NUMBERED HEADS TOGETHER

Langkah-langkah :

a. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok menerima nomor

b. Guru memperlihatkan kiprah dan masing-masing kelompok mengerjakannya

c. Kelompok mendiskusikan tanggapan yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok sanggup mengerjakannya/mengetahui jawabannya

d. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka

e. Tanggapan dari sahabat yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain

f. Kesimpulan

3. COOPERATIVE SCRIPT

Skrip kooperatif :

metode berguru dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara ekspresi mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari

Langkah-langkah :

a. Guru membagi siswa untuk berpasangan

b. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan menciptakan ringkasan

c. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar

d. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.

Sementara pendengar :

1. Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap

2. Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya

e. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan ibarat diatas.

f. Kesimpulan Siswa gotong royong dengan Guru

g. Penutup

4. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

Langkah-langkah :

a. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok menerima nomor

b. Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor terhadap kiprah yang berangkai

Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.

c. Jika perlu, guru bisa menyuruh kolaborasi antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan kiprah yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kolaborasi mereka

d. Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain

e. Kesimpulan

5. STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

Langkah-langkah :

a. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran berdasarkan prestasi, jenis kelamin, suku, dll)

b. Guru menyajikan pelajaran

c. Guru memberi kiprah kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti sanggup menjelaskan pada anggota lainnya hingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti.

d. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada ketika menjawab kuis dihentikan saling membantu

e. Memberi evaluasi

f. Kesimpulan

6. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)

Langkah-langkah :

a. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim

b. Tiap orang dalam tim diberi serpihan materi yang berbeda

c. Tiap orang dalam tim diberi serpihan materi yang ditugaskan

d. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub serpihan yang sama bertemu dalam kelompok gres (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub serpihan mereka

e. Setelah selesai diskusi sebagai tim andal tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar sahabat satu tim mereka wacana sub serpihan yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh

f. Tiap tim andal mempresentasikan hasil diskusi

g. Guru memberi evaluasi

h. Penutup

7. ARTIKULASI

Langkah-langkah :

a. Menyampaikan kompetensi

b. Menyajikan materi

c. Membantuk kelompok berpasangan dua orang

d. Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu untuk menggali informasi dari pasangannya sebagian materi yang gres diterima dari guru dan sambil menciptakan catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga pasangan lain.

e. Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak memberikan hasil wawancaranya dengan sahabat pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah memberikan hasil wawancaranya

f. Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa

g. Kesimpulan/penutup


8. MIND MAPPING

Sangat baik dipakai untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban

Langkah-langkah :

a. Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

b. Mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa

c. Mendiskusikan konsep/permasalahan dalam kelompok (2-3 orang)

d. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif tanggapan hasil diskusi

e. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru

f. Dari data-data di papan siswa diminta menciptakan kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru

9. MENCARI PASANGAN

Langkah-langkah :

a. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, diebaliknya satu serpihan kartu soal dan serpihan lainnya kartu jawaban

b. Setiap siswa menerima satu buah kartu

c. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang

d. Setiap siswa mencari pasangan yang memiliki kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)

e. Setiap siswa yang sanggup mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin

f. Setelah satu babak kartu dikocok lagi biar tiap siswa menerima kartu yang berbeda dari sebelumnya

g. Demikian seterusnya

h. Kesimpulan/penutup

10. THINK PAIR AND SHARE

Langkah-langkah :

a. Guru memberikan materi/permasalahan sesuai kompetensi sebagai pancingan

b. Tiap siswa memikirkan pengembangan materi/gagasan pemecahan masalah

c. Siswa berdiskusi berpasangan/berkelompok untuk mengutarakan hasil pemikiran masing-masing hingga menemukan kesepakatan

d. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap pasangan/kelompok mengemukakan hasil diskusinya

e. Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa

f. Guru/siswa menarik simpulan

g. Refleksi penutup

11. DEBAT

Langkah-langkah :

a. Guru membagi 2 kelompok penerima debat yang satu pro dan yang lainnya kontra

b. Guru menyampaikan/memberikan kiprah membaca materi/permasalahan yang akan didebatkan

c. Guru menunjuk kelompok pro untuk berbicara lebih dahulu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya hingga sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.

d. Sementara siswa memberikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan hingga mendapatkan sejumlah inspirasi diharapkan.

e. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap

f. Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

12. ROLE PLAYING

Langkah-langkah :

a. Menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan

b. Beberapa siswa mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM

c. Membentuk kelompok (beranggotakan 5 orang)

d. Memberikan klarifikasi wacana kompetensi yang ingin dicapai

e. Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan

f. Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan

g. Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.

h. Masing-masing kelompok memberikan hasil kesimpulannya

i. Guru memperlihatkan kesimpulan secara umum

j. Evaluasi

k. Penutup

13. GROUP INVESTIGATION

Langkah-langkah :

a. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen

b. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan kiprah kelompok

c. Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok menerima kiprah satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain

d. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif yang bersifat penemuan

e. Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok memberikan hasil pembahasan kelompok

f. Guru memperlihatkan klarifikasi singkat sekaligus memberi kesimpulan

g. Evaluasi

h. Penutup

14. TALKING STICK

Langkah-langkah :

a. Guru menyiapkan sebuah tongkat

b. Guru memberikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.

c. Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.

d. Guru mengambil tongkat dan memperlihatkan kepada siswa, sehabis itu guru memperlihatkan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya hingga sebagian besar siswa menerima serpihan untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru

e. Guru memperlihatkan kesimpulan

f. Evaluasi

g. Penutup

15. BERTUKAR PASANGAN

Langkah-langkah :

a. Setiap siswa menerima satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau siswa menentukan sendiri pasangannya).

b. Guru memperlihatkan kiprah untuk dikerjakan berpasangannya.

c. Pasangan yang telah selesai mengerjakan kiprah mencari pasangan lain untuk bertukar pasangan.

d. Kedua pasangan gres saling menanyakan dan mencari kepastian tanggapan mereka.

e. Temuan gres yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.

16. SNOWBALL THROWING

Langkah-langkah :

a. Guru memberikan materi yang akan disajikan

b. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memperlihatkan klarifikasi wacana materi

c. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya

d. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok

e. Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibentuk ibarat bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit

f. Setelah siswa sanggup satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian

g. Evaluasi

h. Penutup

17. STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan penerima lainnya

Langkah-langkah :

a. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai

b. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi

c. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya contohnya melalui bagan/peta konsep.

d. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.

e. Guru pertanda semua materi yang disajikan ketika itu.

f. Penutup

18. COURSE REVIEW HORAY

Langkah-langkah :

a. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai

b. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi

c. Memberikan kesempatan siswa tanya jawab

d. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh menciptakan kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa

e. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis tanggapan di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan pribadi didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x)

f. Siswa yang sudah menerima tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya

g. Nilai siswa dihitung dari tanggapan benar jumlah horay yang diperoleh

h. Penutup

19. DEMONSTRATION

(untuk materi yang memerlukan peragaan atau percobaan)

Langkah-langkah :

a. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai

b. Guru menyajikan citra sekilas materi yang akan disampaikan

c. Menyiapkan materi atau alat yang diperlukan

d. Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.

e. Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.

f. Tiap siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan.

g. Guru menciptakan kesimpulan.

20. EXPLICIT INTRUCTION

(PENGAJARAN LANGSUNG – ROSENSHINA & STEVENS, 1986)

Pembelajaran pribadi khusus dirancang untuk mengembangkan berguru siswa wacana pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang sanggup diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah.

Langkah-langkah :

a. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa

b. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan

c. Membimbing pelatihan

d. Mengecek pemahaman dan memperlihatkan umpan balik

e. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan


21. COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS

(STEVEN & SLAVIN, 1995)


Langkah-langkah :

a. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen

b. Guru memperlihatkan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran

c. Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan inspirasi pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas

d. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok

e. Guru menciptakan kesimpulan bersama

f. Penutup

22. INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR)

OLEH SPENCER KAGAN


“Siswa saling membagi informasi pada ketika yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”

Langkah-langkah :

a. Separuh kelas bangkit membentuk bundar kecil dan menghadap keluar

b. Separuh kelas lainnya membentuk bundar di luar bundar pertama, menghadap ke dalam

c. Dua siswa yang berpasangan dari bundar kecil dan besar menyebarkan informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan

d. Kemudian siswa berada di bundar kecil membisu di tempat, sementara siswa yang berada di bundar besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.

e. Sekarang giliran siswa berada di bundar besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya


23. WORD SQUARE

MEDIA :
* Buat kotak sesuai keperluan * Buat soal sesuai TPK

Langkah-langkah :

a. Guru memberikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.

b. Guru membagikan lembaran acara sesuai contoh

c. Siswa menjawab soal kemudian mengarsir abjad dalam kotak sesuai jawaban

d. Berikan poin setiap tanggapan dalam kotak

CONTOH :

T Y E N I O K N
R A U A N K U O
A B A R T E R M
N A N I R R S I
S D G I I T G N
A O N L S A I A
K L A A I S R L
S A C E K B O S
I R I N G G I T

CONTOH SOAL

a. Sebelum mengenal uang orang melaksanakan pertukaran dengan cara …….

b. ……. dipakai sebagai alat pembayaran yang sah

c. Uang ……. ketika ini banyak di palsukan

d. Nilai materi pembuatan uang disebut …….

e. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …

f. Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang abnormal disebut …….

g. Nilai yang tertulis pada mata uang disebut nilai …….

h. Dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif …

i. Perintah tertulis dari seseorang yang memiliki rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut …….


24. SCRAMBLE

MEDIA :

a. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai

b. Buat tanggapan yang diacak hurufnya

Langkah-langkah :

a. Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai

b. Membagikan lembar kerja sesuai contoh

Susunlah huruf-huruf pada kolom B sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan kolom A.

A

1. Sebelum mengenal uang orang melaksanakan pertukaran dengan cara …

2. … dipakai sebagai alat pembayaran yang sah

3. Uang … ketika ini banyak dipalsukan

4. Nilai materi pembuatan uang disebut nilai …

5. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai .

6. Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang abnormal disebut …

7. Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai …

8. dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut …

9. perintah tertulis dari seseorang yang memiliki rekening di bank untuk membayar sejumlah uang disebut …

B

1. TARREB …………………………….

2. GANU …………………………………

3. TRASEK ………………………………

4. KISTRINI ………………………………

5. LIRI ………………………………………

6. SRUK …………………………………

7. MINALON ………………………….

8. SAKSITRAN …………………………

9. KEC ……………………………………


25. TAKE AND GIVE

MEDIA :

a. Kartu ukuran ± 10×15 cm sejumlah penerima tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda dengan kartu yang lainnya, materi sesuai dengan TPK

b. Kartu rujukan sejumlah siswa

c. CONTOH Kartu :



Langkah-langkah :

a. Siapkan kelas sebagaimana mestinya

b. Jelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai

c. Untuk memantapkan penguasaan penerima tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit

d. Semua siswa disuruh bangkit dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh.

e. Demikian seterusnya hingga tiap penerima sanggup saling memberi dan mendapatkan materi masing-masing (take and give).

f. Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).

g. Strategi ini sanggup dimodifikasi sesuai keadaan

h. Kesimpulan

26. CONSEPT SENTENCE

Langkah-langkah :

a. Guru memberikan kompentensi yang ingin dicapai.

b. Guru menyajikan materi secukupnya.

c. Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.

d. Guru Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan.

e. Tiap kelompok disuruh menciptakan beberapa kalimat dengan memakai minimal 4 kata kunci setiap kalimat.

f. Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh Guru.

g. Kesimpulan.


27. COMPLETTE SENTENCE

Media : Siapkan blangko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap

Langkah-langkah :

a. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai

b. Guru Menyampaikan materi secukupnya atau siswa disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu secukupnya

c. Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen

d. Guru membagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh).

e. Siswa berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci tanggapan yang tersedia.

f. Siswa berdiskusi secara berkelompok

g. Setelah tanggapan didiskusikan, tanggapan yang salah diperbaiki. Tiap penerima membaca hingga mengerti atau hapal

h. Kesimpulan

28. TIME TOKEN

Struktur yang sanggup dipakai untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa membisu sama sekali

Langkah-langkah :

a. Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)

b. Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.

c. Bila telah selesai bicara kupon yang dipegang siswa diserahkan.

d. Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara hingga kuponnya habis.

e. dan seterusnya

29. PAIR CHEKS

APA YANG DILAKUKAN?

a. BEKERJA BERPASANGAN

Guru membentuk tim berpasangan berjumlah 2 (dua) siswa. Setiap pasangan mengerjakan soal yang pas alasannya yakni semua itu akan membantu melatih

b. PELATIH MENGECEK

Apabila patner benar instruktur memberi kupon

c. BERTUKAR PERAN

Seluruh patner bertukar kiprah dan mengurangi langkah 1 – 3

d. PASANGAN MENGECEK

Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban

e. PENEGASAN GURU

Guru mengarahkan tanggapan /ide sesuai konsep


30. KELILING KELOMPOK

Maksudnya biar masing-masing anggota kelompok menerima kesempatan untuk memperlihatkan donasi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya

Caranya………….?

a. Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memperlihatkan pandangan dan pemikirannya mengenai kiprah yang sedang mereka kerjakan

b. Siswa berikutnya juga ikut memperlihatkan kontribusinya

c. Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan

31. TARI BAMBU

Agar siswa saling menyebarkan informasi pada ketika yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur taktik ini cocok untuk materi yang membutuhkan pertukaran pengalaman pikiran dan informasi antar siswa

Caranya?

a. Separuh kelas atau seperempat jikalau jumlah siswa terlalu banyak bangkit berjajar . Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain yakni siswa berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan kelompok lantaran dibutuhkan waktu relatif singkat.

b. Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama

c. Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran menyebarkan informasi.

d. Kemudian satu atau dua siswa yang bangkit di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing siswa menerima pasangan yang gres untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan

32. DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY)

Memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lainnya.

Caranya :

a. Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang

b. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain

c. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka

d. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain

e. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka

33. BERTUKAR TEMPAT

Memungkinkan untuk bertukar pendapat dan gagasan secara aktif

Prosedur:

a. Bentuk kelompok beranggotakan 4-5 orang

b. Minta tiap kelompok mempelajari satu materi/gagasan/ pemecahan masalah

c. Minta tiap anggota kelompok membagi kiprah penguasaan materi

d. Tiap siswa mencatat apa yang dikuasai pada kertas dan menempelkan pada baju (depan/belakang)

e. Tiap siswa berkeliling kelas atau saling berkunjung ke kelompok lain untuk saling membaca catatan masing-masing (beri waktu khusus)

f. Siswa kembali ke kelompoknya dan mendiskusikan perolehan kunjungan mereka.

g. Membuat rangkuman berdasarkan yang dipelajari dan pemanis perolehan informasi dari kunjungan.


34. INFORMATION GAP

Teknik information gap merupakan gabungan dari teknik yang mana (which face)?, akal-akalan lupa (loss of memory), dan membagi informasi (shared information).

Langkah-langkah

a. Guru menyiapkan aneka macam gambar benda secara rahasia.

b. Siswa menentukan gambar berdasarkan undian.

c. Siswa berusaha menebak benda dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menggali informasi kepada narasumber/guru.

d. Informasi yang didapatnya kemudian disampaikan kepada kelompoknya dengan cara bercerita

e. Kelompok menebak gambar yang dimaksud berdasarkan informasi yang didapat.
Sumber http://www.terasfisika.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)