Thursday, October 19, 2017

√ Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 - Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 2. Jawaban Soal Tema 9 Halaman 70 wacana pengertian iklan elektronik. Jawaban soal buku siswa tema 9 halaman 71, 72 dan 73 wacana mengisi tabel unsur iklan elektronik dan memperlihatkan evaluasi terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar.

Jawaban soal tema 9 kelas 5 halaman 75 wacana laporan hasil diskusi mengenai teladan lain bahan yang termasuk zat tunggal, zat adonan homogen dan zat adonan heterogen. Jawaban soal buku siswa tema 9 kelas 5 halaman 78 wacana menciptakan lima teladan pola lantai dalam tari daerah.

Kunci tanggapan soal buku paket tema 9 halaman 79 wacana mencari teladan gerakan tarian kawasan dari internet, atau dari kaset video tarian daerah, kemudian menuliskan pola lantai tarian tersebut. Jawaban soal buku siswa ini juga dilengkapi dengan bahan pelajaran dan gambar-gambar tema 9 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 2.

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Minggu pagi Siti membantu ibu membersihkan rumah. Siti membersihkan debu yang ada pada barang-barang dalam ruang keluarga dengan hati- hati. Siti membersihkan ruang tamu dibantu adik. Banyak barang dalam ruang keluarga Siti.

Ada meja, kursi, televisi, radio, dan komputer. Televisi, radio, dan komputer sengaja ayah Siti taruh di ruang keluarga. Tujuannya supaya semua anggota keluarga bisa berkumpul dalam satu ruangan, meskipun berbeda-beda aktivitas. Saat keluarga Siti membersihkan rumah, mereka kadang kala sambil mendengarkan lagu-lagu dari radio.

Di ruang keluarga, Siti sering ditemani ayah mencari informasi dari internet melalui komputer. Sementara itu, adik didampingi ibu duduk di bangku nonton televisi. Keluarga Siti hidup rukun. Kerukunan keluarga Siti juga tampak ketika bekerja sama membersihkan rumah.

Di ruang keluarga Siti ada beberapa alat elektronik. Siti membersihkannya dengan hati-hati. Apa sajakah alat-alat elektronik yang ada di ruang keluarga Siti?

Ayo Mengamati

Perhatikan alat-alat elektronik yang ada di ruang keluarga Siti berikut.

1. Televisi

Sebagai salah satu media elektronik, televisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Televisi berfungsi untuk menghibur, mendidik, dan memberi informasi. Televisi memperlihatkan banyak informasi bagi pemirsa. Salah satu bentuk informasi yang ditayangkan televisi ialah iklan.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bab yang tidak sanggup dipisahkan dari masyarakat pada umumnya. Televisi mempunyai banyak keunggulan dalam memberikan iklan. Oleh alasannya ialah itu, iklan melalui televisi lebih menarik dan mempunyai nilai pesan yang tinggi. Televisi sebagai media audio visual menayangkan iklan yang sanggup dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks, sehingga sanggup menarik perhatian masyarakat.

2. Radio

Sama halnya dengan televisi, radio juga mempunyai fungsi penting bagi masyarakat umum. fungsi radio yaitu sebagai sarana penerangan, pendidikan, hiburan, dan sarana propaganda.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Bukti bahwa radio mempunyai fungsi sebagai sarana propaganda terlihat dengan banyaknya pemasangan iklan yang menentukan siaran radio sebagai sarana pemasangan iklannya. Iklan radio berupa kombinasi dari bunyi dan kata-kata (voice) dan efek bunyi (sound effect). Iklan radio hanya sanggup didengar tidak sanggup dilihat menyerupai iklan televisi. Oleh alasannya ialah itu, radio dikenal sebagai media audio.

3. Komputer

Seperti televisi dan radio, komputer juga sebagai media elektronik. Komputer ialah suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa tugas. Komputer bisa mendapatkan input, memproses input sesuai kode yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Ketika dihubungkan dengan layanan internet, komputer bisa menjadi sarana promosi atau iklan bisnis. Banyak perusahaan besar, pribadi, dan pengusaha yang memakai layanan internet di komputernya untuk mempromosikan atau mengiklankan produknya. Layanan internet di komputer sebagai sarana promosi atau iklan sanggup menjangkau wilayah yang sangat luas dengan biaya murah.

Itulah peralatan elektronik yang ada di ruang keluarga Siti. Televisi, radio, dan layanan internet di komputer ternyata mempunyai salah satu fungsi yang sama, yaitu sebagai sarana promosi atau iklan. Oleh alasannya ialah itu, ada istilah iklan elektronik. Berdasarkan media yang menyajikan iklan elektronik, televisi radio, dan layanan internet di komputer sanggup disebut sebagai unsur iklan elektronik. Masih ingatkah kau dengan pengertian iklan elektronik?

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 70


Ayo Berlatih

Apakah yang dimaksud iklan elektonik? Tuliskan dalam kolom berikut.
Jawaban :
Iklan elektronik ialah iklan yang memakai media berbasis perangkat elektronik menyerupai radio, televisi, dan media digital interaktif (internet).

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan supaya menarik perhatian masyarakat menyerupai berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan supaya menarik.

1. Perhatian (Attention)

Iklan yang baik harus sanggup menarik perhatian masyarakat umum.

2. Minat (Interest)

Setelah menerima perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Keinginan (Desire)

Iklan hendaknya meliputi cara untuk menggerakkan cita-cita konsumen.

4. Rasa Percaya (Conviction)

Untuk menerima rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang aneka macam kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya menyerupai pembuktian atau sebuah kata-kata.

5. Tindakan (Action)

Tindakan merupakan tujuan simpulan dari produsen untuk menarik konsumen supaya membeli atau memakai produk dan jasanya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 71, 72 & 73

Kamu telah mengetahui unsur-unsur iklan secara umum.

Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Beri evaluasi terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar.

Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronik.

1.
 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Penilaian:
Sesuai dengan unsur iklan.

Alasan:
Iklan tersebut ialah iklan televisi terdiri dari unsur gambar, gerak dan suara. namun kurang menarik alasannya ialah tidak mempunyai tulisan. 

2.
 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Penilaian:
Sesuai dengan unsur iklan.

Alasan:
Karena iklan tersebut merupakan iklan televisi yang mempunyai unsur gambar, suara, gerak dan tulisan.

3.
 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Penilaian:
Sesuai dengan unsur iklan.

Alasan:
Karena iklan tersebut merupakan iklan internet yang mempunyai unsur gambar, gerak, bunyi dan tuisan.

Siti dan adik selesai membersihkan ruang keluarga. Ibu dan ayah pun selesai membersihkan halaman dan lingkungan rumah. Saatnya keluarga Siti beristirahat. Siti dan keluarganya beristirahat di ruang keluarga sambil menonton televisi. Sebelum menyajikan minuman, ibu menanyakan minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik.

Ternyata minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik berbeda-beda. Ayah ingin kopi panas, Siti ingin air putih dingin, dan adik ingin es teh. Berbeda lagi dengan minuman yang diinginkan ibu Siti. Beliau menginginkan teh panas.

Siti membantu ibu menyiapkan minuman. Ibu menyiapkan hidangan kecilnya. Ibu ingin menciptakan bakwan. Adonan bakwan sudah ibu siapkan sebelum memulai bekerja bakti membersihkan rumah. Jadi, ibu tinggal menggorengnya. Inilah adonan bakwan yang siap digoreng ibu.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Coba kau perhatikan adonan bakwan yang dibentuk Ibu Siti. Adonan bakwan yang terdiri atas tepung terigu dan sayuran tidak tercampur secara merata. Materi dalam adonan sifat dan bentuknya masih kelihatan.

Berdasarkan ciri adonan tersebut, sanggup kau ketahui bahwa adonan bakwa yang siap digoreng Ibu Siti merupakan zat adonan heterogen. Ibu segera menggoreng adonan bakwan.

Sementara itu, Siti sibuk menyiapkan aneka macam minuman. Inilah minuman yang dibentuk Siti.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79Air dalam gelas pada gambar hanya terdiri atas satu zat, yaitu air mineral. Air dalam gelas tersebut tidak berubah rasa dan tidak berubah bentuk. Oleh alasannya ialah itu, air putih dalam gelas tersebut merupakan zat tunggal.




Segelas es teh yang dibentuk Siti merupakan zat adonan heterogen. teladan adonan heterogen ialah teh dengan air. Selain itu, ada perasan jeruk nipis dan es.





 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79
Segelas kopi yang dibentuk Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga materi, yaitu air, gula putih, dan abu kopi. Perhatikan dasar gelas pada adonan kopi tersebut. Dalam dasar gelas tampak adanya endapan kopi yang tidak larut tepat dengan air dan gula. Berdasarkan ciri adonan kopi tersebut sanggup kau pahami bahwa air kopi termasuk zat adonan heterogen.



 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79
Segelas teh manis yang dibentuk Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga bahan yaitu air, teh, dan gula putih. Perpaduan antara air, gula, dan teh pada gelas tampak tercampur merata atau sempurna. Materi (air, teh, dan gula putih) tidak memisah. Berdasarkan ciri teh manis tersebut sanggup kau pahami bahwa teh manis termasuk zat adonan homogen.






Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 4 Halaman 75


Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui beberapa teladan zat pada materi. Sekarang, diskusikan dengan sobat satu kelompokmu untuk mencari teladan lain bahan yang termasuk zat tunggal, zat adonan homogen, dan zat adonan heterogen.

Berikan alasan mengapa bahan tersebut termasuk zat tunggal, zat adonan homogen, atau zat adonan heterogen. Setiap kelompok minimal menciptakan lima teladan materi. Buatlah laporan hasil diskusi kelompokmu. Kumpulkan akibatnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Ayo Mengamati

Siti dan ibu selesai bersamaan. Siti dan ibu membawa air dan hidangannya ke ruang tamu. Sementara itu, ayah dan adik Siti sedang menonton pertunjukan tari di televisi. Siti tertarik pada tarian yang ditampilkan penari di televisi. Setiap tarian menampilkan aneka macam variasi pola lantai. Ingatkah kalian yang dimaksud pola lantai?

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

“Wah, cantik ya, yah! deretan penarinya berubah-ubah, teriak Siti”. Pada waktu masih kecil, Ayah Siti berakal menari. Ayah Siti juga sering ikut latihan menari di keraton. Oleh alasannya ialah itu, Ayah Siti paham betul apa yang diserukan oleh Siti. Ayah pun menanggapi usul Siti, “Itu yang dinamakan variasi pola lantai, Nak”. Kemudian, ayah menunjukan mengenai pola lantai kepada Siti.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Gambar 1 memperlihatkan pola lantai yang dilalui oleh seorang penari. Gambar 2 memperlihatkan garis di lantai yang dibentuk oleh deretan kelompok.

Pada dasarnya, ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memperlihatkan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung memperlihatkan kesan lembut tetapi lemah.

1. Pola Lantai Vertikal (Lurus)

Ciri pola lantai vertikal (lurus) ialah penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak dipakai pada tari klasik. Pola lurus memberi kesan sederhana tetapi kuat. Berikut gambar pola lantai vertikal.



2. Pola Lantai Diagonal

Pada pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Berikut gambar pola lantai diagonal.

 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

3. Pola Lantai Garis Melengkung

Pada pola lantai garis melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai lengkung ular, dan pola lantai angka delapan. Berikut teladan pola lantai garis melengkung.


Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 78


Ayo Berkreasi

Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Buatlah lima teladan bentuk pola lantai yang ditulis atau digambar pada selembar kertas. Dari bentuk pola lantai yang kalian buat tersebut, coba peragakan di depan guru dan kelompok lain.
Jawaban :
5 teladan pola lantai :
  • Horizontal
  • Vertikal
  • Diagonal
  • Lingkaran
  • Angka delapan

Siti mengangguk-angguk sehabis mendengar klarifikasi ayahnya. Tidak lupa Siti berterima kasih kepada ayahnya. Ibu mengajak ayah, Siti, dan adik menikmati hidangan kembali sambil menonton program televisi selanjutnya.

Tarian kawasan merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa. Sudah seharusnyalah kita peduli terhadap tarian daerah. Bentuk kepedulian terhadap tarian kawasan sanggup kau tunjukkan dengan cara menyaksikan tarian daerah, mengamati gerakan pola lantai tarian daerah, dan berguru tarian daerah. Siapa lagi yang akan peduli terhadap kebudayaan negeri sendiri kalau bukan kita sendiri. coba kau renungkan kalau warga negara Indonesia tidak ada yang mengenali tari-tarian kawasan sendiri. Apa yang akan terjadi?

Tentu kita akan malu, kalau tidak mengenal tarian kawasan Indonesia. Justru orang abnormal yang mempelajari dan berakal menarikannya. Artinya, mereka saja tertarik. Mengapa kita tidak tertarik dengan tarian Indonesia? Mari kita hargai budaya kita. Alangkah bagusnya kalau di kelasmu banyak yang menguasai aneka macam tari daerah. Kita akan bangga, bukan? Mari kita pelihara budaya Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 79


Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui pengertian pola lantai tarian daerah. Sekarang, coba kau cari teladan gerakan tarian kawasan dari internet atau dari kaset video tarian daerah.

Mintalah Bapak/Ibu/Saudara untuk mendampingimu ketika mengamati gerak tarian kawasan tersebut. Tuliskan tarian yang kau amati dan pola lantai tariannya. Lakukan kegiatan ini secara kelompok.
Jawaban :
Jawabannya di sesuaikan dengan gerakan tarian kawasan dari video / internet yang diperagakan oleh masing-masing siswa. 

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79. Semoga kunci tanggapan tematik kelas 5 kurikulum 2013 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi pembaca di manapun berada.


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)