Saturday, October 21, 2017

√ Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 152, 153, 154, 158, 160


 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 152, 153, 154, 158, 160


Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 152, 153, 154, 158, 160


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 152, 153, 154, 158, 160 - Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru. Kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 9 halaman 152 wacana iklan elektronik body wash.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 153 wacana tabel informasi yang disampaikan iklan elektronik. Kunci balasan buku paket tema 9 kelas 5 halaman 154 wacana iklan media elektronik yang berisi permintaan menjaga persatuan dan kesatuan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 3 Halaman 158 wacana usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan sehingga tercipta kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa.

Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Halaman 160 wacana membuat kesimpulan hasil diskusi wacana jenis perjuangan masyarakat terkait dengan aktivitas ekonomi. Kunci balasan tematik kelas 5 SD ini juga dilengkapi dengan bahan pembelajaran yang terdapat pada tema 9 semester 2 kurikulum 2013 revisi terbaru.

Baca juga :

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 152, 153, 154, 158, 160

Sore hari, Edo sedang duduk santai bersama ayah dan ibunya. Mereka duduk sambil menonton siaran televisi swasta yang sedang memberikan berita. 

Pada saat-saat tertentu program di televisi ada jeda iklan. Setelah iklan selesai, program di televisi kembali dilanjutkan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Halaman 152


Ayo Mengamati

Ketika Edo sedang asyik menonton isu bersama ayah dan ibunya, tiba-tiba diselingi iklan. Salah satu iklan yang muncul, terlihat dalam cuplikan gambar berikut.

 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 152, 153, 154, 158, 160

Amatilah iklan yang dilihat Edo.

Setelah mencermati iklan tersebut, lakukan aktivitas berikut.

1. Informasi apa saja yang kau peroleh?
Jawaban :
Gambar di atas merupakan iklan penawaran, produk yang ditawarkan yaitu body wash atau peralatan mandi menyerupai sabun pada umumnya.

2. Simpulkan informasi yang kau peroleh dengan kalimat sendiri.
Jawaban :
Body Wash yaitu peralatan mandi yang efektif dan nyaman layaknya sabun-sabun pada umumnya. Bodywash lebih higienis dibandingkan sabun biasa dan ideal untuk disimpan di kamar mandi atau dibawa ketika melaksanakan perjalanan jauh.

Ayo Membaca

Iklan elektronik yaitu iklan yang memakai media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik sanggup berupa:

1. Iklan Radio

Iklan radio mempunyai karakteristik hanya sanggup didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut sanggup berupa suara/kata-kata insan yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun imbas bunyi alam.

2. Iklan Televisi

Iklan televisi mempunyai karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh sebab itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.

3. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)

Iklan Media Digital Interaktif (internet) yaitu iklan yang memanfaatkan media internet untuk menawarkan informasi kepada masyarakat. 

Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini sanggup berupa video maupun banner animasi.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 153


Ayo Berlatih

Amatilah iklan elektronik, baik iklan di radio, televisi, maupun internet. Tuliskan informasi yang disampaikan dari iklan yang kalian amati. 

Berikan juga tanggapan terhadap iklan yang kau amati. Apakah iklan menarik dan terperinci dalam penyampaiannya? Tuliskan dalam kolom berikut.

 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 152, 153, 154, 158, 160

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 154

Pernahkah kau mengamati iklan elektronik yang berisi ajuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan? 

Coba, carilah iklan dari media elektronik berisi ajuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Ceritakan iklan yang kau amati dengan menuliskan pada kolom berikut.

 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 152, 153, 154, 158, 160

Iklan elektronik kedamaian tercipta sebab kita berbeda berisi ajuan persatuan dan kesatuan yang tecermin pada sikap masyarakat yang senantiasa menjalin rasa kemanusiaan dan toleransi serta menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.

Ayo Membaca

Persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa, harus tetap dijaga oleh semua warga masyarakat. 

Agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga, semua warga masyarakat harus selalu membuatkan sikap toleransi, rasa persatuan dan kesatuan, dan kekeluargaan. 
Tidak hanya warga masyarakat, pemimpin-pemimpin bangsa pun selalu berupaya untuk membina persatuan dan kesatuan hidup bermasyarakat dan berbangsa.

Usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan bermasyarakat dan berbangsa antara lain:
  1. mengadakan pameran budaya,
  2. mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di setiap program resmi di mana pun berada,
  3. menjalankan pemerintahan secara adil dan terbuka,
  4. mengadakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  5. menciptakan kebebasan masyarakat untuk memeluk agama dan melaksanakan ibadah sesuai agamanya masing-masing,
  6. membina sikap saling menghormati dan menghargai antarpemeluk agama,
  7. mengadakan peringatan hari-hari besar nasional dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Setiap warga masyarakat harus selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan semoga tercipta kerukunan hidup. 

Jika anggota masyarakat tidak mempunyai rasa persatuan dan kesatuan, maka ia akan berbuat semaunya dan pada alhasil menyebabkan permasalahan.

Beberapa pola sikap yang tidak menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan sehingga menyebabkan tidak rukun, antara lain:
  1. peserta didik bersikap sombong dan memilih-milih sahabat di sekolah,
  2. pertengkaran antarwarga,
  3. tawuran antarpelajar atau warga,
  4. merendahkan atau mengejek agama lain sehingga terjadi perselisihan,
  5. konflik antarsuku, dan lain-lain.

Perilaku-perilaku di atas, harus dihindari dan diupayakan tidak terjadi dengan cara memperbesar rasa teloransi.

Ayo Bermain Peran

Kamu sanggup mencar ilmu wacana pentingnya menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan dengan bermain peran. Bentuklah kelompok terdiri atas enam anak. 

Keenam anak itu nantinya berperan sebagai Siti, Lani, Udin, Beni, Dayu, dan Pak Guru. Pelajari naskah untuk bermain kiprah berikut. 

Berlatihlah hingga kelompok kalian menguasai dan bermain peranlah di depan kelas.

Kesombongan Membawa Petaka

Sekolah sedang mengadakan aktivitas jelajah alam yang diikuti oleh akseptor didik kelas 5 dan 6. Mereka terbagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Dalam aktivitas jelajah alam tersebut, tim yang paling ulet dan sanggup menuntaskan kiprah dengan baik, akan mendapat penghargaan.

Siti, Leni, Udin, Beni, dan Dayu berada pada satu kelompok. Beni yaitu anak yang pintar, namun kurang sanggup bekerja sama dengan temannya sebab sikapnya yang sombong. Dayu sebagai pemimpin regu merasa kesulitan mengatur anggota regunya. Acara jelajah alam pun dimulai, mereka segera memasuki hutan untuk mencari jejak.

”Kalau cuma begini sih kecil, saya tahu betul kondisi hutan ini. Pasti kelompok kita yang menang nantinya,” kata Beni dengan sombong.

“Kita dihentikan sombong Beni, yang terpenting kita harus selalu bersama dan dihentikan terpisah,” kata Dayu.

Tiba-tiba Lani berkata, ”Lihat... ada persimpangan di depan. Kita harus menentukan jalan yang mana ya?”

“Sepertinya ada sandi yang harus kita pecahkan, untuk sanggup tahu jalan mana yang harus kita pilih,” kata Siti.

“Biar saya saja yang mengerjakan sandi itu, kalian tunggu di sini saja,” kata Beni.

“Kita kerjakan tolong-menolong saja, kan kita satu kelompok,” kata Dayu. 

“Nanti malah kelamaan. Sudah, biar saya saja yang mengerjakan. Kalau cuma sandi begituan, sih, gampang. Kalian nurut saja, biar kelompok kita hingga paling cepat dan sanggup juara,” kata Beni.

“Tidak sanggup begitu.. kita kerjakan bersama saja,” kata Udin.

Kemudian, mereka berdiskusi memecahkan sandi untuk menentukan arah yang harus mereka pilih. Diskusi berjalan alot sebab ada perbedaan antara Beni dan teman-temannya.

“Menurutku, sandi itu menyampaikan bahwa kita harus mengambil jalan ke kanan. Tapi, biar kita hingga di pos paling cepat, kita cari jalan pintas saja. Kita berjalan ke kiri memotong arah. Aku tahu hutan ini, sebab saya pernah ke sini berkali-kali,” ujar Beni mantap.

“ Tidak, kita harus berjalan sesuai petunjuk arah,” kata Udin.

“Sekarang saya tanya, di sini yang paling cerdik siapa? saya kan! Aku juara kelas, kalian semua mempunyai peringkat di bawahku. Itu berarti kalian harus menuruti kata-kataku. Aku yakin keputusanku yang paling benar,” kata Beni dengan sombong.

Mereka terus berdebat. Dayu, Lani, Udin dan Siti sependapat, sedangkan Beni tidak sependapat sendiri.

“Sudah..., kini kita ikut bunyi terbanyak saja. Aku, Lani, dan Siti oke dengan pendapat Udin. Berarti kita jalan ke kanan,” kata Dayu.

“Tidak. Silakan saja kalian berjalan sendiri, niscaya nanti kalian yang akan tersesat sebab jalannya memutar kalau menuju pos. Biar saya sendiri berjalan ke kiri,” kata Beni.

“Jangan Beni. Kita kan harus selalu bersama. Jangan pergi sendiri, nanti kalau kau yang tersesat bagaimana? Pokoknya, kita harus tetap bersatu,” ujar Lani.

“Kalau begitu, kalian harus menuruti kata-kataku. Kita berjalan ke kiri,” kata Beni.

“Tapi kompasnya membidik 60 derajat ke arah utara, sesuai kata-kata pada sandi itu. Berarti, kita harus mengambil arah kanan,” kata Siti sambil membidik kompas di tangannya.

“Apa pun alasannya, saya akan berjalan ke kiri. Itu keputusanku, sebab saya lebih tahu tempat ini. Kalau kalian tidak mau ikut denganku, ya sudah. Selamat jalan, saya pergi sendiri. Biar nanti saya hingga lebih dulu di tempat tujuan,” kata Beni sambil berlalu meninggalkan kelompoknya.

Siti, Lani, Udin, dan Dayu tercengang dengan sikap Beni. Mereka berusaha mencegah Beni. Namun terlambat, Beni sudah berlari dengan cepat.

Dengan sangat terpaksa, mereka melanjutkan perjalanan tanpa Beni. Sesampainya di pos, ternyata kelompok mereka nomor dua. Ada satu kelompok yang telah hingga lebih dulu di pos itu. Mereka kemudian teringat dengan Beni, Beni tidak ada di sana. Hingga semua kelompok berkumpul di pos tersebut, Beni tidak juga muncul.

Mereka kemudian merasa ketakutan, khawatir jikalau Beni tersesat di dalam hutan. Dayu melapor pada Pak Guru. Tak usang kemudian, Pak Guru meminta Lani, Siti, Udin, dan Dayu untuk ikut bersama tim mencari keberadaan Beni.

Sementara di tengah hutan, Beni bingung. Ia tiba-tiba lupa dengan jalan yang harus ia tempuh.

“Kenapa tampaknya saya hanya berputar-putar saja? Dari tadi tampaknya jalan yang saya lewati sama. Aku tersesat.... Coba tadi saya nurut sama mereka. Tapi kan gengsi, masak saya paling cerdik harus nurut sama mereka yang kepintarannya di bawahku?” kata Beni.

Beni menyesal. Ternyata ia telah bersikap sombong. Kesombongan yang alhasil justru mencelakakan dirinya sendiri.

Setelah beberapa lama, alhasil Beni sanggup ditemukan. Hari sudah petang. Mereka kemudian tolong-menolong menuju pos.

“Teman-teman, saya minta maaf ya…. Karena kesombonganku, kalian jadi repot harus mencariku,” kata Beni kepada teman-temannya dengan menyesal.

“Tidak apa-apa. Lain kali, kita harus kompak dan bersatu. Kamu memang pintar, Beni, tapi kesombonganmu harus dihilangkan,” kata Udin.

Kunci Jawaban Soal Tema 9 Kelas 5 Subtema 3 Halaman 158


Ayo Berlatih

Setelah kalian membaca dongeng “Kesombongan Membawa Bencana”, sikap menyerupai Beni sudah selayaknya tidak kita tiru. 

Sikap sombong menyerupai yang dilakukan oleh Beni sanggup menjadi penyebab pecahnya persatuan dan kesatuan. 

Para pemimpin bangsa kita terdahulu pun sangat menjaga semoga rasa persatuan dan kesatuan tidak terpecah.

Sekarang, coba kalian sebutkan usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan sehingga tercipta kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa. 

Tulislah ceritamu pada buku tugas, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Jawaban :
Usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan bermasyarakat dan berbangsa antara lain :
  1. mengadakan pameran budaya,
  2. mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di setiap program resmi di mana pun berada,
  3. menjalankan pemerintahan secara adil dan terbuka,
  4. mengadakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  5. menciptakan kebebasan masyarakat untuk memeluk agama dan melaksanakan ibadah sesuai agamanya masing-masing,
  6. membina sikap saling menghormati dan menghargai antarpemeluk agama, 
  7. mengadakan peringatan hari-hari besar nasional dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Edo selesai belajar. Tiba-tiba terdengar bunyi ibu memanggilnya. Edo disuruh ibu untuk membeli telur ayam di tetangga sebelah. 

Kebetulan tetangga sebelah beternak ayam petelur. Ibu sedang sibuk membuat roti untuk dijual besok pagi. Saat ke luar rumah Edo bertemu tetangganya yang gres pulang dari berjualan di pasar.

Edo sejenak merenung. Edo tinggal di lingkungan pinggiran kota. Edo sadar, ternyata ada bermacam-macam pekerjaan yang dijalani oleh masyarakat di lingkungan sekitar rumahnya. 

Mulai dari peternak ayam, pedagang roti menyerupai ibunya, pengrajin, guru, dan karyawan swasta menyerupai ayahnya.

Ayo Membaca

Tahukah kau Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam?. Indonesia terdiri atas banyak sekali suku bangsa yang mempunyai budaya masing-masing. 

Keanekaragaman budaya juga merupakan suatu kekayaan yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain. 

Kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang beraneka ragam, memengaruhi mata pencaharian masyarakat Indonesia. 

Beragamnya budaya membuat mata pencaharian masyarakat Indonesia juga beraneka ragam.

Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar dan di Indonesia pada umumnya. Caranya, antara lain sebagai berikut.

Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.

Mata pencaharian masyarakat di Indonesia sangat beragam, mulai dari pedagang asongan, pengamen, pegawai, karyawan swasta, hingga pengusaha. 

Apa pun pekerjaan orang lain, kita dihentikan merendahkan. Misalnya, kau mendapati seorang pengamen yang mencari uang dengan berjalan dari rumah ke rumah sambil bernyanyi. 

Kamu harus tetap menghormatinya, dihentikan mencela bahkan merendahkan.

Menghormati orang yang sedang bekerja.

Kamu harus menghormati orang yang sedang bekerja, tidak peduli pekerjaan itu manis atau tidak berdasarkan kamu. 

Misalnya, kau sedang memasuki gerbang sekolah, kebetulan ada tukang kebun yang sedang membersihkan halaman. Sebaiknya kau menyapa atau setidaknya menganggukkan kepala.

Menghargai pekerjaan orang lain.

Apa pun pekerjaan orang lain harus tetap dihargai. Jangan pernah membeda-bedakan orang hanya berdasarkan pekerjaan saja. 

Sebagai akseptor didik, kau harus menghargai pekerjaan siapa pun. Misalnya, dengan ibu penjaga kantin sekolah, pedagang kaki lima, pemulung, dan lain sebagainya.

Membiasakan membeli produk-produk lokal.

Sebagai contoh, tetanggamu mempunyai perjuangan produksi sandal dan tas. Jika kau ingin membeli tas dan sandal, sebaiknya belilah produk dari tetanggamu. 

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk menghargai mata pencaharian masyarakat.

Membiasakan mengonsumsi masakan dan buah-buahan dalam negeri.

Mengonsumsi masakan dan buah-buahan dalam negeri sanggup mengangkat hasil pertanian masyarakat, sehingga secara tidak pribadi sanggup membantu menyejahterakan petani Indonesia.

Kamu telah mengetahui cara menghargai mata pencaharian masyarakat yang multi budaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. 

Sekarang cobalah berdiskusi dengan temanmu wacana cara menghargai aktivitas orang lain dalam usaha.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 3 Halaman 160


Ayo Berdiskusi

Lakukanlah diskusi bersama teman-teman satu kelas dan Bapak/Ibu Guru. Tema diskusi yaitu wacana cara-cara menghargai aktivitas orang lain dalam usaha. 

Tentukan siapa yang menjadi pembicara, notulen, dan moderator. Berdiskusilah dengan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan mengungkapkan pendapat atau pertanyaan dengan sopan dan santun.

Berikut hal-hal yang didiskusikan.
1. Daerah tempat tinggal.
Jawaban :
  • Dataran rendah
  • Dataran Tinggi
  • Pantai

2. Jenis pekerjaan atau perjuangan yang dilakukan oleh masyarakat terkait dengan tiga aktivitas ekonomi.
Jawaban :
  • Jenis perjuangan tempat dataran rendah, yaitu petani, pengrajin mebel, pedagang, dan percetakan.
  • Jenis perjuangan tempat dataran tinggi, yaitu perkebunan teh, perkebunan kopi, dan petani sayur.
  • Jenis perjuangan tempat pantai yaitu nelayan, pengusaha properti/perhotelan, pemandu wisata, dan peselancar. 

3. Cara menghargai pelaku aktivitas ekonomi.
Jawaban :
  • Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain
  • Menghormati orang yang sedang bekerja
  • Menghargai pekerjaan orang lain
  • Membiasakan membeli produk-produk lokal
  • Membiasakan mengkonsumsi masakan dan buah-buahan dalam negeri

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 4 Kurikulum 2013 Halaman 152, 153, 154, 158, 160. Semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 SD ini sanggup menawarkan manfaat bagi para pembaca dimanapun berada.


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)