Friday, October 20, 2017

√ Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181

 Kumpulan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181

Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181 - Kumpulan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru. Kunci Jawaban Tematik ini juga dilengkapi dengan materi pelajaran dan gambar-gambar yang terdapat pada buku siswa tema 9 kelas 5 semester 2.

Kunci Jawaban Tema 9 Halaman 174 Kelas 5 perihal pertanyaan menciptakan kesimpulan isi iklan BPJS. Jawaban Soal Tema 9 Halaman 175 perihal memahami isi iklan di media elektronik (internet, televisi, atau radio). Kunci balasan tema 9 halaman 176, yaitu menciptakan laporan hasil diskusi perihal akhir yang ditimbulkan kalau tidak terjadi kerukunan hidup.

Kunci Jawaban Tema 9 Halaman 177 membahas latihan soal untuk menguji pengetahuan siswa perihal hidup rukun. Jawaban Tema 9 halaman 181 perihal laporan hasil diskusi persiapan festival kelas. Seperti apa kunci balasan tematik kelas 5 tema 9 subtema 3 pembelajaran 6, silakan dilihat berikut ini.

Baca juga :

Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181

Dayu, Siti, Lani, dan Beni sedang asyik mengerjakan kiprah sekolah di rumah Edo. Mereka mencari artikel di internet dengan memakai komputer milik ayah Edo.

Sesekali ayah Edo mengatakan bimbingan dan instruksi dalam memakai internet. Tak sengaja mereka melihat ada iklan yang terpampang di halaman depan sebuah situs pendidikan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Halaman 174


Ayo Mengamati

Ketika Edo, Lani, Siti, Dayu, dan Beni sedang asyik mencari artikel, tiba-tiba muncul sebuah iklan. Iklan tersebut muncul ketika mereka membuka sebuah situs untuk mencari artikel yang menjadi kiprah sekolah mereka. Iklan apa yang muncul?

Amatilah iklan yang muncul ketika Edo membuka sebuah situs.

 Kumpulan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181

Tuliskan isi iklan di atas pada kolom berikut.

Iklan tersebut dibentuk oleh instansi pemerintah, yaitu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) yang yang bertujuan untuk memberitahu pengguna BPJS semoga tidak lupa dengan Tanggal Pembayaran Iuran JKN-KIS.

Tahukah kau bahwa iklan elektronik sanggup dikelompokkan menjadi 3 jenis menurut isinya?

Berdasarkan isinya, jenis-jenis iklan elektronik dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu sebagai berikut:

1. Iklan komersial

Iklan komersial yakni iklan yang menginformasikan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pemasar.

2. Iklan perusahaan

Iklan perusahaan yakni iklan yang menekankan pada gambaran perusahaan. Iklan perusahaan umumnya dirancang dengan tujuan tertentu yang menguntungkan perusahaan di masa datang. Tujuan utama iklan perusahaan yakni meningkatkan gambaran perusahaan di mata masyarakat.

3. Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat yakni iklan yang bertujuan untuk mengatakan klarifikasi atau informasi kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini biasanya dibentuk oleh instansi pemerintah.

Kunci Jawaban Soal Tema 9 Kelas 5 Halaman 175


Ayo Berlatih

Untuk lebih memahami perihal isi iklan di media elektronik, cobalah kau mengamati salah satu iklan di media elektronik (televisi/radio/internet). Setelah itu buatlah kesimpulan isi dari iklan yang kau amati secara visual (menggunakan gambar).

Buatlah gambar dan kesimpulan isi iklan pada kotak berikut.

 Kumpulan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181

Kesimpulan :
Iklan di atas merupakan iklan internet jenis banner. Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web. Isi iklan internet tersebut yakni memperlihatkan produk makanan. Produk masakan yang ditawarkan yakni mi instan dengan brand yumi Mie. Mi instan ini sanggup dinikmati ketika sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman-teman. yumi Mie merupakan masakan cepat saji yang yummy kalau dinikmati ketika masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani yumi Mie.

Saat Edo, Beni, Siti, Lani, dan Dayu sedang mengerjakan tugas, terjadi perbedaan pendapat antara Lani dan Beni dengan Siti, Edo, dan Dayu. Perbedaan pendapat yang terjadi sulit untuk disatukan, sehingga timbul perdebatan yang sengit.

Ayah Edo yang duduk tidak jauh dari mereka memberi pesan yang tersirat bahwa dalam berdiskusi niscaya ada perbedaan pendapat, namun tidak seharusnya menjadi sumber perpecahan. Kerukunan harus tetap terjaga baik dengan sobat di sekolah, keluarga, bahkan dengan masyarakat.

Kunci Jawaban Soal Tema 9 Kelas 5 Halaman 176


Ayo Berdiskusi

Bagaimana karenanya kalau tidak terjadi kerukunan hidup? Untuk menjawab pertanyaan ini, kau sanggup bergabung dengan temanmu membentuk kelompok terdiri atas tiga anak.

Diskusikanlah dengan anggota kelompokmu perihal akibat-akibat yang timbul kalau hidup tidak rukun. Buatlah kesimpulan hasil diskusi kelompokmu pada kolom berikut dan presentasikan di depan kelas.

Jawaban :
Akibat kalau tidak terjadi kerukunan hidup yakni gampang terjadi pertengkaran, kehidupan menjadi tidak tenteram, gampang terkena hasutan orang lain, terjadi perpecahan alasannya yakni tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan.

Tahukah kau bahwa kerukunan yakni suatu sikap yang mencerminkan adanya saling pengertian semoga tercipta perdamaian, persahabatan, dan persaudaraan?

Ciri-ciri hidup rukun sebagai berikut.

  1. Menghargai pendapat orang lain.
  2. Menghargai hasil karya orang lain.
  3. Membina kekerabatan baik.
  4. Saling menghormati.
  5. Saling menyayangi.

Manfaat atau pentingnya hidup rukun di antaranya sebagai berikut.

  1. Tidak adanya pertengkaran.
  2. Hidup dalam keluarga menjadi harmonis.
  3. Hidup menjadi aman.
  4. Hidup menjadi tenteram dan damai.
  5. Memperkukuh persatuan dan kesatuan.

Akibat hidup tidak rukun, antara lain sebagai berikut.

  1. Mudah terjadi pertengkaran.
  2. Kehidupan menjadi tidak tenteram.
  3. Mudah terkena hasutan orang lain.
  4. Terjadi perpecahan alasannya yakni tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 177


Ayo Berlatih

Agar pengetahuan kau perihal hidup rukun lebih mendalam, cobalah mengerjakan latihan berikut ini.

1. Apakah yang dimaksud dengan kerukunan hidup?
Jawaban :
Kerukunan hidup yakni suatu sikap yang mencerminkan adanya saling pengertian semoga tercipta perdamaian, persahabatan, dan persaudaraan

2. Bagaimana ciri-ciri keluarga yang hidup rukun?
Jawaban :
Ciri-ciri keluarga yang hidup rukun yakni menghargai pendapat orang lain, menghargai hasil karya orang lain, membina kekerabatan baik, saling menghormati, saling menyayangi.

3. Sebutkan manfaat hidup rukun?
Jawaban :
Manfaat hidup rukun adalah Tidak adanya pertengkaran, Hidup dalam keluarga menjadi harmonis, Hidup menjadi aman, Hidup menjadi tenteram dan damai, Memperkukuh persatuan dan kesatuan.

4. Sebutkan akhir yang terjadi kalau tidak tercipta kerukunan hidup bermasyarakat?
Jawaban :
Akibat yang terjadi kalau tidak tercipta kerukunan hidup bermasyarakat yakni gampang terjadi pertengkaran, kehidupan menjadi tidak tenteram, gampang terkena hasutan orang lain, terjadi perpecahan alasannya yakni tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan.

Edo, Siti, Lani, Dayu, dan Beni memperhatikan ayah Edo yang sedang memberi nasihat. Pada pada dasarnya kerukunan harus tetap dijaga meski terdapat banyak perbedaan, baik itu perbedaan suku, agama, ras, dan budaya.

Ketika disinggung problem budaya, Edo teringat perihal kiprah sekolah, yaitu menciptakan kain batik jumputan. Batik merupakan salah satu karya seni tekstil Indonesia.

Ayo Membaca

Mengenal Batik Indonesia

Batik di tanah air dibedakan menjadi dua, yaitu batik klasik (batik Surakarta dan Yogyakarta) dan batik pesisir. Motif batik klasik dianggap masih orisinil atau belum terpengaruh budaya asing. Lain dengan batik pesisir yang telah banyak terpengaruh budaya asing.

Keunikan batik klasik, yaitu motifnya lebih condong pada motif-motif geometris, pewarnaan yang kalem serta lebih condong pada warna-warna gelap ibarat cokelat, hitam, biru tua, dan merah marun. Keunikan yang lain, yaitu adanya makna simbolis yang terkandung dalam motif hias batik klasik.

Makna simbolis itu kebanyakan berupa doa atau cita-cita yang baik-baik terhadap pemakainya. Sebagai contoh, motif grompol pada batik Yogyakarta. Motif ini dipakai oleh mempelai pengantin ketika upacara pernikahan.

Motif grompol berarti berkumpul atau bersatu. Adapun kandungan makna motif ini, yaitu doa/ cita-cita semoga rejeki, keselamatan, kesejahteraan, dan segala yang baik- baik berkumpul untuk mempelai berdua. Motif dengan kandungan makna serupa, terdapat pada motif sidomukti dari Surakarta.

Motif ini juga dikenakan mempelai pada upacara pernikahan. Sido berarti jadi atau terus-menerus, dan mukti berarti hidup berkecukupan. Jadi, kandungan makna motif sidomukti ialah cita-cita atau doa semoga pengantin sanggup hidup berkecukupan.

Teknik pembuatan batik klasik tergolong unik. Batik klasik dibentuk dengan canting tulis dan materi perintang yang disebut malam atau lilin batik. Pada proses membatik dengan canting tulis, sebelum memulai perintangan, pola atau motif digambar terlebih dahulu di atas kain.

Kemudian, motif ditutup malam. Proses pemalaman dimulai dari motif paling luar yang biasanya besar. Kemudian, dilanjutkan pemalaman pada isen-isen (motif-motif kecil) yang Iebih rumit. Secara umum, proses pemalaman batik terdiri atas beberapa tahap sebagai berikut.
  • Nglowongi, yaitu proses pemalamam garis bidang pola terluar.
  • Nembok, merupakan proses pemalaman untuk menutup bidang pola semoga tidak tercelup warna ketika dilakukan pencelupan.
  • Mbironi, pada dasarnya sama dengan nembok, tapi proses ini hanya dilakukan kalau warna biru pada kain direncanakan tetap berwarna biru.
  • Nonyok, merupakan pemalaman pada bidang latar. Setelah melalui proses pemalaman, proses selanjutnya, yaitu pewarnaan atau pencelupan dan nglorot atau pengilangan malam, yang biasanya dengan cara mencelupkan ke dalam air panas/mendidih.

Batik pesisir sanggup dikatakan bertolak belakang dengan batik klasik. Motif batik pesisir cenderung bersifat naturalis, memakai warna-warna cerah ibarat merah, biru, hijau, dan jingga.

Motif batik pesisir mengabaikan makna simbolis, dan Iebih menekankan segi keindahan motif. Selain itu, banyak ditemukan dampak budaya Eropa dan Cina pada motif pesisir.

Baca juga : Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 Tema 7

Sebagai contoh, motif putri salju dan motif cinderela pada batik PekaIongan, dan motif mega mendung pada batik Cirebon. Di kawasan Jambi dan Cirebon terdapat batik dengan motif kaligrafi arab.

Di Jambi, motif ini disebut motif basurek yang berarti bersurat, disebut demikian alasannya yakni isinya merupakan penggalan surat dalam Al-Quran.

Kamu sudah membaca bacaan mengenai batik di Indonesia.Kamu juga telah mengetahui perihal bagaimana menciptakan batik jumputan (ikat celup). Batik jumputan merupakan kain batik yang dikerjakan dengan teknik sangat sederhana.

Coba kau bandingan dengan batik cap dan batik tulis. Jenis kain batik tersebut dibentuk dengan teknik yang lebih rumit, yaitu memakai lilin sebagai materi epilog dan proses pelorotan sesudah pencelupan dalam materi pewarna.

Ayo Berkreasi

Sekarang, saatnya kau berkreasi menciptakan batik dengan teknik perintangan sederhana. Perhatikan langkah-langkahnya, kemudian tirukan. Berhati-hatilah ketika berkarya, apalagi ketika memakai api dan air mendidih. Perhatikan keselamatanmu.
1. Menyiapkan alat dan bahan
2. Membuat pola gambar pada kain
3. Menutup bab gambar dengan lilin
4. Menyiapkan larutan untuk merendam kain
5. Mencelupkan dan menghilangkan lilin
6. Hasil jadi

Kunci Jawaban Buku Paket Tema 9 Kelas 5 Halaman 181


Ayo Berdiskusi

Persiapkan festival hasil karya bersama teman-teman satu kelas sesudah ujian kenaikan kelas. Apa saja persiapan yang akan kalian lakukan.

Coba, diskusikan bersama sobat satu kelas. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

persiapan yang akan dilakukan yakni menciptakan panitia pameran, menciptakan pembagian kiprah panitia pameran, menciptakan jadwal festival (waktu dan tempat pameran), menyiapkan karya yang akan dipamerkan, menciptakan iklan festival hasil karya, menciptakan laporan hasil pameran.

Demikianlah Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 6 Halaman 174, 175, 176, 177, 181. Semoga Kunci Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 5 Kurikulum ini sanggup mengatakan manfaat bagi pembaca di manapun berada.


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)