Tuesday, October 24, 2017

√ Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41


pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41 - Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 5 wacana pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36 wacana soal yang membahas lagu kampungku ciptaan AT. Mahmud.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 37 wacana pertanyaan dari bahan tangga nada diatonis mayor. Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Halaman 38 wacana manfaat dan faktor yang mensugesti persediaan air sungai.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Semester 2 Halaman 40 Tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada dongeng Bunga Paling Berharga. Selanjutnya kunci tanggapan tema 8 kelas 5 K13 halaman 41 wacana ayo renungkan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 ini tentunya sudah dilengkapi dengan bahan pembelajaran yang terdapat pada buku siswa tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 1 insan dan lingkungan pembelajaran 5. Berikut ini kunci tanggapan tematik kelas 5 tema 8 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

Baca juga :

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41


Beni dan teman-teman berlatih menyanyikan lagu “Kampungku”. Inilah notasi lagu itu.

Ayo Mengamati

Perhatikan notasi lagu “Kampungku” berikut.

pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36


Ayo Bercerita

1. Apa judul lagu itu?
Jawaban :
Lagu tersebut berjudul Kampungku

2. Siapa penciptanya?
Jawaban :
A.T Mahmud

3. Apa nada dasar yang digunakan?
Jawaban :
do = C

4. Apa tanda tempo yang digunakan?
Jawaban :
3/4 Agak Cepat

5. Apa arti tanda tempo itu?
Jawaban :
Moderato

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita wacana apakah teks lagu itu?
Jawaban :
Lagu “Kampungku” menceritakan sebuah kampung di tepi sungai tempat perahu-perahu melintas. Rumah-rumah di kampung itu terbuat dari bambu.

Ayo Bernyanyi

1. Berlatihlah menyanyikan lagu “Kampungku”. Berlatihlah terus sampai kau sanggup bernyanyi dengan baik. Perhatikan pula pengucapan syair lagu semoga terang dan dipahami oleh pendengar. Kemudian, nyanyikan bersama temantemanmu. Gunakan alat musik yang ada di sekitarmu untuk mengiringi.

2. Nyanyikan lagu “Kampungku” dengan nada dasar yang berbeda. Rasakan mana yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.

Ada lagu bertangga nada diatonis mayor. Ada pula lagu bertangga nada diatonis minor. Lagu “Kampungku” termasuk lagu bertangga nada diatonis mayor. Apa maksudnya? Ayo, bacalah bacaan ini.

Ayo Membaca

Tangga Nada Diatonis Mayor

Tangga nada merupakan susunan berjenjang, contohnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Dalam seni musik ada jenis tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis terdiri atas delapan nada. Tangga nada diatonis dibagi lagi dalam dua jenis tangga nada, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Tangga nada diatonis mayor mempunyai interval (jarak nada) 1 1 ½ 1 1 1 ½. Perhatikan pola urutan tangga nada diatonis mayor berikut.

pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41

Jika digambar, berikut tangga nada diatonis mayor.

pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41

Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya sebagai berikut.
  • Bersifat riang gembira.
  • Bersemangat.
  • Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Halaman 37


Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Tangga Nada Diatonis Mayor”.
1. Apa pengertian tangga nada mayor?
Jawaban :
Tangga nada mayor yaitu salah satu tangga nada diatonis yang mempunyai interval (jarak nada) 1 1 ½ 1 1 1 ½.

2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?
Jawaban :
Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor yaitu sebagai berikut:
  • Bersifat riang gembira.
  • Bersemangat.
  • Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).

Lagu “Kampungku” menceritakan sebuah kampung di tepi sungai tempat perahu-perahu melintas. Rumah-rumah di kampung itu terbuat dari bambu. Dapatkah kau membayangkan suasana kampung tersebut?

pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41

Pada siang hari yang terik, panas matahari akan menguapkan air dari permukaan sungai. Apa jadinya bagi persediaan air sungai?

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Halaman 38


Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
1. Dari mana asal persediaan air sungai?
Jawaban :
Persediaan air sungai berasal dari siklus air tanah. Proses siklus air mengakibatkan air bergerak meninggalkan tanah ke udara. Selanjutnya, air turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Nah, air yang turun ke tanah ini ada yang masuk ke sungai.

2. Siapa saja yang memanfaatkan air sungai?
Jawaban :
Manusia, binatang dan tumbuhan.

3. Apa saja manfaat air sungai?
Jawaban : 
Air sungai bermanfaat untuk mandi, mencuci pakaian, mencari ikan, dan sumber air minum.

4. Apakah persediaan air sungai sanggup berkurang alasannya menguap ketika terkena panas matahari? Jelaskan jawabanmu.
Jawaban : 
Tidak, alasannya pada proses siklus air tanah terdapat air cadangan (sumber air). Sumber air ini akan selalu ada apabila kawasan perembesan air selalu tersedia.

5. Faktor-faktor apa yang sanggup memengaruhi persediaan air sungai?
Jawaban :
Faktor alam dan acara manusia.

Bacalah hasil diskusimu di hadapan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru. Adakah perbedaan tanggapan di antara kelompok-kelompok diskusi di kelasmu? Jika ada, bagaimana kalian menanggapi perbedaan itu?

Ayo Membaca

Bunga Paling Berharga

Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan. Hujan jarang turun di desa itu sehingga tidak banyak tetumbuhan. Jangankan bunga-bungaan, semak-semak pun jarang ditemui.

Suatu hari, sebelum berakhirnya pelajaran, Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah buku tulis. Buku tulis itu halaman-halaman dalamnya berwarna putih dan bersampul merah. Indah sekali. “Buku tulis itu untuk kalian. Kalian boleh menulis apa saja di dalamnya,” kata Bu Mala.

“Saya mau menuliskan catatan harian di buku ini,” kata Nola. “Saya mau menggambar wajah setiap orang yang saya temui,” kata Wendi yang hobi menggambar.

“Saya mau menciptakan herbarium,” kata Makale. Bu Mala memandang Makale dengan penuh keheranan mendengar ucapan Makale.

“Kamu mau menciptakan herbarium?” tanya Bu Mala kepada Makale. “Ya. Seorang pelancong pernah memperlihatkan buku herbariumnya kepada saya. Herbarium itu sangat indah,” jawab Makakale. “Tetapi, untuk menciptakan herbarium kau akan membutuhkan banyak daun. Tahukah kamu?” tanya Bu Mala.

Makale menganggukkan kepalanya sambil berkata, “Atau bunga...” “Di mana kau akan mencarinya?” tanya teman-teman Makale.

Makale memandang keluar jendela. Tidak tampak tumbuhan sama sekali. “Saya akan mendapatkannya,” kata Makale sambil tersenyum. Hari berganti hari. Waktu berlalu dengan cepat. Buku tulis merah milik para siswa Bu Mala telah berisi banyak sekali cerita, gambar, dan foto. Hanya buku tulis Makale yang masih kosong.

Pada suatu hari, sebuah awan hitam berhenti di atas desa tempat tinggal Makale. Tak usang kemudian awan hitam itu mencurahkan hujan yang sangat deras. Benih-benih flora yang terkubur di dalam tanah tandus desa itu pun tumbuh. Sepetak kebun terbentuk. Bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun itu.

Makale senang. Dipetiknya sekuntum bunga merah. Hanya satu. Kemudian, ditempelkannya bunga itu di dalam buku tulis merahnya. Hari berikutnya, bunga-bunga lainnya telah layu alasannya terbakar matahari. Di dalam kelas, Makale berseru dengan gembira. “Saya sudah menciptakan herbarium saya, Bu Mala.”

Bu Mala membuka buku tulis merah Makale. Herbarium itu hanya satu halaman. Hanya ada satu bunga di dalamnya. Namun, bunga itu paling berharga di dunia alasannya hanya mekar sehari dalam setahun.

Kunci Jawaban Buku Paket Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 40


Ayo Menulis

Kamu telah membaca dongeng “Bunga Paling Berharga”.
1. Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita.
Jawaban :
  • Sebuah desa yang selalu kekeringan.
  • Bu Mala memandang Makale dengan penuh keheranan mendengar ucapan Makale yang mau menciptakan herbarium.
  • Pada suatu hari di desa tempat tinggal Makale terjadi hujan yang sangat deras.
  • Benih-benih flora yang terkubur di dalam tanah tandus desa itu tumbuh.
  • Makale berhasil menciptakan herbarium.
  • Bunga di yang diambil Makale menjadi bunga yang paling berharga alasannya hanya mekar sehari dalam setahun.

2. Tuliskan urutan-urutan insiden pada cerita.
Jawaban :
  • Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan.
  • Bu Mala menawarkan sebuah buku tulis kepada siswanya.
  • Semua siswanya sangat gembira.
  • Bu Mala memandang Makale dengan penuh keheranan mendengar ucapan Makale yang mau menciptakan herbarium.
  • Pada suatu hari di desa tempat tinggal Makale terjadi hujan yang sangat deras.
  • Benih-benih flora yang terkubur di dalam tanah tandus desa itu tumbuh.
  • Makale berhasil menciptakan herbarium.
  • Bunga di yang diambil Makale menjadi bunga yang paling berharga alasannya hanya mekar sehari dalam setahun.

3. Tulislah kembali dongeng tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dengan ejaan yang benar.
Jawaban :
Makale tinggal di sebuah desa yang selalu dilanda kekeringan. Pada suatu hari ia diberikan buku tulis oleh Ibu Guru (Bu Mala). Dengan buku itu ia ingin menciptakan herbarium, namun untuk menciptakan herbarium diharapkan banyak daun atau bunga. Sedangkan di desa Makale tidak ada bunga yang mekar alasannya desanya selalu dilanda kekeringan.

Pada suatu hari di desa tempat tinggal Makale terjadi hujan yang sangat deras sehingga benih-benih flora dan bunga sanggup tumbuh dan mekar.

Makale hanya memetik satu bunga kemudian ditempelkannya bunga itu di buku tulis. Di dalam kelas Makale sangat besar hati alasannya sudah menciptakan herbarium, meskipun hanya memakai satu bunga namun bunga itu paling berharga alasannya hanya mekar sehari dalam setahun.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Halaman 41


Ayo Renungkan

Dari pembelajaran hari ini, kau telah menerima pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan berbagi sikap-sikap baik.

Adakah pengetahuan dan keterampilan yang sanggup kau berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu?
Jawaban :
Pengetahuan dan keterampilan yang sanggup saya berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku yaitu pengertian dan ciri-ciri tangga nada diatonis mayor, manfaat dan faktor-faktor yang mensugesti air sungai serta semangat untuk terus berusaha menggapai apa yang kita inginkan.

Sikap baik apakah yang sanggup menimbulkan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik?
Jawaban :
Sikap baikku yang sanggup menimbulkan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik yaitu tidak membuang sampah di sungai, menanam pohon di lingkungan rumah semoga sumber resapan air selalu tersedia.

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 5 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41. Semoga kunci tanggapan tematik kelas 5 SD ini sanggup menawarkan manfaat bagi pembaca dimanapun berada.


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)